Lompat ke konten
Home » Review Sepatu Aerostreet, Murah tapi Tidak Murahan

Review Sepatu Aerostreet, Murah tapi Tidak Murahan

review sepatu aerostreet

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menulis artikel tentang sepatu brand lokal 100 ribuan. Salah satu merek yang saya sorot di sana adalah Aerostreet. Sejak saat itu saya kepo dengan brand lokal tersebut dan berujung membeli salah satu sepatu mereka. Kali ini, saya memutuskan untuk menulis review sepatu Aerostreet tersebut.

Bagi Anda penyuka brand lokal dan sepatu yang harganya ramah akan kantong, mungkin Anda bertanya-tanya apakah sepatu Aerostreet bagus? Saya berani bilang: bagus. Tapi tunggu dulu, sebelum itu, saya ingin membahas opini saya tentang harga sepatu Aerostreet dulu.

Jika memang Anda tertarik untuk memilih produk dari brand terkenal satu ini, mari simak informasi yang saya tuliskan di bawah.

Alasan Kenapa Sepatu Aerostreet Murah

Saya senang sekali saat sepatu Aerostreet yang saya pesan lewat Shopee datang kemarin. Saya sudah memantau-mantau brand ini dari lama dan baru berhasil memberanikan diri untuk membelinya. Butuh beberapa hari bagi sepatunya sampai karena saya berdomisili di Padang sedangkan gudang Aerostreet di Klaten, Jawa Tengah.

Hal yang membuat sepatu Aerostreet populer salah satunya adalah harganya yang murah. Namun tentu saja harga yang murah ini tidak bisa hadir begitu saja. Saya menduga ada beberapa alasan yang menyebabkan harganya sangat murah, bahkan cukup banyak yang di bawah 100 ribu.

Strategi perusahaan

Keputusan untuk menjual sepatu murah tentu tidak hadir begitu saja. Hal ini pastilah sudah jadi keputusan dari para pimpinan perusahaan mereka.

Menurut hemat saya, Aerostreet sengaja memproduksi sepatu dengan harga yang sangat terjangkau karena menyesuaikan target pasar mereka. Aerostreet terkenal di kalangan generasi muda yang memiliki selera fashion namun tidak memiliki banyak uang.

Meskipun mungkin profit yang produsen dapatkan kecil, tapi jika volume penjualan besar maka perusahaan bisa tetap untung. Pada akhirnya tidak berbeda jauh dengan sepatu yang harganya mahal tapi terjual sedikit. Omong-omong, varian sepatu Aerostreet yang saya beli sudah terjual dari 1.000 unit lebih.

Pemasaran online

Alasan lain mengapa sepatu Aerostreet murah adalah karena mereka mengandalkan kanal online atau daring untuk promosi. Perusahaan tersebut menekan ongkos promosi yang akan membuat ongkos produksi membengkak. Dengan demikian, mereka bisa membuat harga jual menjadi rendah.

Selain itu, produk murah yang bagus biasanya mendorong konsumen untuk mempromosikannya secara cuma-cuma. Aerostreet mendapatkan manfaat dari promosi gratis mulut ke mulut, story ke story dan sebagainya.

Subsidi silang

Selain itu, dikutip dari Tribunsolo, rendahnya harga jual sepatu Aerostreet juga disebabkan karena adanya subsidi silang.

Pada dasarnya, sepatu memiliki harga dasar yang berbeda ketika ukuran dan modelnya berbeda. Hanya saja, Aerostreet memukul rata harga sepatu mereka. Berbagai varian memiliki harga yang sama, sementara varian lain ada yang lebih murah dan lebih mahal.

Subsidi silang dapat diartikan sebagai profit dari penjualan sepatu tertentu bisa menutupi kekurangan pada penjualan di varian yang lain. Produk tertentu memberikan subsidi ke produk lain.

Beberapa alasan di atas adalah alasan yang paling mungkin kenapa sepatu Aerostreet murah. Selanjutnya, mari kita ulas saja sepatunya.

Review Sepatu Aerostreet

Varian sepatu Aerostreet yang saya beli adalah Aerostreet Comfy dengan warna abu muda. Sepatu ini bertipe Slip On jadi langsung sorong tanpa ada tali sepatu. Harga sepatu ini, saat artikel ini ditulis, adalah Rp. 119.900 dan tersedia dalam berbagai pilihan warna seperti hitam, navy, putih, abu muda, marun, dan kuning. Sedangkan sol luarnya berwarna putih.

Lebih lanjut, saya ingin membagi ulasan atau review sepatu Aerostreet ini menjadi beberapa poin. Saya mengecualikan poin harga karena memang kita sudah tahu jika harganya sangat bersahabat.

Desain sepatu

Koleksi sepatu Aerostreet memiliki desain yang menarik dan modern. Desain sepatu mereka bisa kita sebut mampu memenuhi selera pasar. Ada berbagai bentuk sepatu sneakers Aerostreet, baik yang bertali maupun model slip on.

Khusus Aerostreet Comfy yang saya beli, desainnya sama sekali tidak menggambarkan kalau harga sepatunya murah. Menurut saya, sepatu ini menarik dan tampak seperti sepatu menengah.

Satu hal lagi yang perlu diacungi jempol adalah pemilihan warna eyecatching dan cocok dengan selera kawula muda. Saat saya membelinya di Shopee, saya pikir warna abunya gelap dan kusam, namun setelah sampai sepatu itu cerah dan menarik.

Untuk model lain saya memang belum punya, mungkin lain kali ya biar bisa terus mendukung merek lokal.

Ukuran pas

Saya cukup khawatir saat memilih ukuran sepatu Aerostreet ini. Kadang ada pabrikan yang toleransi ukurannya cukup besar, jadi saat kita beli datangnya bisa lebih sempit atau lebih lapang dari ukuran sepatu kita biasanya.

Kemarin saya memilih ukuran 43 karena kaki saya cukup besar. Aerostreet sendiri memberikan panduan ukuran atau size chart pada deskripsi produk mereka. Anda bisa membacanya sebelum membeli.

Saat sepatu yang saya beli sampai, alhamdulillah ukurannya kurang lebih sama dengan sepatu saya yang biasa. Tidak ngepas betul, masih ada rongga untuk ujung jari bernapas.

Build quality

Secara umum, kualitas sepatu Aerostreet bagus. Mereka mengklaim bahwa sepatu yang mereka produksi menggunakan teknologi Shoes Injection Mould. Teknologi ini menyatukan sole dengan bahan kain atasan sepatu secara langsung tanpa proses lem. Cara kerjanya adalah sol dicairkan dengan tekanan tinggi dan ditempelkan pada bagian atas sepatu.

Saya membuktikan klaim tersebut dengan membuka foam atau insole sepatunya. Tampak bahwa material kain menempel pada midsole dengan cukup baik. Selain itu, kerapian jahitan sepatu juga bagus meskipun saya masih temukan bekas coretan pensil sebagai penanda dan benang yang sedikit berlebih.

Namun semua itu sesuai lah dengan harga jual dari produk sepatu Aerostreet tersebut.

Bobot atau berat

kualitas sepatu aerostreet

Soal bobot atau beratnya, saya sedikit kecewa karena berekspektasi sepatunya ringan. Setidaknya pada sepatu yang saya beli itu–mungkin juga varian lain, Aerostreet menggunakan sol luar dari material karet. Sol karet merupakan salah satu sol tradisional yang memang cost-nya rendah.

Salah satu kekurangan sol karet adalah bobotnya yang berat. Beratnya cukup terasa di kaki, sehingga membuat sepatu turun saat saya melangkahkan laki. Ya, bobot sepatu sangat terasa pada jenis sepatu slip on yang saya beli.

Untuk sepatu yang lumayan berat ini, saya tidak ingin protes. Sebab kita tentu tidak bisa menuntut banyak sementara pabrikan sudah menjual produk dengan murah dan profit yang kecil.

Kenyamanan

Sepatu ini cukup nyaman saat dikenakan, selain masalah bobot yang sedikit berat tadi. Aerostreet memberikan insole khusus yang mereka desain. Material insole ini adalah foam yang cukup nyaman. Hanya saja mungkin kita masih merasakan samar-samar garis-garis midsol saat menggunakan sepatunya.

Soal kenyamanan ini sebenarnya tergantung pribadi masing-masing kan ya. Sejauh ini saya menilai sepatu Aerostreet yang saya beli nyaman-nyaman saja, terutama jika kita lebih banyak dalam ruangan alias tidak sering berjalan kaki dalam jarak yang jauh.

Kemudian, saya juga coba tekuk sepatu ini. Sedikit keras tapi masih bisa ditekuk. Sol sepatu Aerostreet Comfy ini tebal dan terbuat dari karet, jadi memang butuh sedikit usaha lebih untuk bisa menekuknya.

Kesimpulan

Sebelum membaca bagian ini, di atas saya sudah menyertakan video singkat yang mungkin bisa Anda simak. Mohon abaikan kalau ada noise dalam videonya ya, karena memang saya mengambil video di halaman rumah yang dekat dengan rumah-rumah tetangga.

Setelah mencoba sendiri sepatu Aerostreet, saya menilai sepatu ini layak untuk dibeli. Pertama, harganya sangat masuk akal dengan kualitas yang tidak murahan. Kedua, saya suka dengan desainnya, meskipun ada bagian #LocalTakGentar di belakang midsole dan di outsole atau tapaknya. Terkait ini, anggap saja sebagai bentuk dukungan terhadap produk lokal.

Di samping harganya yang murah, sepatu Aerostreet juga mampu menawarkan kenyamanan yang cukup. Sepatu ini cocok bagi orang-orang yang ingin memiliki sepatu keren dengan harganya bersahabat. Membeli sepatu ini juga menjadikan Anda sebagai orang yang telah mendukung industri sepatu lokal berkembang.

Nah, itulah review sepatu Aerostreet versi Ajopiaman. Pengalaman dan opini saya bisa saja berbeda dengan orang lain, namun paling tidak ini bisa memberikan gambaran bagi Anda.

Jadi, tertarik untuk memberi sepatu Aerostreet? Anda bisa mengecek promo pada toko resmi mereka di Shopee, mana tahu ada diskon sehingga bisa beli lebih murah lagi. Saya pribadi kemarin dapat promo gratis ongkir, lumayan, hehe. Akhir kata, semoga artikel sederhana ini bermanfaat.

Cek Aerostreet di Shopee

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *