Sebagian Blogger Mungkin Pernah Mengalami Ini

Menyebalkan, ini serius, baru sekitar sejam yang lalu saya mengalaminya (sebelumnya juga pernah). Jadi ceritanya tadi saya baca-baca berita tentang kelangkaan BBM beberapa hari ini. Niat hati ingin buat postingan tentang sebab kelangkaan itu dan solusinya. Niat baik itu pun saya wujudkan dengan menulis artikel lebih dari 6 paragraf. Mudah-mudahan jadi pencerahan bagi para pembaca blog saya, tapi sialnya artikel saya hilang tak berbekas. Kenapa itu bisa terjadi? Lanjut ke paragraf di bawah.

Saya mungkin termasuk 1 dari sekian blogger yang suka menulis langsung pada kolom Compose entri blogger. Alasannya karena tidak ingin ribet dengan membuka aplikasi pengolah kata dulu. Alhasil saya mengetik satu artikel utuh itu dengan waktu sekitar 30 menitan. Ketika sudah selesai mengetik senang sekali rasanya dan kemudian mencari ilustrasi yang cocok lewat pencarian Google. Yes, dapat. Setelah itu langsung dimasukkan ke tulisan. Ketika ingin memilih label saya sadar kalau ternyata saya menulis artikel itu bukan di blog ini tapi di blog yang lain.

Kemudian tulisan itu saya Cut lalu membuka dasbor blog ini di tab yang sama. Di waktu yang sama saya juga sedang mengunduh tutorial desain dari Youtube dengan sebuah aplikasi. Ketika mendapati status unduh sudah selesai saya tergerak untuk mencari video baru dan menyalin/copy tautan sumbernya untuk dipindahkan ke aplikasi downloader. Di situlah asal perkaranya.

Di tab yang saya ceritakan di atas sudah menunjukkan halaman form entri baru, setelah melakukan tindakan paste barulah saya sadar artikel yang sudah susah-susah saya ketika raib! Rasanya kesal sekali. Pertama, karena artikelnya hilang. Kedua, karena menyadari kebodohan sendiri.

Cerita yang Lain
Pernah waktu itu juga mengalami hal yang sama, tapi karena ‘kebodohan’ yang berbeda. Ketika sudah selesai membuat satu artikel utuh kemudian saya menambahkan ilustrasi. Sialnya ketika penambahan gambar belum selesai koneksi terputus dan kotak pengunggah gambarnya tidak bisa ditutup. Koneksi bermasalah cukup lama sehingga saya mempasrahkan artikel yang sudah susah-susah saya tulis. Menyebalkan sekali.


Gunakanlah Aplikasi Pengolah Kata
Pilihan terbaik bagi anda yang juga merupakan blogger adalah menggunakan aplikasi/perangkat pengolah kata untuk membuat artikel sebelum memindahkannya ke blog. Dengan begitu artikel anda dapat lebih aman dan bisa langsung diarsipkan di komputer atau gadget lainnya. Selain itu, menulis dengan perangkat pengolah kata juga bisa menggunakan fitur auto save sehingga kita bisa nyaman dalam menulis. Meskipun agak ribet bagi sebagian orang.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan terimakasih telah datang untuk membaca. Kalau ada solusi lain untuk permasalahan ini saya akan senang sekali untuk mengetahuinya.

Bagikan Yuk!

10 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *