5 Profesi dengan Prospek Cerah di Masa Depan

Berkembangnya zaman menuju revolusi industri 4.0 membuat berbagi sektor sudah disentuh oleh berbagai teknologi terkini. Pengalaman saya pribadi misalnya, yang tidak hebat-hebat amat dalam grammar Bahasa Inggris tapi mesti menulis artikel jurnal internasional. Adanya alat seperti Grammarly sangat membantu saya. Selain itu, bukti perkembangan zaman lainnya adalah digunakannya asisten virtual dalam layanan pelanggan (customer service) seperti tanya Veronika asisten virtual dari Telkomsel.

Dua contoh di atas hanya sebagian dari berbagai hal baru yang semakin diminati dan dibutuhkan di zaman ini. Itu juga memberikan kita gambaran bahwa akan ada beberapa profesi yang prospeknya cerah atau melejit di masa depan. Profesi-profesi inilah yang akan kita bahas kali ini.

Apa saja profesi-profesi itu? Yuk disimak.

Profesi yang Punya Prospek Cerah di Masa Depan

Sebelum kita lanjut pada daftar profesi-profesi tersebut, saya ingin sampaikan bahwa saya tidak akan membahas semua profesi yang ada. Saya akan memfokuskan pada bidang teknologi informasi (TI) atau biasa disebut IT. Selain itu memang masih ada berbagai profesi lain, tapi itu merupakan pekerjaan yang sudah ramai dari dulunya. Sedang pekerjaan-pekerjaan tertentu di bidang IT yang akan saya bahas ini baru melejit di beberapa tahun terakhir ini.

Berikut beberapa profesi yang memiliki prospek kerja yang cerah menurut saya.

Digital Marketing Specialist

Digital marketing atau pemasaran digital adalah strategi pemasaran yang berkembang pesat di dunia digital ini. Media pemasarannya dapat berupa website, media sosial dan sebagainya. Digital marketing specialist ini barulah sebatas pekerjaan secara umumnya. Jika diturunkan, masih banyak pekerjaan lain di bawahnya. Sebut saja SEO specialist,  social media specialist, dan sebagainya.

Data Analyst

Di dunia digital, data tak ubahnya seperti emas. Orang yang menguasai data akan bisa menguasai pasar atau bahkan dunia. Oleh karena itulah, banyak perusahaan rintisan rela membakar uang demi bisa mengumpulkan data.

Kamu pun, ketika mengunjungi sebuah situs atau menggunakan aplikasi tertentu, pengembang dari situs atau aplikasi itu bisa mengumpulkan datamu dari cookies dan cache penggunaanmu. Data yang dikumpulkan itu akan mereka analisis untuk mengembangkan produk, kampanye atau bahkan diuangkan. Nah, pekerjaan menganalisis data-data ini dikerjakan oleh orang yang profesinya disebut sebagai data analyst.

Programmer

Programmer adalah sebutan profesi orang-orang yang kerjanya membuat program tertentu. Entah itu website, aplikasi, robot digital, robot fisika dan sebagainya. Revolusi industri 4.0 memaksa manusia menerapkan sistem bernama otomasi dalam berbagai sektor kehidupan. Bukan tidak mungkin jika suatu hari nanti tukang parkir tidak ada lagi karena sudah digantikan sistem parkir otomatis atau robot kang parkir.

Cyber Security

Rasanya kamu pasti tahu bahwa dunia internet bukanlah dunia yang aman. Ada banyak peretas, bahkan membentuk organisasi, yang bisa membobol sistem keamanan dari sebuah jaringan. Pekerjaan cyber security tak ubahnya seperti petugas keamanan yang biasa kita lihat, hanya saja ia bekerja dengan jaringan siber atau internet. Mengamanankan sistem, menjaga data, mengurusi server dan sebagainya. Profesi ini menurut saya juga akan sangat dibutuhkan di masa depan.

Content Creator

Profesi terakhir dalam daftar profesi dengan prospek cerah di masa depan adalah kreator konten. Tentang ini rasanya kamu sepakat, bukan? Pasalnya, kamu bisa jadi adalah penonton dari kreator-kreator kenamaan di YouTube atau di manapun. Kamu juga mungkin tahu berapa penghasilan mereka.

Jangan melulu jadi penonton, suatu saat nanti mungkin saja kamu bisa menjadi kreator konten yang tak kalah hebat. Entah itu konten video, grafis atau teks seperti yang saya tuliskan di blog ini. Jangan salah, blogger atau narablog juga kreator konten lho.

Tapi sebelum kamu bisa bekerja di berbagai profesi dengan prospek cerah di atas, kamu tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya, bukan?

Hal yang Harus Kamu Persiapkan dari Sekarang

Jika saya boleh bertanya, dari penjabaran di atas, kira-kira adakah profesi yang membuatmu tertarik? Sebagian orang mungkin berpikir bahwa daftar di atas bukan pekerjaan yang mudah dilakukan. Apalagi kita harus memutar otak untuk mempelajari kemampuan-kemampuan terkait. Tapi percayalah, tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan dengan mudah lalu bisa memberikan hasil yang banyak. Semuanya harus dilakukan dengan perjuangan.

Nah, biar perjuangan kamu bisa jadi lebih mudah, beberapa hal di bawah ini barangkali bisa kamu persiapkan.

Kemauan Keras

Tidak ada keberhasilan tanpa adanya kemauan keras, bukan? Pekerjaan di bidang IT itu memang memiliki prospek yang cerah, hanya saja ia tak jarang menyita tenaga dan perhatian kita. Kamu akan mengulang hal yang sama setiap hari, dan itu membosankan. Belum lagi jika kamu menemukan kasus-kasus yang bikin kepala mumet. Kalau kemauanmu tidak keras, bisa jadi kamu akan menyerah di tengah jalan.

Pola Pikir Kritis

Apapun profesi yang akan kita jalani nanti, tentu saja menuntut kita untuk bisa memecahkan berbagai masalah dengan pola pikir kritis. Pola pikir kritis ini tidak bisa hadir begitu saja, ia mesti diasah hari demi hari.

Lalu, apa manfaatnya bagi kita? Selain bisa membuat kita menyelesaikan masalah dengan lebih baik, pola pikir kritis juga akan membuat kita terhindar dari informasi-informasi palsu yang marak sekali di era digital sekarang.

Kreatifitas

Karena bahasan kita adalah profesi yang punya prospek cerah di masa depan, tentu saja kreatifitas sangat dibutuhkan. Kreatifitas akan membantu kamu memandang masalah dari berbagai sudut pandang. Selain itu, kreatifitas akan mendorong kamu untuk bisa menemukan strategi yang lain dari pada yang lain atau out of the box. Ini sangat penting karena persaingan di dunia digital itu ketat dan pelakunya mesti bisa memikirkan berbagai strategi yang berbeda dari masa ke masa.

Kolaborasi

Tadi saya sudah sempat menyinggung bahwa masih banyak profesi di bawah bab digital marketing, itu artinya di masa depan kamu akan bekerja sama dengan banyak orang. Bahasa lainnya adalah berkolaborasi. Misalkan nih, kita ambil contoh pengembang web atau web developer. Itu masih bisa dirinci jadi front-end dan back-end web developer. Pekerjaan lainnya juga begitu. Oleh karenanya, perlu banget untuk mengasah kemampuan bekerja sama atau berkolaborasi kita dari sekarang.

Komunikasi

The last but not least, kemampuan ini sangat menentukan kesuksesan kamu di pekerjaan manapun dan di kehidupan secara umum. Banyak orang yang tidak berkembang karirnya hanya karena ia tidak bisa berkomunikasi dengan baik. Untuk itu, kamu perlu belajar bagaimana menjalin komunikasi dengan orang lain, public speaking, teknik melobi, teknik presentasi dan sebagainya.

Nah, itulah tadi pembahasan kita mengenai beberapa profesi dengan prospek cerah di masa depan. Saya tidak mengatakan bahwa profesi yang lain tidak cerah prospeknya, tapi saya mencoba mengerucutkan pembahasan kita menjadi profesi di bidang IT saja. Terlepas dari itu semua, yuk persiapkan diri kita agar bisa kompeten dan memiliki daya saing di dunia kerja kelak. Semoga kamu sukses di masa depan.[]

Tinggalkan komentar

error: