7 Cara Memilih Power Bank yang Bagus dan Awet

Power bank yang saya gunakan saat ini adalah power bank ketiga yang saya punya. Sejujurnya saya baru menggunakan power bank sekitar sekitar tahun 2016-2017 lalu. Saat itu tengah populernya merk power bank Xiaomi. Modelnya bagus, dengan casing berwarna perak. Saya bahkan membeli case silikon untuk power bank tersebut. Tapi sayangnya, power bank pertama saya rusak dan harus beli power bank baru. Setelah melewati berbagai cara memilih power bank yang bagus, akhirnya pilihan saya jatuh ke power bank Hippo.

“Eh, kok sebut-sebut merk?” pikir pembaca.

Tidak apa, Anda mungkin punya referensi tersendiri soal merk power bank yang Anda sukai. Namun jika Anda masih bingung, setelah ini saya akan jelaskan cara memilih power bank yang bagus dan awet. Mari disimak.

Cara Memilih Power Bank yang Bagus

Jika memang ingin memiliki power bank yang bagus, sebenarnya Anda bisa mempertimbangkan ciri-ciri power bank yang bagus. Selain itu, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan membeli model atau merk power bank tertentu.

Untuk lebih jelasnya, berikut tips memilih power bank yang bisa Anda terapkan.

Tentukan budget terlebih dahulu

Ada banyak varian power bank yang bisa Anda beli, tapi masalahnya mungkin tidak semuanya cocok di kantong Anda. Pasalnya, saya yakin bahwa pengunjung blog ini datang dari berbagai jenis kalangan, mulai dari pelajar hingga yang sudah bekerja. Oleh karena itu, menentukan budget terlebih dahulu akan sangat membantu dalam menentukan pilihan.

Umumnya harga power bank yang bagus dan awet itu mulai dari Rp. 100.000. Jika Anda menemukan ada power bank yang harganya di bawah itu, apalagi jika menggunakan merk terkenal, bisa jadi itu adalah power bank palsu.

Pilih daya yang sesuai dengan budget dan gawai

Jika Anda sudah menentukan budget, selanjutnya Anda bisa menentukan daya yang sesuai dengan budget tersebut. Sebagai contoh, jika dana yang Anda sediakan adalah Rp. 100 ribuan, maka power bank yang bisa Anda beli adalah yang memiliki daya 10.000 mAh. Hanya saja, kecocokan daya dengan budget biasanya sangat tergantung pada merk power bank itu.

Saya kira powerbank 10.000 mAh adalah pilihan yang cocok untuk berbagai kalangan dan gawai. Faktanya, rata-rata smartphone zaman now memiliki baterai dengan daya 4.000-6.000 mAh, itu berarti cukup untuk 1-2 kali charge.

Utamakan power bank dengan merk ternama

Nah, dengan dana yang sudah Anda tentukan, sedapat mungkin coba beli power bank dengan merk ternama. Tapi Anda juga harus hati-hati. Jika Anda menemukan power bank bermerek dengan harga yang terlalu miring, jangan beli itu karena besar kemungkinan itu barang palsu.

Biar tidak tertipu, Anda bisa mengecek situs resmi merek terkait atau beli di toko resminya di marketplace. Sebagai contoh PowerBank Anker PowerCore Select 10000 – A1223 dengan output daya 12W. Di situs resmi harganya Rp. 349.000, namun jika kita kunjungi toko resmi Anker di Shopee, harganya diskon menjadi Rp. 175.000. Harga ini menurut saya sangat terjangkau untuk brand yang memang sudah terpercaya.

Cek di Shopee

Baca spesifikasi power bank dengan seksama

Agar bisa mendapatkan power bank yang bagus dan awet, Anda juga mesti mau menyediakan waktu untuk membaca spesifikasi dari power bank tersebut dengan seksama. Pasalnya power bank adalah perangkat elektronik yang punya spesifikasi khusus.

Hal yang perlu diperhatikan pada spesifikasi power bank adalah daya input dan output-nya. Selain itu, beberapa jenis power bank menyertakan informasi waktu pengisian daya hingga penuh. Jumlah port dan jenis port juga perlu dipertimbangkan lho.

Misalkan power bank tertentu port inputnya berupa mikro-USB, sedangkan charger yang Anda punya USB type C, ya gak bisa dicas. Tapi tenang saja, umumnya pabrikan sudah menyediakan kabel USB yang bisa digunakan untuk meng-charge power bank dalam paket penjualan.

Lihat review power bank di toko

Jika Anda berbelanja power bank di marketplace seperti Shopee, Lazada dan sebagainya, Anda harus, kudu dan wajib melihat review atau ulasan dari pembeli akan produk power bank tersebut. Nah, power bank Anker yang saya sebutkan tadi sudah mengantongi belasan ribu ulasan positif di Shopee, Anda bisa membeli yang itu atau yang lainnya asalkan membaca review dengan seksama.

Akan lebih baik jika review yang diterima oleh produk atau toko tertentu sudah cukup banyak. Review positif yang banyak tentu akan menenangkan hati ketimbang yang bisa dihitung dengan jari saja, bukan?

Tanyakan pendapat pengguna power bank tersebut

Cara memilih power bank yang bagus lainnya adalah menanyakan pendapat dari pengguna power bank tersebut. Jika Anda memiliki saudara atau kenalan yang punya power bank yang ingin Anda beli, tanyakan apakah ia puas menggunakan perangkat dari merk tersebut atau tidak.

Anda juga bisa menanyakan kelebihan dan kekurangan power bank yang ia punya. Bahkan kalau bisa Anda memegang power bank itu langsung, untuk meyakinkan diri sebelum membeli merk dan tipe yang sama.

Perhatikan garansi dan layanan purna jual

The last but not least, penting juga untuk memperhatikan garansi dari sebuah power bank. Ketika ingin memiliki power bank yang bagus dan awet, tentu akan lebih baik jika memilih power bank yang garansinya panjang, bukan? Sebab andaikan power bank itu rusak dalam masa garansi, Anda bisa mengontak toko atau produsen untuk perbaikan atau bahkan ganti baru.

PowerBank Anker PowerCore Select 10000 – A1223 yang sempat saya mention tadi punya masa garansi 18 bulan. Ini cukup melegakan bagi mereka yang butuh power bank yang bisa bertahan lama.

Baca juga : 12 Manfaat Bermain Rubik Bagi Otak dan Tubuhmu

Kesudahannya

Saya jadi teringat ketika awal-awal saya memutuskan untuk membeli power bank dulu. Sebelumnya saya berpikir kalau power bank tidak berguna bagi saya. Tapi semakin saya sibuk dan lama di luar rumah, saya merasa butuh power bank agar punya cadangan daya kalau-kalau baterai ponsel saya lowbat. Yah, saya beli deh tuh power bank. Alhamdulillah, berguna sekali sampai sekarang. Terutama kalau memang ada kegiatan di luar.

Anda sendiri tentu punya alasan masing-masing untuk membeli sebuah power bank, bukan? Pun jika belum punya, memiliki power bank tidak ada salahnya. Jika tidak disimpan untuk diri sendiri, Anda bisa menghadiahkannya untuk orang-orang yang Anda sayangi. Akhir kata, terima kasih sudah membaca artikel sederhana saya tentang cara memilih power bank yang bagus dan awet ini. Semoga Anda bisa menemukan power bank yang cocok dengan Anda.[]

Cek Power Bank di Shopee Cek Power Bank di Lazada

5 pemikiran pada “7 Cara Memilih Power Bank yang Bagus dan Awet”

  1. saya pernah berklai-kali beli pb buat jalan keluar kota. tapi waktu itu tergesa-gesa jadi kurang akurat mana yang terbaik. baca srtikel ini jadi tahu banyak tips cara pilih power bank yang benar. terima kasih ya kak

    Balas
  2. Sering banget denger merek Anker, ternyata memang bukan brand kaleng-kaleng ya untuk urusan powerbank.

    Kalau saya belum pernah beli powerbank, soalnya dapat tiga buah powerbank dari event ngeblog. But anyway, terima kasih banyak atas rekomendasinya, jadi bisa rekomendasi nih, kalau suatu saat mau beli powerbank.

    Balas
  3. Saya nyaris tidak pernah perhatikan garansi dan purnajual untuk powerbank. Alasannya karena harga masih aman dan ribet klaimnya.
    Wah, harus ubah mindset ini.
    Makasih informasinya

    Balas

Tinggalkan komentar

error: