Ketika tamat SMA dan ingin masuk ke kampus dulu saya berpikir mana jurusan yang peluang kerjanya banyak dan dibutuhkan di masa mendatang. Alasan kenapa saya memikirkan itu tentu saja agar saya tidak menganggur setelah tamat dari kampus. Kalau boleh jujur, dulu saya punya satu jurusan yang ingin saya masuki karena minat, tapi setelah menimbang prospek kerjanya akhirnya saya pilih jurusan lain.

Oh ya, apakah Anda adalah anak sekolahan yang baru tamat dan ingin melanjutkan kuliah?

Jika iya, saya ingin berbagi beberapa jurusan yang menurut saya memiliki prospek kerja yang baik di masa depan. Beberapa jurusan ini barangkali cocok dengan Anda, atau bisa juga tidak. Dan daftar jurusan yang akan saya tulis ini berdasarkan opini saya ya. Silakan cari sumber lain jika kurang tepat menurutmu, atau silakan tulis sesuatu di kolom komentar.

Jurusan yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Masa Mendatang

Sub judulnya panjang amat ya, tapi memang banyak calon mahasiswa yang bertanya tentang ini. Atau bisa juga beberapa dari Anda yang “tersesat” ke sini adalah orang tua. Terlepas dari siapa pun Anda, silakan bersepakat atau tidak dengan daftar jurusan dengan peluang kerja besar di bawah ini.

Jurusan Rumpun Teknik

Berbagai jurusan di rumpun ilmu teknik sengaja saya letakkan di awal karena saya alumni S1 Teknik Mesin. Meskipun demikian, alumni teknik memang yang paling banyak diserap oleh industri. Pasalnya mereka sangat dibutuhkan di pabrik, lembaga konsultan hingga instansi pemerintahan. Beberapa BUMN juga menampung alumni-alumni dari fakultas teknik. Namun jika ditanya mana dari jurusan teknik yang paling banyak dipakai di dunia kerja, maka jawabannya adalah teknik mesin dan teknik sipil.

Prospek kerja teknik mesin yaitu dapat bekerja di berbagai bidang di pabrik dan perusahaan tambang, material, minyak dan sebagainya. Ia bisa bekerja di bagian produksi, desain dan sebagainya. Selain itu, alumni jurusan teknik sipil juga banyak diserap karena negara berkembang butuh pembangun infrastruktur yang tidak sedikit. Hanya saja, Anda tidak perlu ragu untuk mengambil jurusan teknik lainnya karena lulusannya juga dibutuhkan kok.

Jurusan Rumpun Ilmu Kesehatan

Peminat jurusan di rumpun kesehatan memang tidak ada habisnya. Beberapa jurusan yang ada di rumpun ini adalah pendidikan dokter, pendidikan dokter gigi, ilmu kesehatan masyarakat, ilmu gizi, keperawatan, kebidanan hingga psikologi. Alumni dari jurusan kesehatan sangat dibutuhkan di dunia kerja. Tapi ada syaratnya, syaratnya yaitu mau berkontribusi ke daerah.

Alumni jurusan rumpun ilmu kesehatan atau tenaga kesehatan sangat dibutuhkan di daerah-daerah Indonesia namun sudah berlebih jika di kota-kota besar. Jika Anda ingin berkuliah di jurusan ini, pasang niat untuk mau berkontribusi ke daerah ya. Terlebih daerah yang masuk ke kategori terdepan, terluar dan tertinggal.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Saya pernah membahas prospek kerja ilmu komunikasi sebelumnya, ada sekitar 30 lebih bidang pekerjaan yang bisa ditempuh oleh alumni jurusan ilmu komunikasi. Jurusan satu ini semakin diminati karena industri kreatif dan hiburan terus berkembang. Anda bisa memilih jurusan ini jika memiliki minat di bidang penyiaran, fotografi, videografi, dan industri kreatif lainnya.

Oh ya, jurusan ini berada di rumpun ilmu sosial dan humaniora (soshum) ya, sangat cocok untuk Anda yang di sekolah menengah dulu mengambil jurusan IPS.

Jurusan Rumpun IT

Ada jurusan teknik informatika, teknik komputer dan sistem informasi di rumpun ini. Ketiga jurusan tersebut sangat diminati saat ini, pasalnya dunia telah serba digital dan profesi programmer menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis saat ini.

Anda punya minat di bidang IT? Kenapa tidak masuk ke jurusan IT saja.

Jurusan Rumpun Ekonomi

Salah satu jurusan di bidang soshum yang diminati oleh dunia kerja adalah ekonomi. Ini mencakup ilmu ekonomi, akuntansi hingga manajemen. Berbagai bisnis berkembang sangat pesat di dunia saat ini, bahkan negara kita mengklasifikasikannya menjadi mikro, kecil, menengah dan besar. Pelaku UMKM sangatlah banyak dan menjadi penopang ekonomi negara.

Pun jika akhirnya lulusan ekonomi tidak bekerja di perusahaan besar, ia dapat masuk di usaha kecil dan menengah atau bahkan membangun bisnis sendiri. Jadi tidak akan rugi kuliah di ekonomi.

Jurusan Agribisnis dan Agroteknologi

Sedari dulu Indonesia terkenal sebagai negara agraris, itu artinya Indonesia adalah negara yang subur dan pertaniannya maju. Tapi sayang, semakin hari pertanian Indonesia semakin mundur. Bukan, bukan soal lahannya yang tidak lagi subur, tapi banyak orang yang tidak mau jadi petani.

Jurusan pertanian banyak dibuka di kampus-kampus seluruh Indonesia, bahkan kita punya kampus pertanian yang sudah bertaraf internasional. Tapi masalahnya bukan tempat kuliahnya, melainkan alumni pertanian yang ogah jadi petani. Mungkin mereka mengira bertani itu soal mencangkul sawah atau ladang ya. Kalau gitu mah percuma kuliah 4 tahun di bidang agribisnis atau agroteknologi. Kita bisa meniru majunya pertanian di luar negeri, di Jepang misalnya.

Jurusan Ilmu Pendidikan

Jurusan dengan peluang kerja yang banyak dibutuhkan di masa mendatang lainnya adalah ilmu pendidikan. Sampai kapanpun guru atau pengajar adalah orang-orang yang sangat dibutuhkan. Indonesia adalah negara dengan penduduk terbesar ke-4 di dunia. Sayangnya, meskipun pendidikan rakyat telah dijamin oleh undang-undang, masih banyak rakyat Indonesia yang tidak bisa menikmati pendidikan yang layak karena kurangnya tenaga pengajar.

Jika Anda berminat untuk masuk ke jurusan ilmu pendidikan, saya sangat sarankan untuk berkontribusi ke wilayah-wilayah di mana tenaga pendidikan masih sangat kurang di sana.

Nah, itulah tadi beberapa jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Anda bisa memilih jurusan mana yang cocok dengan diri Anda. Namun sebelum itu, saya sangat menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan keluarga terkait jurusan mana yang akan diambil. Pasalnya, keluarga adalah mereka yang akan mendukung Anda ketika kuliah nanti dan orang-orang yang semestinya Anda bahagiakan ketika telah mendapatkan pekerjaan impian di masa depan. Semoga artikel singkat ini bermanfaat ya. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan menuliskannya di kolom komentar di bawah.[]

error:
Copy link
Powered by Social Snap