Yuk, mainin sudut pandang

Salam Penulis !!

Rasanya sudah lama KotakSastra ndak update. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sudut pandang.

Semua penulis atau bukan penulis pastinya sudah tau apa itu sudut pandang. Salah satu dari unsur instrinsik karangan itu (ex: cerpen) sudah dipelajari saat masih sekolah. Bahkan mungkin ada diantara teman2 yang masih belajar.

Langsung saja ke pembahasan singkat saya.
Bagi penulis, khususnya yang hobi menulis cerpen, sudut pandang merupakan salah satu unsur yang dapat membuat cerpen itu menarik. Pasalnya bisa saja cerpen yang akan kita buat sama tema dengan karya orang lain. Hanya saja kita bisa membuatnya berbeda dengan memainkan sudut pandang.

Memainkan sudut pandang, apa maksudnya?
Mungkin ada yang sudah tau, tapi tidak apalah jika saya uraikan.
Biasanya sudut pandang yang sering digunakan itu orang pertama pelaku utama atau orang ketiga tunggal. Misalnya kita ambil kasus cerita tentang kisah persahabatan, dengan judul bocah2 dikebun bunga. Nah, untuk memulai cerita itu kita bisa menjadi salah satu bocah (aku dalam cerita) atau mengangkat salah satu bocah sebagai pelaku utama, dan mungkin juga kita menjadi narator (org ketiga serba tau). Hal demikian bagus tapi terkesan biasa, tapi pernahkah kalian berpikir atau mau sedikit bereksperimen. Maksud saya dengan menjadikan bunga2 sebagai pelaku utama cerita atau yang menceritakan kegiatan bocah2 tadi.

Mungkin sedikit sulit, tapi jika ditambah dengan diksi2 yang bagus maka cerpenmu akan lebih bagus. Jangan pernah takut bereksperimen, seorang penulis tentunya melalui percobaan2 hingga menemukan jati diri penulisannya.

Salam hangat penulis dan tetaplah berkarya =).

Bagikan Yuk!

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *