Setelah sekian diskusi yang saya lakukan bersama banyak orang, ada yang mengaku tidak berani ikut lomba blog karena tidak percaya diri. Itu mungkin karena pesaing terlihat lebih kece atau segala macamnya, hanya saja mengikuti lomba blog terlepas dari menang atau pun tidak memberikan banyak manfaat bagi kita sebagai narablog atau blogger lho.

Jadi, belum lama ini saya diminta memberikan materi mengenai tips menang lomba blog di dalam sebuah Kuliah WhatsApp (Kulwapp) yang diadakan pengurus pusat organisasi kepenulisan yang saya ikuti, yaitu Forum Lingkar Pena. Meskipun saya merasa masih belum lama terjun di dunia perlombaan blog, saya sanggupi karena itu bagian dari tanggung jawab saya sebagai seorang anggota. Yah, memberikan kontribusi selagi bisa.

Singkat cerita, saya menyiapkan materi berjam-jam lamanya. Jujur, saya sebenarnya sudah punya materi tersebut dan sudah saya tulis di sini juga, di sini nih : Sekelumit Tips Menang Lomba Blog ala Ajopiaman, tapi itu artikel adalah hasil tulis ulang dari materi yang saya berikan di sebuah WhatsApp Group (WAG) beberapa bulan yang lalu. Akhirnya saya membuat materi lagi dengan pemutakhiran–saya menuliskan semua rahasia saya di dalam materi Kulwapp yang diadakan oleh FLP itu.

Benar-benar padat, dan mungkin bisa bikin mual yang membaca. Tapi untunglah masih banyak peserta yang mau tanya-tanya, salah satunya adalah Mbak Rhoshandhayani (Kak Ros) yang “memaksa” saya untuk melakukan breakdown proses kreatif saya menulis sebuah artikel lomba yang akhirnya, alhamdulillah, mendapatkan juara 1.

Yah, cerita lengkap tentang acara Kulwapp itu tak bisa saya jabarkan lebih lengkap, karena itu ekslusif, hehe. Tapi sebagai penggantinya, kali ini saya ingin berbagi mengenai manfaat ikut lomba blog bagi seorang blogger–dan yang pasti itu akan meningkatkan value dari blogger tersebut dan juga blog yang dikelolanya.

Manfaat Mengikuti Lomba Blog

Meski kerap ditakuti dan dirasakan berat oleh sebagian narablog, ikut lomba blog menjanjikan Anda berbagai manfaat atau keuntungan lho. Sebagian manfaatnya yang akan saya tulis ini adalah hasil diskusi saya dengan teman-teman di WAG dan sebagian lainnya adalah pengalaman saya pribadi. Hmm, saya pribadi memang tak menghitung sudah berapa kali saya ikut di perlombaan, tapi itu sudah mencapai puluhan kali.

Nah, berikut beberapa manfaat mengikuti lomba blog yang bisa kita dapatkan dan menambah nilai dari diri kita personal dan blog yang kita kelola.

Kompetensi akan semakin terasah dengan kompetisi

Lomba adalah kompetisi, dan sebagaimana lomba kebanyakan, lomba blog tentu juga menuntut kompetensi. Mungkin memang Anda tidak bisa langsung menang di percobaan pertama, tapi paling tidak Anda bisa memperoleh manfaat dengan terasahnya kompetensi yang Anda miliki. Jika tidak percaya, Anda bisa mencobanya sendiri, tapi jangan menyerah karena kalah satu atau dua kali, tingkatkan terus kompetensinya hingga lomba blog itu takluk di hadapan kita.

Rasa malas terkalahkan untuk membuat konten

Bagi saya pribadi, mengikuti lomba blog (jikapun pada akhirnya kalah) membantu saya menepis kemalasan untuk mengurusi dan mengasup blog pribadi saya. Jujur, bangkit dan duduk di depan laptop dan memijat-mijat tombol keyboard itu bukan hal yang mudah. Apalagi membuat konten untuk lomba itu tidak cukup sekali dua kali duduk.

Kualitas tulisan akan semakin baik dan dalam

Jika biasanya saya menulis hanya 500 kata, ketika membuat artikel lomba saya jadi harus membuat tulisan dengan 1.000 kata lebih. Saya mesti melakukan riset yang cukup agar tulisan saya berbobot. Selain itu bahkan saya harus menyiapkan konten grafis yang membuatnya juga tidak mudah. Belum tata letak artikelnya dan sebagainya. Benar-benar usaha banget deh. Meskipun itu sulit, tapi itu membuat kualitas tulisan saya semakin baik dan semakin dalam.

Apa yang saya tuliskan di atas ternyata tidak hanya saya lho yang melakukannya, sebagian besar pejuang lomba blog juga kerap melakukan hal yang sama. Salah satunya adalah Mas Rizky Kurnia Rahman yang sampai menulis artikel hingga lebih dari 3.000 kata. Alhamdulillah usaha beliau berbuah dengan terpilihnya beliau sebagai salah satu juara lomba.

Artinya, hasil tidak mengkhianati usaha, bukan?

Dapat ilmu baru dari hasil lomba dan peserta lainnya

Ketika Anda mengikuti sebuah lomba blog, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan ilmu dari lomba tersebut. Misalnya saat Anda kepo dengan artikel pemenang lomba. “Kok dia bisa menang ya”, akhirnya dikunjungi dan dipelajari. Bahkan tidak hanya setelah hasil lomba keluar, kita juga bisa intip karya peserta lain yang sudah setor duluan. Tapi ya harus kuat-kuat hati, jangan sampai kita minder juga karenanya. Percaya diri saja.

Blog bisa mendapatkan asupan backlink berkualitas

Blog saya pernah mendapatkan backlink atau tautan balik dari situs penyelenggara lomba ketika saya berhasil memang. Tautannya memang ke artikel yang terpilih sebagai jawara, tapi itu cukup untuk meningkatkan metrik blog kita, terutama Domain Authority (DA). Ada juga penyelenggara yang memberikan tautan pada artikel-artikel peserta yang telah masuk, jadi meskipun tidak menang blog kita dapat tautan balik.

Menang ataupun kalah, tetap menambah portofolio kita

Seorang kenalan saya pernah mengaku, bahwa ketika ada klien bertanya contoh tulisannya, ia menunjukkan artikel lomba yang pernah ia tulis meskipun tidak menang. Bagaimana pun, artikel lomba adalah artikel yang berkualitas dibandingkan yang lain karena kita pun membuatnya dengan dedikasi tinggi. Jadi bisa menambah portofolio kita gitu, apalagi kalau artikelnya seputar ulasan (review) karena biasanya klien datang dari pihak swasta yang butuh ulasan mengenai produk atau bisnis mereka.

Hadiah dan kesempatan untuk pergi ke tempat yang baru

Satu manfaat mengikuti lomba blog lainnya yang tak mungkin saya lewatkan dalam tulisan ini adalah mendapatkan hadiah dari lomba blog. Hadiahnya beragam, ada uang hingga barang. Selain itu ada paket perjalanan gratis juga lho. Sebagian penyelenggara lomba bahkan memberikan hadiah berupa saldo dompet digital bagi beberapa pengirim pertama. Artinya, cukup besar peluang bagi kita untuk bisa mendapatkan hadiah dari lomba blog.

Nah, cukup banyak bukan manfaat dari ikut lomba blog tersebut? Dan itu belum semuanya lho, masih banyak manfaat lainnya yang memang tidak saya tuliskan di sini. Jika Anda ingin tahu, Anda bisa mencoba untuk mengikuti lomba-lomba blog yang ada. Untuk informasinya bisa dicari di Instagram @infolombablog atau di Google pun bisa.

Itu saja sesi berbagi seputar hobi saya kali ini. Jangan sungkan untuk mengeksplor lebih jauh blog ini ya, ada banyak artikel yang berguna, terutama bagi Anda yang berstatus pelajar atau mahasiswa. Terima kasih sudah membaca.[]

error: