5 Manfaat Bangun Sebelum Subuh yang Perlu Kamu Ketahui

manfaat bangun sebelum subuh

Bicara tentang istirahat malam tentu identik dengan tidur. Setelah sibuk beraktivitas seharian, tubuh kita butuh istirahat yang cukup. Bentuk istirahat terbaik bagi tubuh adalah tidur. Namun kebanyakan tidur juga tidak bagus lho teman-teman. Istirahat atau tidurlah yang cukup lalu bangun di waktu yang baik. Dan salah satu waktu yang baik untuk bangun adalah sebelum subuh. Kenapa? Karena banyak manfaat bangun sebelum subuh yang bisa kita dapatkan.

Manfaat bangun sebelum subuh

Nyatanya memang bangun atau bangkit dari kasur itu bukan hal yang mudah. Secara gravitasi kasur itu luar biasa besarnya. Apalagi jika harus bangun sebelum subuh, di saat hari lagi dingin-dinginnya dan mimpi lagi indah-indahnya.

Tapi percayalah teman-teman, sesuatu yang besar didapatkan dengan effort yang besar pula. Nah, bangun sebelum subuh itu bisa memberikan manfaat yang besar bagi diri kita. Apa saja manfaat bangun sebelum subuh itu? Mari simak beberapa poin di bawah ini.

Tubuh menjadi lebih segar

Selepas bangun dari tidur memang tubuh menjadi lebih segar, tapi bangun sebelum subuh itu jadi punya manfaat yang lebih. Ketika bangun subuh, kita akan mendapatkan udara terbaik untuk kita hirup–udara yang belum terpolusi. Menghirup udara yang segar baik untuk paru-paru.

Punya waktu yang lebih banyak untuk bersiap-siap

Setiap kita punya aktivitas harian masing-masing, bukan? Ketika kamu bangun sebelum subuh kamu punya waktu yang lebih panjang untuk menyiapkan segala sesuatunya. Kamu bisa menyiapkan tas sekolah atau kerja lebih awal. Menyiapkan sarapan. Memeriksa tugas. Belajar. Mandi sebelum subuh yang juga banyak manfaatnya. Dan hal bermanfaat lainnya.

Ketika semua persiapanmu bisa dikerjakan lebih awal, tentu kamu punya sisa waktu sebelum berangkat entah kemana. Sisa waktu itu berharga banget lho, misalnya jika dipakai untuk olahraga pagi seperti workout yang tak harus keluar rumah atau sekalian lari pagi keliling komplek.

Fungsi otak akan maksimal

Ketika terbangun di subuh hari, berkat kandungan oksigen baik yang kita hirup, aliran peredaran darah akan maksimal ke otak. Hal ini akan membantu otak untuk meningkatkan dan memaksimalkan fungsinya. Konon, waktu sebelum subuh hingga jam 6 pagi adalah waktu di mana otak bisa bekerja 100%.

Ketika kamu terbangun sebelum subuh, coba lawan kantuknya. Bangkit dari kasur kemudian mulai aktivitas. Waktu ini sangat baik jika dipakai untuk belajar bagi kamu yang masih berstatus siswa atau mahasiswa.

Baca juga : 7 Tips Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa

Bisa mengerjakan ibadah subuh dengan lebih maksimal

Yang juga tak kalah penting, khususnya bagi muslim, adalah keutamaan waktu sebelum dan saat subuh. Sebelum subuh adalah waktu yang bisa dikategorikan sebagai sepertiga malam terakhir. Di waktu ini ada amalan yang luar biasa fadhilah atau keutamaannya, yaitu salat sunnah tahajjud. Waktu ini juga merupakan waktu yang mustajab atau manjur untuk berdoa. Jadi, kalau kamu punya keinginan tertentu dan pengen merengek pada Allah, bangunlah sebelum subuh lalu kerjakan salat tahajjud dan berdoalah.

Ketika bangun sebelum subuh kamu juga bisa bersiap-siap untuk melaksanakan salat subuh tepat waktu–bahkan kalau bisa sangat dianjurkan ke mesjid atau mushalla terdekat. Kerjakan dulu salat sunnah sebelum subuh sebanyak 2 rakaat yang keutamaannya lebih baik dari dunia dan seisinya.

Produktivitas meningkat

Muara dari semua manfaat bangun sebelum subuh adalah meningkatnya produktivitas kita. Tidak hanya pada urusan dunia, tapi urusan akhirat juga. Faktanya, produktivitas seseorang dapat dipengaruhi oleh pola tidur. Oleh karena itu tidurlah yang cukup, lalu bangun di waktu yang tepat.

Nah, begitu banyak bukan manfaat bangun sebelum subuh? Lima poin di atas barulah beberapa dari manfaat lainnya. Tidak hanya soal bangun, waktu tidur malam harinya juga perlu diperhatikan. Tidurlah dengan waktu yang cukup agar tubuh kita kembali segar untuk beraktivitas di esok harinya. Sedapat mungkin tidurlah sebelum jam 11 malam agar tubuh mendapatkan waktu istirahat yang prima.

Yuk, budayakan bangun sebelum subuh.[]

Bagikan Yuk!

Author: Fadli Hafizulhaq

Seorang kandidat doktor yang berasal dari kampung kecil di pinggiran pantai Sumatera Barat. Gemar menulis semenjak duduk di bangku Sekolah Dasar. Blog ini adalah catatan virtualnya yang mungkin saja penting atau tidak. Email: hafizulhaq.fadli@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *