Home » 7 Cara Memilih HP dengan Kamera yang Bagus

7 Cara Memilih HP dengan Kamera yang Bagus

cara memilih hp dengan kamera yang bagus

Saat ingin membeli HP baru, kamera barangkali adalah hal yang sangat Anda pertimbangkan. Pasalnya, sebuah HP saat ini tidak hanya berguna untuk menelpon atau mengirim pesan teks, tetapi juga kamera portabel yang siap abadikan berbagai momen. Untuk itulah, Anda perlu tahu cara memilih HP dengan kamera yang bagus.

Tapi omong-omong, kamera HP yang bagus berapa MP? Apakah kamera 8MP bagus? Terlebih sekarang ini banyak HP yang punya resolusi kamera hingga puluhan MP. Pernah tidak Anda terpikirkan tentang apakah itu hanya gimmick atau sejenisnya?

Lebih lanjutnya, yuk kita bahas saja.

Cara Memilih HP dengan Kamera yang Bagus

Cara paling baik untuk mendapatkan sebuah HP dengan kamera terbaik sebenarnya adalah menjajalnya secara langsung. Hanya saja, hal ini sulit sekali untuk dilakukan. Hei, siapa juga yang mau meminjamkan HP ke kita untuk dicoba-coba.

Oleh karena itu, kita perlu meneliti beberapa aspek yang berkaitan dengan kamera itu. Harapannya, walaupun tidak memegang barangnya secara langsung, kita bisa meyakinkan diri bahwa kualitas kameranya bagus.

Cek resolusi kamera

Hal pertama dan yang paling kontras adalah resolusi kamera. Kamera kekinian memiliki ukuran resolusi dalam megapixels (MP). Satu MP setara dengan satu juta piksel. Piksel adalah kotak-kotak kecil yang menyusun sebuah gambar. Dengan demikian, semakin besar MP sebuah kamera maka akan semakin tajam hasil jepretannya.

Tinggi atau rendahnya resolusi kamera juga akan mempengaruhi besar file foto yang dihasilkan. Artinya, semakin besar MP maka akan semakin besar ukuran file per foto.

Selain itu, kita tidak bisa serta merta menilai kamera dengan MP yang besar berarti hasilnya lebih bagus dari pada yang kecil. Faktanya, ada banyak aspek lain yang menentukan kualitas hasil kamera. Contoh sederhananya, kamera iPhone hanya 8MP atau 12MP, tapi hasil jepretannya lebih bagus dari kamera HP android puluhan MP.

Kok bisa begitu? Temukan jawabannya dengan baca lebih lanjut.

Cari tahu tentang sensor dan autofocus

Sensor pada kamera memegang peranan penting dalam menghasilkan tangkapan yang baik. Kita semua tahu bahwa Apple iPhone hanya memiliki resolusi yang terbilang “rendah” jika dibandingkan smartphone Android yang 48MP atau lebih besar. Tapi kenapa hasil kamera iPhone lebih unggul?

Jawabannya tentu saja pada sensor yang digunakan. Apple iPhone menggunakan sensor kamera merk Sony yang terbaru pada seri terbaru ponsel mereka (iPhone 13 Pro Max). Sensor tersebut adalah Sony IMX 7-series yang sudah terkenal ketangguhannya.

Sejujurnya, mencari tahu tentang sensor yang digunakan oleh produk suatu merk cukup susah. Kenapa? Ya, karena memang tidak dicantumkan pada spesifikasi. Oleh karena itu, pertimbangan lain yang dapat membantu adalah mencari tahu tentang teknologi autofocus yang mereka gunakan.

Umumnya vendor PDAF (Phase Detection Autofocus), teknologi yang mampu mengunci autofocus dengan tepat dan cepat. Adanya teknologi ini akan membantu Anda kamera menghasilkan gambar yang rawan blur.

Cermati fitur kamera

Cara lainnya dalam memilih HP dengan kamera yang bagus adalah mencermati fitur kamera itu sendiri. Paling tidak, pilihlah HP dengan kamera berfitur HDR (High Dynamic Range). HDR membantu kamera mengambil foto dalam rentang kontras yang tinggi dan menggabungkannya untuk menghasilkan foto terbaik.

Selain itu, ada juga beberapa fitur kamera yang bisa Anda pertimbang, yaitu slow motion, panorama, timelapse (selang waktu), dan sebagainya. Cocokkan dengan kebutuhan Anda.

Pilih resolusi rekaman video terbaik

Kamera HP tentu tidak hanya berfungsi untuk mengambil foto, bukan? Kita juga bisa mengambil video dengan gawai yang bisa dimasukkan ke kantong itu. Oleh karena itu, resolusi rekaman video juga layak untuk jadi pertimbangan.

Saran saya, carilah HP dengan kamera yang mampu merekam video 1080p@30/60fps. Resolusi ini cukup baik jika Anda suka membuat video. Apalagi jika Anda berminat untuk menjadi YouTuber dan belum mampu membeli sebuah kamera DSLR atau kamera profesional lainnya.

Cermati bright aperture

Bright aperture adalah istilah lain dari bukaan lensa. Bukaan lensa berkaitan erat dengan jumlah cahaya yang dapat masuk pada lensa kamera. Biasanya bukaan lensa dilambangkan dengan “f”. Cobalah lihat pada spesifikasi sebuah HP, akan ada kode seperti f/1.8, f/2.3, dan sebagainya.

Berkenaan dengan bukaan lensa ini, semakin kecil angkanya maka akan semakin besar bukaannya. Dengan kata lain, aperture dengan angka yang kecil dapat menerima cahaya lebih banyak. Ujungnya adalah pada ruang ketajaman, semakin besar bukaan maka akan semakin besar ruang ketajaman.

Kontrol kamera

Anda juga bisa mencari tahu kontrol yang tersedia pada aplikasi kamera, terutama sekali tentang mode manual atau mode pakar. Mode pakar mengizinkan Anda untuk melakukan pengaturan ISO, white balance, shutter speed dan parameter lainnya.

Kontrol tersebut akan menjadikan kamera HP layaknya kamera profesional. Anda bisa berkreasi dalam mengambil jepretan untuk berbagai objek meski hanya dengan HP.

Perhatikan juga kamera tambahan

Terakhir tapi tak kalah penting, ada baiknya Anda juga memperhatikan kamera tambahan pada HP yang ingin Anda beli. Apakah itu lensa wide, lensa macro, lensa depth, atau sejenisnya.

Adanya lensa tambahan akan membantu Anda mengambil foto pada mode-mode khusus. Meskipun itu tidak akan sering dipakai, tapi akan lebih baik jika fitur tersebut tersedia, bukan?

Merk HP dengan Kualitas Kamera yang Bagus

Setelah memahami mengenai cara memilih HP dengan kamera yang bagus tadi, mungkin Anda bertanya-tanya apa saja merk HP yang kameranya bagus. Ya, itu adalah hal yang wajar. Saya juga berniat untuk menjelaskannya secara sepintas untuk Anda. Berikut adalah merk HP dengan kemera terbaik itu.

Apple iPhone

merk hp dengan kamera yang bagus

Rasanya yang satu ini no debat lah ya. Hampir di setiap serinya, iPhone unggul dalam kualitas kamera. Agaknya itu jualah yang membuat orang banyak mengidam-idamkan gawai asal Amerika Serikat satu ini.

Secara ukuran resolusi memang ia tidak lebih besar dari HP Android, tapi untuk sensor dan aspek lainnya, kamera iPhone dapat diadu.

Cek harga iPhone

Samsung

Meskipun menggunakan OS Android, Samsung adalah pesaing berat dari Apple iPhone. Kualitas kamera HP Samsung sudah dipercayai oleh banyak pengguna. Apalagi jika serinya adalah seri flagship atau seri S.

Tapi jangan khawatir, jika budget Anda terbatas dan hanya bisa membeli seri kelas menengah, umumnya kualitas kamera HP Samsung lebih baik dari pada merk lain di kelas yang sama.

Cek harga Samsung

Google Pixel

Sebagai anak kandung dari Google, Pixel tentu dibekali dengan hardware dan software terbaik, tidak terkecuali kameranya. Namun sayangnya Google Pixel tidak dijual secara resmi di Indonesia.

Mungkin Anda masih bisa membeli produk Google satu ini dengan cara yang lain. Hanya saja, resiko sepenuhnya berada di tangan Anda. Bukan karena produknya tidak bagus, tapi karena service center-nya tidak ada di Indonesia.

Huawei

Merk Huawei juga layak Anda pertimbangkan jika ingin mendapatkan HP dengan kamera berkualitas. Huawei saat ini lebih fokus pada HP kelas premium atau flagship. Tentu saja kamera yang digunakan juga berkualitas premium. Hanya saja, untuk harga memang “premium” juga.

Cek harga Huawei

OPPO

Terakhir, ada OPPO sebagai merk HP dengan kamera berkualitas, terutama seri Find X. Meskipun demikian, kamera OPPO sudah dipercaya pengguna dapat menghasilkan gambar yang lebih baik. Hal ini tidak terlepas dari OPPO yang memang terkenal dengan fitur kameranya.

Selain merk di atas, masih ada kok merk lain yang kamera HP nya bagus. Apapun brand yang akan kita beli, pastikan kita mempelajari produk dan spesifikasinya dengan baik.

Cek harga OPPO

Penutup

Tidak hanya untuk mengabadikan momentum, kamera pada HP juga bisa Anda gunakan sebagai alat untuk bekerja. Sebagai contoh jika Anda ingin mendalami fotografi produk dengan smartphone, atau minimal untuk dokumentasi pekerjaan. Nah, kalau kamera HP tidak bagus, tentu hasil pekerjaan juga tidak bagus, bukan?

Oleh karena itu, beberapa cara memilih HP dengan kamera yang bagus tadi layak untuk Anda terapkan. Pun jika Anda tidak terlalu butuh kamera HP sekarang, mungkin di lain hari bisa Anda gunakan.

Jadi, jangan lupa untuk mencermati spesifikasi HP yang akan Anda beli, khususnya di bagian kamera. Selain itu, utamakanlah untuk memilih produk dari merk HP terbaik agar Anda mendapatkan produk berkualitas dengan layanan purna jual terbaik.[]

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *