Home » 7 Rekomendasi Merk Tablet Terbaik untuk Kerja atau Kuliah

7 Rekomendasi Merk Tablet Terbaik untuk Kerja atau Kuliah

rekomendasi merk tablet terbaik

Zaman yang berkembang secara pesat membuat seseorang dapat bekerja dari mana saja. Hal itu bisa ia lakukan andai memiliki gawai yang sesuai. Laptop memang mumpuni untuk itu, tapi sayangnya ia terlalu besar dan berat. Maka tablet jadi pilihan terbaiknya, baik untuk kerja, kuliah, dan sekolah. Anda bisa menggunakan produk dari merk tablet terbaik untuk bisa menemani aktivitas Anda.

Hanya saja, tidak seperti hp android yang banyak pilihan merk dan modelnya, merk tablet android ataupun sistem operasi lainnya cukup terbatas. Namun tenang saja, di bawah saya sudah rangkumkan beberapa rekomendasi tablet terbaik untuk Anda.

Penasaran apa saja? Yuk baca lebih lanjut.

Tips Memilih Tablet untuk Kerja atau Kuliah

Salah satu keunggulan tablet dibanding smartphone adalah layarnya yang luas. Hal ini membuat tablet lebih enak dipakai untuk bekerja, seperti menulis dokumen, membuat ilustrasi, hingga menghadiri rapat konferensi secara online. Tablet juga enak tuh dipakai untuk belajar, apalagi jika ia mendukung penggunaan pensil.

Nah, jika Anda memang berniat mencari sebuah tablet untuk dipakai bekerja, kuliah atau apapun, beberapa tips di bawah ini layak untuk Anda pertimbangkan.

Ketahui kebutuhan Anda

Sebagian orang membutuhkan tablet hanya untuk berhibur. Kalaulah bukan hiburan pribadi orang yang bersangkutan, ya hiburan atau media belajar buat anak. Jika memang kebutuhannya hanya itu, mereka hanya cukup mempertimbangkan resolusi layar dan kapasitas memori.

Namun jika Anda membutuhkan tablet untuk bekerja, coba pertimbangkan fitur lain. Sebagai contoh, apakah tablet tersebut mendukung stylus pen atau tidak. Apakah koneksinya Wi-Fi only atau bisa menggunakan kartu SIM. Adanya slot memori tambahan juga layak untuk jadi pertimbangan Anda. Intinya, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pilih sistem operasi yang cocok

Umumnya tablet menggunakan sistem operasi Android, namun selain itu ada juga yang menggunakan Windows. Produk tablet dari Apple yaitu iPad malah menggunakan OS eksklusif yaitu iPadOS. Di antara semua itu, Anda butuh yang mana?

Biar lebih gampang, coba ingat-ingat, aplikasi apa yang biasanya Anda pakai dalam bekerja. Jika Anda adalah seorang content creator yang suka membuat video dengan Kinemaster, ada baiknya memilih tablet Android saja. Begitu juga jika ada aplikasi lain yang ternyata cuma tersedia di OS tertentu. Jangan sampai salah pilih tablet dengan OS yang tidak cocok ya.

Utamakan yang original, resmi, dan bergaransi

Biar aman, tips memilih tablet satu ini harus Anda lakukan. Belilah tablet pada toko official atau toko yang dapat menjamin produk yang mereka jual asli dan resmi. Produk tersebut sebaiknya juga masih memiliki garansi untuk jaga-jaga kalau ada masalah pada tablet Anda.

Memang harga produk asli, resmi, dan bergaransi itu lebih mahal, tapi yang pasti juga lebih aman. Coba bayangkan, bagaimana jadinya jika Anda membeli tablet KW, black market atau tanpa garansi. Jika ia rusak, pekerjaan dapat terbengkalai dan Anda tidak tahu mau menuntut siapa agar tablet itu diperbaiki atau diganti baru.

Tentukan budget

Terakhir, Anda juga perlu menentukan budget untuk pembelian. Merk tablet terbaik tidak melulu memiliki harga yang tinggi. Gampangnya, terbaik bagi seseorang belum tentu terbaik bagi orang lainnya. Karena kebutuhan kita berbeda, agar dapat menemukan produk terbaik maka mulailah dengan mencarinya berdasarkan budget atau anggaran yang Anda siapkan.

Meski memang kita percaya bahwa “ada harga, ada kualitas” tapi ingatlah bahwa juga ada kebutuhan lain yang perlu dana juga. Intinya, belilah tablet sesuai kemampuan dan kebutuhan Anda. Jika memang mampu dan butuhnya yang mahal, ya tidak ada salahnya untuk membelinya.

Rekomendasi Merk Tablet Terbaik

Di atas kita sudah membahas tentang tips memilih tablet, selanjutnya yuk kita lihat apa saja rekomendasi merk tablet terbaik yang bisa Anda pilih. Saya akan sertakan juga tautan atau link untuk melihat harga tablet tersebut di marketplace. Anda bisa mengkliknya jika berkenan.

Disclaimer sedikit, daftar ini saya tulis berdasarkan hasil baca saya di internet ya. Anda boleh setuju atau tidak, sebab saya pun tidak berani mengatakan ini akurat 100%. Pelajarilah lebih lanjut dan keputusan membeli atau tidak itu ada di tangan Anda.

Nah, ini dia pilihan merk tablet berkualitas yang bisa Anda pinang untuk kerja, kuliah, atau apapun aktivitas Anda.

Samsung Galaxy Tab

Sebagai perusahaan teknologi terkemuka, Samsung ikut mewarnai pasar tablet di dunia dengan produk mereka Samsung Galaxy Tab. Berbagai model tablet Samsung terus keluar seiring perkembangan zaman. Contohnya saja Samsung Galaxy Tab S series yang sekarang sudah sampai ke S7 Plus.

Keunggulan tablet produksi Samsung umumnya terletak pada teknologi layarnya. Pada produk tablet flagship, mereka menggunakan layar Super AMOLED yang mampu menampilkan gambar yang jernih dan mumpuni bahkan di bawah terik matahari. Sementara untuk prosesor, Samsung menggunakan Snapdragon versi mutakhir. Performa secara keseluruhan tidak perlu diragukan.

Bagi Anda yang butuh tablet dengan kualitas kamera yang apik, tablet Samsung layak untuk jadi pilihan. Samsung juga menyediakan S Pen atau stylus pen khusus untuk membuat tablet lebih nyaman jika Anda bawa untuk bekerja.

Cek harga di Shopee

Huawei

Huawei adalah merk yang konsisten merilis seri tablet baru, baru-baru ini mereka merilis Huawei Matepad 11, sebuah tablet dengan spesifikasi premium namun harga banderolnya terjangkau. Dengan kata lain, rasio price to performance-nya sangat bagus.

Selain Huawei Matepad 11, masih ada varian Matepad lainnya yang juga layak untuk Anda miliki. Mulai dari Matepad T8, tablet entry level yang terjangkau, dengan harga mulai dari 1 jutaan saja, hingga seri Matepad lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Huawei menggunakan chipset Kirin yang diproduksi oleh Huawei sendiri. Performa chipset ini tidak kalah dengan Qualcomm Snapdragon ataupun MediaTek. Nah, karena chipset produksi sendiri, jadi masuk akal tuh tablet Huawei memiliki performa yang bagus namun harga jualnya lebih murah dari merk lainnya.

Cek harga di Shopee

Apple iPad

Jika kita bicara merk tablet terbaik, tentu kita tidak boleh meninggalkan merk Apple dengan iPad nya. Apple iPad adalah tablet eksklusif dengan performa yang sudah terpercaya. Keunggulan iPad terletak pada teknologi layar dengan liquid retina display yang hanya ada pada produk Apple. Selain itu, Apple juga mendesain dan memproduksi chipset iPad sendiri, chipset ini memiliki performa yang baik dengan kemampuan multitasking.

Apple iPad adalah tablet yang populer digunakan oleh seniman digital seperti ilustrator. Para desainer baik desainer busana hingga grafis juga cocok banget menggunakan iPad. Hanya saja, eksklusifisme dari Apple membuat produk mereka memiliki harga yang tinggi di pasaran. Untuk iPad mini saja, pengguna harus mengeluarkan uang sekitar 7 juta ke atas.

Tapi harga tersebut berbanding lurus dengan kemampuan produk tablet dari merk dengan logo apel tergigit ini. Jika Anda penasaran berapa harga iPad, silakan klik tautan di bawah.

Cek harga di Shopee

Alldocube

Brand atau merk Alldocube adalah merk tablet yang berasal dari Tiongkok. Meskipun demikian, produk mereka juga bisa kita temukan di Indonesia. Harga produknya di pasaran juga sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkan sebuah tablet yang bagus dari Alldocube mulai dari harga 1 jutaan saja.

Salah satu varian tertingginya adalah Alldocube iPlay 30 dengan 6GB RAM 128GB ROM dengan ukuran layar 10,5 inchi dapat Anda beli hanya di harga 2,8 jutaan saja. Dengan uang yang sama, kita hanya bisa mendapatkan tablet 2GB/32GB di merk lain seperti Huawei.

Harga yang murah itu membuat produk Alldocube cocok untuk digunakan sebagai media berhibur maupun untuk pekerjaan. Cocok juga untuk mahasiswa dan pelajar.

Cek harga di Shopee

Microsoft

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia, Microsoft juga memproduksi produk tablet lho, tepatnya Microsoft Surface. Microsoft mengumumkan idenya memproduksi Microsoft Surface di Los Angeles pada 18 Juni 2012 melalui Steve Ballmer, CEO Microsoft saat itu. Hingga saat ini, produk tablet ini termasuk yang populer bagi pengguna di dunia.

Namun sayangnya, Microsoft Surface tidak hadir secara resmi di Indonesia. Memang jika Anda mencari di marketplace masih bisa Anda temukan, hanya saja itu produk impor yang bukan resmi, jadi saya tidak terlalu menyarankan Anda untuk membeli produk itu. Kecuali, jika Anda bisa mengimpor langsung dari distributor resmi produk tersebut di luar negeri.

Advan

Merk-merk yang sudah saya ulas di atas adalah merk tablet luar negeri. Jika Anda mencari produk tablet lokal, maka merk Advan adalah yang saya rekomendasikan. Bagaimanapun, tablet lokal pastilah lebih murah dari tablet merk luar. Sebagai contoh Advan Sketsa, tablet ini sudah disertai dengan stylus pen dan sangat cocok untuk pekerjaan membuat sketsa.

Selain itu, tablet Advan juga memiliki prosesor Quad Core dan RAM/ROM yang cukup mumpuni untuk menemani Anda bekerja ataupun belajar daring.

Cek harga di Shopee

Evercoss

Mau beli tablet yang lebih murah? Jika iya, merk Evercoss mungkin cocok dengan Anda. Produsen lokal ini menjual tablet mereka mulai dari harga 700 ribuan saja. Tablet murah di bawah 1 juta ini sangat cocok untuk digunakan streaming atau untuk hiburan semata.

Selain yang harganya 700 ribuan, Evercoss masih punya tablet lain yang lebih mumpuni. Namun tenang saja, harganya tidak sampai 3 juta. Jika Anda penasaran dengan harganya, Anda bisa klik tautan di bawah.

Cek harga di Shopee

Well, itulah beberapa rekomendasi merk tablet terbaik yang bisa saya hadirkan bagi Anda. Jika Anda memang ingin membutuhkan tablet, tidak ada salahnya membeli produk dari salah satu merk di atas.

Namun, pastikan Anda membeli tablet sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran. Selain itu, cermatilah ulasan pembeli jika Anda membeli sebuah tablet secara online. Semoga Anda bisa menemukan tablet idaman yang bisa menunjang pekerjaan atau apapun aktivitas Anda.[]

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *