Leap to Next Gen, Bangga Jadi Diri Sendiri Bersama realme narzo 20 Series dan Perangkat AIoT

Sekitar April 2019 lalu, saya memutuskan untuk mengganti smartphone lama saya. Cepatnya perkembangan zaman membuat ponsel saya menjadi tidak bisa mengakomodir kebutuhan-kebutuhan kekinian. Setelah beberapa hari melakukan riset, saya menjatuhkan pilihan pada realme 3 yang pada saat itu baru dirilis.

Saya kepincut betul dengan desainnya yang simpel namun elegan. Bodinya juga ramping dan ringan. Saya boyong deh itu si realme 3 pulang. Sampai saat ini si ponsel saya sangat membantu pekerjaan saya, baik sebagai seorang peneliti ataupun seorang blogger dan digital marketer.

Sekitar setahun setelah itu, giliran istri saya yang beli realme 5. Jadilah kami pasutri bergawai realme. Sejauh ini, kami sangat nyaman menggunakan smartphone realme. Tapi hebatnya, walaupun saya tidak pernah menggembar-gemborkan betapa realme memenuhi kebutuhan kami, adik saya yang masih kuliah malah juga pengen beli realme, katanya mau beli realme 7.

“Kalau dia jadi beli realme 7, otomatis saya jadi yang paling ‘ketinggalan’ dong.” pikir saya.

Bukan, bukan karena realme 3 tidak mampu mengimbangi kebutuhan saya lagi, hanya saja semakin meningkatnya frekuensi dan keterbutuhan dengan smartphone, sepertinya cukup bijak jika menambah satu perangkat lagi. Kebetulan tuh ada realme narzo 20 series yang secara performa mumpuni tapi tetap ramah di kantong.

Ads ajopiaman

Ponsel realme 3 dan realme 5 saya dan istri

Pandangan Pertama Saya Terhadap realme narzo 20 Series

“Series terbaru realme ini unik.” pikir saya.

Hal pertama yang membuat saya terpincut oleh realme narzo itu adalah namanya. Ya, kata “narzo” ini unik, entah kenapa itu selalu terngiang-ngiang. Ini mungkin karena biasanya realme memakai kode angka di varian atau seri ponsel pintarnya, namun kali ini diberikan kode kata. Ya, realme narzo, hmm… menarik.

Belum usai ketercengangan saya dengan hadirnya realme narzo, sekarang ada realme narzo 20 series yang sama kerennya. Lantas, sebagai seorang yang masih jadi bagian golongan muda, tentu saya kepo dong. Apa saja keunggulan realme narzo 20 series ini? Apakah penyematan “narzo” di nama varian itu hanya sebatas “diferensiasi” biar terkesan beda? Atau memang realme menawarkan satu hal yang berbeda di varian anyarnya itu.

…dan nyatanya, memang realme narzo series ini beda.

Seperti biasa, realme memang menarget anak-anak muda sebagai pangsa pasarnya. Jadi tidak ada yang berbeda dari objek yang disasar. Usut punya usut, tenyata perbedaan yang mendasar dari seri terbaru ini adalah keunggulannya yang mampu dibawa untuk pekerjaan berat seperti gaming. Kehadiran realme narzo 20 Series merupakan solusi tepat bagi kawula muda yang butuh smartphone bertenaga untuk menunjang kinerja dalam bermain game. Bisa dibilang realme narzo 20 series sebagai best value for money smartphone for gaming di kelas harganya.

Ads ajopiaman

“Memang berapa harganya?”

Sabar, saya akan membahasnya nanti. Jadi tunggu ya.

realme narzo 20 (kiri) dan realme narzo 20 Pro (kanan)

Mengintip Mewahnya Spesifikasi realme narzo 20 Series

Salah satu alasan saya menjatuhkan pilihan pada realme adalah kemampuan mereka memberikan spesifikasi smartphone yang mewah dengan harga yang murah. realme 3 saya misalnya, pada saat rilisnya dulu, ia mampu menembus skor benchmark yang terbilang tinggi saat itu. Namun yang namanya teknologi terus berkembang, bukan? Sebagaimana aplikasi smartphone yang juga semakin membesar seiring pembaharuannya.

Hadirnya realme narzo 20 Series menjadi jawaban telak dari realme untuk memenuhi kebutuhan kawula muda saat ini. Bagaimana pun, kita tidak bisa lho memandang game hanya jadi time killer semata, tetapi malah jadi salah satu profesi di era kini. realme sangat membaca peluang itu dengan menghadirkan narzo 20 series yang akan saya kupas spesifikasinya setelah ini.

Dapur Pacu yang Dapat Diadu

realme narzo 20 dibekali dengan chipset Helio G85 12nm Otca-core 64 bits, prosesor ini salah satu chipset gaming terbaik dari MediaTek. Fitur octa-core dari Helio G85 dapat dipacu hingga clock speed 2.0GHz. Tidak hanya itu, GPU ARM Mali-G52 mendukung narzo 20 dalam menghadirkan pengalaman gaming yang luar biasa. Skor Antutu Benchmark dari chipset ini mencapai 200.000+ dan RAM-nya sebesar 4GB. Sumber daya yang cukup untuk menjamin pengalaman gaming yang mulus.

Setingkat di atas narzo 20, realme narzo 20 Pro memboyong chipset gaming Helio G95, chipset ini merupakan chipset gaming anyar dari MediaTek. Dibekali 2 core Cortex-A76 dengan kinerja mencapai 2,05GHz dan 6 core Cortex-A55 dengan efisiensi hingga 2GHz. Untuk grafis sendiri, diurus oleh Mali-G76GPU 900Mhz. Meskipun chipset tadi memang chipset khusus gaming, tapi itu akan percuma jika RAM tidak mendukung. Kabar baiknya, realme narzo 20 Pro diberkali 8GB LPDDR4x dual-channel. Spesifikasi ini menjelaskan bahwa realme tidak hanya sekadar klaim bahwa narzo 20 series adalah smartphone gaming bagi kawula muda.

Teknologi Layar yang Memanjakan

“Apalah artinya punya chipset bagus kalau layar atau display tidak bisa mengimbangi” kata saya. Alasannya sederhana, layar yang bagus akan memberikan pengalaman pengguna terbaik. Ini sama seperti kamu bermain game dari konsol termutakhir tapi memakai layar TV tabung. Ya, gak maksimal hasilnya. Tapi kamu tidak perlu khawatir tentang layar yang digunakan realme narzo 20 series.

Kedua varian narzo 20 series sudah dilengkapi dengan layar seluas 6,5 inchi dengan Corning Gorilla Glass 3. Rasio layar terhadap bodi juga besar. realme narzo 20 mencapai 88,7% dengan resolusi HD+, sedangkan realme narzo 20 Pro 90,5% dengan resolusi FHD+. Bagi kamu yang ingin mendapatkan kualitas display terbaik, realme narzo 20 Pro adalah pilihan terbaik bagimu, pasalnya versi pro ini disempurnakan dengan refresh rate 90Hz Ultra Smooth Display.

Tunggu dulu, kualitas layar yang memanjakan tentu tidak hanya bermanfaat saat memainkan game, tapi juga bisa menghadirkan kualitas gambar terbaik saat memutar video dan sebagainya.

Kapasitas Baterai Monster dan Cepat Diisi Ulang

Salah satu keunggulan yang membuat saya jatuh hati dengan narzo 20 series adalah kapasitas baterai yang disematkan kepadanya. Meski masuk ke segmentasi ponsel pintar kelas menengah, realme narzo 20 sudah dibekali baterai 6000 mAh lho. Teknologi baterainya juga mendukung reverse charging, jadi bisa dipakai untuk mengisi daya perangkat lainnya. Gampangnya bisa dijadikan power bank. Untuk pengisian ulang daya juga sudah mendukung Quick Charge dengan daya 18W.

Di samping itu, kapasitas baterai untuk realme narzo 20 Pro memang lebih rendah yaitu hanya 4500 mAh, namun ia sudah dibekali 65W SuperDart Charge. Mengisi daya hingga 100% cukup dengan waktu 38 menit. Itu artinya, tidak perlu menunggu lama untuk dapat memainkan game favorit kembali. Baik narzo 20 dan narzo 20 Pro dibekali baterai monster yang dapat diisi ulang dengan cepat.

Dari 3 aspek di atas, realme narzo 20 Series yang menggandeng slogan “Boost The Power” benar-benar memberikan keleluasaan bagi para gamer muda untuk berhibur dan berlatih menjadi seorang profesional. Sekarang saya jadi menemukan alasan penyematan “narzo” pada seri realme terbaru ini. Dua kakak-beradik narzo 20 series ini menjadi varian realme yang dibuat khusus untuk kebutuhan gaming kamu-kamu yang lagi baca artikel ini. Kawula muda berhak dapat smartphone gaming mumpuni dengan harga yang terjangkau.

Harga dan Promo 11.11 Salebration

Kamu mungkin penasaran berapa harga realme narzo 20 series ini. Sama, saya juga merasakan hal yang sama awalnya. Untuk menjawab penasaranmu, saya akan kasih bocorannya. Untuk realme narzo 20 dibanderol di harga 2 jutaan, sedangkan realme narzo 20 Pro di harga 3 jutaan.

“Yah, 2 jutaan, 3 jutaan, tepatnya berapa?” tanya pembaca.

Nah, ini ada kabar baik lagi nih buat kamu. Harga realme narzo 20 series bisa turun ke harga termurahnya khusus di perayaan 11.11 Salebration lho. Kamu bisa dapatkan harga terbaik di hari itu. Untuk bisa bergabung dalam event langka tersebut, kamu bisa mengunjungi laman resmi realme di realme.com/id. Selain itu juga bisa mengunjungi official store realme di Lazada atau pun Shopee.

Pastikan kamu tidak melewatkan penawaran terbaik dari realme ya.

Oh ya, apa yang saya tuliskan di atas itu pasti belum mengobati rasa penasaranmu dengan spesifikasi dari realme narzo 20 series ini. Sebagai contoh, berapa resolusi kameranya, konektivitas, dan sebagainya. Biar lebih gampang, kamu bisa gunakan tabel di bawah untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari realme narzo 20 series. Dirilisnya realme narzo 20 series menjadi bukti bahwa realme punya kepedulian dan perhatian dalam mendukung kreativitas anak-anak muda di era kekinian.

Spesifikasirealme narzo 20realme narzo 20 Pro
ProcessorMediaTek Helio G85
12nm Production Process
2.0Ghz
MediaTek Helio G95
CPU:Octa-core, Up to 2.05GHz
GPU:ARM Mali-G76 MC4 900MHz
Storage & RAM4GB + 64GB
RAM:4GB LPDDR4x dual-channel
ROM:64GB UFS 2.1
Storage expandable up to 256GB
8GB + 128GB
RAM:8GB LPDDR4x dual-channel
ROM:128GB UFS 2.1
DisplaySize: 6.5 inches
Screen Ratio: 88.7%
Resolution: HD+ 720*1600
Corning Gorilla Glass 3
90Hz Ultra Smooth Display
6.5” (16.5cm) Fullscreen
Resolution:2400x1080 FHD+
Screen-to-body ratio:90.5%
Corning Gorilla Glass 3
Charging & Battery18W Quick Charge
6000mAh(typ)
Includes an 9V/2A charger & cable
USB Type-C port
65W SuperDart Charge
4500mAh(typ)
Includes an 10V/6.5A charger & cable
USB Type-C port
Camera48MP AI Triple Camera
Primary:
48MP
f/1.8
HDR
Chroma Boost
Slo-mo
6P Lens
Ultra-wide Angle:
8MP
f/2.3
FOV 119°
Macro Lens:
2MP
f/2.4 Aperture
Video
720p / 1080p, 30fps
1080p, 60fps
AI Front Camera
8MP
5P Lens
10
AI Beauty
HDR
Panoramic View
Timelapse
48MP AI Quad Camera
48MP Primary Camera
26mm, f/1.8
1/2” Sensor Size
8MP Ultra wide-angle Lens
FOV 119°, f/2.3, 5P lens
2MP B&W Portrait Camera
f/2.4, 3P lens
2MP Macro lens
4cm focus, f/2.4, 3P lens
10
Photography function:
Super Nightscape, Panorama, Portrait Mode, Time-lapse
Photography, HDR, Ultra Wide, Ultra Macro, AI Scene Recognition, AI
Beauty, Filter, Chroma Boost
Video recording:
Support Ultra Wide Video
Support 4K/30fps Video Recording
Support 1080P/30fps, 60fps Video Recording
Support 720P/30fps, 60fps Video Recording
In-display Selfie
16MP Primary camera
f/2.1 5P lens
IMX471
Photography function:
Time-lapse Photography, Front Panorama, Beauty, Flip Selfie,
Nightscape, Portrait Mode
Video recording:
Support 1080P/30fps video recording
Support 720P/30fps video recording
Support 120fps slo-mo video recording
Cellular & Wireless 3-Card Slot
2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot
VoLTE
Wireless network
2.4/5 GHz
802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth 5.0
3-Card Slot
2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot
Wireless network
2.4/5 GHz
802.11 a/b/g/n/ac
11
Bluetooth 5.0
Navigation GPS/Beidou/GlonassGPS/AGPS/Glonass /Beidou
Size & Weight164.5mm*75.9mm*9.8mm
208g
Height: 162.3mm
Width: 75.4mm
Depth: 9.4mm
Weight≈191g
Sensors Magnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor /
Accelerometer Sensor / Fingerprint
Magnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor / Gyrometer / Acceleration Sensor
Operating Systemrealme UI
Based on Android 10
realme UI
Based on Android 10
Packing Listrealme narzo 20
9V2A Adapter*1
Micro USB Cable*1
Important Info booklet with Warranty Card*1
Quick Guide*1
SIM Card Tool*1
11
Screen Protection Film*1
realme narzo 20 Pro
65W SuperDart Charger
USB Type-C Cable
Protect Case
Protect Film
SIM Card Tool
Important Info Booklet with Warranty Card

Leap to Next Gen: Upaya realme Mengajak Kawula Muda Jadi Lebih Pintar dan Bergaya

Nyatanya, bukti kepedulian realme terhadap kreativitas anak muda bukan hanya rilisnya narzo 20 series lho. Baru-baru ini realme juga meluncurkan paket, atau bisa disebut juga kampanye, leap to next gen. Kalau diartikan ke bahasa Indonesia jadinya “melompat ke generasi selanjutnya”. Tapi apa sebenarnya yang diusung realme dengan kampanye itu? Ke mana harus meloncat? Nah, ternyata yang dimaksud realme adalah beranjak ke gaya hidup baru yang berbasis teknologi terkini.

Mungkin kamu pernah mendengar istilah artificial intelligent (AI) dan Internet of Things (IoT), sekarang keduanya digabung menjadi satu di bawah nama Artificial Intelligent of Things (AIoT). Sebagai perusahaan teknologi yang terus berkembang dan berinovasi, realme juga meluncurkan berbagai perangkat AIoT mereka. Perangkat-perangkat tersebut adalah sebagai berikut.

realme Buds Air Pro

realme Buds Air Pro merupakan perangkat audio dalam kategori True Wireless Stereo (TWS) yang memiliki berbagai keunggulan seperti Active Noise Cancellation hingga 35dB dan transparency mode dengan harga yang cukup terjangkau. Perangkat ini dibanderol di harga 1 jutaan dengan kekayaan fitur yang menyamai perangkat TWS ternama di harga 3 juta ke atas. Perangkat ini akan sangat membantu dalam meredam bising sehingga kita bisa menikmati kualitas audio yang lebih baik. Baik itu saat bermain game atau lainnya.

realme Watch S

realme Watch S adalah jam pintar dari realme dengan desain yang elegan dan memukau. Perangkat ini kaya dengan fitur seperti pemantau kadar oksigen di dalam darah, pemantau detak jantung real time, 16 mode olahraga dan sebagainya. realme Watch S juga dapat dikoneksikan dengan realme narzo 20 Series yang sudah kita ulas di atas. Olah raga dengan menggunakan realme Watch S pasti lebih gaya dan bersemangat.

realme Smart Cam 360

Kamera pintar ini mampu merekam video dengan resolusi 1080p Full HD dengan 360° sudut panoramik. realme Smart Cam 360 sangat cocok digunakan untuk aplikasi keamanan rumah, di mana perangkat ini bisa mengawasi rumahmu selama 24 jam penuh. Perangkat ini bisa bekerja dengan aplikasi realme Link yang dipasang di realme narzo 20 series dan seri realme lainnya.

realme M1 Sonic Electric Brush

Demi mendukung generasi muda menjadi Tech Trandsetter dengan meluncurkan berbagai produk yang dapat memudahkan dan mendukung gaya hidup generasi muda. Salah satu perangkat AIoT yang sangat berfaedah dari realme adalah realme M1 Sonic Electric Brush. Seperti yang kamu bisa tebak dari namanya, perangkat ini adalah sikat gigi pintar ini bisa bergerak hingga 34.000 kali/menit dengan Mesin Gerakan Sonic Tercepat Dupont. Bulu sikat yang digunakan 99,99% anti bakteri dan baterainya bisa tahan hingga 90 hari lho. Menyikat gigi jadi lebih mudah dengan perangkat ini.

Dengan berbagai inovasi yang dilakukan oleh realme, saya berani bilang kalau merek ini adalah merek favoritnya anak muda. Meskipun demikian, yang sudah lulus dari titel anak muda pun punya hak untuk menjadi keren bersama realme. Toh realme narzo 20 Series bisa dipakai oleh siapa saja, termasuk juga beberapa perangkat AIoT realme yang saya singgung di atas tadi.

Ads ajopiaman

Meskipun masih tergolong baru, realme sudah mendapatkan tempat di hati para penggunanya. Kalau boleh bilang, dari pengalaman saya menggunakan realme 3 selama hampir 2 tahun, realme mampu memberikan value atau nilai terbaik atas uang yang sudah saya investasikan. Bagi saya, selama ini tidak ada keluhan yang nyata dengan penggunaan realme. Rasio price to performance dari produk-produk realme sangat masuk akal dan menguntungkan. Kapan lagi kita bisa dapatkan perangkat mumpuni dengan harga yang terjangkau, bukan?

Saya pribadi bangga menjadi diri sendiri bersama realme. Ini seperti being a real me with realme. Kehadiran realme narzo 20 series dan perangkat AIoT realme lainnya semakin membuat saya ingin melengkapi kebutuhan kekinian dengan produk-produk brand satu ini. Yah, tak salah menambah satu perangkat ponsel pintar lagi, toh memang butuh. Lagi pula, sebagai seseorang yang masih terhitung golongan muda, saya tentu ingin dong ikut dalam kampanye leap to next gen yang notabene dibuat untuk mendukung kawula muda Indonesia. Bagaimana denganmu? Pasti ingin ikutan juga, bukan? Jangan buang-buang waktumu, yuk jadi diri sendiri bersama realme.[]

Terbantu dengan tulisan di blog ini? Bantu saya dengan berdonasi seikhlasnya agar saya semakin semangat membuat konten bermanfaat.
Klik Untuk Donasi

13 pemikiran pada “Leap to Next Gen, Bangga Jadi Diri Sendiri Bersama realme narzo 20 Series dan Perangkat AIoT”

  1. Ngecasnya sebentar banget ya, baterainya juga tahan lama. Spesifikasi begini yang kubutuhkan karena kerjaanku rata-rata di gawai daripadaaptop, jadi butuh yang mumpuni…

    Balas
  2. Rajin update smartphone karena makin ke sini ponsel lama makin keteteran. Realme Narzo 20 ini bisa dipadupadankan dengan perangkat komplementer ya. Sudah itu kekinian dan ramah di kantong…

    Balas
  3. Tahun ini aku beliin si kakak hp ini pas pendemi karena di rumah aja, sebelumnya gak percaya amat ama merek ini, hehehe sebab sebelumnya pernah dikasih suami hp sejenis ini, hanya sebentar umurnya. pas ada kerusakan tidak bisa diperbaiki, meski sudah di bawa ke Jakarta. sekarang Hp ini saya pakai karena kakak sudah di pondok,keluhan saya adalah sering minta stell ulang, hahaha

    Balas
  4. Daya ngecas smartphone yang cepat gini sangat dibutuhkan. Karena kdg suka bingung disaat sedang berburu waktu, tp ponsel belum full batreinya.

    Balas
  5. Wah real me ada produk sikat gigi juga. Kok kayaknya random banget ya? Hihi. Memang hape sekarang dengan harga 2-3 jutaan sudah canggih-canggih ya. Mana tiap tahun selalu ada yang baru juga. Kalau yang suka upgrade hape bakalan bingung tiap tahun pastinya. Hehe

    Balas
  6. Kegemaran anak muda sekarang akan game online. sepertinya keputusan yang tepat bagi Realme mengeluarkan Realme Narzo 20, semakin menambah persaingan smartphone yang support gaming. Realme Narzo 20 patut dipertimbangkan oleh para gamer.

    Balas

Tinggalkan komentar

error: