Salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan selama menjalani kehidupan sebagai mahasiswa adalah laptop. Laptop atau komputer jinjing ini sangat berguna demi keselamatan studi kita di perguruan tinggi. Oleh karena itu, memilih laptop tidak boleh sembarangan. Terutama ketika ingin membeli laptop baru, ada beberapa tips memilih laptop yang baik untuk mahasiswa.

Kamu tentu tidak mau laptop yang sudah kamu beli ternyata performanya jelek–itu bisa membuat produktivitasnya berkurang lho. Bahkan, bukan tidak mungkin dapat mengganggu studimu. Jangan, sampai deh teman-teman.

Kuliah itu sudah susah, sedapat mungkin jangan sampai terkendala, apalagi karena hal teknis yang sebenarnya bisa kita hindari.

Tips memilih laptop yang baik bagi mahasiswa

Memilih laptop bagi mahasiswa barangkali tidak berbeda jauh dengan memilih teman hidup. Eh, masa? Iya, sebab laptop akan menjadi temanmu dalam mengerjakan tugas dan sebagainya.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu beberapa cara memilih laptop yang baik bagi mahasiswa. Nah, berikut ini ada 7 poin yang harus kamu perhatikan betul.

1. Tetapkan budget atau anggaranmu

Tentu yang pertama sekali pertu kita tetapkan adalah menyediakan budget atau anggaran yang akan dipakai. Harga laptop di pasaran itu bervariasi, dari yang jutaan hingga puluhan juta. Ketika kamu sudah menentukan budget, kamu akan dapat memilih laptop dengan lebih mudah.

2. Ketahui kebutuhanmu untuk apa, bukan inginmu lho ya

Jenis laptop itu banyak lho teman-teman. Ada yang disebut sebagai netbooknotebookultrabook dan sebagainya. Ada yang ditujukan sebagai perangkat bisnis, gim dan lainnya. Sebelum memilih laptop kamu perlu tahu kebutuhanmu. Jika sebatas untuk mengerjakan tugas kamu bisa memakai netbook atau notebook saja yang harganya lebih murah. Kalau kamu ternyata seorang mahasiswa desain, atau mahasiswa jurusan yang butuh install aplikasi berat maka pilihlah yang lebih mumpuni. Kamu tentu tahu dengan kebutuhanmu sendiri.

3. Belilah laptop dari merek yang mudah dicari layanan purna jualnya

Satu poin yang juga tak kalah penting dalam cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa ini adalah memperhatikan layanan purna jual dari merek laptop tersebut. Layanan ini bisa meliputi service center. Sebaiknya jangan membeli laptop dari merek yang service center nya sulit ditemukan, karena kalau barangnya rusak susah memperbaikinya. Apalagi kalau masih dalam masa garansi.

Baca juga: 7 Mitos Seputar Skripsi yang Tidak Boleh Kamu Percayai

4. Beli di toko fisik atau luring lebih baik

Saya pribadi sih menyarankan untuk membeli laptop di toko fisik. Pertama, karena bisa dibawa langsung tanpa harus melalui proses pengiriman yang butuh waktu. Kedua, kalau beli langsung di toko kita bisa coba dan cek kondisi barang sebelum dibawa pulang. Ketiga, untuk klaim garansi biasanya bisa dibantu oleh tokonya.

5. Ketahui spesifikasi laptop yang akan dibeli

Jangan membeli kucing di dalam karung, kata orang bijak. Kalau kita bawakan ke laptop itu jadinya, jangan beli laptop tanpa tahu spesifikasinya. Spesifikasi laptop ini mulai dari dapur pacu, baterai dan sebagainya. Sesuaikanlah dengan kebutuhanmu agar tidak menyesel setelah memilikinya.

6. Akan lebih baik jika kamu beli laptop yang dibekali sistem operasi asli

Jika kamu membeli laptop baru, saya sangat sarankan untuk membeli laptop yang disertai dengan sistem operasi (Windows) yang asli. Hal ini demi menghargai hak cipta pengembang dan menghindari kesulitan dari pemakaian sistem operasi ilegal. Memang sih agak sedikit mahal, tapi itu lebih baik.

7. Tidak ada salahnya beli laptop bekas

Poin terakhir dalam tips memilih laptop yang baik untuk mahasiswa adalah memilih membeli laptop bekas dari pada yang baru. Membeli laptop bekas memang harus jeli, namun ini akan lebih menghemat uangmu, apalagi bagi kita yang tidak berlebih dalam hal finansial.

Nah, kira-kira itu yang bisa saya bagi mengenai tips memilih laptop yang baik untuk mahasiswa. Jika masih ada yang ingin ditanyakan silakan tulis di kolom komentar. Btw, laptop yang saya gunakan sekarang saya beli dengan harga tidak lebih dari 4,5 juta lho–padahal mungkin saya bisa beli yang lebih mahal, tapi sebaiknya beli yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Salam.[]