Lompat ke konten
Home » Lebih Bagus Habbatussauda Serbuk atau Minyak? Ini Jawabannya

Lebih Bagus Habbatussauda Serbuk atau Minyak? Ini Jawabannya

lebih bagus habbatussauda serbuk atau minyak

Habbatussauda adalah salah satu herbal yang bermanfaat bagi tubuh. Herbal yang diambil dari tanaman rempah jintan hitam ini juga populer di tengah masyarakat. Hanya saja, mungkin masih ada yang bingung mana yang lebih bagus habbatussauda serbuk atau minyak? Apakah Anda juga membingungkan hal yang sama?

Sedikit cerita, saya cukup sering mengonsumsi habbatussauda. Bukan hal yang sulit menemukan herbal ini di toko-toko offline, apalagi di toko online. Merk habbatussauda yang bagus juga banyak lho. Tapi sebelum memilih, baiknya kita kenal perbedaan versi serbuk dan minyak dulu.

Serbuk versus minyak esensial

Tahukah Anda bahwa tingkat kermunian serbuk dan minyak esensial berbeda? Sebagai contoh, kita mungkin sudah tidak asing dengan serbuk atau bubuk rempah. Bubuk ini bisa dikategorikan menjadi 2 juga, ada bubuk tok, ada bubuk ekstrak.

Bubuk merica misalnya, itu benar-benar merica kering yang ditumbuk atau dihaluskan. Sama halnya dengan merica, bubuk habbatussauda juga begitu. Biji jintan hitam kering yang sudah halus karena penumbukan atau penggilingan.

Selain itu ada juga bubuk ekstrak, ini seperti ekstrak jahe yang berasal dari air perasan jahe yang sudah dikeringkan. Versi ekstrak ini tingkat kemurniannya lebih baik tapi tetap saja masih ada zat lain seperti pati di dalamnya. Untuk kasus jintan hitam, bubuknya kemungkinan bukan ekstrak melainkan biji jintan hitam yang sudah halus.

Berbeda dengan serbuk, minyak umumnya melalui proses penyulingan atau destilasi. Hal ini membuat minyak lebih murni karena zat lain sudah terpisah. Dengan demikian, sejauh ini sudah cukup terjawab mana yang lebih bagus habbatussauda serbuk atau minyak, bukan?

Saya juga pernah membaca sebuah sumber, praktisi herbal dr. Zaidul Akbar juga mengatakan bahwa habbatussauda minyak lebih bagus karena kandungannya lebih murni dari pada serbuk. Tapi itu baru dari kandungan, ada satu lagi yang ingin saya bahas, lanjutkan membaca ya.

Efek samping setelah meminum

Sebagaimana rempah-rempah pada umumnya, jintan hitam juga memiliki rasa yang pedas dan pahit. Konon rempah berfungsi untuk menghangatkan tubuh, agaknya jintan hitam atau dalam bentuk herbal kita sebut habbatussauda juga begitu.

Meskipun memiliki khasiat yang banyak, nyatanya tidak semua orang mau meminum habbatussauda. Alasan utamanya adalah tidak enak–ya kali ada obat yang enak. Tepatnya ada nuansa pedam di tenggorokan setelah mengonsumsi habbatussauda, terutama habbatussauda minyak.

Ya, habbatussauda minyak lebih pedas dari pada bubuk. Hal itu akan semakin terasa ketika kita bersendawa setelah mengonsumsi kapsul habbatussauda. Kenapa demikian? Jelas karena kandungannya lebih tinggi dari versi bubuk. Jadi yang saya maksud efek samping itu ya itu, efek yang terjadi setelah kita meminumnya.

Oleh karena itu, jika Anda adalah pemula, saya sarankan coba habbatussauda serbuk dulu, beli saja yang ukuran kecil agar nanti tidak terlalu rugi jika tidak diteruskan. Pastikan juga mengikuti petunjuk penggunaan sebelum mengonsumsinya.

Penutup

Well, jika kita bicara mana yang lebih bagus habbatussauda serbuk atau minyak, sebenarnya itu kembali pada pilihan pribadi. Saya pribadi lebih suka habbatussauda minyak, maka saya menyarankan itu. Jika Anda punya pendapat lain, itu tidak mengapa.

Namun dari pada itu, ada hal lain yang harus saya sampaikan. Herbal manapun pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, habbatussauda atau sari jintan hitam juga begitu. Jika habbatussauda cocok dan memberikan khasiat pada satu orang, belum tentu orang lain juga begitu.

Tanaman herbal juga bisa memberikan efek samping yang buruk pada tubuh, terutama jika kita mengonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu, jika memungkinkan, cobalah berdiksusi dengan dokter terlebih dahulu terutama jika Anda punya riwayat penyakit dan/atau dalam proses pengobatan dengan obat rumah sakit.

Oh ya, omong-omong tentang minyak untuk kesehatan, minyak zaitun juga bisa kita konsumsi lho. Khasiatnya untuk tubuh juga banyak, hanya saja pastikan meminum sesuai anjuran atau tidak berlebihan.

Akhir kata, semoga ikthiar atau usaha-usaha kita, atas izin-Nya, membawa kita pada kesembuhan dan kesehatan. Terima kasih sudah membaca. Tetap jaga kesehatan.

Bagikan yuk:

1 tanggapan pada “Lebih Bagus Habbatussauda Serbuk atau Minyak? Ini Jawabannya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *