Home » 7 Cara Memilih HP Android Murah dan Berkualitas

7 Cara Memilih HP Android Murah dan Berkualitas

cara memilih hp android murah berkualitas

Memiliki HP android di zaman sekarang ini agaknya sudah menjadi kebutuhan wajib. Jangankan untuk pelajar atau mahasiswa yang butuh belajar online, bapak-bapak ojek online pun mesti punya yang namanya smartphone. Anda pun pasti punya alasan untuk membeli sebuah smartphone, bukan? Alasan yang mendorong Anda mencari tahu cara memilih HP android murah berkualitas.

Setiap orang memiliki kemampuan ekonomi yang berbeda, oleh karena itu HP android low-end atau murah masih menjadi primadona dan laku bak kacang goreng di pasar. Tapi meskipun demikian, ada juga kok orang yang finansialnya bagus, tapi memilih HP android murah saja. Pasalnya, hal bijak yang bisa kita lakukan tentu membeli HP sesuai kebutuhan, bukan? Percuma mahal-mahal kalau cuma dipakai buat telepon, WhatsApp dan medsos-an saja.

Nah, jika Anda memang sedang mencari HP android yang terjangkau di kantong, yuk baca lebih lanjut artikel ini.

Cara Memilih HP Android Murah Berkualitas

Meski harga kerap berbanding lurus dengan kualitas dan performa, bukan berarti HP android murah selamanya buruk. Anda bisa jadi akan mendapatkan produk yang buruk jika sembarangan membeli. Apalagi jika yang dibeli harganya kelewatan murah. Agar Anda tidak mengalami kerugian saat membeli smartphone murah, berikut beberapa tips memilih HP android murah dan berkualitas yang bisa Anda terapkan.

Tentukan budget terlebih dahulu

Pertama, coba tentukan budget atau anggaran terlebih dahulu. “Murah” ini cukup relatif bagi semua orang. Ada yang mengatakan HP 2 jutaan itu masih murah, namun ada juga yang menilai yang murah itu di bawah 1 juta. Murah menurut Anda yang berada di rentang berapakah?

Saya pribadi akan lebih setuju jika yang digolongkan murah adalah yang rentang harganya 1-1,5 jutaan rupiah. Harga ini masih cukup terjangkau oleh banyak orang terlepas dari apapun profesinya. Nah, jika budget sudah kita tentukan, selanjutnya bisa membuat perencanaan lain seperti memikirkan kebutuhan kita untuk apa. Jika hanya untuk belajar online dan bermedia sosial, HP android seharga tadi sudah sangat mumpuni lho.

HP android 1 jutaan juga masih enak dibawa memainkan game kasual untuk melawan kebosanan.

Kenali spesifikasi HP android yang bagus

Setelah menentukan budget, saatnya kita mengenali spesifikasi dari HP android yang bagus. Meskipun budget kita terbatas, tentu akan lebih bagus kalau bisa kita dapat HP yang sudah murah sekaligus berkualitas, bukan? Nah, kualitas sebuah smartphone sangat bergantung pada spesifikasinya.

Lalu, spesifikasi seperti apa yang perlu kita perhatikan? Kira-kira poin-poin di bawah ini.

  • Prosesor yang digunakan, pilihlah prosesor octa-core yang mana memiliki kemampuan memproses 8 tugas sekaligus dalam satu waktu. Pemrosesan data jadi lebih cepat dan mampu melakukan tugas ganda (multitasking).
  • RAM (Random Access Memory), minimal besarnya 3 GB RAM, memang ada HP android murah dengan RAM 2 GB tapi saya tidak sarankan karena tidak bisa multitasking atau membuka banyak aplikasi.
  • ROM atau penyimpanan, penyimpanan standar smartphone saat ini adalah 32 GB, jadi pilihlah yang minimal 32 GB karena penyimpanan ini akan sangat cepat penuh seiring bertambah besarnya data yang dipakai aplikasi.
  • Selain spesifikasi di atas, Anda juga bisa mempertimbangkan resolusi layar, sedapat mungkin pilih yang minimal 720p agar gambar jernih dan resolusi kamera utama minimal 8 MP.

Selain beberapa poin di atas, Anda memang bisa mempertimbangkan spesifikasi lain namun biasanya yang lain itu hampir sama saja untuk banyak merek HP android di rentang harga yang sama.

Pilihlah yang kapasitas baterainya besar

Tidak seperti HP basic yang baterainya bisa tahan berhari-hari, baterai HP android hanya bisa tahan beberapa jam tergantung tingkat pemakaian. Oleh karena itu, memilih HP dengan kapasitas baterai yang besar adalah hal yang wajib dalam cara memilih hp android murah berkualitas.

Lalu, berapa kapasitas baterai minimalnya? Kalau bisa sih minimal 4000 mAh, itu udah cukup tangguh untuk dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Namun jika memang penggunaan Anda sangat tinggi, misalnya sering menghidupkan GPS atau bermain game, tidak ada salahnya membeli power bank untuk jaga-jaga pengisian daya

Pilihlah HP dengan desain yang menarik

HP android murah tidak akan terlihat murahan jika desainnya menarik dan elegan. Oleh karena itu, Anda wajib memperhatikan aspek desain ini saat ingin membelinya. Memang pada dasarnya bahan bodi HP android murah itu dari plastik, tapi pastikan plastiknya cukup kokoh dan enak saat dipegang.

Kabar baiknya, rata-rata desain HP android sekarang ini sudah hampir sama saja mau yang mahal dengan yang murah. Kita bahkan sulit membedakan antara 1 merek dengan merek lainnya karena desainnya yang hampir sama.

Utamakan produk keluaran terbaru

Saat sebuah produk HP keluar, awalnya ia dijual di harga terbaiknya, namun semakin lama akan semakin murah. Lalu, apakah kita membeli itu? Ya, Anda bisa membelinya jika tidak masalah dengan hardware dan software yang sudah ketinggalan. Bagaimana pun industri smartphone android itu perkembangannya sangat cepat, sepanjang tahun ada saja model baru yang keluar. Oleh karena itu saya menyarakan sebaiknya membeli produk keluaran baru.

Apa untungnya? Untungnya adalah perangkat yang digunakan adalah perangkat kekinian, versi Android yang digunakan juga yang terbaru. Selain itu, jika ada kerusakan dari pabrik, unit penggantinya masih ada stoknya.

Bacalah ulasan pembeli yang lain

Cara memilih HP android murah berkualitas selanjutnya adalah membaca ulasan dari pembeli produk tersebut. Biasanya di toko online, tepatnya di halaman produk tersebut,  ada cukup banyak ulasan dari yang sudah membeli. Jika ulasannya bagus, maka belilah. Sebab saat membeli HP secara online kita tidak bisa memegang HP itu langsung, yang bisa kita lakukan hanyalah melihat dari ulasan-ulasan tadi.

Oh ya, jika ternyata ada kenalan Anda yang menggunakan HP yang sama, tidak ada salahnya juga untuk ditanyai lho. Anda bisa mendapatkan informasi dari pengguna secara langsung.

Utamakan merek yang terpercaya

Tips terakhir tapi sangat berguna, utamakanlah membeli barang baru dari merek yang terpercaya. Ketika Anda membeli HP android dari merek-merek yang sudah berpengalaman, Anda bisa tenang dengan kualitas barang yang dijual. Selain itu, ketika HP itu rusak nanti, ada tempat perbaikan resmi yang disediakan oleh merek tersebut.

Namun Anda perlu hati-hati juga, ada cukup banyak barang non-resmi atau bahkan tiruan dari merek-merek ternama. Belilah produk HP android murah dari toko resmi dan terpercaya saja. Jika saya boleh merekomendasikan, berikut tautan produk HP android murah dari merek dan toko terpercaya. Saya ambil link dari Shopee, silakan diintip jika Anda berkenan.

Semua HP android di atas harganya ada di rentang 1-1,5 jutaan rupiah yang saya anggap murah tadi. Mudah-mudahan ada yang cocok dengan Anda ya. Namun jika tidak, saya juga sudah pernah menulis artikel tentang merk hp terbaik dan awet di blog ini. Anda bisa membacanya jika berkenan.

Nah, itulah beberapa cara memilih HP android murah berkualitas yang bisa saya bagikan kali ini. Saya pribadi pun sampai saat ini masih pakai HP android yang terbilang murah juga, masih oke-oke saja sih HP-nya, masih bisa mengiringi kebutuhan saya.

Cuma memang memorinya cepat penuh dan harus rajin membersihkan berbagai file tidak penting atau memindahkannya ke kartu memori dan sebagainya. Senangnya memiliki HP android itu dia bisa mengerjakan berbagai tugas, namanya juga smartphone.

Namun jika Anda butuh perangkat spesifik untuk bekerja, tidak ada salahnya mempertimbangkan produk dari merk tablet terbaik juga. Layarnya lebih besar sehingga lebih cocok untuk bekerja.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan dan sebagainya, Anda boleh menulis komentar di bawah. Semoga Anda menemukan HP android yang cocok dengan Anda.[]

Bagikan yuk:

10 tanggapan pada “7 Cara Memilih HP Android Murah dan Berkualitas”

  1. Lumayan murah ya
    Saya plan mau ganti hape nih, dah 2th+ juga. Memang cari yg murah hehe Yg penting hasil cameranya ok. Makasih udah kasi gambaran spesifikasi 😆👍

  2. Semakin ke sini harga hape semakin terjangkau ya. Saya masih ingat, dulu beli Sony Xperia Z Ultra 3,5 juta yang RAM cuma 2 GB dah gitu nggak ada lampu kameranya. Tapi sekarang fitur semakin canggih, harganya juga cukup worth it lah. Kebetulan si Sony mati total, pengen nyari-nyari hape baru

    1. Jadi gak boleh asal beli ya uda. Harus dilihat dulu kapasitas baterainya, ulasan pembeli lain, budget yang tersedia. Waah banyak. Kirain nyari yang asal murah aja. Wkkwk… noted deh uda. Buat catatan kalau mau beli hp murah dan berkualitas.

  3. Saya beneran skrg milih yg penyimpanannya besar. Maklum skrng lagi sering seringnya foto untuk konten, hehehe. Kadang kalau sudha selesai job baru hapus hapusin gambar. Artikelnya cukup membantu saya nih mas

  4. Wah bener banget kalau kebutuhan smartphone udah menjadi barang primer lho. Masalahnya ya karena daring ini, PPKM juga, Jadi semua kebutuhan harus terpenuhi walau di rumah aja. Ya ini perlunya HP. Kalau yang jadi pertimbangan ya RAM, kapasitas baterai dan kamera. Itu sih.

  5. Caranya memang mudah di aplikasikan Uda. Terpenting membeli hp sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Kalau saya lebih memilih penyimpanan berkapasitas besar dan pilih warna hitam hihi.

  6. HP Android murah dengan spesifikasi bagus tuh banyak sebenarnya. Tinggal disesuaikan aja sama kebutuhan. Kalau aku pribadi sih nyarinya yang RAM besar dan kamera canggih. Biasa hp nya digunakan untuk buat konten.

  7. Sepertinya tiap tahun ada saja ponsel yang keluar. Saya pribadi enggak begitu update karena saat ponsel masih bisa dipakai, ya saya enggak ganti. Bisa nyimpan data, bisa buat foto, dll. Masih aman lah, hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *