Butuh Bunga untuk Hadiah? Cari dan Kirim Bunga dengan Mudah di FlowerAdvisor

oleh | Jan 18, 2020

Seumur-umur, saya baru sekali mendapatkan hadiah bunga asli. Beberapa waktu lalu saya dihadiahi sebuah buket bunga mawar putih yang besar. Meski didapat sebagai hadiah dari sebuah kompetisi, saya senang sekali. Lebih dari itu, ternyata bunga itu membawa sebuah kisah unik yang sulit untuk saya lupakan. Bunga itu membuat saya ditertawakan oleh pramugari sebuah maskapai di perjalanan pulang ke kampung halaman.

Buket bunga itu cukup besar, saya kebingungan bagaimana cara membawanya ke dalam pesawat. Saya sudah terbayang akan dihadang—atau paling tidak dipandang aneh—oleh petugas bandara, terutama oleh petugas-petugas bagian pemindaian itu. Pun kalau berhasil lewat, saya harus simpan di mana bunga itu? Ditaruh di bagasi pasti hancur, disimpan di bagasi kabin juga bakal digencet barang-barang lain.

Singkat cerita, saya mengurai buket bunga itu. Saya hanya mengambil 7 tangkai dari belasan tangkai yang ada. Tujuh tangkai itu saya masukkan ke goody bag dan saya tenteng hingga ke dalam pesawat. “Kayaknya aman nih” pikir saya, tapi ternyata “ujian” pun datang.

Goody bag itu, beserta sebuah papan busa simbol hadiah kompetisi, saya taruh di bawah tempat duduk. Tapi sayangnya, waktu itu saya dapat kursi yang berada di dekat jendela darurat.

Seorang pramugari datang menghampiri dan menegur saya. Dengan gestur khas pramugari, ia meminta saya memindahkan barang-barang itu dan menawarkan untuk menyimpannya di depan. Sebenarnya saya merasa berat untuk memberikannya—terasa cukup “memalukan”. Tapi akhirnya saya berikan juga meskipun sepanjang perjalanan saya akan selalu terpikir bunga itu.

Ketika pesawat telah berhasil mendarat dengan sempurna, saya sengaja keluar belakangan. Lantas, dengan malu-malu saya bertanya:

“Maaf Mbak, barang saya tadi di mana ya?” saya bahkan tidak berani menatap wajah para pramugari itu.

Oh ini kan, Pak?” balas salah seorangnya.

Ya itu, terima kasih banyak ya.” ujar saya lalu ngacir secepatnya, lantaran malu.

Sama-sama.” jawab para pramugari itu dengan diiringi gelak tawa.

Duh malu sekali. Tapi demi menghadiahi istri bunga, itu tak jadi masalah.

Oh ya, ngomong-ngomong, pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa orang suka menjadikan bunga sebagai hadiah? Ternyata itu tak terlepas dari arti dan pesan yang dibawa oleh bunga itu.

Bunga, Hadiah Terbaik Bagi Orang-orang yang Dicinta

Jika dibandingkan barang yang lain, bunga barangkali tidak tahan lama. Namun banyak orang di dunia ini suka menjadikan bunga sebagai hadiah, terutama untuk orang-orang yang dicintainya. Orang-orang di Brazil misalnya, sebuah survey yang dilakukan pada 300 orang di Brazil dan ditemukan bahwa 66,7% darinya membeli bunga untuk hadiah [1].

Hal yang sama juga terjadi di Amerika Serikat, tepatnya di Washington, di mana sebuah survey dilakukan pada 594 responden dan 55,2% di antaranya menyatakan membeli bunga untuk hadiah [2]. Sedangkan untuk Indonesia sendiri, mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi tanaman hias pada 2018 meningkat dibanding tahun sebelumnya. Peningkatan terbesar dialami oleh mawar dan diikuti beberapa bunga dan tanaman hias lainnya [3].

Well, populernya bunga sebagai hadiah tentu bukan tanpa sebab. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa bunga kerap dijadikan hadiah. Alasan-alasan itu adalah sebagai berikut:

Sebagai media komunikasi atas emosi atau perasaan

Satu alasan paling masuk akal, tentang mengapa banyak orang yang berjualan bunga di acara wisuda, adalah karena bunga mampu mengkomunikasikan perasaan “turut bahagia”. Jadi, kalau seseorang memberikan bunga untuk wisudawan, meskipun ia tidak mengatakan “selamat”, “congraduation” atau apapun, bunga itu telah berbicara sesuatu seperti “Selamat ya, saya turut bahagia atas wisudamu”. 

Emosi atau perasaan yang bisa dikomunikasikan dengan bunga juga banyak, yaitu cinta, senang, simpati, apresiasi dan sebagainya. Jadi, jika seseorang memberikan bunga padamu, percayalah ia ingin menunjukkan emosi atau perasaan tertentu. Nah, coba deh ingat-ingat, kapan dan siapa yang menghadiahi bunga untuk Anda beberapa waktu sebelum ini?

Untuk mendorong keintiman atau kedekatan koneksi

Sebagaimana bunga yang dapat mewakili berbagai emosi, secara tak langsung bunga menjadi “stimulan” yang mendorong keintiman atau kedekatan koneksi. Ketika Anda mengirim bunga untuk seseorang, itu dapat diartikan Anda sedang berusaha membangun hubungan yang lebih baik.

Cara ini tidak hanya digunakan oleh personal lho, tetapi juga oleh pelaku bisnis terhadap mitranya, pemerintah terhadap warganya dan sebagainya.

Coba deh sesekali lewat di kondangan anak pejabat, di depan rumahnya banyak bunga papan kan? Eitss, ini rahasia (umum), bisa jadi tak semua pengirim bunga papan itu yang bisa hadir. Oleh karena itu, mereka mengirimkan bunga papan sebagai tanda hormat ke kolega mereka yang punya hajatan.

Untuk menciptakan kenyamanan

Tahukah Anda bahwa setiap bunga mewakili pesan yang berbeda? Sebelum mengirim bunga, ada beberapa yang harus kita perhatikan lho, misalnya jenis bunga, warna hingga pengaturan. Ketika kita mengirimkan bunga yang tepat, maka itu dapat menciptakan kenyamanan. Namun sebaliknya, jika kita mengirim yang tidak tepat, penerima bisa salah menangkap pesan.

Sebagai contoh, kita bisa mengambil bunga mawar. Umumnya orang mengetahui mawar adalah ekspresi cinta, tapi itu untuk mawar merah. Warna mawar yang lain mengandung arti yang lain lho. Mawar putih misalnya, cenderung diartikan sebagai lambang kesucian dan kepolosan. Sedang mawar kuning mewakili kehangatan yang cocok diberikan pada sahabat atau keluarga. Warna lainnya dari mawar mewakili arti yang berbeda.

Nah, beberapa alasan mengapa bunga dijadikan hadiah di atas barangkali belumlah semuanya. Anda pun barangkali punya alasan lain ketika ingin mencari bunga sebagai hadiah.  Apa pun itu, ada satu hal yang juga tak kalah penting, yaitu memilih toko bunga (florist) yang bisa memberikan bunga potong cantik dan berkualitas bagi Anda.

Kabar baiknya, jika Anda ingin mencari bunga, sekarang Anda bahkan tidak perlu keluar rumah. Cari dan kirim bunga kini sangat mudah, karena ada FlowerAdvisor yang siap mengirimkan Anda buket hingga bunga papan nan mewah.

FlowerAdvisor, Toko Bunga Terbaik Pilihan Pelanggan

Jujur, saya seringkali iri pada orang-orang yang tinggal di ibukota. Kenapa? Ya karena apa-apa di Jakarta serba mudah. Ketika ingin mencari bunga, bisa dengan mudah ditemukan di toko bunga Jakarta. Namun bagi saya, dan juga jutaan orang lainnya yang tinggal di daerah ini, mencari toko bunga potong itu cukup sulit.

Namun sekarang saya, ataupun Anda, tidak perlu khawatir karena sudah ada toko bunga online yang siap mengirim bunga ke seluruh Indonesia. Toko bunga itu adalah FlowerAdvisor Indonesia. Toko ini bukanlah toko bunga kemarin sore. Kenapa demikian? Sebab mereka bahkan bisa mengirim bunga hingga ke lebih dari 100 negara. Wow.

Tapi jangan kagum dulu, keunggulan FlowerAdvisor ini bukan hanya itu kok. Berikut beberapa keunggulan toko bunga online ini:

\

Pilihan bunga lengkap

Berbagai jenis bunga dapat Anda pilih di FlowerAdvisor, mulai dari bunga paling favorit seperti mawar hingga bunga-bunga lain seperti lili, tulip, bunga matahari dan sebagainya.

\

Tak hanya menjual bunga potong

FlowerAdvisor tidak hanya menyediakan bunga potong (dalam bentuk buket) lho. Mereka bahkan juga menyedia parcel dan kado untuk berbagai acara. Tidak lupa ada bunga papan juga.

\

Toko bunga pilihan konsumen dengan rating teratas

FlowerAdvisor mendapatkan rating dari 2034 konsumen mereka dengan rata-rata 4,6 dari 5 bintang lho. Berbagai feedback positif mereka dapatkan dari konsumen yang tersebar di berbagai negara.

\

Pengiriman ke lebih dari 100 negara

FlowerAdvisor adalah toko bunga online yang punya jaringan internasional. Mereka juga buka di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina hingga Hongkong. Melalui FlowerAdvisor Anda bisa mengirim bunga kepada kerabat atau siapapun di luar negeri. Toko bunga ini mendukung pengiriman hingga ke lebih dari 100 negara lho.

\

Layanan pelanggan terbuka 24 jam

Jika Anda kebingungan dalam memesan bunga di FlowerAdvisor, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan atau customer service mereka yang buka 24 jam.

\

Jaminan kepuasan pelanggan

FlowerAdvisor memperhatikan dengan betul hak pelanggan mereka, mereka memberikan jaminan kepuasan pelanggan. Oh ya, Anda juga bisa mendapatkan fasilitas pengiriman gratis di hari yang sama dengan hari pemesanan—khusus area tertentu.

\

Direkomendasikan oleh berbagai media

Toko bunga FlowerAdvisor ini juga direkomendasikan oleh berbagai media internasional dan tanah air lho. Media-media itu seperti Bloomberg, DailySocial, MetroTV, SWA dan TechInAsia.

Penutup: Buat Orang yang Anda Sayangi Tahu Arti Penting Diri Mereka Bagi Anda

Selepas turun dari pesawat waktu itu, saya sangat sumringah, tak sabar ingin kembali ke rumah untuk menemui istri. Saat sampai di rumah, setelah bercengkarama ini dan itu, saya bilang ke istri bahwa saya membawakannya beberapa potong bunga, ia senang sekali. Saya bahkan juga menceritakan perjuangan saya untuk membawa 7 tangkai bunga itu. Yah, meskipun sang ibu negara menertawakan saya. Tapi, bukankah tak ada yang lebih renyah dan indah saat melihat orang yang kita cintai tertawa bahagia?

Ngomong-ngomong soal cinta dan bunga, saya cukup menyesal tidak membawa satu buket bunga itu pulang. Tapi mau bagaimana lagi, itu tinggal cerita. Rasanya pengen beli bunga lagi, tidak hanya untuk istri, tetapi juga untuk ibu dan ibu mertua saya. Bukankah tak ada perempuan yang tidak menyukai bunga?

Let Her Know – Mawar Putih (foto: FlowerAdvisor)

Nah, kalau misal mau beli bunga lagi, saya mau buket mawar putih. Di FlowerAdvisor kita bisa menemukan buket mawar putih dengan mudah. Bisa mencarinya via web di desktop atau bahkan aplikasi. Salah satu produk mawar putih FlowerAdvisor yang menarik perhatian saya adalah Let Her Know. Buket bunga ini terdiri dari 2 lusin mawar putih yang cantik.

Buket Let Her Know ini tidak hanya cocok untuk istri atau pasangan Anda lho, ini bisa juga diberikan pada ibu, saudari, mertua bahkan sahabat Anda. Oh ya, jika Anda ingin membeli bunga di FlowerAdvisor, jangan lupa mengisi pesan yang akan dituliskan di kartu ucapan ya, biar kesannya jadi semakin kuat.

Let Her Know hanya satu dari banyak produk bunga, parcel, kado dan lainnya yang bisa Anda pesan di FlowerAdvisor. Temukan sendiri bunga yang cocok di FlowerAdvisor untuk Anda hadiahkan bagi orang-orang yang Anda cintai. Mengirim bunga adalah salah satu cara terbaik untuk membuat orang yang Anda sayangi tahu arti penting diri mereka bagi Anda.

Tertarik untuk mencari dan mengirim bunga sekarang juga? Kunjungi dan hubungi FlowerAdvisor ya.[]

Referensi:

[*] Grafis dan gambar diolah secara pribadi oleh penulis, gambar bunga diperoleh dari Pixabay dan laman web FlowerAdvisor Indonesia.

[1] Adilson Anacleto, dkk. 2017. Profile and behavior of flower consumer: subsidies for marketing actions. Revista Ceres, 2017, 64.6: 557-566.

[2] Zongyu Li, dkk. 2016. An Evaluation of Factors Influencing Consumer Purchase Decisions of Cut Flowers: A Study of Washington Consumers.

[3] Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Tanaman Hias Indonesia 2018.

error:
Copy link
Powered by Social Snap
%d blogger menyukai ini: