Dompet Anda Suka Bocor? Tambal dengan Cari Kerja di Digimart Situs Freelancer Indonesia Saja


Apakah Anda adalah seorang mahasiswa? Apakah dompet Anda sering bocor? Tenang, Anda tidak sendirian, umumnya mahasiwa mengalami itu, tak terkecuali saya.

Lahir di keluarga yang sederhana membuat saya harus berpikir keras tentang bagaimana bisa berhemat. Ketika kuliah dulu, uang saku saya benar-benar pas-pasan. Boro-boro buat beli ponsel keren macam teman-teman, mengisi pulsa saja susah. Eh. By the way, kalau boleh jujur, ponsel Android pertama saya baru terbeli saat saya sudah berada di tahun akhir kuliah—dan itu pun dengan uang beasiswa.

Tapi terlepas dari itu, ada satu momen di masa S1 saya yang benar-benar saya syukuri. Momen ini adalah momen di mana saya belajar suatu ilmu yang di kemudian hari mampu menambal dompet saya yang kerap bocor. Itu adalah ketika seorang senior memaksa saya untuk mengerjakan desain pamflet untuk salah seorang calon gubernur mahasiswa di fakultas tempat saya belajar.

Ha, ko laptop Fadli ha, cubo lah desain.” pintanya dengan logat Minang yang kental. Beliau menyodorkan laptopnya, meminta saya membuat sebuah desain lalu berlalu entah ke mana. Singkat cerita, saya buatlah desain itu apa adanya. Alhamdulillah selesai dan senangnya itu luar biasa.

Selain saya, juga ada seorang teman yang disuruh membuat desain untuk kandidat yang lain. Ketika kami saling memamerkan hasil desain, saya benar-benar tertawa dibuatnya. Masa dia kasih logo “Halal” bertulisan Arab di poster kandidat itu. Memangnya itu makanan!

Selepas momen “dipaksa” itu, saya jadi semakin banyak “job” mendesain. Saya belajar lebih banyak tentang desain grafis berbasis vektor. Tak puas dengan itu saja, saya belajar desain web juga. Alhamdulillah, dari kemampuan itu saya bisa menghasilkan uang bahkan sampai sekarang.

Dari mana dapat uangnya? Ya dari mengerjakan proyek lepas atau freelance.

Sistem kerja freelance itu sangat mudah karena bisa dikerjakan di rumah. Nah, jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan, terlepas dari apakah Anda mahasiswa atau tidak, saya sarankan untuk jadi freelancer juga. Untuk dapat proyek dan menawarkan jasanya, Anda bisa daftar di situs freelancer Indonesia DigiMart.

Apa itu DigiMart dan bagaimana cara kerjanya? Kita bahas setelah ini ya.

Fakta Menarik Tentang Situs Freelancer Indonesia DigiMart

Apa yang lebih membahagiakan bagi seorang mahasiswa ketika menerima uang dari “keringat”-nya sendiri. Di tahun pertama dan kedua kuliah saya aktif mengirim tulisan ke koran, honornya lumayan buat nambah-nambah uang jajan. Setelah tidak terlalu aktif menulis di koran, saya mulai mencari pekerjaan freelance, mulai dari desain grafis, penulisan konten sampai pembuatan website. Uangnya? Juga lumayan.

Cuma waktu itu saya mencari proyek dengan promosi sendiri di media sosial, jadi dapatnya sedikit. Andai saja waktu itu saya lebih aktif menawarkan jasa di situs freelancer Indonesia, mungkin dapat lebih banyak. Jika Anda ingin menambal dompet dengan pekerjaan freelance, jangan seperti saya ya. Saya sarankan Anda untuk ikut di DigiMart, marketplace produk dan jasa digital Indonesia. Kenapa demikian? Berikut fakta menarik tentang DigiMart.

#1 Proses pendaftaran akun mudah

Enaknya mendaftar jadi freelancer di DigiMart itu adalah proses pendaftaran akunnya yang mudah. Anda cukup masuk ke halaman pendaftaran dengan mengeklik tombol “Daftar” di sisi kanan atas website-nya di versi dekstop atau di menu kiri di versi mobile. Setelah itu isikan informasi akun, centang pernyataan persetujuan dan klik “Daftar”. Setelah itu Anda akan mendapatkan email yang berisikan tautan verifikasi akun. Klik itu maka akun Anda akan terverifikasi.

“Setelah itu ngapain Jo?”

Setelah itu Anda bisa membuat produk dan jasa untuk dijual, atau bahkan berbelanja. Eits, jangan lupa untuk mengatur profil dengan informasi yang benar ya. Hal ini agar akun Anda terkesan profesional.

#2 Pembuatan produk & jasa juga mudah

Tak hanya proses pendaftaran akun yang mudah, pembuatan produk dan jasa di DigiMart juga mudah. Anda hanya perlu mengisi informasi mengenai produk/jasa apa yang ingin Anda jual. Ada 4 tab formulir yang bisa Anda isi. Yang pertama adalah informasi mengenai produk atau jasa tersebut. Setelah itu informasi yang ingin Anda sampaikan kepada pembeli. Tab ketiga untuk mengunggah gambar yang akan jadi gambar fitur dan gambar pelengkap produk/jasa yang Anda tawarkan. Sedangkan tab ke empat adalah informasi ekstra yang boleh diisi atau tidak.

Setelah semua informasi produk/jasa diisikan dengan benar, Anda tinggal menyimpannya. Admin DigiMart akan menilai produk/jasa yang Anda buat terlebih dahulu sebelum menyetujuinya.

#3 Tersedia berbagai kategori produk/jasa

Apapun produk/jasa yang ingin Anda tawarkan (selama tidak aturan) bisa dijual di DigiMart. Kategori produk/jasanya sendiri banyak lho. Mulai dari script & pemrograman, desain grafis, digital marketing, jasa SEO, poster & logo, video & audio, penulisan & terjemahan serta lainnya.

Dari beberapa kategori di atas, masih banyak sub kategori lainnya yang bisa Anda cocokkan dengan jenis produk/jasa yang Anda tawarkan.

#4 Seller fee 0 rupiah

Tak seperti marketplace sebelah, DigiMart memberlakukan seller fee 0 rupiah, artinya tidak ada potongan dana dari produk/jasa yang berhasil kita jual. Hal ini tentu akan memaksimalkan pendapatan. Hanya saja, jika Anda menjadi pembeli, Anda akan dikenakan buyer fee sebesar 5.000 rupiah—lagipula itu bukan nilai yang besar, bukan?

#5 Ada program afiliasinya

Selain bisa mendapatkan uang dari menjual produk/jasa, Anda juga bisa mendapatkan uang dengan mengikuti program afiliasi dari DigiMart. Komisi bisa didapatkan dari setiap pendaftar baru, setiap produk/jasa yang dijual atau dibeli oleh pendaftar dari referral Anda.

#6 Batas minimal penarikan dana yang kecil

Salah satu fakta menguntungkan dari Digimart lainnya yaitu batas minimal withdraw atau penarikan yang kecil. Anda bisa menarik uang dari akun DigiMart, ketika dana sudah mencapai 125.000 rupiah. Ini lebih kecil dari kebanyakan situs serupa.

Saya sendiri sudah mendaftarkan akun di DigiMart lho. Seperti yang saya katakan tadi pendaftaran akun dan produk/jasanya mudah. Jasa yang saya tawarkan juga di-review dan disetujui dengan cepat oleh Admin DigiMart. Psstt, Anda bisa melihat jasa yang saya tawarkan di sana dan membelinya jika butuh ya.

Jadilah Freelancer Profesional dan Raih Kesuksesan Bersama DigiMart

Siapa pun dan apa pun latar belakang Anda, setujukah Anda bahwa pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar? Saya punya cukup banyak kenalan yang sudah bekerja di suatu instansi atau perusahaan, hanya saja ia memiliki hobi yang dimonetisasinya sehingga mendapatkan penghasil tambahan. Sesuatu hal yang menarik, bukan?

Tak hanya mereka, saya dan Anda pun bisa melakukan hal yang sama. Jika Anda punya hobi yang bisa diuangkan, kenapa tidak coba untuk menjualnya? Anda bisa menjual produk/jasa dari hobi Anda itu di DigiMart, situs freelancer Indonesia yang sangat bersahabat.

Namun sebelum tulisan ini ditutup, saya ingin memberikan beberapa kiat sederhana untuk memulai pekerjaan freelance Anda. Pertama, pastikan Anda membuat profil terbaik dan terjelas di akun DigiMart Anda—tambahkan portofolio terkait jasa yang ditawarkan akan lebih baik.

Kedua, mulailah menjual produk dengan harga yang lebih rendah dari umumnya. Kenapa demikian? Karena ketika baru saja memulai, hal yang Anda butuhkan adalah portofolio dan pengalaman.

Ketiga, bekerja lah secara profesional, baik dari kualitas maupun ketepatan waktu. Keempat, komunikasikan proyek dengan baik bersama dengan pembeli Anda—termasuk brief mengenai pekerjaan. Kelima, minta testimoni pembeli untuk pekerjaan Anda, ini berguna untuk karir freelance Anda di masa yang akan datang.

Well, sebagian besar orang mungkin beranggapan pekerjaan lepas atau freelance layaknya jadi pekerjaan sampingan saja. Tapi tahukah Anda, bahwa ada orang yang menjadikan freelancer sebagai pekerjaan utama? Terlepas dari sampingan atau utama, yang lebih jelas tentu harus mencari platform atau marketplace freelancer terbaik, bukan? Nah, coba deh daftar dan jualan di DigiMart, dan dapatkan keuntungan dan pengalaman terbaik Anda di sana.[]

Post Tags : Situs Freelancer Indonesia, Marketplace Produk dan Jasa Digital, DigiMart

Catatan : Tampilan postingan ini telah berubah dari awalnya dikarenakan penggantian tema, versi sebelumnya bisa dilihat di : http://arsip.ajopiaman.com/digimart-situs-freelancer-indonesia-saja/

24 pemikiran pada “Dompet Anda Suka Bocor? Tambal dengan Cari Kerja di Digimart Situs Freelancer Indonesia Saja”

  1. Eh, ada kategori jual jasa penerjemah. Aku langsung dong kepoin ke digimart. Sempet kaget karena tautan paling atas itu digimart versi jepang. Pas diliat ke bawah, eh nemu digimart yang indonesia.

    Pendaftarannya ngga susah ternyat ya. Email konfirmasinya juga cepet. Pengen coba jual jasa di sini juga. Terima kasih akak

    Balas
  2. wahhh bermanfaat banget ini artiikelnya uda,
    aku mau kasih buat temenku yang emang sedang mencari penghasilan tambahan buat modal nikah wkwkk
    thankyou for sharing

    Balas
  3. Jo, sepertinya anda lebih beruntung. Saya malah baru bisa membeli ponsel setelah tiga bulan bekerja di kantor selepas kuliah. Itu pun model jadul Nokia 3100, hehehe … Jaman sudah berubah. Sekarang jauh lebih memudahkan dengan memanfaatkan internet, termasuk menjadi freelancer. Tapi tetap ya, kita membutuhkan media untuk memasarkannya seperti Digimart ini. Hmmm, sebagai orang yang tentunya sangat senang kalau bisa mengerjakan hobi yang dibayar, saya mesti ulak-alik Digimart lebih jauh nih biar tahu lebih banyak lagi.

    Balas
    • Alhamdulillah Mbak, zaman memang sudah berubah. Harusnya generasi zaman sekarang tidak banyak mengeluh, karena banyak pekerjaan model freelance atau remote working yang bisa dilakukan bahkan dari rumah. Terima kasih sudah mampir Mbak 😀

      Balas
  4. Alhamdulillah yah, buat anak zaman sekarang, mudah mendapatkan pekerjaan selama mereka berkompeten dan tekun serta kreatif. Apalagi ada Digimart ini yang siap memberikan informasi serta pekerjaan.

    Balas
    • Benar banget Mbak, jadi tidak ada alasan untuk terus bergantung ke orang tua sebenarnya ya, hehe. Anak muda zaman sekarang sudah diberikan banyak kemudahan. Btw, situs Digimart juga terbuka untuk orang dewasa kok

      Balas
  5. Kalo emak-emak jaman dulu nambal dompet bocor langsung ngadu ke suami yaaa uda. Kekeke. Kalo emak-emak zaman sekarang kalo dompetnya bocor, selain ditambal sama suami, juga bisa kerja cerdas dengan daftar di Digimart.

    Balas
    • Wah informasi menarik nih. Sekarang jadi makin percaya untuk mendaftar freelance di Digimart, lah ulasannya lengkap banget. Makasih sharingnya ya kak. Menjemput rejeki dulu aah😍

      Balas
  6. freelancer kaya saya yang emang seneng banget hunting job, cocok banget pasti pakai digimart ini. duh mau coba ah biar makin banyak job berdatangan, makasih infonya

    Balas
  7. waktu dulu kuliah nggak kepikiran situs freelance seperti ini, palingan jadi guru les privat ngajar anak SD dan cukup lumayan gajinya saat itu, anak kuliahan auto seneng dapet tambahan uang saku seperti ini

    Balas

Tinggalkan komentar

error: