7+ Cara Agar Cepat Pintar yang Layak Dicoba

Belajar agaknya menjadi kegiatan yang cepat membuat bosan, apakah kamu setuju? Tak hanya membuat cepat bosan, belajar juga membuat kita menjadi cepat lelah. Bagaimana tidak, belajar menuntut otak kita terus berpikir dan itu akan menghabiskan banyak energi atau kalori. Jadi meskipun tidak banyak beraktivitas fisik, belajar juga membuat kita menjadi capek. Sehingga akan lebih baik jika kita tahu cara agar cepat pintar dalam belajar.

Kok gitu? Ya, biar kita tidak perlu berlama-lama belajar tapi bisa membuat diri kita menjadi lebih pintar. Artinya, itu akan membuat waktu yang digunakan lebih efektif.

Nah, jadi bagaimana sih cara agar cepat pintar itu? Yuk kita bahas.

Cara Agar Cepat Pintar

Jika kamu memang mencari info mengenai cara agar cepat pintar, jalan satu-satunya ya belajar. Tidak ada cara lain kah? Tidak ada. Pasalnya ini bukan di dunia fiksi yang kita cukup menempelkan buku ke kepala kemudian kita bisa tahu semua isi buku itu. Dan tentu tidak juga dengan membakar buku lalu meminum abunya. Ini adalah dunia nyata, di mana jika kita ingin pintar harus usaha.

Lalu, usaha seperti apa yang bisa kamu lakukan agar kamu cepat pintar? Berikut beberapa tips agar cepat pintar belajar.

Pasanglah niat yang benar

Jika memang kamu ingin menjadi seseorang yang bisa cepat pintar dengan belajar, kamu harus memastikan niat belajarmu adalah niat yang baik. Niat berkaitan dengan motivasi lho. Kalau niat belajar baik, maka motivasinya juga akan tinggi. Sebagai contoh, kamu belajar dengan niat bisa membahagiakan kedua orang tuamu yang sudah susah payah membesarkan dan menyekolahkanmu. Niat seperti itu akan membuat kamu termotivasi untuk belajar dengan baik dan menjadi seorang yang pintar.

Belajar di waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat untuk belajar juga merupakan hal yang perlu kamu pertimbangkan lho. Pasalnya otak kita punya waktu-waktu di mana ia akan mampu bekerja dengan maksimal. Waktu terbaik untuk belajar adalah di rentang pukul 4-6 pagi. Di saat itu fungsi otak dapat digunakan sebanyak 100%.

Jaga tubuhmu agar tetap sehat dan bugar

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, bukan? Tak hanya jiwa yang kuat, ketika tubuh kita sehat dan bugar, otak kita juga akan berfungsi dengan sangat baik. Selain itu, kita juga bisa belajar dengan lebih baik sehingga membuat kita cepat pintar. Coba bayangkan bagaimana susahnya belajar saat kita sedang sakit, jangankan untuk menghafal, duduk saja sakit kepala.

Tidur atau istirahatlah yang cukup

Ketika kita kurang istirahat atau tidur, otak kita juga terpengaruh lho. Sebuah studi yang pernah dilakukan pada tahun 2017 menyatakan bahwa kurangnya waktu tidur memperlambat aktivitas sel otak sehingga kita tiadk akan bisa melakukan pekerjaan dengan produktif, termasuk belajar. Jadi jangan keseringan begadang kalau ingin pintar ya.

Belajarlah kepada ahlinya

Mungkin memang tak semua hal bisa kita pelajari dengan mudah, oleh karena itu cara agar cepat pintar lainnya adalah belajar pada ahlinya. Kamu bisa mengikuti kursus atau les tertentu untuk membantumu memahami materi pelajaran dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa meminta teman yang lebih pintar untuk menerangkan satu-dua permasalahan kepadamu. Itulah pentingnya memiliki teman.

Konsumsi makanan bergizi

Ada banyak makanan yang bisa meningkatkan kinerja dan memori otak, lho. Ketika kamu bisa mengonsumsi makanan-makanan tersebut, otakmu akan mendapatkan suplai gizi yang baik yang akan membantumu untuk menjadi cepat pintar. Beberapa dari makanan tersebut adalah alpukat, kacang-kacangan, brokoli serta beberapa makanan yang mengandung protein.

Perbanyak doa

Cara agar cepat pintar belajar lainnya adalah dengan memperbanyak doa. Lho kok doa? Ya, bagaimana pun pintar itu adalah anugerah yang diberikan Tuhan kepada kita. Oleh karena itu, jika memang kamu mau menjadi pintar, jangan lupa banyak berdoa. Banyak berdoa di sini tentu juga dengan memperbanyak ibadah dan melakukan perintah Tuhan serta menjauhi larangannya, bukan?

Sebagai contoh, jangan menonton konten pornografi yang jelas-jelas akan membuat kita menjadi bodoh dan menghambat otak kita untuk berkembang. Serta beberapa maksiat lainnya.

cara agar cepat pintar belajar matematika

Cara Agar Pintar Matematika

Di atas kita sudah membahas beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjadi cepat pintar dalam belajar. Namun, bagaimana kalau pelajaran tersebut adalah pelajaran matematika yang sulit untuk ditaklukkan? Hmm, untuk itu kamu memang harus memikirkan cara agar cepat pintar dalam pelajaran matematika ini.

Jika kamu memang membutuhkan informasi tentang ini, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa cepat pintar dalam matematika.

  • Pahami konsep dasar atau matematika dasar
  • Latih diri menjadi terbiasa dengan sering mengerjakan soal
  • Bertanyalah pada guru atau siapapun jika tidak paham
  • Sukai matematika itu, jangan anggap ia sulit
  • Sering-sering mengulang pelajaran

Matematika memang pelajaran yang sulit, dan seringkali orang yang pandai matematika dianggap orang yang pintar. Memang orang yang pandai matematika itu pintar, tapi kecerdasan itu ternyata bukan hanya kecerdasan logika saja melainkan masih banyak jenis kecerdasan yang lain. Jadi jangan bersedih hati jika kamu telah belajar dengan keras tapi masih belum bisa menaklukkan matematika atau pelajaran lain.

Oh ya, saya masih ada artikel lain yang kayaknya bermanfaat untuk kamu baca. Ini penting juga untuk membuat kamu pintar dalam bersosialisasi di sekolah, yaitu dengan bergabung di organisasi atau ekskul. Silakan baca di sini: Pengalaman Organisasi Itu Sangat Penting, Begini Alasannya

Nah, itu lah beberapa cara agar cepat pintar baik dalam belajar maupun matematika. Semoga artikel sederhana ini bisa membantumu dalam meningkatkan prestasi di sekolah atau pun di kampus. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya.[]

20 pemikiran pada “7+ Cara Agar Cepat Pintar yang Layak Dicoba”

  1. Belajar di waktu yang tepat. Poin ini saya setuju banget. Apalagi sikap saya yang sering moody, kalau dipaksakan malah jadi nggak masuk ilmunya dan waktu jadi terbuang sia-sia.

    Balas
  2. Aku tipe orang yang membutuhkan ketenangan saat belajar. Makanya aku lebih suka tidur awal sebelum pukul 21.00 lalu sudah bangun di pukul 01.00. Sepiii … Enak deh buat belajar atau menulis. Pemilihan cara belajar memang kembali ke kita masing-masing sih ya, Uda. Ada teman-teman yang nyaman belajar sambil mendengarkan musik. Aku malah nggak bisa. Ujungnya nyanyi bukannya belajar, hihihi …

    Balas
  3. Yang susah nih menumbuhkan minat belajar pada anak-anak 🙁 tapii thx tipsnya ya kaaa.
    Kalo bahas matematika, bawaannya inget Jerome Polin muluuu, si kalkul berjalan wkwkw.

    Balas
  4. Benar uda. Untuk jadi pintar harus belajar. Dimulai dari niatnya. Katanya mau pintar, tapi niatnya aja g ada. Mereka hanya menghabiskan waktu belajar dengan bermain saja.

    Balas
  5. Ngomong-ngomong soal Matematika itu saya alergi banget. Memang benar, kita gak mungkin bisa kalo gak cinta. Intinya sih belajar menyukai dulu, jangan baru di awal langsung menolak, ya gak bakal pintar-pintar deh. Alhasil Kalkulus saya ya C saja waktu kuliah. Wkwkwkwk. Terima kasih tipsnya uda. Semoga anak-anak saya bisa jago matematikanya, seperti papanya, bukan seperti ibunya.

    Balas
  6. Matematika mendpatkan nilai tinggi? WKwkwkwk mimpi siang bolong. Waktu ada bimbel menjelng unas SMA, aku gak datang malah pergi main. Solnya udh terpatri susah di otakku. Padahal Aku udh belajar mencintainya uda tapi gak pernh berhasil karena faktor gurunya huhu padahl zaman smp masih lumayan.

    Balas
  7. Kuncinya ya cuma satu, belajar. Cara belajar ini yang kemudian banyak cara. Tips di atas bisa dicoba. Terima kasih tips2nya

    Balas
  8. kata orang pintar blm tentu cerdas, tp klo cerdas udah pasti pintar.. makanya sy pilih cerdas saja timbang pintar..wkwk ngeles bae..btw sy punya tmn SMA setiap guru nerangin mapel mafika..itu anak tidur nyenyak..tp guru gak pernah marah..krna walo dia tidur klo ditanya bisa aja tuh jawab nya jago banget mapel mafika.. pdhal hobinya tidur hihi..stuju dng artikel ini butuh pwrjuangan dan usaha ya spya jadi pintar..

    Balas
  9. Betul sekali da, awali dengan niat yang baik. Dengan niat yang baik kita termotivasi untuk terus belajar agar apa yang kita pelajari mendapatkan hasil dan yang pasti kita pun menjadi cepat pintar

    Balas
  10. duh aku dari dulu pusing sama matematika haha, tapi pas SMA masuk ipa dan kuliah di teknik informatika. sepertinya ada yang salah sama diriku wkwkwk. anehnya saya bisa semua pelajaran kecuali matematika, heu. semua tipsnya berguna nih, coba pas dibaca masih sekolah. mungkin saya enggak bakalan pusing lagi sama pelajaran satu ini.

    Balas

Tinggalkan komentar

error: