Dari Branding Hingga Lejitkan Profit, Ini Lho Peran Website Bagi Bisnis Online

Sore itu cukup terik. Kala itu saya baru pulang dari sebuah urusan di kampus tetangga. Lantaran sudah masuk waktu salat Ashar, laju sepeda motor saya hentikan tepat di depan sebuah mesjid pinggir jalan.

Dengan sedikit belak-belong stang, motor saya terparkir manis di depan mesjid itu. Sementara itu, pandangan mata saya tertuju kepada seorang pemuda, yang kalau dilihat-lihat betul kok mirip kenalan saya. Eh, semakin dipandang saya tersadar kalau mereka hanya mirip saja. Namun sayangnya, gelagat “mencurigakan” saya sudah tertangkap olehnya.

“Ini orang bisa diprospek nih” mungkin begitu kata batin pemuda itu.

“Parfum kasturi, Ustadz” katanya, menawarkan dagangannya.

Lantas setelah sedikit cas cis cus, ia oleskan parfum itu ke tangan saya dan berkata “Ini nanti kalau ustadz wudhu baunya tetap akan tahan kok. Tahan lama.” promonya.

Singkat cerita, ketika selesai salat Ashar telah usai, saya kembali pantengin dia dan mencuri dengar informasi yang ia sampaikan pada bapak-bapak jamaah mesjid yang mampir. Dari situlah saya dapat info kalau parfum itu dihargai 15-35 ribu rupiah per botolnya, tergantung ukuran.

Jujur, waktu itu saya ingin beli itu parfum kasturi, tapi niat itu saya urungkan. Takutnya setelah dibeli tapi istri saya tidak suka. Sesampainya di rumah saya cerita ke dia, tak lupa mencari tahu harga parfum itu di lapak-lapak online. Dan tahukah anda, ternyata kalau di lapak online harganya justru lebih tinggi, mencapai 85 ribu rupiah per botolnya.

Ya, meskipun ada promo beli 3 gratis 1, beli 5 gratis 2 atau apapun itu. Terlepas dari trik pemasaran itu, ada satu hal yang menarik diulas, yaitu kenapa kalau dijual online harganya jadi melambung begitu? Bukankah biasanya barang di toko online lebih murah? Kalau boleh berpendapat sih, hal itu dapat dipengaruhi oleh keberadaan website dari pelapaknya.

Kok bisa? Jawabannya saya ulas di bawah ya.

Pentingnya Website dalam Branding Bisnis Online, Dapat Lejitkan Profit Bisnis

Pernahkah anda melihat orang beramai-ramai ke sebuah kedai kopi terkenal meski mahal? Atau “nekat” membeli baju bermerek mahal dengan bahan yang sebenarnya sama dengan baju-baju di distro lokal? Tahukah anda, yang mereka beli itu sebenarnya bukan sebatas produk, melainkan juga merek (brand). Nah, tingginya margin harga parfum kasturi yang dijual anak muda tadi dengan yang dijual dijual online di website mandiri tidak terlepas dari efek samping branding (permerekan) juga.

Nah, kira-kira nih, kalau ada seseorang yang menawarkan produk baru kepada anda, apa yang akan anda lakukan? Salah satu hal yang paling mungkin untuk dilakukan adalah mempelajari sebaik mungkin tentang produk yang ditawarkan itu.

Di contoh “kasus” kita, produk yang dijual adalah parfum kasturi. Lantas, apa bedanya parfum kasturi ini dari parfum-parfum biasa? Bedanya adalah parfum kasturi adalah parfum yang dianjurkan untuk digunakan oleh Nabi Muhammad saw., selain itu parfum ini juga bebas alkohol. Pengetahuan khusus ini bisa menjadi “unique selling point” sebagai senjata promosi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan akan produk atau brand anda. Dan website menjadi sarana mumpuni untuk menyampaikan unique selling point itu.

Jadi mulai masuk akal nih, mengapa parfum kasturi yang dijual online via website harganya lebih mahal. Pertama, karena efek samping dari upaya branding. Kedua, karena website dapat digunakan untuk mengedukasi calon pembeli tentang keistimewaan parfum kasturi. Calon pembeli yang sudah teredukasi tidak akan berpikir lebih lama untuk membeli sebuah barang/jasa, karena mereka sudah mengenalinya.

Lebih lanjut, dikutip dari Forbes—majalah bisnis dan finansial besar asal Amerika Serikat—setidaknya ada 4 dari 11 kiat branding yang bisa dilakukan dengan website. Beberapa tips itu di antaranya adalah menunjukkan identitas dengan jelas; membuat orang-orang dapat mengerti bisnis anda dengan mudah; jadi kreatif dan mudah dijangkau; hingga dapat diperpanjang.

Lantas, apakah manfaat website untuk bisnis online hanya sebagai sarana branding? Tentu saja tidak, itu barulah satu dari banyak manfaat lainnya.

7 Peranan Lainnya dari Website Bagi Bisnis Online

Nyatanya peran website bagi bisnis online bukan hanya soal branding lho. Branding itu memang sangat penting, tapi di samping itu ada banyak hal penting lainnya yang harus diupayakan oleh pelaku-pelaku bisnis online agar bisnisnya berkembang. Apa saja manfaat lainnya dari website untuk bisnis online? Berikut beberapa di antaranya.

Membuat bisnis dapat diakses setiap saat

Sebuah toko fisik umumnya hanya buka selama jam kerja, bukan? Ya, itu sebenarnya wajar kalau yang jaga toko juga perlu istirahat. Lagipula kita bukan robot yang bisa berjaga selama 24 jam. Artinya, toko fisik tidak bisa diakses setiap saat, tapi hebatnya toko online bisa.

Tentu saja agar dapat diakses setiap saat, bisnis online kita mesti punya website. Pasalnya, website ini bisa diibaratkan sebagai bangunan toko. Selain website, sebenarnya kita juga butuh hosting dan domain yang masing-masing berfungsi sebagai tanah tempat membangun toko dan alamat tokonya. Nah, dengan adanya website, bisnis anda bisa diakses sepanjang waktu, 24/7 selama setahun penuh.

Meningkatkan kredibilitas bisnis

Pernahkah anda mendengar tentang konsep Revolusi Industri 4.0? Apa yang menjadi ide utama dari itu? Ya, internet. Semua sektor sekarang mulai diintergasikan dengan internet, tidak terkecuali sektor bisnis. Sehingga sekarang kredibilitas bisnis pun bisa dibangun dengan internet. Jadi tidak heran kalau zaman sekarang dan seterusnya, setiap ada produk baru orang-orang akan bertanya “apa ada website-nya?”. Karena salah satu peranan website adalah membantu membangun kepercayaan (calon) pelanggan.

Menghemat uang atau pengeluaran bisnis

Satu hal yang membuat bisnis online lebih untung adalah karena tidak harus menyewa bangunan untuk menawarkan produk/jasa. Hadirnya website bagi bisnis online sangat membantu membantu menghemat pengeluaran bisnis. Kalau lah biaya sewa toko fisik paling tidak mulai dari 10 juta rupiah per tahunnya, toko online jauh lebih murah dari itu. Untuk bisa membuat bisnis go online, hanya butuh sewa hosting dan domain yang disediakan oleh penyedia layanan terkait.

Sarana katalog produk atau jasa

Manfaat lainnya dari website bagi bisnis online adalah sebagai sarana untuk menampilkan katalog produk atau jasa. Calon pelanggan bisa dengan mudah menelusuri apa-apa saja yang dijual dan ditawarkan, berikut dengan detail item, harga hingga diskon atau potongan. Pun jika misalnya anda sudah punya toko fisik, memiliki website sebagai versi online-nya juga sangat berguna. Selain bisa dijadikan media untuk berjualan secara online, calon pembeli juga dapat melihat-lihat produk/jasa yang anda jual, lalu ketika mereka mampir ke toko fisik, tinggal menyebutkan apa yang mereka inginkan. Jadi tidak harus membongkar-bongkar etalase untuk melihatkan semua produk, bukan?

Menghemat waktu

Sebagian dari teman saya berjualan online tanpa website, ini memang bisa dilakukan tapi cukup merepotkan. Bayangkan, kalau setiap mau memprospek calon pembeli harus berulang-ulang menyampaikan keunggulan produk dan sebagainya, bisa habis lah waktu kita. Padahal urusan lainnya juga masih banyak juga. Adanya website dapat membantu seorang pemilik bisnis menghemat waktu, contohnya dengan membuat halaman Frequently Asked Questions (FAQ) dan sebagainya.

Meluaskan jangkauan pasar

Tahukah anda bahwa pengguna internet di Indonesia saat ini capai 171,17 juta jiwa, jumlah ini sudah mencapai 64,8 persen dari total penduduk Indonesia. Tentu saja jumlah pengguna internet sebanyak itu adalah pasar yang potensial. Bagaimana tidak potensial, pada tahun 2018 saja sebanyak 77 triliyun rupiah uang berputar di sektor e-Commerce atau transaksi online. Ya, dengan kata lain, pasar online itu lebih luas dan menjanjikan. Nah, dengan adanya website anda bisa meluaskan jangkauan pasar bisnis anda saat ini—sekalipun anda tinggal di kota kecil di sudut Indonesia ini.

Menghubungkan bisnis dengan pelanggan

Nah, poin terakhir ini juga sangat penting lho, keberadaan website dapat membuat bisnis anda terhubung dengan pelanggan setiap saat. Konon, hubungan yang baik antara penjual dan pembeli adalah kunci agar bisa mencapai closing dan melejitkan penjualan anda.

Nah, setelah membaca semua peranan website bagi bisnis online di atas, apakah anda tertarik untuk memiliki sebuah website bagi bisnis anda? Jika anda tertarik, jangan terburu-buru, ada beberapa kiat yang bisa anda gunakan untuk dapat membuat website bisnis yang anda idam-idamkan.

Kiat Memilih Layanan Hosting dan Domain, Ikuti Ini Biar Bisnis Online Anda Maksimal Untungnya

Pilihlah layanan hanya dari penyedia terpercaya

Kiat pertama dalam memilih layanan hosting dan domain untuk website anda adalah mengenali penyedia layanan tersebut. Memang banyak penyedia layanan Hosting Indonesia, hanya saja anda perlu memilih dengan jeli, dan pilihlah yang sudah terpercaya. Cara termudah untuk mengetahuinya adalah melihat usia dari perusahaan tersebut. Sebagai contoh, ada perusahaan hosting yang bernama Qwords, perusahaan ini telah berdiri sejak 14 tahun lalu. Selain itu, Qwords juga terdaftar di Kominfo RI sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Ketahui detail paket hosting yang ditawarkan

Jenis paket hosting untuk website itu banyak lho, oleh karenanya sebelum membeli pastikan anda “kepo” terhadap paket yang ditawarkan. Apa tipe layanan hosting tersebut, apakah hosting biasa (shared hosting) atau cloud hosting. Kalau saya boleh saran, pilihlah paket cloud hosting agar website bisnis anda bisa tampil dengan prima. Oh ya, jika anda sudah pernah punya hosting sebelumnya, anda cukup beli domain saja dan menghubungkannya ke hostingan anda.

Pertimbangkan juga layanan dukungan yang diberikan

Hal yang juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah layanan dukungan yang diberikan oleh perusahaan hosting tersebut. Terlebih bagi kita yang memang tidak punya pengetahuan dasar mengenai hosting, website dan yang berkaitan dengannya. Saran saya, pilihlah provider dengan layanan dukungan (support) yang tersedia setiap saat alias 24 jam selama seminggu penuh.

Utamakan layanan hosting yang bergaransi

Jika beberapa pertimbangan di atas sudah anda tunaikan, barangkali mengutamakan layanan hosting yang bergaransi juga perlu dilakukan. Garansi ini berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Selain itu, dengan adanya garansi anda tidak perlu was-was jika terjadi sesuatu terhadap website yang anda bangun di layanan hosting dan domain mereka. Nah, kabar baiknya, jika anda menyewa hosting di Qwords, ada garansi 30 hari yang bisa menjaga kepuasan anda.

Perhatikan ulasan pengguna atas penyedia layanan

Kiat terakhir tapi tak kalah pentingnya, perhatikanlah ulasan dari pengguna mereka terhadap layanan-layanan yang tersedia. Pengalaman pengguna adalah salah satu hal yang mengindikasikan kualitas pelayanan suatu produk/jasa. Kalau lah ada penyedia layanan hosting yang mendapatkan banyak ulasan positif dari pengguna, jangan ragu untuk memilih mereka.

Kesudahannya, bisnis online adalah bisnis yang sangat dinamis. Pelaku bisnis ini pun terus menjamur dari hari ke hari. Bagaimana tidak, dengan potensi yang begitu besar, tentu sayang jika dilewatkan. Oleh karena itu, sangat wajar kalau para pelaku bisnis online ini saling berlomba untuk meningkatkan pelayanan dan memajukan usaha mereka. Dan salah satu alat yang bisa digunakan untuk memajukan bisnis online ini adalah website.

Nah, dengan berbagai peranan website untuk bisnis online yang sudah dijelaskan tadi, jika anda sedang atau berniat menjalankan bisnis online, jangan tunggu nanti. Siapkan website anda sendiri mulai hari ini. Dan lejitkan profit bisnis anda jauh melampaui yang pernah anda capai sebelumnya.[]

Referensi:

Forbes. 11 Branding Tips for a Better Company Image. https://www.forbes.com/sites/forbesagencycouncil/2018/05/31/11-branding-tips-for-a-better-company-image/#471cf8712be0

Kompas. APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa

CNBC Indonesia. Wow! Transaksi e-Commerce RI 2018 Capai Rp 77 T, Lompat 151%. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190311101823-37-59800/wow-transaksi-e-commerce-ri-2018-capai-rp-77-t-lompat-151