Home » 15 Universitas di Semarang Terbaik Untuk Pilihan Kuliah

15 Universitas di Semarang Terbaik Untuk Pilihan Kuliah

universitas di semarang

Sebagai kota metropolitan terbesar kelima, Semarang menyimpan banyak sekali hal yang menarik, tak terkecuali sarana dan prasarana pendidikannya. Ah, saya jadi ingat waktu di tahun akhir SMA dulu, saya berniat ingin mendaftar PMDK–sejenis SNMPTN di era sekarang–di salah satu universitas di Semarang yang memang jadi favorit banyak calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Tapi karena satu dan dua hal, saya tidak jadi mengajukan diri.

Alhasil saya ikutan tuh tes SNMPTN–sekarang namanya SBMPTN–yaitu tes tertulis untuk masuk perguruan tinggi negeri. Saya ambil pilihan pertama di salah satu universitas di Jawa, sedangkan pilihan kedua di kota saya yaitu di Padang. Akhirnya, Allah menakdirkan saya untuk kuliah di kota Padang saja. Jujur, awalnya kecewa, tapi ternyata ada banyak hikmah yang saya dapatkan dari itu. Salah satunya adalah saya punya peluang menjadi aktivis kampus dan mendapatkan banyak pengalaman organisasi yang sangat bernilai.

Kembali ke topik kita, kali ini saya akan membahas mengenai beberapa perguruan tinggi khususnya universitas di Semarang yang bisa jadi pilihan tempat kuliahmu. Yuk, disimak.

Universitas di Semarang Terbaik Untuk Tempat Kuliah

Ada banyak sekali perguruan tinggi yang ada di kota Semarang, tapi kali ini saya menyempitkan bahasan kita mengenai universitas saja. Selain itu, saya tidak bisa menyebutkan semua universitas juga, saya pilihkan beberapa universitas yang memang terbaik di antara lainnya. Tujuannya adalah agar kamu tidak terlalu kebingungan dalam memilih tempat kuliah di kota Semarang. Jadi, kalau ada beberapa kampus yang menurutmu perlu dimasukkan ke daftar tapi belum ada, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya.

Universitas Diponegoro (Undip)

Siapa yang tidak kenal dengan Undip? Bahkan saya yang tinggal di Sumatera saja kenal dengan kampus satu ini. Faktanya Undip kerap mengambil posisi di daftar universitas terbaik nasional atau di Indonesia. Hebatnya lagi, pada tahun 2014, Undip resmi dijadikan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang diberi kewenangan otonom untuk melakukan pengelolaan terhadap kampus mereka.

Undip sendiri sudah berdiri semenjak tahun 1956 namun pada saat itu masih berstatus sebagai perguruan tinggi swasta. Barulah pada tahun 1961, Undip diresmikan sebagai salah satu perguruan tinggi negeri. BAN PT menetapkan Undip sebagai salah satu PT yang memiliki akreditasi A, itu berarti pengakuan bahwa kualitas Undip adalah yang terbaik, bukan?

Universitas Negeri Semarang (UNNES)

UNNES adalah universitas di Semarang yang dulunya adalah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang. Pada tahun 1999, melalui Keputusan Presiden No. 124 Tahun 1999, IKIP Semarang berubah menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES). Artinya secara usia, UNNES masih tergolong muda, namun demikian UNNES merupakan salah satu universitas terbaik di kota Semarang. Tak tanggung-tanggung, UNNES sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT lho.

Kampus UNNES sendiri terletak di berbagai lokasi, hanya saja kampus utamanya terletak di Gunungjati, itu daerah selatan kota Semarang. Jarak tempuh dari pusat kota ke kampus utama UNNES adalah sekitar 21 km. Kamu bisa ke sana dengan menggunakan jasa sewa bus Semarang jika berkunjung dengan rombongan atau menggunakan moda transportasi lainnya.

Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo)

UIN Walisongo merupakan salah satu perguruan tinggi Islam yang ada di Semarang dan menjadi satu-satunya yang berstatus negeri. UIN Walisongo sendiri didirikan pada tahun 1970. Sebelum Desember 2014, UIN Walisongo bernama IAIN Walisongo dan berubah status menjadi universitas. Status menjadi universitas diresmikan dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Sama halnya dengan dua universitas yang sudah kita bahas di atas, UIN Walisongo juga mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Itu berarti kualitas pendidikannya tidak perlu diragukan, bukan?

Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)

Selain 3 universitas negeri di atas, tak kalah keren, ada UNISSULA. UNISSULA merupakan perguruan tinggi Islam swasta yang sudah diakui BAN-PT dengan akreditasi A. Tak hanya itu, UNISSULA juga sudah mengantongi akreditasi internasional dari ASIC United Kingdom yang menjadikannya berkelas World Class Islamic University. Kampus yang didirikan pada tahun 1962 ini layak untuk jadi pilihan tempat kuliahmu, terutama bagi kamu yang beragama Islam.

Universitas Katolik Soegijapranata (Unika)

Tak hanya terkenal dengan lumpia, kota Semarang ternyata memiliki banyak kampus keren yang berkualitas. Universitas di Semarang lainnya yang masuk daftar kita adalah Unika. Kampus ini merupakan perguruan tinggi katolik terkemuka di Indonesia. Unika didirikan pada tahun 1962. Saat ini, Unika mengelola puluhan program studi mulai dari tingkat sarjana, diploma III, master dan doktoral. Unika juga sudah terakreditas A oleh BAN-PT lho. Kampus ini cocok jadi tujuan tempat kuliahmu, terutama kamu yang beragama Katolik.

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

Udinus merupakan universitas swasta di Semarang yang terakreditas A oleh BAN-PT lho. Udinus sendiri masih tergolong muda, kampus ini didirikan pada tahun 1990, namun dengan akreditas yang telah A itu menandakan bahwa kampus ini layak untuk menjadi salah satu tujuan kuliah terbaik di Semarang, bukan? Kampus utama Udinus terletak di Jalan Imam Bonjol, Kota Semarang, kamu bisa mengunjunginya untuk mencari informasi lebih banyak tentang kampus ini.

Universitas Lainnya yang Terakreditasi B

Selain beberapa kampus terakreditasi A dari BAN-PT yang sudah saya ulas di atas, masih banyak lho universitas di Semarang lainnya yang layak untuk menjadi labuhan hatimu untuk berkuliah. Oh ya, saya hanya akan melampirkan nama-nama universitas yang terakreditas B ya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi laman web masing-masing kampus di bawah ini.

Berikut beberapa universitas di kota Semarang lainnya yang layak untuk jadi tempat kuliah pilihanmu:

  • Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus)
  • Universitas Semarang (USM)
  • Universitas Stikubank Semarang (Unisbank)
  • Universitas Ivet (Univet)
  • Universitas Wahid Hasyim (Unwahas)
  • Universitas Pandanaran (Upand)
  • Universitas 17 Agustus 1945 Semarang (Untag Semarang)
  • Universitas PGRI Semarang (Upgris)
  • Universitas AKI (Unaki)

Nah, cukup banyak bukan universitas di kota Semarang yang layak untuk dipilih sebagai tempat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Memang sekarang memiliki ijazah diploma atau sarjana sudah jadi standar pendidikan minimal. Bagaimana tidak, bahkan para sarjana saja masih banyak yang belum kebagian tempat di lapangan pekerjaan, bagaimana dengan yang hanya lulusan SMA?

Saya bukannya mengatakan lulusan SMA tidak bisa sukses di dunia kerja lho ya, toh rezeki masing-masing kita sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Hanya saja, memutuskan untuk kuliah adalah salah satu usaha kita untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Percayalah, banyak yang hal akan kamu dapatkan ketika kamu menjalani aktivitas sebagai anak kuliah. Dan semoga artikel sederhana tentang universitas di Semarang ini menambah pengetahuan dan referensi tempat kuliahmu. Tak hanya bagi kamu warga Semarang, tapi juga siapapun dan darimana pun kamu, yang ingin kuliah di salah satu kota metropolitan di Indonesia ini.[]

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *