Tidak Ada Stok Obat Gusi Bengkak? Coba Atasi Sementara dengan Cara Ini

Satu hal yang saya sesali di saat telah menginjak usia dewasa adalah tidak pandainya saya merawat gigi sejak masih kanak-kanak dulu. Satu gigi geraham saya sudah ompong, sedang satunya lagi sudah rusak. Istri saya mendorong saya untuk mencabut gigi yang rusak itu, tapi sampai sekarang belum saya cabut juga. Memang sebaiknya dicabut, karena kalau tidak akan membuat gusi bengkak. Tentu saya tidak mau jika harus minum obat gusi bengkak.

Bukan, bukan karena obatnya mahal atau bagaimana. Toh obat gusi bengkak mudah ditemukan. Hanya saja, di akar gigi saya yang rusak karena berlubang itu tumbuh polip yang gampang berdarah saat tersentuh. Itu benar-benar tidak menyenangkan.

Oh ya, soalan gusi bengkak yang sempat saya singgung tadi, apakah Anda pernah mengalaminya?

Sekilas tentang gusi bengkak

Gusi bengkak adalah fenomena yang umum ditemui. Penyebab dari penyakit ini cukup banyak yaitu bisa karena iritasi, hormon, sisa makanan, infeksi dan sebagainya.

Penyakit gusi bengkak ini cukup mengganggu, pasalnya gusi bengkak membuat kita sulit makan dan minum, di samping itu juga bisa membuat kita sulit untuk berbicara. Gusi yang bengkak juga rentan berdarah, sehingga menyulitkan kita untuk menggosok gigi.

Cara terbaik untuk mengatasi gusi bengkak adalah dengan meminum obat gusi bengkak, hanya saja untuk pertolongan pertama kasus gusi bengkak ada beberapa bahan yang bisa digunakan. Bahan tersebut akan kita bahas setelah ini.

Cara mudah mengatasi gusi bengkak

Tahukah Anda bahwa beberapa bahan di sekitar kita bisa digunakan sebagai pereda nyeri pada gusi yang bengkak? Anda cukup menggunakan bahan-bahan ini untuk berkumur. Cara ini sangat membantu sebelum Anda bisa mendapatkan obat untuk mengatasi gusi bengkak itu. Berikut cara mudah mengatasi gusi bengkak dengan bahan-bahan di sekitar kita.

Berkumur dengan air garam

Sebagai bumbu dapur, nyatanya garam memiliki kegunaan lain lho, salah satunya adalah sebagai obat pereda nyeri gusi bengkak. Cara penggunaannya cukup mudah lho. Anda bisa melarutkan garam di dalam segelas air hangat, cukup 1 sendok teh saja.

Setelah larut, berkumur-kumurlah dengan larutan garam tersebut. Pastikan gusi yang sakit terkena larutan saat berkumur. Berkumurlah selama beberapa detik, lalu buanglah air itu. Cara ini bisa Anda gunakan selama 2 kali sehari hingga gusi bengkakmu mulai mengempes atau mereda.

Larutan garam dipercaya dapat membunuh bakteri jahat di dalam mulut yang menyebabkan gusi menjadi bengkak. Garam mampu menyerap air sehingga mulut menjadi menjadi kering. Bakteri sulit berkembang di tempat yang kering.

Minum ramuan dari kunyit

Selain dikenal sebagai rempah, kunyit juga memiliki khasiat yang bisa melawan bakteri. Kandungan yang mampu melawan bakteri itu adalah kurkumin di dalam kunyit. Lalu bagaimana cara menggunakan kunyit untuk meredakan gusi yang bengkak?

Anda bisa membuat pasta dengan bubuk kunyit atau kunyit yang digiling halus. Campurkan dengan baking soda dan minyak kelapa lalu kompres lah gusi yang bengkak dengan krim kunyit itu.

Mengkompres pipi dengan es batu

Saya jadi teringat saat mencabut gigi di masa kanak-kanak dulu. Dokter gigi mengusapkan alkohol yang dingin ke gusi saya sebelum mencabut gigi yang sudah goyang. Rasa dingin dari alkohol mampu membuat syaraf mati rasa sehingga rasa sakit pun berkurang. Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk meredakan nyeri dari gusi bengkak. Hanya saja, gunakan batu es dan kompreslah pipi di bagian gusi yang sakit itu. Dengan begitu nyeri gusi Anda akan mereda.

Banyak minum air putih

Cara mengatasi gusi bengkak lainnya adalah dengan banyak-banyak minum air putih. Lho, kok air putih? Iya, banyak minum air putih akan mengurangi resiko infeksi akibat gusi bengkak. Minum air putih yang banyak juga akan merangsang produksi air liur yang mengandung enzim yang dapat melawan infeksi di dalam mulut.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi gusi bengkak. Cara di atas barangkali hanya dapat digunakan sementara saja. Terkadang gusi bengkak sulit mereda sehingga kita mesti mencari obat gusi bengkak di apotek. Namun sebelum cari obat itu, alangkah lebih baik jika kita mengkonsultasikannya dengan dokter lebih dahulu.

Cara yang lebih dari itu? Ada, sebelum gusi bengkak dan masalah mulut lainnya, biasakanlah menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dengan rajin gosok gigi dan berkumur. Jangan malas, sebab sakit itu tidak pernah enak. Semoga bermanfaat.[]

23 pemikiran pada “Tidak Ada Stok Obat Gusi Bengkak? Coba Atasi Sementara dengan Cara Ini”

  1. Ketika gusi bengkak sering berkumur pake air hangat yang dicampur dengan garam. atau dengan mengkompres pake botol yang diisi dengan air hangat.

    Tapi sekarang memang mencegah lebih baik dari pada mengobati. dan selalu siap obat untuk meredakan sakit gusi bengkak.

    Balas
  2. kompres dg es yg dibalut kain ialah cara yg saya lakukan. rasanya nyaman. kalau kumur dengan air garam, saya jadi keselek. hehe

    Balas
  3. Dulu pas kecil gusiku sering bengkak karena sakit gigi. Cara meredakannya adl dengan dielus2 oleh Ibuk di pipi. Wah, Ibukku apikan tenan… alhamdulillah skrg udah ga bengkak lagi. Selain rajin gosok gigi stlh makan, berkah elus2an ibuku bisa jd manjur. Heheh…

    -zamhari-

    Balas
  4. Saya lupa, apa yang saya lakukan saat gusi bengkak. Tapi karena sudah baca ini sekarang, harusnya saya aan tahu jika ada kejadian gusi bengkak. Tapi jangan saya… orang lain saja, Hihihihi.
    Eh, ini masuk doa atau tidak, ya?
    Duh.

    Balas
  5. Saat gusi bengkak emang bikin nggak nyaman.
    itu pernah saya alami saat masih kecil beberapa tahun yang silam, tentu penyebabnya dikarenakan kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut.

    Yang berdampak membengkaknya gusi, tentu menjadi pelajaran agar lebih memperhatikan kebersihan diri.
    Dan selalu cek ke dokter spesialis bila perlu.

    Balas
  6. aku pernah alamin gusi bengkak ini sewaktu gigi geraham bagian bungsu mau tumbuh. Ini sungguh menyiksaku, karena aku gamau sembarangan minum obat sebelum ke dokter, memang antisipasinya dengan berkumur air garam ini

    Balas

Tinggalkan komentar

error: