Cara Cepat Menghafal dengan Metode Jembatan Keledai

Kegiatan menghafal adalah kegiatan yang susah-susah gampang. Susah karena kita harus memaksakan otak kita mengingat beberapa hal yang akan dihafalkan, namun ketika kita sudah tahu caranya maka kegiatan menghafal pun akan menjadi gampang. Salah satu cara yang mumpuni untuk menghafal dengan cepat adalah menggunakan jembatan keledai. Berikut saya jelaskan mengenai cara cepat menghafal dengan metode jembatan keledai tersebut.

Jembatan keledai, terlepas dari mana istilah ini berasal, dapat diartikan sebagai sebuah alat bantu dengan menyingkat materi hafalan menjadi sebuah jembatan. Jembatan ini sering berupa kata atau suku kata yang dibentuk menjadi susunan kata menarik dari materi yang ingin dihafal sehingga memudahkan seseorang untuk mengingat materi tersebut.
Istilah jembatan keledai ini diperkirakan merupakan terjemahan dari Ezelsbruggetje (Belanda) yang berarti titian keledai, atau dari pons asinorum (Latin) yang berarti jembatan keledai. Penggunaan jembatan keledai adalah untuk membantu seseorang membuat ingatan “buatan”, yaitu ingatan yang dibuat dengan cara belajar dan berlatih.
Jembatan keledai bisa menjadi solusi bagi kamu untuk menghafalkan rumus, susunan serta daftar panjang yang sulit diingat dengan ingatan “alami”. Contoh yang paling umum dari penggunaan jembatan keledai ini adalah dalam mengingat warna pelangi.
Materi: Merah, jingga, kuning. hijau, biru, nila dan ungu
Jembatan keledai: mejikuhibiniu
Selain itu, contoh populer lainnya adalah pada pelajaran Tajwid saat belajar mengaji.
Materi: Ba, Jim, Dal, Tho, Qaf (Qalqalah)
Jembatan keledai: bajuditoko
Jembatan keledai paling sering digunakan untuk mengingat deret unsur-unsur kimia di tabel periodik unsur.
Materi: 1A (Alkali) H – Li – Na – K – Rb – Cs – Fr
Jembatan keledai: Hai LiNa Kau Rebut Calon Suami Fransiska
Materi: 2A (Alkali Tanah) Be – Mg – Ca – Sr – Ba – Ra
Jembatan keledai: Bemo Mogok Cari Serep Ban Radial
Kamu bisa menggunakan jembatan keledai yang pernah dibuat orang lain atau membuat sendiri jembatan keledaimu. Dengan membuat jembatan ini kegiatan menghafal kita akan lebih menyenangkan sehingga ingatan buatan ini dapat diserap lebih baik oleh otak. Alhasil, mengingat daftar atau rumus yang panjang tidak susah lagi.
Bagaimana menurutmu mengenai cara cepat menghafal dengan metode jembatan keledai ini? Apakah kamu pernah mencobanya? Jika belum, saya sarankan untuk segera mencobanya. Semoga kegiatan belajarmu menjadi menyenangkan.[]

Bagikan Yuk!

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *