Berbisnis di Era Maju, Punya Domain Itu Mutlak Perlu

Ketika penggunaan ponsel pintar berbasis android mulai masif, ada satu metode komunikasi “klasik” yang mulai ditinggalkan. Metode itu adalah kirim-mengirim pesan singkat atau SMS. Sekarang, cobalah periksa, siapa saja yang memenuhi kotak masuk SMS anda? Besar kemungkinan jawaban kita sama, kalaulah bukan SMS dari operator atau instansi resmi, maka akan dipenuhi oleh promosi antah-berantah yang ilegal alias tak resmi.

Soal yang tak resmi ini, barangkali anda tidak akan ambil pusing. Anda abaikan saja, tanpa pernah dibaca. Toh, isinya hanya iklan yang tak jelas benar atau tidaknya. Terkait pinjaman online hingga SMS menang undian palsu dan sebagainya. Tapi saat gabut alias tak ada kerjaan, saya iseng melihat satu-persatu setumpuk SMS itu.

Dan saya menemukan ada satu tren—dalam praktek penipuan via SMS—yang telah berubah. Perubahan itu ada pada tautan yang mereka bubuhkan dalam pesan singkatnya. Kalaulah dulu mereka “pede” menggunakan tautan dengan .blogspot.com saja, sekarang sudah pakai custom domain untuk membuat landing page “bisnis” mereka.

Saya tergelitik dengan fenomena ini, jika komplotan penjahat online saja sudah sadar dengan pentingnya domain bagi sebuah bisnis, kenapa banyak pemilik bisnis legal dan halal di luar sana belum ngeh juga? Ya, mungkin karena belum tahu dengan betapa pentingnya domain untuk sebuah bisnis. Oleh karena itulah, saya tertarik menuliskan topik ini dan saya harap dapat cukup membantu.

Sekilas Tentang Domain dan Keuntungannya Untuk Bisnis

Saya ingin mengajak anda berandai-andai. Boleh ya? Andaikan anda baru saja membuka sebuah kedai nasi, dan lalu ingin mempromosikan pada kolega, apa yang akan anda lakukan?

Anda pasti akan mengabari mereka dan meminta mereka singgah ke kedai anda, tanpa lupa menyebutkan alamat kedainya. Tanpa alamat, mereka bisa nyasar entah ke mana. Pasalnya, nama kedai kemungkinan bisa sama dengan kedai lainnya, tapi alamat kedai tentu tidak. Nah, domain itu sama dengan alamat kedai anda, hanya saja domain adalah alamat di dunia maya.

Meskipun secara pengertian sederhana, keberadaan domain untuk sebuah bisnis tidak bisa disepelekan. Kalaulah domain ini tak penting bagi bisnis, kenapa juga “mereka” yang saya contohkan di awal mau memasangkan custom domain bagi “bisnis” mereka? Jawabannya adalah karena domain mempunyai impak yang besar terhadap bisnis atau usaha.

Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh sebuah bisnis ketika ia memiliki domain. Ragam manfaat itu akan saya ulas di bawah ini.

Menunjukkan Kemajuan dan Profesionalitas

Sejak beberapa tahun terakhir gaya berbisnis mulai berubah, hal ini dikarenakan datangnya Revolusi Industri 4.0 yang menuntut semua bisnis mesti maju. Domain adalah salah satu elemen penting di dalam revolusi industri yang berbasis internet ini. Dengan kata lain, memiliki domain untuk bisnis adalah bentuk kemajuan dan juga profesionalitas dari bisnis tersebut. Dua hal ini menjadi nilai tambah untuk bisa menggaet konsumen atau pelanggan.

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Domain juga mampu meningkatkan kredibilitas suatu bisnis. Orang-orang di zaman ini kebanyakan sudah teredukasi, mereka tidak akan membeli sebuah produk/jasa tanpa pernah “kepo” sebelumnya. Calon pelanggan akan lebih percaya kalau suatu bisnis punya domain (dan tentu juga website) yang bisa mereka pelajari sebelum melakukan aksi selanjutnya.

Membantu dalam Urusan Branding

Selain perang harga, di dalam dunia bisnis saat ini juga berlangsung perang merek. Kalau dalam istilah pemasarannya “branding”. Jika branding sebuah bisnis bagus, maka jalan menggaet pelanggan akan mulus. Kabar baiknya, domain dapat membantu para pelaku bisnis meningkatkan brand awareness atau kesadaran konsumen terhadap bisnis mereka.

Membuat Bisnis Bisa Diakses Setiap Saat

Tidak ada yang lebih baik dari bisnis yang bisa buka setiap saat. Kalau di dunia nyata umumnya bisnis hanya bisa buka pada jam dan hari kerja saja, dengan bantuan domain, bisnis kita bisa buka 24 jam dalam 7 hari setiap minggunya. Selain itu, dengan adanya domain beserta website, bisnis dapat terus terhubung dengan pelanggan.

Mebantu Ekspansi ke Pasar yang Lebih Luas

Menjadi pemain baru di dalam bisnis itu bukan suatu yang mudah. Pasalnya kita baru saja memulai, sementara kompetitor sudah established alias mapan duluan. Maka selain berjuang merebut pasar, akan lebih baik juga jika kita melakukan ekspansi bisnis.

Bukan, maksud saya bukan ekspansi dengan menambah bangunan atau hal fisik lainnya, melainkan membuat bisnis go online sehingga lebih meluaskan pasarnya. Dan lagi-lagi, hal ini membutuhkan domain.

Nah, dengan berbagai keuntungan yang tertulis di atas itu, keberadaan domain bagi sebuah bisnis mutlak perlu, terutama kalau ingin bersaing di era ini yang sudah serba maju. Jadi, tertarik tidak memiliki sebuah domain untuk bisnis anda?

Tapi caranya bagaimana? Saya harus beli di mana? Apakah menggunakan domain itu sulit?

Kekhawatiran-kekhawatiran itu sebenarnya wajar, oleh karena itu anda perlu memilih penyedia domain terpercaya dan mampu bekerja sama dengan anda. 

Kesudahannya, dengan berbagai manfaat dari memiliki domain bagi bisnis itu, kenapa harus menunggu? Memilih domain itu seperti memilih ruko untuk usaha di pinggir jalan, yang minat bukan hanya kita saja. Berbagai bisnis di dunia ini berlomba-lomba mendapatkan domain terbaik untuk bisnis mereka. Maka jangan sampai ketinggalan, dapatkan juga domain terbaik untuk bisnis anda.[]