Di setiap ujian masuk perguruan tinggi, perguruan tinggi negeri (PTN) selalu diminati. Satu PTN bahkan dipilih oleh hampir 50 ribu calon mahasiswa. Namun meskipun demikian, bukan berarti kampus swasta tidak diminati. Berbeda dengan kampus negeri, kuliah di kampus swasta punya keuntungan tersendiri lho.

Tapi kan, kampus swasta itu kurang berkualitas?

Eits, siapa bilang kampus swasta kurang berkualitas? Kita tidak bisa dengan semena-mena menilai bahwa PTN lebih unggul daripada PTS dalam kualitas pendidikan. Faktanya, banyak PTS di Indonesia yang dapat menghadirkan pendidikan berkualitas.

Selain itu, ada banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan oleh mahasiswa yang berkuliah di kampus swasta. Mari kita ulas satu-persatu.

Keuntungan Kuliah di Kampus Swasta

Sarana dan Prasarana yang Lengkap

Sebagian orang enggan untuk kuliah di kampus swasta karena menurut mereka biaya pendidikannya mahal. Ya, memang sih biaya kuliah di swasta itu agak mahal dikit dibanding dengan kampus negeri. Tapi biaya pendidikan yang mahal itu setara dengan fasilitas yang ditawarkan pada mahasiswa sebagai penunjang proses belajar dan mengajar. Dimulai dari alat-alat laboratorium hingga fasilitas penunjang lainnya.

Umumnya kampus swasta, yang sudah mapan, punya sarana dan prasarana yang lengkap. Kenapa? Karena mereka bisa membeli barang sesuka mereka tanpa harus melewati prosedur pengajuan pengadaan barang ke pemerintah layaknya kampus-kampus negeri.

Ruang Kelas Lebih Ekslusif

Enaknya kuliah di kampus swasta itu, rata-rata ruangan kelas berukuran kecil dengan jumlah mahasiswa yang tidak terlalu banyak. Ruang yang kecil dan mahasiswa yang tidak banyak itu akan memberikan iklim perkuliahan yang lebih intensif dan ekslusif. Sehingga dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat lebih gampang menerima pelajaran.

Selain itu, dosen-dosen pun lebih leluasa dalam menyampaikan materi berkat rasio pengajar dengan pelajar yang kecil dan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.

Adanya Jurusan Khusus

Tak seperti PTN yang jurusannya biasanya umum-umum dan yang lumrah diminati calon mahasiswa saja, PTS kerap membuka jurusan khusus yang tidak ada di PTN, terlebih jika PTS tersebut adalah sekolah tinggi atau institut khusus. Dengan kata lain kampus memberikan ruang kepada calon mahasiswa yang berminat pada jurusan-jurusan tersebut. Di samping itu kurikulum yang dipakai dapat disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.

Kesempatan Berkarya Lebih Besar

PTS biasanya memiliki jumlah mahasiswa yang lebih sedikit di banding PTN. Di samping itu, latar belakang mahasiswa di PTS pun beragam. Sementara itu, kegiatan kemahasiswaan merupakan hal yang mutlak perlu ada di sebuah kampus. Maka dengan kondisi yang seperti itu, mahasiswa yang berminat jadi aktivis memiliki peluang berkarya yang lebih besar.

Tidak Memandang Umur Calon Mahasiswa

Berbeda dengan PTN, PTS tidak membatasi siapapun yang ingin mengecap pendidikan, khususnya dalam hal usia. Kalau di PTN hanya menerima mahasiswa baru tamat dan lulusan SMA/sederajat 2 tahun terakhir, sebagian besar PTS menerima calon mahasiswa yang lebih tua dari itu. Dengan kata lain, PTS memberikan peluang yang lebih besar bagi calon mahasiswanya untuk belajar.

Mendorong Mahasiswa untuk Lebih Berkomitmen

Satu keuntungan lainnya berkuliah di PTS yang tidak kalah penting adalah adanya dorongan pada mahasiswa untuk lebih berkomitmen dalam belajar dan menyelesaikan studinya. Pasalnya, biaya yang lebih mahal itu akan sia-sia kalau mahasiswa tidak serius dalam berkuliah.

Baca juga : 11 Cara Hidup Hemat Untuk Pelajar yang Anti Mainstream

Nah, itulah sedikit cerita kita mengenai keuntungan kuliah di kampus swasta. Sebenarnya tidak ada masalah sih mau kuliah di PTN ataupun PTS. Tentu kamu sendiri bisa menimbang mana yang lebih baik dan cocok bagi kamu. Toh, mau di mana pun kuliah yang terpenting adalah kita yang sebagai mahasiswa. Perguruan tinggi hanya fasilitator, namun aktor atau pemainnya adalah si mahasiswa itu sendiri. So, berjuanglah untuk menggapai gelar dan menyongsong masa depanmu.[]

error:
Copy link
Powered by Social Snap