Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan pepatah “hemat pangkal kaya”, bukan? Konon itu pepatah legend banget dan pasti work. Ketika kamu bisa berhemat, kamu bisa menyimpan lebih banyak uang yang bisa kamu gunakan untuk berbagai kepentingan lainnya di masa akan datang. Namun, bagaimana sih sebenarnya cara hidup hemat itu? Terutama tips yang bisa dilakukan oleh pelajar.

Pelajar atau mahasiswa dikenal sebagai kaum “kere” yang memiliki isi dompet pas-pasan. Terlebih bagi pelajar yang tinggal jauh dari orang tua, mereka mesti menjadi akuntan sekaligus manajer keuangan bagi dirinya sendiri. Jikalau tidak hemat, bukan tidak mungkin uang bulanan habis sebelum pertengahan bulan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, kita akan membahas beberapa tips hidup hemat pelajar atau mahasiswa setelah ini. Jadi disimak ya!

Cara Hidup Hemat Pelajar dan Mahasiswa yang Anti Mainstream

#1 Kurangi kebiasaan membeli nasi bungkus, masaklah nasi dan belilah lauk

Mungkin tak sekali dua kali kamu melihat meme tentang menu makanan anak kos di akhir bulan. Kalau kamu mengira mie instan, itu mah masih mewah, ada yang lebih ngenes yaitu makan nasi pakai kerupuk dan kecap saja. Alasan kenapa kejadian yang demikian adalah karena uangnya habis dipakai makan enak di awal bulan.

Nah, tips hidup hemat bagi pelajar yang pertama adalah mengurangi kebiasaan membeli nasi bungkus atau makan di kafe/restoran. Lebih baik memasak nasi di kos dan membeli lauk. Belilah lauk yang agak besar sehingga bisa untuk 2-3 kali makan.

 

#2 Makan sebungkus berdua atau dua bungkus bertiga

Tapi gimana kalau kepengen makan nasi bungkus? Apalagi nasi padang sambal rendang atau dendeng gitu.. Tapi kamu dalam mode penghematan. Tenang saja, kamu masih bisa beli nasi padang, nasi bungkus ataupun lainnya dengan cara patungan dengan teman dan makan 2 bungkus bertiga atau satu bungkus berdua. Agar bisa lebih kenyang kamu bisa pesan porsi nasi double dengan satu lauk dan minta dibanyakin kuah atau cabenya.

 

#3 Saat kamu beli nasi goreng, sisakanlah telurnya ceplok atau dadar untuk dimakan dengan nasi putih, cukup makan nasi gorengnya saja

Masih soal makan, cara hemat ekstrim lainnya adalah membeli nasi goreng namun menyisakan telor ceplok atau telor dadarnya. Pasalnya telor ini bisa disimpan untuk waktu makan selanjutnya, jadi kamu tidak perlu beli lauk atau bahkan nasi bungkus lagi.

 

#4 Separah-parahnya, kamu masih bisa makan nasi putih dengan kecap, sambal terasi atau minyak+garam (kok kesannya miris banget ya)

Anak kos yang dalam mode hemat gak bakal kehabisan ide dalam menekan pengeluarannya. Jika ia benar-benar berada dalam kondisi tertekan finansial, selama masih ada nasi putih ia masih bisa untuk bertahan. Warung di dekat kos masih ada yang jualan kecap, sambal terasi, minyak sayur dan kerupuk untuk menemani makan si mahasiwa.

 

#5 Nebeng sama teman bakal menghemat uang untuk transportasimu, jika kamu punya banyak teman kamu bisa ganti tebengan setiap hari

Bagi kamu yang kampusnya cukup jauh dari kosan bakal butuh alokasi khusus untuk transportasi. Cuma masalahnya, setidaknya kamu perlu merogoh kocek untuk pulang dan pergi. Kalau yang punya transportasi khusus kampus sih enak. Tapi tenang, demi hemat, kamu masih bisa berusaha nebeng sama teman yang punya kendaraan. Bangunlah lebih pagi, berdirilah di pinggir jalan, mana tau ada teman satu jurusan atau kenalan lain yang lewat.

 

#6 Pulsa untuk paket data bisa ditabung dengan cara mengalihkan perhatian pada wi-fi gratis di kampus atau di tempat-tempat nongkrong

Internet barangkali sudah jadi kebutuhan primer bagi anak muda. Bagi gen Y yang notabene adalah generasi yang tumbuh bersamaan dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, sehari tanpa internet bakal berat banget. Meskipun kamu tengah berhemat dan kamu menahan diri untuk membeli paket data, kamu masih bisa online gratis pakai wifi kampus atau tongkrongan yang berlabel free wi-fi. Dengan modal segelas teh manis, kamu bisa duduk seharian di sana (itupun kalau empunya kedai gak marah).

 

#7 Tidak perlu parfum mewah yang mahal, cukup mengencerkan pengharum pakaian atau pewangi setrikaan dan semprotkan pada bajumu agar tampil wangi

Tampil keren tak perlu mewah. Masih banyak cara lain tampil keren meski dengan low budget lho, Misalnya dalam berwewangian, tak ada parfum, pewangi pakaian atau setrikaan pun jadi. Cukup cairkan pewangi di dalam botol semprotan, kocok-kocok dan semprotkan pada pakaianmu agar jadi wangi.

 

#8 Gunakanlah shampo-mu sampai tetes terakhir, jika sudah jangan buang dulu, isilah dengan air dan kocok-kocok agar dapat dipakai untuk beberapa kali mandi lagi

Belajarlah untuk menggunakan shampo sampai tetes penghabisan. Pun jika sudah habis dan susah banget buat dipencet-pencet, isilah botol shampo atau sabun cairmu dengan air lalu kocok-kocoklah 18 kali, lalu minum selama busa masih ada setelah itu masa pakai shampo kamu akan sedikit lebih panjang, minimal untuk satu atau dua kali mandi lagi.

 

#9 Letakkan botol shampo, lotion, sabun wajah atau apapun dengan terbalik agar kamu bisa menggunakannya dengan semaksimal mungkin

Hemat berarti menggunakan segala sesuatu tepat sasaran dan semaksimal mungkin. Cara hidup hemat bagi pelajar lainnya adalah ketika mengunakan lotion, shampo atau bahkan kecap dan sambal sekalipun, agar lebih gampang dan hemat, taruhlah mereka dalam posisi terbalik. Sehingga kamu bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya tanpa perlu mengeluarkan usaha ekstra.

 

#10 Percayalah jika memakai sabun batang jauh lebih irit daripada memakai sabun cair

Sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan sabun cair, hanya saja untuk berhemat menggunakan sabun batang akan lebih bagus. Kenapa demikian? Karena dalam penggunaan sabun cair tidak ada takaran pastinya. Kadang, saat terlalu bersemangat, sabun cair terpencet terlalu kuat sehingga boros pemakaiannya. Meskipun ini relatif tapi itu tergantung bagaimana kamu nyamannya.

 

#11 Masih ada harapan pada pasta gigi yang terlihat habis, lipat, gulung dan pencet kuat-kuat agar sisanya dapat kamu manfaatkan

Jangan berpikiran pasti gigi kamu sudah habis dan membuangnya. Kamu masih bisa memijit-mijit kemasan pasta gigi dan mendorong isi yang tersisa ke kepalanya. Jika kesulitan, cobalah untuk melipat dan menggulung kemasan dan menekan kuat kepalanya. Jika masih kesulitan juga kamu bisa menggunting kemasan tersebut dan membereskan isi yang tersisa.

Baca juga: 7 Tips Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa

 

Sekilas cara hidup hemat bagi pelajar di atas tampak ekstrim atau malah nyeleneh, tapi jika kita bisa memaksimalkan segala sesuatu kenapa mesti ragu. Perjuangan hidup itu nyatanya bukan hanya untuk hari ini, masih ada hari esok yang menanti. Dan setiap hari kita mesti bisa melakukan hal yang terbaik, salah satunya adalah dalam berhemat ini.

Bagaimana menurutmu? Punya ide tips hemat super ekstrim lainnya? Suarakan aja di kolom komentar.

error:
Copy link
Powered by Social Snap