5 Alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Energi Listrik

Apakah kamu pernah membayangkan bagaimana kehidupan dapat berjalan tanpa adanya energi? Kalau lah bukan semua energi, bagaimana dengan energi listrik saja? Maksud saya, bagaimana jadinya kalau energi listrik itu hilang? Ketika kamu merenungi itu dengan dalam, kamu akan menemukan alasan mengapa kita harus menghemat energi listrik.

Faktanya, ada sejarah panjang dalam penemuan listrik hingga kita bisa menikmatinya sekarang untuk mengecas ponsel, menghidupkan TV dan sebagainya. Berkat listrik, kehidupan manusia menjadi lebih baik dan menjadi lebih mudah. Tapi sayangnya, banyak di antara manusia, mungkin juga kita, yang membuang-buang energi listrik tersebut dengan seenaknya. Selain karena itu adalah hal yang mubazir, ada banyak alasan kenapa kita mesti hemat energi listrik lho.

Yuk, kita bahas.

Alasan Mengapa Harus Menghemat Listrik

Tahukah kamu bahwa setidaknya ada 5 alasan mengapa harus hemat penggunaan listrik. Alasan ini berkaitan dengan dampak yang diberikan jika kita tidak pandai hemat dalam menggunakannya. Alasan-alasan tersebut adalah sebagai berikut:

Untuk menjaga atmosfer bumi agar tidak rusak

Mungkin tak banyak orang yang tahu atau bahkan sadar bahwa energi listrik yang kita nikmati saat ini sebagian besarnya dihasilkan oleh pembangkit yang berkontribusi atas pencemaran udara. Pembangkit listrik kita saat ini menghasilkan begitu banyak gas rumah kaca berupa karbon dioksida yang merusak lapisan ozon atau atmosfer bumi. Hal ini bisa menjadi penyebab terjadinya pemanasan global lho.

Oleh karena itu, dengan menghemat listrik berarti kamu sudah berpartisipasi dalam menyelematkan bumi. Tentu kita tidak ingin bumi kita menjadi tempat yang tak nyaman ditinggali, bukan?

Untuk mengurangi biaya rumah tangga

Alasan mengapa kita harus menghemat energi listrik lainnya adalah agar pengeluaran rumah tangga tidak tinggi atau membengkak. Biaya listrik hanya satu di antara banyak biaya yang mesti ditanggung oleh sebuah rumah tangga lho. Jadi jangan sampai keluarga harus mengeluarkan banyak uang untuk membayar tagihan listrik karena ketidak hematan kita dalam menggunakan.

Untuk mengurangi beban pembangkit listrik

Kebutuhan listrik yang begitu besar dari masyarakat kita, baik sektor rumah tangga hingga industri, membuat pembangkit listrik kita menjadi terbebani. Selain pembangkit listrik, instalasi listrik kita juga akan kewalahan jika terus-terus dibebani penggunaan yang berlebihan. Apakah kamu masih ingat kasus di mana terjadi pemadaman listrik di Jakarta beberapa waktu yang lalu? Hal itu membuat berbagai kalangan mengalami kerugian, saking pentingnya listrik bagi kehidupan kita.

Untuk mengurangi penggunaan energi fosil

Sumber energi untuk menghasilkan sebagian besar listrik yang kita konsumsi masih berasal dari energi fosil, yaitu batu bara. Sebagaimana yang kita ketahui, energi fosil merupakan energi yang tidak dapat diperbaharui. Jika energi fosil habis maka kita tidak bisa lagi mendapatkannya karena butuh waktu jutaan tahun lamanya agar ia terbentuk kembali.

Untuk informasi, para peneliti memprediksikan bahwa energi fosil akan habis pada tahun 2050. Itu berarti kita harus mengembangkan sumber energi lain, terutama energi terbarukan, agar bisa memproduksi listrik. Cuma, itu butuh investasi yang besar dan waktu yang panjang. Sehingga jalan terbaik yang bisa kita lakukan sekarang adalah menghemat listrik yang kita gunakan.

Karena energi listrik adalah kebutuhan umat manusia

Alasan mengapa kita harus menghemat listrik selanjutnya adalah karena listrik sudah bagaikan kebutuhan pokok bagi kita. Kita akan kesulitan hidup jika tidak ada listrik. Tidak hanya kita para pelajar, mahasiswa atau anak-anak muda yang memang butuh menggunakan gawai atau gadget, tetapi juga industri yang harus tetap berjalan agar ekonomi dapat berjalan dengan baik.

Artinya, dengan semua alasan mengapa harus menghemat listrik di atas, tentu kamu sudah paham dengan betapa pentingnya menghemat energi listrik itu, bukan? Oleh karena itu, usahakanlah untuk mematikan lampu yang tidak perlu, mencabut steker atau colokan jika tidak digunakan. Selain itu, jangan biarkan juga televisi ngomong sendiri sementara kita sibuk melakukan hal lainnya. Langkah sederhana yang kita lakukan dalam penghematan adalah salah satu wujud kepedulian kita terhadap bumi dan kemaslahatan hidup umat manusia.

Oh ya, dari pada memboroskan listrik untuk menghidupkan TV yang tidak ditonton, bagaimana kalau baca buku saya. Saya ada e-book bagus untuk kamu baca lho. Buku ini akan membantu kamu menjadi siswa yang tidak hanya beprestasi, tetapi juga populer dan bersahaja. Ada diskon 50%, dapatkan ebook ini segera, klik di sini ~> BELI BUKU

Nah, apakah kamu terbantu dengan tulisan ini? Jangan lupa bagikan ke media sosialmu, atau tulis sesuatu di kolom komentar ya. Terima kasih sudah membaca, semoga informasi in bermanfaat ya.[]

4 pemikiran pada “5 Alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Energi Listrik”

  1. Yang pasti untuk anak cucu kita nanti. Kalau kita boros menggunakannya, tiada energi fosil lagi untuk anak cucu kita nanti. Bukan tidak mungkin mereka nanti akan meminta pertanggungjawaban dari generasi yang sekarang menghabiskan sumber energi fosil.

    Balas

Tinggalkan komentar

error: