7 Hal yang Harus Dilakukan Mahasiswa

Hai pembaca, sebelum kita membahas 10 hal yang harus dilakukan mahasiswa baiknya kita kenali dulu diri kita. Bahwa sebagai mahasiswa, kamu akan dihadapkan dengan suka-duka kehidupan kampus, termasuk polemik-polemik yang menyertainya. Saat kamu resmi menjadi seorang mahasiswa, hal pertama yang perlu kamu sadari adalah you’re not high school student anymore, kamu juga bukan kanak-kanak lagi. Umur rata-rata mahasiswa tahun pertama adalah 18 tahun dan itu adalah umur yang sudah bisa dikategorikan sebagai dewasa muda, lihatlah produk-produk rokok yang memberi prasyarat konsumen 18+, artinya ketika seseorang sudah menginjak usia 18 tahun ia sudah berhak memilih keputusan-keputusan untuk hidupnya sendiri. Di samping itu, ia juga bertanggung jawab penuh atas keputusan yang ia pilih dalam kehidupannya itu

Sebagai mahasiswa, karena sudah menginjak kategori usia dewasa muda itu, kamu tidak akan lagi dipaksa melakukan ini dan itu, semuanya murni atas keputusanmu. Ketika bolos kuliah, dosen tidak akan marahi. Ketika tidak buat pekerjaan rumah, dosen tidak akan marahi. Kamu tidak akan lagi dipanggil “Nak” seperti yang guru-guru sekolahmu dulu lakukan, tetapi “Anda/Saudara” yang secara tidak langsung merupakan pengakuan bahwa kamu telah resmi menjadi seseorang yang independen, yang bisa berjalan sendiri tanpa dinyinyiri lagi. Kamu dianggap sudah bisa memutuskan hal apa yang harus dilakukan dan tidak di lakukan sebagai mahasiswa. Beberapa dari hal yang harus dilakukan mahasiswa tersebut adalah sebagai berikut:
1. Rancang anggaran biaya yang akan kamu habiskan dalam satu semester, kalau perlu hingga tamat
Hitunglah semuanya dari biaya kuliah, biaya kost-an, biaya makan, beli buku, pulsa dan banyak lagi. Totalkan semuanya. Setelah ditotalkan, lihatlah angka itu. Apa yang bisa kamu pikirkan? Lihat angka itu, dan apakah kamu masih berniat untuk bolos dan malas-malas dalam kuliah? Terlebih bagimu yang kuliah dari beasiswa atau yang keluarganya kurang mampu!
2. Duduklah di depan dan di tengah kelas
Setiap ingin mengikuti kelas, pastikan kamu duduk dibagian depan di bagian tengahnya. Hindarilah duduk di bagian belakang, pojok atau bagian yang jauh dari pengajar karena hal tersebut akan membuyarkan fokus dan menghilangkan semangatmu.
3. Kenalilah dosen/pengajarmu meskipun hanya sedikit
Bertanyalah pada senior atau siapapun tentang karakter dosen yang kamu ikuti mata kuliahnya. Kenali dari pribadi hingga cara penilaiannya. Hal ini akan membantumu dalam menjalani perkuliahan dengan yang bersangkutan.
4. Hindari begadang, tidurlah yang cukup
Pada kenyataannya memang sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup ketika kamu berstatus sebagai mahasiswa, tapi tentu saja bukan berarti tidak mungkin. Yang perlu kamu lakukan adalah mengatur jadwalmu sedemikian rupa. Kurang tidur akan mempengaruhi mental dan kesehatanmu sehingga akan berdampak pada kemampuanmu dalam menangkap pelajaran di kelas.
5. Jangan terlalu fokus kepada nilai
Perguruan tinggi adalah tempat belajar, bukan tempat untuk mencari nilai. Terlalu fokus kepada nilai akan membuatmu menjadi seseorang yang grade oriented sehingga bisa saja melakukan hal-hal yang tidak baik untuk mengejar nilai itu. Lagipula, percuma nilai tinggi kalau ilmunya tidak dapat.
6. Pilihlah teman dan komunitas yang baik
Memilih teman juga merupakan hal yang harus dilakukan mahasiswa. Kenapa demikian? Karena ketika kamu bisa memilih teman yang baik, secara sempit seperti baik nilainya, pola belajarnya hingga tingkah lakunya, akan membantumu menjadi baik pula. Sebaliknya ketika kamu salah pilih teman yang banyak malasnya, bisa-bisa kamu ikut malas juga.
7. Banggalah bahwa kamu adalah seorang mahasiswa
Kapanpun dan dimanapun berbanggalah pada dirimu sendiri bahwa kau adalah seorang mahasiswa. Seorang mahasiswa yang dikatakan agen perubahan, iron stock serta tergabung dalam golongan kaum intelektual yang buah pikirnya begitu berharga. Jika sudah begitu, berusahalah menjadi bagaimana mahasiswa sesungguhnya.
Itulah 7 hal yang harus dilakukan mahasiswa, hal-hal di atas tentu hanya sebagian dari banyak hal yang perlu kamu lakukan. Sekali lagi, ketika kamu sudah menjadi mahasiswa, kamu berhak memutuskan jalan yang akan kamu lalui. Beruntunglah orang-orang yang menempuh jalan-jalan kebaikan, merugilah mereka yang mengotori jalannya dengan hal tidak baik. Salam.[]

Bagikan Yuk!

8 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *