Hampir setiap kali pergi jalan ke mal, istri saya selalu bilang “tengok batik yok”, kemudian dengan agak malas saya balas “kan batiknya udah banyak.” Ya, entah sudah berapa helai baju batik yang saya punya di rumah. Kalau dipakai satu baju batik per hari, bisa berbusana batik seminggu penuh. Tapi walaupun sudah saya bilang begitu, si ibu negara tetap ngotot pengen lihat batik. Mungkin karena memang batik nusantara itu unik dan elegan ya.

“Wah, yang ini cantik deh” katanya sambil memegang sehelai baju batik.

“Yang ini juga” katanya lagi.

Memang semua kain batik itu cantik alias estetik, namun selain estetik kain batik itu juga unik. Dan ternyata ada beberapa hal yang membuat batik Indonesia itu terkenal ke seantero dunia. Yuk, kita bahas.

Fakta Tentang Batik Indonesia

Agaknya semua kita sudah kenal baik dengan kain batik. Di sekolah kita punya seragam batik, di kantor tempat bekerja juga ada. Pas pergi kondangan apalagi. Bahkan ada Hari Batik Nasional. Banyak hal yang unik tentang batik, namun kali ini saya hanya akan membahas beberapa poin yang benar-benar spesial saja. Konon, batik nusantara bisa terkenal ke seluruh dunia karena beberapa hal di bawah ini.

Mendapatkan pengakuan sebagai warisan dunia oleh UNESCO

Batik merupakan kebanggaan Indonesia karena merupakan produk unggulan dan ikonik dari negeri ini. Sebagai warisan budaya, batik sudah diakui oleh UNESCO sebagaiย intangible cultural heritage of humanity. Kain batik disebut sebagai bagian hidup orang Indonesia yang menjadi identitas budaya masyarakat Indonesia. Hal ini tentu membuat kita bangga memiliki batik sebagai bagian budaya kita. Kain batik yang oleh masyarakat Indonesia dibuat dengan sepenuh hati, dengan berbagai corak dan kreasi.

Kaya akan motif yang khas dan unik

Fakta unik lainnya tentang batik adalah banyaknya motif batik yang ada di Indonesia. Lain daerah lain motif. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri pada motif batiknya. Beberapa motif batik yang terkenal adalahmotif batik tujuh rupa (Pekalongan), motif batik sogan (Solo), motif batik mega mendung (Cirebon) dan sebagainya. Psstt, beberapa baju batik saya motifnya mega mendung.

batik nusantara motif sogan

Batik Motif Sogan (Solo)

Batik menjadi penyumbang devisa Indonesia

Keunikan dan kecantikannya membuat batik diminati oleh orang-orang di mancanegara. Konon pada tahun 2015 lalu saja, total ekspor kain batik Indonesia mencapai 2,1 triliun rupiah lho. Kemana saja diekspornya? Batik Indonesia banyak diekspor ke Amerika Serikat, Jerman, Jepang dan Korea Selatan. Nilai dari ekspor ini menjadi penyumbang devisa negara. Keren banget kan?

Digemari oleh tokoh-tokoh dunia

Saking terkenalnya, kain batik juga dikenakan oleh banyak tokoh dunia lho. Sebut saja Barack Obama, Nelson Mandela, Bill Gates sampai ke boybandย BTS. Di luar itu masih ada tokoh dunia lainnya yang menggunakan batik. Nah, kalau tokoh dunia saja gemar menggunakan batik, kamu bagaimana?

Well, sebagaimana istri saya, saya juga senang mengenakan batik. Minimal seminggu sekali saya mengenakan baju batik saya. Biasanya sih 2 kali seminggu, karena saat memakai batik itu saya merasa keren. Bagaimana tidak, ketika kamu bangga mengenakan batik yang merupakan warisan budaya, itu berarti kamu telah membantu melestarikan budaya kita itu. Batik barulah satu dari banyaknya budaya Indonesia yang perlu kita lestarikan.

Jadi, kapan terakhir kali kamu mengenakan batik? Coba cek lemarimu dan kenakan lah batik untuk menemani aktivitasmu sehari-hari. Toh, kain batik tidak hanya ada dalam bentuk baju, bukan? Masih ada tas batik dan sebagainya. Yuk, cintai batik nusantara.

error:
Copy link
Powered by Social Snap
%d blogger menyukai ini: