Home » Apa Itu Diecast? Apakah Ia Sekadar Mainan?

Apa Itu Diecast? Apakah Ia Sekadar Mainan?

apa itu diecast

Beberapa waktu yang lalu, saya suka mencari informasi tentang mainan diecast. Entah itu di YouTube ataupun di hasil pencarian Google. Mainan yang umumnya berbentuk mobil-mobilan itu merebut perhatian saya karena model mobil yang sama dengan model sebenarnya. Ia bisa dibilang sebagai miniatur produk asli dalam skala yang kecil. Lebih dari itu, mainan satu ini cocok untuk dimainkan oleh segala umur.

Namun pertanyaannya, apa itu diecast? Kita mungkin sudah sering mendengar istilah satu ini, tapi belum secara jauh mengetahui pengertian diecast atau bagaimana sejarahnya. Oleh karena itu, saya tertarik untuk menulis topik ini di kesempatan ini. Jika Anda penasaran tentang asal-usul mainan satu ini, kita bahas lebih lanjut yuk.

Pengertian Diecast

Diecast adalah mainan berbahan dasar logam yang dibuat dengan teknik die-casting atau pengecoran dengan cetakan. Proses pembuatannya sama dengan die-casting pada industri, logam dipanaskan di suhu tinggi hingga mencair kemudian dituangkan ke dalam cetakan.

Beberapa mainan diecast memiliki bentuk yang persis dengan model kendaraan yang ditirunya. Itu bukan ujug-ujug meniru lho, produsen harus mendapatkan lisensi dulu agar bisa membuat sebuah miniatur dari mobil tertentu. Sebagai contoh miniatur Ford Mustang buatan Hot Wheels di bawah ini. Hot Wheels harus meminta izin pada Ford untuk membuat mainan dengan mobil mobil mereka.

Beberapa merek diecast lainnya tentu juga harus mengantongi izin agar bisa memproduksi mainan yang meniru model mobil atau kendaraan asli lainnya. Nyatanya, ada banyak pabrikan mainan ini di dunia ini. Saya sudah pernah mengulas beberapa di antaranya. Jika Anda mau membaca artikel saya tentang merek-merek terbaiknya, saya sertakan tautannya di bawah.

Baca juga : 7 Merek Diecast Terbaik untuk Koleksi dan Hadiah

Sejarah Mainan Diecast

Jika tadi kita sudah membahas pengertiannya, lalu bagaimana dengan sejarah mainan anak laki-laki satu ini? Usut punya usut, ternyata diecast pertama kali dibuat pada awal abad ke-20.

Produsen pertama adalah Meccano (Dinky Toys) yang berlokasi di Inggris. Selain Meccano, juga ada Dowst Brothers (Tootsie Toys) yang bertempat di Amerika Serikat serta Fonderie de presisi de Nanterre (Solido) di Perancis. Adapun model pertama yang terjun ke pasaran adalah mobil dengan tampilan fisik saja.

Adapun logam yang biasanya digunakan untuk membuat miniatur ini adalah campuran seng dan aluminium. Bahan logam campuran yang digunakan mesti mudah dibentuk, tahan karat, solid serta ringan.

Jenis-jenis Mainan Diecast

Meskipun sebagian besar diecast yang ditemukan di pasaran adalah jenis mobil, tetapi ia tidak hanya berbentuk mobil lho. Ada lebih banyak lagi jenis-jenis diecast yang ada. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mobil
    Jenis ini yang paling umum di pasaran, Anda bisa menemukan miniatur mobil logam dengan mudah mulai dari skala terkecil hingga terbesar. Harga mainan mobil logam juga relatif murah, mulai dari belasan ribu rupiah saja di toko online seperti Shopee.
  • Motor
    Jenis motor juga lumayan banyak tersedia di pasaran. Tomica dan Maisto adalah dua merek yang banyak membuat miniatur sepeda motor. Tomica bahkan punya model motor klasik buatan Jepang seperti Super Cub.
  • Pesawat
    Jika Anda ingin memiliki miniatur pesawat yang kokoh, barangkali diecast pesawat adalah pilihan yang cocok untuk Anda. Model pesawat asli direplika dengan detail pada mainan miniatur logamnya.
  • Kapal
    Kapal pesiar hingga kapal perang juga ada diecast nya lho. Desainnya juga sangat detail dan memukau sehingga cocok untuk menjadi pajangan ketimbang dimainkan.
  • Diorama
    Selain beberapa jenis di atas, diecast juga ada yang berbentuk diorama atau miniatur dekorasi lainnya. Katakanlah rumah, peralatan ini dan itu dan sebagainya.

Pengertian diecast yang luas membuat mainan ini tidak bisa dispesifikkan pada miniatur mobil saja, meskipun jenis mobil adalah yang paling laris. Uniknya mainan satu ini bahkan membuat mereka memiliki komunitas kolektor tersendiri.

Bukan Sekadar Mainan, Tapi Juga Koleksi hingga Investasi

Anda mungkin berpikir bahwa diecast adalah sebuah mainan belaka, tetapi nyatanya ia bahkan lebih banyak dikoleksi oleh orang dewasa. Kolektor-kolektor bahkan mau membeli model terbatas dengan harga yang tinggi. Nah, jika saat mengunjungi pusat perbelanjaan Anda menemukan seseorang berdiri lama dan membolak-balik kemasan diecast, bisa jadi ia adalah kolektor yang sedang memburu seri terbatas.

Omong-omong, saya pribadi juga suka membeli mainan ini, meskipun lebih banyak saya hadiahkan pada adik bungsu yang masih SD. Ia adalah tipikal anak yang suka menabrak-nabrakkan mobil, untunglah mobilnya kuat sehingga aman untuk ditabrakkan atau bahkan terjatuh dari tempat tinggi. Tapi ini bukan berarti saya memotivasi Anda “menyakiti” mainan itu ya.

Selain itu, ada alasan lain mengapa banyak orang mau mengkoleksi mainan logam satu ini. Pertama, mengkoleksi diecast lebih hemat dari pada mengoleksi mobil asli (ya iyalahh). Kedua, ada kebahagiaan tersendiri saat memiliki banyak miniatur mobil yang cakep-cakep. Saya bahkan suka menaruhnya di meja tempat kerja. Ketiga, mainan yang dikoleksi itu suatu hari bisa bernilai mahal kalau dijual kembali.

Oleh karena itu, selain sebuah mainan, diecast juga dapat menjadi barang koleksi dan investasi. Hanya saja, saya tidak menyarankan Anda menghabiskan uang untuk mainan satu ini. Jika hanya beberapa saja tidak masalah. Pasalnya ada banyak kebutuhan hidup lainnya yang juga membutuhkan uang, bukan?

Kesudahannya, kita sudah membahas dari apa itu diecast, sejarah, jenis bahkan hingga “kedudukannya”. Artikel ini saya buat berdasarkan opini pribadi lho ya. Jika Anda memiliki pendapat lain, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih banyak sudah membaca. Btw, di bawah saya sertakan link produk diecast di Shopee, mana tahu ada yang mau mengintip. Salam.

Cek diecast di Shopee

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *