Ketika tamat SMA dulu, keluarga saya meminta saya untuk melanjutkan kuliah ke jurusan teknik mesin. Konon kata mereka, prospek kerja teknik mesin itu sangat bagus. Lulusan teknik mesin banyak diserap ke berbagai perusahaan–tepatnya pabrik. Jadi, masuk teknik mesin saja, kata keluarga saya. Padahal sebenarnya saya lebih suka ke jurusan tertentu, tapi akhirnya masuk teknik mesin juga.

Ngomong-ngomong, Anda barangkali sudah tidak asing lagi dengan salah satu jurusan teknik ini, bukan? Mungkin saja teknik mesin adalah jurusan impian Anda, atau Anda punya kenalan yang berkuliah di jurusan ini. Terlepas dari itu semua, agaknya akan lebih baik jika kita bahas prospek kerja jurusan teknik mesin tersebut. Jika pun setelah membaca artikel ini Anda masih punya pertanyaan, silakan tanyakan di kolom komentar karena saya adalah alumni teknik mesin juga.

Yuk lanjut ke pembahasan kita. Berikut beberapa peluang kerja lulusan teknik mesin ketika sudah lulus nantinya,

Prospek Kerja Teknik Mesin Setelah Lulus

1. Dosen

Salah satu pekerjaan yang bisa Anda ambil setelah lulus S1 teknik mesin adalah menjadi dosen. Namun, sebelum menjadi dosen, Anda perlu melanjutkan kuliah ke S2 atau bahkan S3 dulu. Pasalnya sekarang ini untuk menjadi dosen minimal harus S2, bahkan ada wacana untuk meningkatkan syarat minimum jadi dosen hingga lulusan S3. Wow. Namun meskipun demikian, menjadi dosen merupakan prospek kerja teknik mesin yang bisa Anda coba–tentu jika Anda masih punya minat melanjutkan kuliah.

2. Peneliti

Teknik mesin merupakan ilmu yang menjadi induk dari beberapa ilmu lainnya, sebut saja ilmu material, konstruksi mesin dan sebagainya. Sementara itu, perkembangan zaman menuntut peneliti untuk bisa menemukan inovasi baru di bidang ini. Oleh karena itu, menjadi peneliti menjadi peluang kerja lulusan teknik mesin yang bisa dikatakan menjanjikan. Ketika Anda memutuskan menjadi peneliti setelah tamat S1 teknik mesin nanti, tidak dapat dipungkiri bahwa Anda harus melanjutkan kuliah ke S2 dan S3 juga.

Hah? Kuliah lagi? Iya, kalau tidak suka lanjut kuliah, mungkin Anda bisa mengambil pekerjaan setelah ini.

3. Desainer atau Perancang Mesin

Di perkuliahan dulu, saya belajar tentang gambar mesin, elemen mesin, perancangan dan sebagainya. Sebab salah satu bidang di teknik mesin adalah desain dan konstuksi. Oleh karena itu, menjadi desainer atau perancang mesin bisa menjadi pilihan bagi Anda ketika telah tamat S1 nantinya. Jika memang Anda minat ke sini, saya sarankan untuk fokus pada bidang konstruksi selama kuliah di jenjang S1.

4. Industri Otomotif

Salah satu perusahaan yang digemari oleh lulusan teknik mesin adalah ASTRA, itu adalah perusahaan di bidang otomotif. Beberapa mahasiswa teknik mesin dulunya juga ada yang kuliah di jurusan otomotif ketika SMK. Sehingga ketika telah lulus nanti, industri otomotif menjadi salah satu bidang yang bisa Anda masuki.

5. Industri Bagian Produksi

Selain desain dan konstruksi, satu bagian teknik mesin lainnya adalah produksi. Di bidang ini kamu akan belajar proses-proses produksi dan segala hal yang berkaitan dengannya. Bahkan juga belajar bagaimana cara otomasi produksi (membuat produksi menjadi otomatis dan terkontrol).

6. Welding Engineer

Saya baru tahu kalau ternyata pengelasan itu banyak, bahkan ada pengelasan di dalam air. Pernahkah Anda mendengarnya? Welding engineer atau tukang las, eh insinyur pengelasan merupakan salah satu pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan teknik mesin. Hanya saja, agar bisa bekerja di bidang ini, seorang lulusan teknik mesin harus mengambil pelatihan dan mendapatkan sertifikat khusus terlebih dahulu.

7. Konsultan Teknik

Selanjutnya di prospek kerja teknik mesin ada profesi sebagai konsultan teknik. Konsultan adalah seseorang atau lembaga profesional yang kerap dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang tidak bisa diselesaikan sendiri oleh suatu instansi atau perusahaan.

8. Industri Pertambangan

Selain beberapa hal di atas, lulusan teknik mesin juga bisa bekerja di industri pertambangan. Seorang teman saya saat ini bekerja di sebuah perusahaan tambang milik negara di Kalimantan sana, dan gajinya fantastis. Beberapa perusahaan tambang yang terkenal yaitu PAMA hingga Freeport, dan lulusan teknik mesin dibutuhkan di perusahaan sejenis itu.

9. Industri Perminyakan

Selain pertambangan, lulusan teknik mesin juga bisa bekerja di bidang perminyakan. Di dalam kurikulum S1 ada yang namanya mata kuliah pemipaan, dan itu sangat dibutuhkan pada industri perminyakan. Beberapa perusahaan bidang perminyakan yang bisa dimasuki lulusan S1 teknik mesin adalah Pertamina, Chevron dan sebagainya.

10. Perusahaan Energi

Setelah lulus S1 dulu, saya sempat mendaftar pada seleksi penerimaan karyawan sebuah BUMN bidang energi. Yap, itu adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN). Dulu ketika magang. saya juga magang di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Beberapa teman saya saat ini bekerja sebagai karyawan di PLN, konon kata mereka bekerja di PLN cukup menyejahterakan. Seorang lulusan teknik mesin bisa bekerja di perusahaan energi mana pun, tidak hanya PLN.

11. Maintenance Engineer

Maintenance engineer atau insinyur pemeliharaan menjadi salah satu prospek kerja lulusan teknik mesin lainnya. Bagian ini selalu ada di pabrik mana pun. Pada bidang ini, seorang lulusan teknik mesin akan bekerja seputar pemeliharaan preventif, prediktif, dan korektif.

Baca juga : Kenapa Harus Kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan?

12. Kontraktor

Serius lulusan teknik mesin bisa bekerja pada perusahaan kontraktor? Serius kok. Kawan saya ada yang kerja di bidang ini, dia malah mengawasi pembuatan jalan. Eh. Kawan yang lain baru-baru ini juga dapat supervisor atau pengawas pembuatan jembatan layang. Jangan salah-salah, di teknik mesin juga diajarkan tentang menghitung-hitung gaya di kontruksi jembatan dan sebagainya lho.

13. Developer

Jika di bidang kontraktor ada prospek kerja teknik mesin, tentu di bidang pengembang atau developer juga. Tapi bukan pengembang perumahaan ya, tapi hal-hal seperti mobil listrik, robot dan produk futuristik lainnya yang butuh sentuhan tangan seorang sarjana teknik mesin.

14. Perusahaan alat dapur

Jangan pernah remehkan lulusan teknik mesin, ia bisa bekerja di perusahaan bidang apapun bahkan alat dapur sekalipun. Bagaimana ceritanya? Begini, alat-alat dapur itu dikembangkan dengan material-material tertentu dan ilmu material adalah salah satu ilmu yang dipelajari di jurusan teknik mesin.

15. Bengkel

Satu hal yang membuat jengkel adalah ketika ada orang yang bilang “ngapain masuk teknik mesin kalau ujung-ujungnya cuma buka bengkel?”. Ah, orang-orang begini memang tidak paham. Pun ketika akhirnya seorang lulusan teknik mesin membuka bengkel, masa iya dia hanya menjadi montir biasa? Ia bisa menjadi pemilik bengkel itu atau seorang manajer yang mengelola bengkel tersebut.

16. Industri proses

Berbagai produk yang kerap kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dikeluarkan oleh industri. Contohnya minyak goreng, pupuk, tekstil dan sebagainya. Seorang lulusan teknik mesin bisa bekerja di bidang ini lho, bersama dengan insinyur jurusan lainnya ia mengatur proses produksi dari barang-barang tersebut.

17. Industri transportasi

Salah satu peluang kerja lulusan teknik mesin lainnya adalah pada industri transportasi. Alumni teknik mesin bisa bekerja di bidang ini mulai dari perancangan hingga pembuatan alat transportasi seperti mobil, motor hingga pesawat.

18. Instansi pemerintah

Namun jika Anda tidak berminat pada beberapa peluang kerja teknik mesin di atas, Anda masih punya kesempatan untuk berkarir di instansi pemerintah lho. Contoh instansi pemerintah yang menerima lulusan teknik mesin adalah IPTN, BATAN dan BPPT.

19. Pengusaha

Tidak sedikit juga alumni teknik mesin yang akhirnya menjadi pengusaha. Mereka membuat CV hingga PT sendiri. Untuk jenis bisnis yang dijalankannya juga berputar di sekitar mesin atau di luar itu. Jadi tidak perlu khawatir jika Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari jurusan teknik mesin nantinya.

Baca juga : 30+ Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Perlu Kamu Tahu

20. Sales

Dulu saya suka memperhatikan lowongan pekerjaan yang ada, ternyata prospek kerja teknik mesin juga bisa di bidang sales atau penjualan. Pemahaman mengenai mesin bisa menjadi modal utama untuk meyakinkan calon pelanggan terhadap produk yang kita jual. Misalnya kita menjual alat berat atau mesin-mesin lainnya, tidak terkecuali mobil juga.

21. Pekerjaan umum lainnya

Masih belum cocok dengan pekerjaan di atas? Anda masih bisa bekerja di bidang lainnya. Konon masih ada pekerjaan lain yang hanya menyaratkan lulusan S1 untuk diterima. Intinya tidak perlu khawatir tidak akan bekerja jika telah lulus kuliah nanti.

Baca juga : Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Besar di Masa Depan

Kesudahannya, Anda sudah membaca lebih dari 20 prospek kerja teknik mesin. Apakah Anda adalah seseorang yang baru akan atau sudah duduk di jurusan teknik mesin itu? Saya lupa menyampaikan bahwa kuliah teknik mesin tidak hanya di jenjang S1, tapi ada juga jenjang D3 dan D4-nya. Untuk prospek kerjanya hampir-hampir sama. Yang jelas, rencanakanlah masa depan Anda bahkan sebelum Anda lulus dari suatu jurusan tertentu. Semoga Anda bisa menemukan pekerjaan terbaik untuk masa depan Anda kelak.[]

error:
Copy link
Powered by Social Snap