Home » 7 Merek Diecast Terbaik untuk Koleksi dan Hadiah

7 Merek Diecast Terbaik untuk Koleksi dan Hadiah

merek diecast terbaik dan berkualitas

Ketika mendapatkan ide untuk menulis artikel ini, saya langsung teringat momen membeli diecast untuk saya hadiahkan pada adik bungsu yang masih usia pra-sekolah saat itu–sekarang alhamdulillah dia sudah daftar SD. Adik saya laki-laki, dan mobil-mobilan tentu menjadi mainan anak laki-laki terpopuler sejagad raya. Tak tanggung-tanggung, saya beli sekalian salah satu merek diecast terbaik di dunia.

Eh, terkesan bombastis ya? Mohon maaf jika memang begitu, tapi kali ini memang saya ingin membahas daftar merek diecast terbaik yang cocok untuk jadi koleksi Anda. Di samping itu, produk-produk dari merek diecast yang akan saya ulas ini juga layak untuk Anda jadikan hadiah untuk orang-orang yang Anda sayangi.

Merek Diecast Terbaik yang Layak Dikoleksi

Ketimbang mobil-mobilan biasa, diecast tentu lebih menarik untuk dimiliki. Ada beberapa alasan untuk itu. Pertama, beberapa diecast meniru mobil aslinya secara detail, artinya ia adalah miniatur sebuah mobil dari merek tertentu yang ada di dunia.

Selain itu, diecast juga tahan dan awet, alasan inilah yang membuat saya mau membelikan untuk adik saya ketika ia telah berusia di atas 3 tahun. Kalau diecast-nya jatuh atau terbanting kan tetap aman. Dan memang nyatanya, si adik hobi mengajak saya untuk main tabrak-tabrak mobil :/

Nah, jika Anda juga sedang mencari diecast, beberapa merek diecast terbaik di bawah ini layak untuk Anda miliki lho. Daftar ini saya buat setelah membaca-baca topik terkait di internet, jadi murni opini yang mungkin tidak 100% akaurat. Keputusan membeli atau tidak produk terkait 100% keputusan dan tanggung jawab Anda.

Hot Wheels

merek diecast mobil terbaik hot wheels

Hot Wheels model Ford Mustang (Foto: Pixabay)

Bagaimana mungkin saya tidak memasukkan Hot Wheels ke daftar merek diecast terkenal dan terbaik ini. Bukan, bukan karena waktu kecil saya suka menonton animasinya, atau iklannya yang bertebaran di TV ketika saya sekolah dulu. Hot Wheels saya rekomendasikan karena harganya terbilang murah dan mudah banget untuk ditemukan baik secara offline apalagi online.

Hot Wheels adalah produk unggulan keluaran Mattel Inc., yang berasal dari Amerika. Konon mobil diecast Hot Wheels sudah diproduksi semenjak tahun 1968 lho. Untuk pemasarannya di Indonesia sendiri dimulai pada tahun 2002 (saat itu saya masih SD) dan hingga kini Hot Wheels sangat populer dan bahkan menciptakan perkumpulan kolektor secara tidak langsung.

Omong-omong soal kolektor dan koleksi nih, ada lho ternyata seri Hot Wheels yang langka. Seri-seri atau edisi langka ini jadi buruan kolektor dan harga jual ulangnya bisa berkali lipat dari harga beli awal lho. Saya pribadi pernah coba ke mall buat nyari-nyari Hot Wheels langka, ternyata memang susah nemunya.

Oh ya, untuk ukuran atau skala Hot Wheels sangat beragam, cuma yang paling gampang ditemukan dipasaran adalah 1/64 atau 3 inci.

Cek harga di Shopee

Matchbox

Apa yang Anda pikirkan ketika membaca nama “Matchbox”? Kotak korek api, kah? Jika iya, ternyata filosofi nama Matchbox juga berkaitan dengan kotak korek api. Merek diecast berkualitas dan terkenal satu ini mulai diperkenalkan pada tahun 1953 oleh Lesney Products (lebih awal belasan tahun dibanding Hot Wheels tadi.

Dulunya mainan mobil berbahan logam, dulu diecast Matchbox dijual di kotak-kotak yang sama model dan ukurannya dengan kotak korek api yang dijual. Cuma, sekarang kayaknya kotak Matchbox sudah beragam bentuknya.

Oh ya, merek Matchbox sendiri sudah dibeli oleh Mattel Inc., pada tahun 1997. Jadi sekarang Mattel punya dua merek diecast nih, Hot Wheels dan Matchbox. Kalau begitu, kita tidak perlu meragukan kualitas mainan dari dua merek ini.

Cek harga di Shopee

Tomica

merek diecast mobil terbaik tomica

Sebagai produsen mainan diecast besar di dunia, Mattel dapat saingan dari Jepang. Tomica menjadi merek diecast terbaik dan terkenal dari negeri matahari terbit tersebut.

Tomica adalah merek dari lini pembuat mainan diecast perusahaan Takara Tomy Co., Jepang. Produksi diecast perusahaan ini dimulai sejak tahun 1970 dan telah meraih popularitasnya hingga sekarang. Oleh karena itu, bisa bilang bahwa Tomica adalah “Matchbox”-nya Jepang. Namun tidak seperti merek milik Mattel, Tomica fokus pada pembuatan diecast mobil merek Jepang juga.

Meski berasal dari Jepang, produk diecast Tomica sudah tersebar ke berbagai negara di dunia lho, tidak terkecuali Indonesia. Perusahaan pemilik merek ini bahkan mendirikan lini produksi di China, Hong Kong, Thailand, dan Vietnam.

Cek harga di Shopee

Maisto

Maisto BMW 502 (Foto: Pixabay)

Jika Anda ingin mencari mainan diecast selain mobil, merek Maisto agaknya bisa Anda pilih, pasalnya merek satu ini memiliki banyak diecast motor.

Maisto merupakan merek diecast yang dipegang oleh Maisto International Inc. yang telah memasarkan produk mainannya secara global. Perusahaan ini sendiri merupakan bagian dari May Cheong Group yang berlokasi di Hong Kong, hanya saja markas Maisto sendiri bertempat di California, Amerika Serikat.

Ada banyak lini di produk diecast Maisto lho, seperti mobil, motor, sepeda, dan pesawat. Selain itu, Maisto juga memproduksi kendaraan radio atau remot kontrol. Produk Maisto juga bisa ditemukan di Indonesia, terutama jika Anda ingin membelinya secara online.

Cek harga di Shopee

Bburago

Bburago Chevrolet Corvette 1957 (Foto: Pixabay)

Merek diecast satu ini berasal dari Italia. Pada masanya Bburago memainkan perannya dalam pasar diecast dunia hingga bangkrut pada tahun 2005 karena semakin beratnya persaingan. Namun meskipun begitu, merek ini kemudian diakuisisi oleh Maisto yang perusahaan induknya berada di Hong Kong seperti yang saya jelaskan di atas.

Meskipun sudah diakuisisi oleh Maisto, markas Bburago masih tetap berada di Italia. Setengah dari model diecast yang dikeluarkan oleh Bburago adalah mobil-mobil keluaran Eropa. Oh ya, produk-produk Bburago juga bisa ditemukan di Indonesia lho, khususnya secara online di marketplace.

Cek harga di Shopee

CMC

Merek diecast terbaik selanjutnya adalah CMC atau Classic Model Cars. CMC adalah merek diecast yang dimiliki oleh Jerman. Produsen merek ini fokus pada model-model mobil classic untuk dibuatkan mainan diecast-nya.

Oleh karena bermain di ceruk mobil klasik, CMC tentu memiliki keunikan dibandingkan beberapa merek diecast mobil yang sudah disebutkan di atas. Adapun skala mobil CMC adalah 1/18 dan 1/12. CMC sangat memperhatikan detail dari produk mereka sehingga bisa menghadirkan kesan vintage dengan semakin baik.

Oh ya, hampir lupa, sebagaimana yang saya katakan soal kualitas diecast CMC, harga produk mereka juga sangat mahal. Harganya bisa lebih dari 5 juta untuk 1 produk diecast. Hal ini membuat produk CMC sulit ditemukan dan dijangkau oleh pembeli di Indonesia–kecuali jika mereka ada kolektor sultan dan mau menghabiskan uang untuk sebuah mainan.

Kinsmart

Merek diecast terakhir yang bisa saya muat dalam artikel ini adalah Kinsmart. Anda mungkin belum terlalu familiar dengan merek ini, tapi produk diecast mereka bisa dengan mudah ditemukan di Shopee–atau marketplace lainnya.

Kinsmart sendiri adalah merek yang didirikan pada tahun 1992 dan memiliki misi membuat mobil diecast untuk anak-anak dan jiwa anak-anak di dalam tubuh orang dewasa. Hmm.

Hingga saat ini, Kinsmart sudah memiliki lisensi dari lebih dari 30 pabrik mobil untuk memproduksi miniatur diecast mobil dengan model lebih dari 200. Wah, sekarang kita jadi tahu kalau meniru mobil betulan untuk mainan itu harus pakai lisensi juga, gak bisa asal comot saja.

Cek harga di Shopee

Baca juga: 7 Manfaat Bermain Puzzle untuk Orang Dewasa

Well, itulah beberapa merek diecast terbaik yang bisa saya ulas nih buat Anda. Saya pribadi juga suka memainkan diecast, selain dimainkan, ia juga cocok untuk ditaruh sebagai dekorasi meja kerja dan sebagainya. Bagaimana tidak, diecast memiliki banyak ukuran yang bisa menghiasi meja atau etalase kita. Selain itu, ia juga bisa jadi hadiah terbaik buat anak laki-laki atau pun pria dewasa yang memang hobi dengan diecast ini.

Kesudahannya, semoga Anda bisa menemukan diecast terbaik untuk Anda atau orang-orang yang Anda sayangi. Tapi perlu diingat, jangan sampai kantong bolong karena terlalu banyak mengoleksi diecast ya. Berhobilah sewajarnya. Terima kasih sudah membaca.[]

Bagikan yuk:

11 tanggapan pada “7 Merek Diecast Terbaik untuk Koleksi dan Hadiah”

  1. Saya taunya cuma Hot wheels aja. Ternyata banyak juga ya mereknya. Anak saya demen banget nih sama mainan mobil gini… Makasih rekomendasinya…

  2. Sebenarnya saya baru tahu tentang diecast. Ternyata benda seperti ini bisa dijadikan hadiah dan menumbuhkan hobi ya. Unik sekali.

  3. hotwheels adalah koleksi anakku, duh harganya ga kaya permen lagi. tapi emang bagus sih kualitasnya. kalau merk lain belum pernah beli, aku malah sekarang tertarik sama miniatur kereta api gitu loh. sayang jarang, eh pas ada harganya lumayan. Btw uda fadli, daftar isinya ga bisa dipencet kenapa ya?

    1. Iya betul, lebih mahal dari Kinderjoy, kalau di marketplace untuk Hot Wheels kecil harganya mulai belasan ribu.
      Hmm, kalau bukanya versi AMP di HP memang gak bisa dipencet Mbak, CSS nya diminimalkan sama AMP, cuma kalau gak bisa diklik pas dibuka di laptop, kayaknya ada konflik di plugin cache. Terima kasih info ya Mbak, langsung saya cek dan perbaiki

  4. Rizky Kurnia Rahman

    Saya juga tahunya Hot Wheels, karena mudah didapat, di Indomaret banyak. Anak-anak saya juga pernah saya belikan, tapi karena kecil, akhirnya mudah hilang, hadeh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *