Ini Lho Cara Jadi Problogger yang Gak Pakai Mahal

Digitalisasi era membuat setiap orang saat ini bisa menjadi media. Bagaimana tidak, di zaman yang sudah memasuki era revolusi industri 4.0 ini, dunia sudah berada dalam genggaman. Lewat gawai dan internet, setiap orang mampu membangun medianya sendiri melalui ratusan hingga ribuan platform media sosial. Salah satunya adalah blog.

Teman-teman pembaca yang budiman tentu sudah tidak asing dengan istilah blog, bukan? Bahkan mungkin kamu termasuk seorang blogger yang sudah malang-melintang di dunia blogging. Pasalnya, menjadi seorang blogger itu sangatlah gampang. Yang sulit itu ganti status dari blogger biasa menjadi problogger.

Lalu kemudian, tentu muncul sebuah pertanyaan di benak kita, memangnya bagaimana sih problogger itu? Hmm, pertanyaan yang menarik.

Sederhananya problogger itu adalah blogger yang sudah mendapatkan pengakuan sebagai blogger profesional. Bisa dari berbagai penghargaan yang diterimanya. Bisa dari penghasilan yang didapatkan dari blognya yang sudah berjuta-juta. Melalui program iklan, misalnya. Atau dengan menjadi influencer dari berbagai merek (brand) ternama. Bisa juga seorang blogger yang sudah sukses menelurkan sebuah buku yang mengantarkannya ke puncak popularitas.

Kamu mungkin sudah akrab dengan nama Raditya Dika, bukan? Nah tahukah kamu kalau doi memulai karirnya dengan sebuah blog “curhatan” sederhana yang kemudian konten-kontennya dibukukan dengan judul “Kambing Jantan”—buku yang kemudian membawa ia masuk lebih dalam ke dunia media hiburan.

Jujur, saya pribadi ingin sekali menjadi seorang problogger. Saya rasa kamu juga. Dari hasil baca-baca dan pengalaman blogging selama hampir 10 tahun, paling tidak 5 langkah ini bisa buat kita jadi problogger lho.

Bangun blog dengan konten berkualitas

Ada sebuah kaidah dalam dunia blogging yang sampai kapanpun tetap akan absah, yaitu “content is the king”. Konten blog kita adalah raja atau bagian paling penting di blog kita. Konten yang berkualitas akan menjadikan blog kita pantas. Tidak hanya pantas untuk dibaca oleh banyak orang, tapi juga pantas mendapatkan posisi terbaik di mata Google dan mesin pencaharian lainnya.

Cari basis pembaca atau pengunjung blog kamu

Untuk menjadi problogger sedari awal hendaknya kita telah menentukan target pembaca blog kita. Membangun basis pembaca atau pengunjung itu penting untuk mendapatkan subscriber atau apapun namanya, yang loyal dan menunggu-nunggu setiap update dari blog kita.

Networking itu tak kalah penting

Membangun jaringan bagi seorang problogger itu penting, tidak hanya soal mendapatkan backlink berkualitas yang mengarah ke blog untuk meningkatkan domain authority (DA) dan page authority (PA) saja. Tapi seorang problogger hendaknya membangun jaringan dengan blogger lainnya melalui gathering, ikut komunitas blogger dan sebagainya.

Kumpulkan sebanyak mungkin portofolio

Seorang blogger belum bisa dikatakan problogger kalau hanya sebatas klaim diri sendiri. Titel ini butuh pengakuan dari orang lain. Butuh bukti nyata dari kiprah kita. Dan bukti nyata itu bisa berupa portofolio yang kita miliki. Misalnya rekam jejak dengan siapa atau brand mana saja kita bermitra, kompetisi apa saja yang pernah dimenangi. Penghargaan dan sebagainya.

Dandani blog agar memberi kesan profesional

Terakhir, yang tak kalah penting namun bisa diusahakan dari awal adalah memberi kesan profesional pada blog kita. Kesan profesional bisa hadir dari domain yang digunakan. Menggunakan domain kostum lebih tampak profesional ketimbang masih pakai domain bawaan dari platform blog gratis seperti blogspot atau pun wordpress.com. Selain itu, beralih ke blog yang bertipe self-hosted itu lebih mendekatkan diri kita ke profesionalitas dibanding pakai yang user generated saja. Cuma pasti butuh sewa layanan hosting khusus yang umumnya pada mahal-mahal. Apalagi kalau baru sebatas belajar “hijrah” ke blog self-hosted tadi.

Tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir, pasalnya sebuah provider layanan hosting memberikan sebuah paket hosting murah meriah yaitu Mini Hosting  dari Jagoan Hosting. Setahun cukup bayar mulai Rp. 11.000 saja. Murah, kan? Tapi, seperti apa sih paket hostingannya? Mari kita intip!

 

Jadi Problogger Kece dengan Mini Hosting Kece dari Jagoan Hosting

 

Mini hosting adalah sebuah paket hosting dari Jagoan Hosting. Paket hosting ini bisa dibeli mulai dari Rp. 11.000 untuk setahun atau hanya 950 perak per bulan lho. Yang menarik dari Mini Hosting ini adalah meski harganya murah, fitur yang ditawarkannya bukan kaleng-kaleng. Setidaknya ada beberapa keunggulan paket ini yang sayang kalau kamu lewatkan–harus dibeli sekarang juga.

Harga Mini Namun Fitur Mumpuni dan Kekinian

Dengan harga Rp. 11.000 setahun (untuk paket Hosting Kece) kamu bisa dapatkan hosting dengan penyimpanan sebesar 200 MB. Kuota segitu cukup untuk membuat sebuah blog personal yang profesional. Atau kamu gunakan untuk belajar memakai WordPress self-hosted. Selain itu, meskipun mini paket ini sudah include berbagai fitur kekinian lho seperti cloudlinux server, litespeed cache dan peralatan analitik populer seperti AwStats. Dan yang paling menggembirakan adalah harga renewal-nya yang tetap sama di tahun berikutnya.

Opsi dari paket Mini Hosting Jagoan Hosting (cr: Jagoan Hosting)

Sudah Terintegrasi dengan WordPress

Saya masih ingat, beberapa tahun yang lalu ketika mulai belajar membuat blog self-hosted. Saya sengaja memakai CMS WordPress karena memang itu gampang digunakan dan populer di antara banyak CMS lainnya. Ketika itu saya harus belajar membuat WordPress di localhost dulu. Kemudian menyiapkan database, memindahkannya dengan FTP, dan sebagainya. Namun dengan mini hosting dari Jagoan Hosting kamu tidak perlu repot, karena hostingannya sudah terintegrasi dengan WordPress. Hanya butuh beberapa klik dan sebuah blog kece siap untuk kamu kostumisasi dan gunakan.

Terintegrasi dengan WordPress (cr: Jagoan Hosting)

Server aktif dan dimonitoring sepanjang waktu

Tak perlu khawatir server akan down dalam waktu lama. Kendala yang terjadi pada server akan ditangani oleh jagoan-jagoan yang berjaga selama 24/7 hari untuk monitoring server. Jadi blogmu dapat tetap diakses di setiap waktu.

Informasi tambahan paket Mini Hosting Jagoan Hosting (cr: Jagoan Hosting)

Disediakan oleh Jagoan Hosting, Provider Layanan Hosting yang Bersertifikat ISO

Sebagaimana status problogger yang butuh pengakuan dari orang lain, kehandalan dan profesionalitas suatu provider juga dapat diukur dengan hal yang sama. Jagoan Hosting adalah satu-satunya provider yang sudah mengantongi sertifikasi internasional ISO 9001 dan ISO 27001. Sehingga layanan yang diberikan sudah pasti layanan yang paling baik dan prima.

4 Langkah Mudah Jadikan Blogmu Keren dan Profesional (cr: Jagoan Hosting)

Memiliki blog dengan hostingan sendiri sangat penting lho. Ketika kita masih menumpang di platform gratis, masih ada resiko blog kita di-ban saat lagi sayang-sayangnya. Maksudnya saat sedang bagus-bagusnya, baik dari segi jumlah pengunjung hingga penghasilannya. Banyak lho kasus blog yang ter-suspend atau hilang begitu saja saat sudah dibesarkan dengan susah-payah.

Paket Mini Hosting dari Jagoan Hosting ini sangat cocok untuk kamu takis secepat mungkin kalau memang kamu ingin belajar menjadi seorang problogger. Saat ini sudah 500-an orang yang menjadi pengguna paket ini, dan saya adalah salah satunya. Kamu juga bisa jadi blogger yang #AutoKeren dengan Mini Hosting dari Jagoan Hosting.

By the way, saya sudah merekam sebuah video tutorial mengenai cara membeli hingga menggunakan paket Mini Hosting ini lho. Mudah-mudahan bisa membantu teman-teman mempelajari lebih dalam tentang review layanan ini ya. Dengan harga yang murah, layanan ini layak untuk kamu coba. Buruan, sebelum kehabisan.

Klik! Untuk lihat blog saya dengan Mini Hosting Jagoan Hosting

Bagikan Yuk!

Author: Fadli Hafizulhaq

Seorang kandidat doktor yang berasal dari kampung kecil di pinggiran pantai Sumatera Barat. Gemar menulis semenjak duduk di bangku Sekolah Dasar. Blog ini adalah catatan virtualnya yang mungkin saja penting atau tidak. Email: hafizulhaq.fadli@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *