7 Tips Merawat Motor Agar Awet dan Tetap Kuat

Tips merawat motor agar awet dan tetap kuat – Semenjak memiliki sepeda motor sendiri, saya jadi lebih sering ke bengkel. Bukan, bukan karena motornya rusak tapi karena perawatan rutin yang dilakukan. Memang merawat motor ini perlu banget lho, pasalnya sepeda motor bagi saya adalah penyambung langkah, pendukung mobilitas saya yang cukup tinggi–bahkan tidak hanya di hari kerja tapi juga akhir pekan.

Andai kata motor saya rusak, tentu itu akan mengganggu aktivitas saya, tentu saja itu juga bisa menurunkan produktivitas saya. Anda pun barangkali juga seperti itu. Oleh karena itu, menjaga dan merawat motor adalah hal yang mutlak dilakukan. Berikut beberapa tips merawat motor agar awet alias panjang umur.

Tips Merawat Motor Agar Awet

#1 Service secara berkala

Jika Anda memiliki pengetahuan mengenai otomotif, barangkali Anda bisa melakukan perawatan rutin pada motor sendiri. Namun jika tidak, membawa motor ke bengkel adalah pilihan terbaik. Untuk menjaga performanya, sepeda motor harus rutin dirawat. Perawatan ini meliputi pengecekan berbagai komponen motor dan sebagainya.

Tapi satu hal yang perlu diingat sebelum membawa motor ke bengkel, yaitu sebaiknya bawa motor Anda ke bengkel resminya. Jika merek motor Anda adalah X, maka bawalah ke service center motor X itu. Kenapa demikian? Karena di bengkel resmi, komponen asli yang dibutuhkan motor Anda tersedia. Selain itu, para teknisi juga sudah paham dengan struktur motor merek tersebut.

#2 Ganti oli dengan rutin

Satu hal yang perlu Anda perhatikan pada sepeda motor Anda adalah oli atau pelumasnya. Perlu banget untuk mencatat kapan Anda terakhir kali mengganti oli. Oli ini sangat penting bagi performa motor karena berfungsi sebagai pelumas mesin sekaligus sebagai pendinginnya. Gantilah oli motor Anda dengan rutin agar kinerja motor Anda tetap prima.

Keterlambatan mengganti oli motor juga dapat berimbas pada kerusakan mesin lho. Salah satu tanda mesin Anda mulai rusak adalah ketika knalpot Anda mengeluarkan asap pekat. Itu bisa jadi karena oli sudah kering atau terlalu encer. Jadi perhatikanlah oli sepeda motor Anda, dan gunakanlah oli motor terbaik untuk sepeda motor kesayangan Anda.

#3 Jangan biarkan tangki bahan bakar kosong

Sepeda motor sekarang ini sudah hampir semuanya menggunakan sistem injeksi pada bahan bakarnya. Sistem injeksi ini dilengkapi oleh sensor yang bisa rusak kalau Anda membiarkan tangki bahan bakar kosong. Dan kabar tidak mengenakkannya adalah biaya perbaikan untuk sistem injeksi bahan bakar yang rusak itu mahal. Oleh karena itu, pastikan tangki bahan bakar sepeda motor Anda selalu terisi jika tidak ingin sepeda motor Anda cepat rusak.

#4 Hindari jalan-jalan berlubang

Ketika melewati jalan yang baru ditempuh, seringkali ban motor kita tak sengaja melewati lubang di jalanan. Jika suspensi motor tidak mumpuni, itu benar-benar menyakitkan. Namun tidak hanya demi badan kita yang sakit jika menempuh lubang di jalanan, hindarilah lubang-lubang itu agar motor kita juga tidak kesakitan. Keseringan menempuh jalan berlubang bisa saja mengurangi performa suspensi atau shock breaker sepeda motor kita. Tidak hanya itu, ban, pelek dan bearing juga bisa rusak jika keseringan menempuh lubang di jalan.

#5 Jaga rantai agar tidak kering

Tips merawat motor agar awet lainnya adalah menjaga rantai agar tidak kering. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tingkat ketegangan rantai. Rantai yang kering dan tidak pas ketegangannya bisa membuat berkendara tidak nyaman. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa membuat gigi tarik cepat rusak.

#6 Cek selalu tekanan angin ban

Agar motor awet dan tetap strong, tekanan angin ban juga harus rutin dicek lho. Ban yang kurang angin dapat membuat pengalaman berkendara menjadi kurang menyenangkan. Pengecekan tekanan angin juga diperlukan untuk melihat apakah ban motor bocor atau tidak.

#7 Panaskan motor dengan normal, jangan berlebihan

Tips terakhir dalam merawat motor adalah membiasakan diri untuk memanaskan motor, terutama ketika sudah lama tidak digunakan. Hanya saja, panaskan secukupnya, jangan berlebihan juga. Sekitar 5-10 menit agaknya cukup untuk membuat mesin menjadi sedikit panas sebelum siap digunakan. Dan kalau bisa, jangan di-starter tapi gunakan engkol untuk menghidupkan motornya.

Nah, itulah tadi beberapa tips merawat motor agar awet dan tetap kuat. Anda bisa melakukan beberapa tips di atas pada sepeda motor Anda. Sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat berguna dalam kehidupan kita. Baik untuk berangkat kerja atau keperluan apapun. Harga sepeda motor juga tidak murah–sebagaimana harga perbaikannya yang sama tidak murahnya. Oleh karena itu, jagalah kondisi sepeda motor Anda agar ia tetap prima dan siap mendukung keseharian Anda.[]

6 pemikiran pada “7 Tips Merawat Motor Agar Awet dan Tetap Kuat”

  1. Saya nggak bisa naik motor, tapi suka baca informasi soal motor, otomotif gitu. Dan emang untuk poin terakhir, soal panas-memanaskan itu penting banget, apalagi kalau jarang bepergian, seenggaknya motor dalam kondisi siap pakai dan nggak ‘dingin’ dalam waktu lama.

    Balas
  2. Wah…. Informasi bagus. Terutama mengenai memanaskan motor. Dan diinjak janagn pakai stater.

    Saya biasanya ganti oli sebulan sekali. Kalau service sih kondisional.

    Tapi, tulisan ini benar-benar membantu untuk menjaga motor. Thx

    Balas
  3. Setuju banget sih ini. Motor kalo nggak dirawat bakalan cepat rusak. Sayang jadinya. Jadi lebih baik memperhatikan tips2 di atas daripada waktu penggunaan motor jd kurang lama. Selama ini saya paling klik servis motor di bengkel resmi sih. Itu udah keseluruhan, enggak pusing lagi mikirin perawatan lainnya.

    Balas
  4. selama ini aku jarang perhatiin soal perawatan motor, kadang ganti oli sampe telat, ban kalo ga kempes banget ga diisi angin. Biasanya sampe orang rumah marah marah dulu hehhe

    Balas

Tinggalkan komentar

error: