Inilah 7 Cara Menghilangkan Kantuk Saat dalam Kelas

Mengantuk adalah masalah umum yang dihadapi oleh pelajar atau mahasiswa saat tengah mengikuti pelajaran di dalam kelas. Rasa kantuk ini juga banyak sekali faktor penyebabnya, bisa jadi karena semalam begadang, kekenyangan atau karena cara mengajar dosen yang membosankan. Ya, mau apapun alasannya, mengantuk di dalam kelas akan membuatmu ketinggalan materi pelajaran. Oleh karena itu bagaimanapun caranya kamu harus berusaha menghilangkan kantuk itu. Berikut saya rangkumkan 7 cara menghilangkan kantuk saat dalam kelas, mudah-mudahan bermanfaat.

nuhbrotokesuma.blogspot.com

1. Jika kamu duduk di belakang, pindahlah ke depan
Tempat duduk yang kamu pilih akan berpengaruh pada seberapa melek-nya kamu saat berada di depan kelas. Saat duduk di belakang, perhatian dari pengajar akan minim sehingga menimbulkan peluang untuk bermalas-malasan. Duduklah di depan, di mana guru atau dosen dapat memantaumu dengan mudah sehingga mau tidak mau kamu harus melawan rasa kantuk jika ia menyerang tiba-tiba.

2. Duduklah dengan posisi yang baik
Duduk di bangku terdepan saja belum cukup, posisi duduk juga bisa membuatmu mengantuk. Maka untuk menghilangkan kantuk itu, sangat disarankan untuk membebaskan punggung dari sandaran. Duduklah dengan tegap agar kebugaran dan konsentrasimu terjaga.

3. Buatlah gerakan atau cari kegiatan
Diam mematung akan membuatmu mengantuk, buatlah gerakan-gerakan kecil agar kamu menjadi sedikit sibuk sehingga kantuk bisa hilang. Gerakan yang sangat disarankan adalah dengan menulis, menulis catatan dari papan tulis atau dari apa yang didiktekan oleh pengajar yang bersangkutan.

4. Duduklah di samping teman yang mau membangunkanmu ketika ketiduran
Masih soal duduk, untuk mengantisipasi jika kamu mengantuk (bahkan tertidur) mintalah teman yang duduk di sampingmu untuk menegurmu jika itu terjadi. Bisa jadi dengan mencubit, menepuk bahu dan sebagai macam.

5. Kantongi permen atau air minum
Tidak ada salahnya membawa minuman ke dalam kelas atau permen mint/kopi yang bisa membantumu melek. Umumnya pengajar membolehkan untuk minum di dalam kelas, atau kamu bisa makan permen mint/kopi tadi. Cuma, lihat-lihat juga, kalau sang pengajar tidak suka dengan cara ini dianjurkan untuk tidak dilakukan.
 
6. Cobalah untuk menyukai pelajaran yang tengah diajarkan
Selain hal-hal fisik di atas, kamu juga perlu memotivasi atau menyugesti dirimu agar menyukai pelajaran yang tengah diajarkan (termasuk dengan guru atau dosen pengajarnya). Sehingga dengan begitu kamu akan terhindar dari rasa kantuk yang menyerang.

7. Jadilah peserta yang aktif
Solusi terakhir yang paling mujarab untuk menghilangkan kantuk saat dalan kelas adalah dengan menjadi siswa/mahasiswa yang aktif. Rajinlah bertanya jika ada yang kurang paham, ajukan diri jika ada permintaan mengerjakan soal di depan kelas. Menjadi peserta yang aktif akan membuatmu sibuk sehingga kantuk tersebut dapat hilang.

Baca juga artikel kategori Student Guide lainnya di: SINI

Cara menghilangkan kantuk saat dalam kelas di atas adalah cara-cara yang paling umum, kamu juga bisa menemukan cara yang lain. Selain menerapkan cara menghilangkan kantuk saat dalam kelas di atas, hal yang penting lainnya adalah menghindari kegiatan yang membuatmu bisa mengantuk sebelumnya. Hindarilah begadang tanpa alasan, hindari makan kenyang dan hindari posisi di mana bertiup angin atau AC. Semoga bermanfaat.[]

Bagikan Yuk!

17 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *