Mudahnya Mencari Kursi Kerja dan Furnitur Lainnya di iCreate.id

Agaknya istri saya cukup kapok untuk mendengarkan keluhan saya tentang pinggang saya yang encok. Memang akhir-akhir ini tubuh saya sering pegal, tidak hanya pinggang tapi juga punggung dan pinggul. Dan, si ibu negara tentu tahu, “keluhan” tersebut sebenarnya adalah kode yang berarti mutlak: “tolong bantu pijitin aku dong”. Maka, sebagai seorang istri yang baik ia akan membantu saya terlepas dari jerat keencokan itu.

Tunggu dulu, Anda mungkin mengira kalau saya suami yang “tegaan” untuk “memperbudak” istri demi kesenangan diri sendiri. Bukan, bukan seperti itu. Sebenarnya sering juga ia minta “nas dulu” karena memang capek, badmood dan sebagainya. Dan satu hal yang paling solutif yang paling keluar dari mulutnya adalah “kayaknya Uda harus beli kursi kerja deh”.

Hmm, sepertinya memang saya membutuhkan itu.

Tapi ngomong-ngomong seberapa penting memiliki kursi kerja itu? Apa iya furnitur itu bisa membantu kita mengubah kebiasaan duduk dengan posisi tubuh yang salah?

Pentingnya Duduk dengan Posisi yang Benar

Apapun alasannya, sebenarnya saya tak seharusnya mengeluh. Ya, meskipun selama ini saya lebih nyaman bekerja lesehan dengan sebuah meja lipat tapi sikap duduk yang baik tetap bisa dilakukan. Encok atau pegal yang saya rasakan hanyalah dampak kecil dari salahnya posisi duduk seseorang. Ternyata jika hal ini berketerusan, permasalahan yang serius tidak dapat terelakkan.

Jika posisi duduk tidak tepat, jaringan pada tulang belakang terhubung pada ligamen yang dapat terpicu dan tubuh merasa sakit. Rasa sakit tersebut dapat berkembang menjadi sakit kronik apabila dibiarkan. Lebih lengkapnya, posisi duduk yang salah–apalagi dalam waktu yang lama–dapat memicu berbagai masalah berikut ini :

Mengubah bentuk tulang belakang

Ketika seseorang terbiasa untuk berdiri dan duduk bungkuk, kurva tulang belakangnya dapat mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan tulang belakang mendapatkan tekanan dalam waktu yang lama sehingga ia tidak hanya merasakan sakit tapi dapat membuatnya melengkung atau membungkuk.

Mengganggu pencernaan

Posisi duduk yang tidak benar juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada pencernaan kita. Organ pencernaan dapat tersumbat sehingga efisiensi dan fungsi normalnya bisa berkurang. Efeknya? Sembelit, tidak nyaman, masalah pernapasan, sesak dan tekanan darah tinggi.

Menumpuk lemak

Masih terkait dengan poin sebelumnya, pencernaan yang terganggu membuat penumpukkan lemak tubuh di sekitar pinggang, tekanan darah naik dan kadar kolesterol juga jadi tidak normal.

Bikin depresi juga

Duduk bungkuk ternyata juga berpengaruh kepada suasana hati lho. Ketika posisi duduk kita tidak benar, kita akan rentan terkena depresi–atau setidaknya bad mood.

Memicu kelelahan

Badan sering terasa capek dan pegal? Bisa jadi itu karena posisi duduk kita yang salah dalam aktivitas harian. Tubuh membutuhkan energi lebih banyak untuk menahan tubuh dalam posisi yang tidak seharusnya, karenanya kita jadi lebih mudah capek.

Memicu nyeri punggung kronis

Posisi duduk yang buruk bisa membuat kita merasakan nyeri punggung kronis dan degenerasi cakram sendi juga lho. Ini bisa terjadi ketika kita salah posisi setiap harinya.

Meningkatkan stres

Posisi duduk yang buruk akan menyebabkan pernapasan buruk, parahnya lagi hal ini bisa mempengaruhi sistem saraf dan meningkatkan stres.

Meningkatkan kemungkinan masalah kardiovaskular

Kabar buruknya, posisi duduk yang buruk dapat meningkatkan kemungkinan penyakit kardiovaskular atau jantung.

“Setelah baca ini kok jadi ngeri ya?”

Jujur, saat menuliskan ini saya juga bergidik ngeri. Ternyata masalah yang dapat ditimbulkan posisi duduk yang salah tidak hanya nyeri tapi banyak hal yang lebih ngeri lagi. Namun meskipun demikian, kita tidak perlu khawatir, sebab kita bisa berusaha mendisiplinkan diri duduk dengan posisi yang baik dan benar. Caranya adalah dengan duduk menggunakan kursi kerja yang baik.

 

Tips Memilih Kursi Kerja yang Baik

Nah, jadi tuh memang beberapa masalah di atas tadi yang bikin saya pengen beli kursi kerja, ya meskipun saya gak kerja kantoran. Hei, memangnya furnitur kantor hanya boleh dipasang di kantor? Pekerja lepas atau freelancer juga punya hak yang sama untuk bikin setup keren untuk pekerjaannya. Bagaimana menurut Anda?

Terlepas dari itu, ada banyak hal yang memang harus dipertimbangkan ketika ingin memboyong pulang sebuah kursi kerja. Kenapa demikian? Tentu saja agar kursi yang dipilih memberikan kenyamanan dan meningkatkan produktivitas kita saat bekerja. Untuk itulah, beberapa tips berikut ini layak untuk dipertimbangkan.

Perhatikan ketinggian kursi kerja

Ketinggian dari sebuah kursi kerja adalah parameter yang penting pakai banget. Paling tidak, saat kita duduk, tinggi kursi cukup untuk membentuk sudut antara tungkai kaki dan paha mendekati 90 derajat. Ini supaya betis dan paha tidak kelelahan menahan beban tubuh. Faktor lainnya yang membuat tinggi kursi menjadi penting adalah tinggi rendahnya meja kerja. Oleh karena itu, memilih kursi yang dapat diatur ketinggiannya adalah pilihan yang bijak.

Cocok dengan meja kerja

Menyambung poin sebelumnya, memilih kursi kerja yang sesuai dengan meja kerja adalah sesuatu yang mutlak perlu. Kalau tadi saya sudah menyinggung soal ketinggian, hal yang bisa jadi pertimbangan selain itu adalah desain dan bahan kursi yang sebaiknya cocok dengan meja kerjanya.

Sebaiknya pilih yang punya sandaran lengan

Ketika bekerja, kita seringkali menahan lengan untuk tetap di sudut atau posisi tertentu, hal ini tentu saja menguras tenaga. Oleh karena itu, memilih kursi dengan sandaran lengan juga perlu dipertimbangkan.

Sandaran badan yang ergonomis

Tak hanya sandaran lengan, yang lebih penting dari itu adalah sandaran badan. Posisi duduk tidak baik seringkali dipicu karena badan tidak bisa bersandar saat bekerja tanpa kursi atau dengan kursi tanpa sandaran. Pilihlah kursi dengan sandaran badan yang ergonomis agar posisi duduk kita menjadi baik dan punggung tidak sakit.

Pilih kursi dengan bantalan empuk

Bantalan duduk juga harus menjadi pertimbangan lho. Pasalnya saat bekerja kita betah duduk lama-lama, andaikata bantalan duduknya tidak nyaman, panggul akan terasa sakit. Maka, pilihlah kursi kerja dengan bantalan yang empuk.

Pilih yang berkaki roda jika dibutuhkan

Bagi Anda yang meja kerjanya luas atau bahkan lebih dari satu, memilih kursi kerja dengan kaki beroda agaknya bisa Anda lakukan. Hal ini bisa membuat Anda menjadi lebih mudah berpindah-pindah tanpa harus mengangkat kursinya.

Harga yang masuk akal

Ada banyak sekali kursi kerja yang dijual tapi ragam harganya juga banyak. Saya tidak melarang Anda membeli kursi yang mahal, tapi telitilah apakah harga yang dipasang masuk akal dan sesuai dengan kursi yang ditawarkan.

Nah, beberapa tips dan poin pertimbangan yang saya uraikan di atas layak untuk Anda coba, tapi yang lebih penting dari itu adalah membeli kursi kerja secepat mungkin karena semakin lama tubuh  berada dalam posisi duduk yang buruk maka akan semakin besar resikonya terkena penyakit.

“Ya tapi gimana dong, wong sekarang lagi pandemi Covid” mungkin begitu pikir Anda.

Kabar baiknya, di era modern sekarang ini, belanja furnitur jadi lebih mudah dengan adanya toko furnitur online. Dan, salah satu toko furnitur online yang saya rekomendasikan adalah iCreate.id.

Beli Kursi Kerja dan Furnitur Lainnya di iCreate.id Saja

Kesibukan kerja seringkali membuat kita tidak bisa banyak bergerak, bahkan tak jarang kita harus lembur karena pekerjaan. Fenomena ini agaknya menjadi halangan bagi kita untuk pergi langsung ke toko untuk melihat kursi yang diinginkan. Tapi mah itu dulu banget ya, sekarang apa-apa bisa dibeli secara daring (online). Contohnya jika Anda membutuhkan kursi kerja dan furnitur lainnya, ada iCreate.id yang siap memenuhi kebutuhan Anda.

iCreate.id adalah toko online furnitur yang dipersembahkan oleh PT. iCreate Living Style. Kehadirannya ditujukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat modern akan kemudahan berbelanja tanpa terikat waktu dan tempat. Ada alasan hal mengapa toko satu ini berhasil menarik perhatian saya. Alasan-alasan itu akan saya uraikan di bawah. 

Punya toko fisik

Satu hal yang membuat orang ragu untuk berbelanja online adalah takut barang tidak sampai karena toko kurang kredibel. Kekhawatiran ini tidak saya temukan di iCreate.id karena toko fisik iCreate.id bisa ditemukan di Pesona Square Depok. Jadi calon konsumen bisa lihat langsung tuh barang-barang furniturnya dan mencobanya sendiri.

Pilihan furnitur berkualitas yang beragam

Meski saya fokus menulis tentang kursi kerja tapi yang tersedia di iCreate.id lebih banyak dari itu lho. Setidaknya ada 5 kategori utama produk yang dijual, yaitu sofa, kursi, meja, penyimpanan dan aksesoris. Uniknya lagi iCreate.id menyediakan animal stool atau bangku berbentuk hewan yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Untuk barang-barangnya sendiri berkualitas dan dijamin original.

Harga yang masuk akal dan kompetitif

Keunggulan lainnya dari iCreate.id adalah harga yang dipasang masuk akal dan kompetitif. Tidak terlalu mahal untuk produk-produk yang berkualitas premium dengan model dan desain yang modern. Sebagai contoh produk kursi kerja LEO CHAIR berbahan fabric berkualitas yang dibanderol Rp 1.099.000 juta saja.

Pembayaran yang lengkap, mudah dan aman

Ada banyak pilihan metode pembayaran yang bisa digunakan saat berbelanja di iCreate.id. Metode pembayarannya lengkap, mudah dan nyaman.

Garansi resmi dan layanan pengembalian barang

Untuk menjaga kepercayaan pelanggannya, iCreate.id memberikan garansi resmi pada produk yang telah dibeli dari toko mereka. Tidak hanya itu, jika produk tersebut rusak, tersedia layanan pengembalian barang juga lho. Ini tentu membuat kegiatan belanja jadi aman dan nyaman.

Gratis biaya kirim dan instalasi untuk Jabodetabek dan Bandung

Kabar baiknya bagi Anda yang tinggal di daerah Jabodetabek dan Bandung, Anda bisa memboyong furnitur idaman Anda tanpa biaya pengiriman. Tidak hanya itu, iCreate.id juga menyediakan layanan instalasi gratis bagi Anda di wilayah tersebut.

Review positif dari pembeli

The last but not least, iCreate.id sudah mengumpulkan banyak testimoni dari pelanggan mereka. Ulasan positif ini lebih dari cukup untuk menegaskan bahwa iCreate.id, yang meskipun pemain baru, bersungguh-sungguh dalam bisnis mereka.

Well, back to the topic, memiliki furnitur terbaik untuk menunjang pekerjaan dan kenyamanan saat di kantor, di rumah atau bahkan di bisnis Anda is a must. Uhuk, gaya banget ya saya pakai bahasa Inggris. Tapi apapun itu, ulasan yang saya tulis ini bukanlah gaya-gayaan. Furnitur yang baik akan membantu Anda memiliki sikap yang baik dalam menjalani keseharian Anda. Jika itu adalah kursi kerja, maka Anda bisa membentuk posisi duduk yang baik dengannya. Begitu juga furnitur yang lain.

Jika tidak percaya Anda bisa mencoba berbelanja furnitur kantor atau furnitur lainnya yang Anda butuhkan di iCreate.id. Navigasi webnya sangat ramah terhadap pengguna, kecepatan pemuatannya juga membuat saya takjub. Saya tidak minta Anda untuk langsung membeli di sana, Anda bisa kok mulai bertanya melalui tombol WhatsApp yang tersemat manis  di sudut kanan bawah dan lihatlah bagaimana telatennya mereka melayani Anda sebagai calon pelanggan berharga mereka.[]

Referensi :

Gambar produk furnitur dari iCreate.id

Dyah WSRW dan Deny N. 2010. Nyeri Punggung pada Operator Komputer Akibat Posisi dan Lama Duduk. MKB. 42(3):123-127

Adinda Rudistina. 2019. 8 Masalah Kesehatan Akibat Sering Duduk Bungkuk di https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/masalah-akibat-duduk-bungkuk/ (diakses pada 31 Agustus 2020)

14 pemikiran pada “Mudahnya Mencari Kursi Kerja dan Furnitur Lainnya di iCreate.id”

  1. Ini pas dibeli buat suamiku, kursi kerja. Karena sampai kini dia belum full working from office. Masih selang-seling WFH-WFO lantaran pandemi. Kursi kerja di kantor sudah bagus kualitasnya. Sementara yang di rumah masih bikin encok baginya. Auto kepo icreate id buat cari kursi kerja yang pas buatnya

    Balas
  2. Baca cerita uda mengingatkan satu tayangan kisah dengan istri saya dengan lakon dan keluhan yang hampir sama dengan uda. Hehe emang ya, kursi kerja itu ngaruh banget buat kualtas kerja, kesehatan punggung, bahkan produktivitas kerja.

    Balas
  3. kalau di kampus saya persoalan kursi kerja ini masuk ke dalam materi kesehatan dan keselamatan kerja, salah satu unsur yang diterapkan adalah faktor ergonomis yang sudah menjadi perhatian icreate.id untuk membuat kursi kerja anti encok 🙂 good job!

    Balas
  4. SAlah posisi duduk yang terlalu sering, apalagi posisi statis terlalu lama bukan hanya bikin tulang punggung nyeri. Teman saya crafter bahkan tulangnya bengkok tanpa bisa dibenerin lagi dan kena ginjalnya juga (karena keasyikan kerja hingga lupa minum dsb).
    DUh, malah curcol.
    Saya baca dan menulis komentar ini sambil berusaha duduk dalam posisi tegak. Hihihi

    Balas
  5. Wah aku lagi butuh kursi kerja, karena sekarang lagi WFH, btw gratis ongkir dan instalasi enak nie secara jauh kalau pakai ongkir pasti mahal, otw kepoin iCreate.id dehhh.

    Balas
  6. saya sering banget sakit leher.
    Waktu dulu kerja di Indo lebih sering lagi karena di atas kepala nya AC huhuhu.
    Sekarang saya ngga bisa memutar kepala ke arah samping kanan, rasanya kaku.

    Saya baru tau ternyata posisi duduk yang salah dapat menimbulkan tumpukan lemak di sekitar pinggang, ngga kebayang kalau ditambah juga dengan snacking ketika bekerja.

    Langsung nengok kursi dari iCreate nih supaya duduk juga jadi nyaman.

    Balas
  7. Kalo di kos aku juga masih lesehan dan pake meja lipat, dg posisi duduk yg gonta-ganti biar gak pegel, huhuu… pengen deh punya meja kerja yg nyaman buat di kos. *angkut meja kantor, eh

    Balas
  8. Ini penting banget padahal tapi saya engga punya. Selama ini kerja di rumah ya duduk di atas kasur dan ngerjain sesuatu di atas meja lipat. Sambil ngemil lagi, kalo capek dilipat langsung tidur,hmm. Kayaknya memang harus mulai punya meja dan kursi kerja sendiri deh

    Balas
  9. Serius beneran emang kalau salah duduk bisa bikin sakit-sakit dan akhirnya masalah ke pekerjaan. Makanya dulu saya waktu kerja di media yang banyak banget duduk, sering ganti kursi dan peregangan otot gitu sesekali. Kebetulan lagi cari kursi kerja buat di rumah aja sih, langsung lah meluncur ke iCreate

    Balas
  10. pengen banget di rumah punya ruang kerja. sudah ada sebenarnya yg belum kursinya. kursi yg empuk, ada sandaran pungung dan tangan, bisa naik turun dan berputar. ini yg diidam-idamkan, semoga kesampaian…

    Balas

Tinggalkan komentar

error: