Mengatasi Kehabisan Ide Menulis Cerpen

Salam Penulis !!

Kadangkala ketika kita membaca cerpen seseorang, dengan sendirinya hasrat menulis cerpen juga muncul. Apalagi ketika cerpen itu bagus, kita ingin menulis yang lebih bagus. Dan akhirnya mulailah menulis cerpen.

Dimulai dengan awal yang bagus, menarik dan imajinatif. Selanjutnya mengalir hingga sudah sampai diawal konflik. Atau bahkan hampir mencapai klimaks. Namun, seketika apa yang telah dipikirkan itu hilang. Dan cerita jadi tergantung karena kehabisan ide untuk menulis apa.

Biasanya para penulis pemula (termasuk saya) akan mudah putus asa dan berhenti menulis. Dengan kata lain semangat menulis menjadi hilang.

Untuk mengatasi hal demikian, saya akan memberikan beberapa tips sederhana.

Teruslah menulis apa saja yang kamu ingat. Buka imajinasimu, karena menulis itu butuh daya khayal yang tinggi. Biarkan pena itu menari indah di atas kertas putih yang menunggu goresan.

Jangan pedulikan apakah itu bisa nyambung atau tidak. Yang terpenting adalah bagaimana menyelesaikan cerpen itu.

Tulis apa yang menurutmu menarik walau belum tentu menarik bagi orang lain. Satu hal yang perlu diingat, menjadi penulis hebat itu melalui proses. Dimulai dari mengumpulkan kerikil2 kecil hingga mampu memboyong batu besar, maksudnya memulai mengumpulkan paragraf2 menjadi sebuah cerpen hingga nanti bisa menulis satu cerpen yang berkesinambungan.

Dimulai dari merangkai huruf menjadi kata, kata menjadi frasa, frasa ke kalimat, mengumpulkan kalimat2, hingga menjadi satu tulisan utuh.

Salam Penulis

Bagikan Yuk!

15 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *