10 Alasan Masuk Himpunan Mahasiswa (HIMA)

Suatu hari, kamu menginjakkan kami untuk pertama kalinya di kampus. Itu adalah hari pertamamu bertransformasi menjadi seorang mahasiswa. Tentu tidak sama seperti saat masih menjadi siswa, kamu dengan status “maha” itu mesti memikirkan dan merencanakan perjalanan dengan matang kali ini. Termasuk dengan rencana kegiatan ekstrakurikuler atau hal seperti alasan masuk himpunan mahasiswa (HIMA).

“Lho, kok himpunan? Saya maunya ikut organisasi yang lebih beken” katamu.

Tunggu dulu, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai manfaat dan alasan gabung himpunan mahasiswa, kita perlu tahu dulu nih tentang apa itu himpunan mahasiswa. Secara singkat, himpunan mahasiswa merupakan organisasi yang merupakan kumpulan dari mahasiswa-mahasiswa tertentu yang diikat dalam sebuah kesamaan.

Himpunan mahasiswa ini beragam lho teman-teman. Ada himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) yang terbatas untuk jurusan tertentu., himpunan mahasiswa program studi, himpunan mahasiswa muslim, daerah dan sebagainya. Namun yang paling umum dan harus kamu masuki adalahHIMA jurusan tadi.

Alasan Masuk Himpunan Mahasiswa di Kampus

Sebelum melakukan sesuatu, setiap orang butuh alasan, bukan? Tidak terkecuali kamu dalam rencanamu untuk ikut himpunan mahasiswa. Tentu kamu perlu mencari alasan yang tepat agar kamu bisa meyakinkan dirimu sendiri ataupun orang lain. Di samping itu, pada rekrutmen anggota baru HIMA biasanya ada tuh pertanyaan tentang motivasi masuk himpunan. Motivasi ini mah 11-12 dengan alasan. Mereka dapat dijadikan suatu hal yang sama.

Kalau begitu, apa saja alasan masuk himpunan mahasiswa yang tepat bagi kamu? Berikut 10 alasan yang barangkali bisa kamu pilih dan gunakan dalam rencanamu.

1. Berkumpul dengan orang berlatar belakang sama

Alasan pertama dan yang paling kuat dari rencana masuk HIMA adalah latar belakang anggota yang sama. Artinya, dengan masuk HIMA kamu bisa berkumpul dengan mereka yang memiliki kesamaan dengan kamu. Jika itu adalah himpunan mahasiswa jurusan, kamu bisa berkumpul dengan orang-orang yang satu jurusan dengan kamu. Jika itu himpunan daerah, kamu bisa berkumpul dengan teman-teman yang satu daerah asal dengan kamu. Nah, kesamaan ini jadi nilai tambah yang akan memudahkan kamu untuk menjadi dekat dengan sesama anggota HIMA.

2. Menjadi bagian keluarga terdekat di kampus

Kamu sebenarnya bisa saja memilih untuk ikut organisasi yang lebih besar di kampus seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau lainnya, tapi perlu kamu ingat, semakin besar organisasi yang kamu ikuti semakin jauh kedekatan fisik atau hati. Maksud saya begini, ketika kamu tergabung di HIMA, kamu berada di lingkungan terdekat di mana kamu sering beraktivitas. HIMA jurusan adalah organisasi yang diisi oleh orang-orang yang sering banget kamu temui di jurusan. Dengan kata lain, mereka adalah keluarga terdekatmu.

3. Memperluas relasi atau kenalan

Anggota himpunan mahasiswa tidak terbatas pada orang-orang dari satu angkatan saja lho teman. Ketika saya masuk himpunan mahasiswa teknik mesin di jenjang S1 dulu, saya jadi tahu bahwa keanggota HIMA itu selamanya. Artinya, alumni pun masih menjadi anggota HIMA meskipun bukan anggota aktif. Fakta itu membuka kesempatan yang sangat besar bagi saya untuk bisa mempeluas relasi atau kenalan dengan mahasiswa angkatan lain. Baik yang masih berstatus mahasiswa aktif ataupun yang sudah jadi alumni. Relasi atau kenalan yang banyak tidak hanya akan membantu saat masih di kampus lho, tetapi juga saat sudah tamat nanti.

4. Membantumu dalam urusan akademik

Bayangkan, jika kamu masuk HIMA Jurusan dan berkenalan dengan senior di atas angkatanmu. Paling tidak kamu bisa bertanya tentang tips kuliah dengan dosen ini dan itu. Selain itu, kamu juga bisa tuh meminjam buku teks pelajarannya yang sudah tidak dipakai. Pokoknya, bergabung dengan himpunan mahasiswa akan membantumu dalam urusan akademik dan nilai kuliahmu juga bisa menjadi baik.

5. Menjadikanmu terbiasa bersosialisasi

Berkumpul bersama banyak orang tentu tidak bisa diam-diam saja, bukan? Saat kamu berkumpul dengan sesama anggota HIMA, pasti terjadi komunikasi. Kalaupun kamu tidak bicara, paling tidak mendengarkan. Artinya, kamu telibat dalam kegiatan yang disebut bersosialisasi. Kegiatan ini akan membuat mentalmu terbiasa dengan kerumunan orang dan akan sangat membantu ketika kamu sudah lulus nanti. Ya, tepatnya saat kamu sudah masuk dunia kerja dan dunia masyarakat.

6. Jalan untuk lebih dekat dengan dosen

Kegiatan HIMA, umumnya himpunan mahasiswa jurusan, seringkali berkaitan dengan dosen atau tenaga pengajar. Selain itu, karena skop HIMA itu kecil, kamu bisa bertemu dengan dosen di banyak waktu dan berkomunikasi dengan mereka. Komunikasi yang sering akan menciptakan kedekatan antara kamu dan dosen. Itu tentu akan sangat membantu kehidupanmu sebagai mahasiswa di kampus, bukan?

7. Tempat bersantai dan bertukar pikiran

Setelah selesai kuliah di kelas, atau saat kamu menunggu jadwal kuliah dari satu sesi ke sesi lainnya, tentu akan repot jika harus bolak-balik ke kos atau rumah, bukan? Beruntung jika kamu adalah anggota HIMA, kamu bisa landing atau mampir di sekretariat HIMA dan bersantai di sana. Selain itu, kamu bisa berdiskusi atau bertukar pikiran juga dengan sesama anggota lainnya. Dapat tempat bersantai, dapat ilmu pula. Menarik, bukan?

8. Pengalaman untuk riwayat hidup

Di daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV), saya memasukkan himpunan mahasiswa dalam daftar organisasi yang pernah saya ikuti. Itu adalah organisasi pertama saya dan tentu saja itu adalah pengalaman yang bisa dijual. CV yang ramai dengan daftar pengalaman organisasi akan lebih disukai oleh pemberi pekerjaan. Kenapa begitu? Sebab saat di organisasi kampus, kita akan belajar bekerja sama, berada di bawah tekanan, manajemen waktu dan konflik dan sebagainya.

9. Pintu untuk mengikuti berbagai ajang bergengsi

Alasan masuk himpunan mahasiswa lainnya adalah karena HIMA adalah pintu atau gerbang untuk anggota mereka ikut berbagai ajang bergengsi. Biasanya berupa lomba-lomba yang berkaitan dengan jurusan atau program studi. Misalnya lomba robotik, lomba debat, lomba desain dan sebagainya. Di HIMA umumnya adalah bidang yang menaungi anggota-anggota yang memiliki minat untuk ikut kompetisi tertentu. Jika kamu masuk HIMA, kamu bisa gabung di situ juga.

10. Melatih soft skill lainnya

Nyatanya, pengalaman organisasi yang kamu dapatkan di himpunan mahasiswa akan membuatmu mampu meningkatkan banyak soft skill lho.  Gampangnya, soft skill adalah kemampuan yang tidak terkait dengan bidang studi yang kamu pelajari, dan soft skill adalah kemampuan yang sangat berkaitan dengan hubungan manusia dengan manusia lainnya. Bersosialisasi (yang sudah kita bahas sebelumnya) adalah salah satu dari soft skill. Tapi ketika kamu aktif di HIMA, kamu bisa mendapatkan yang lainnya seperti kemampuan melobi, public speaking, dan sebagainya.

Adapun 10 alasan masuk himpunan mahasiswa di atas hanyalah sedikit dari banyaknya alasan yang bisa kamu temukan lho. Namun meskipun demikian, saya sudah memilihkan alasan terbaik yang bisa menjadi pertimbangan bagi kamu untuk bergabung di salah satu organisasi terbaik di kampus itu. Memang ketika kamu memutuskan untuk bergabung dengan HIMA atau organisasi apapun, kamu harus menyisihkan waktu untuk kegiatan organisasi itu. Tapi percayalah, tidak ada yang sia-sia jika kamu bersungguh-sungguh. Lagipula, kehidupan kampus tidak mungkin hanya diisi dengan belajar, bukan? Semoga kamu sukses di kehidupan kampusmu.[]

Tinggalkan komentar

error: