Arti Penting Kehadiran SSL, Gembok Keamanan Untuk Website Kesayangan

oleh | Feb 28, 2020

Budaya gembok-menggembok di internet bukanlah barang baru, beberapa contoh barangkali pernah Anda temukan dalam keseharian Anda. Misalnya saat Anda mengintip akun media sosial mantan, tapi apalah daya Anda tidak bisa melihatnya karena digembok.

“Tunggu dulu, mantan apaan sih?”

Ya, bisa mantan bos, mantan ibu kos, atau mantan apa saja lah. Yang bisa bikin Anda uring-uringan kalau gak sengaja kepencet “like” di salah satu postingannya. Ah, lupakan saja itu—mengingat mantan itu hanya mengungkit kenangan dan menguras perasaan. Lebih baik move on untuk masa depan, bukankah Anda masih punya media sosial, blog, website atau bisnis yang membutuhkan perhatian Anda?

Ngomong-ngomong, tentang budaya gembok-menggembok itu, nyatanya memiliki manfaat tersendiri lho. Misalnya yang digembok itu akun media sosial, bisa menghalangi “penguntit” alias “stalker” untuk mengetahui kabar terbaru kita. Apalagi bagi pengguna media sosial yang sedikit-sedikit update: mau ke mal nih, makan di resto X gaes, mau mandi nih gaes, atau apalah-apalah…

Dan ternyata, tak hanya media sosial yang punya gembok, blog dan website pun bisa digembok. Gembok itu dinamakan Secure Socket Layer—disingkat SSL.

Apa itu SSL? Yuk disimak.

Sederet Fakta Tentang SSL, Gembok Keamanan Buat Website L

“Data penting website Anda dibobol hacker? Itu mah derita L”

Eh gak ding. Tapi tahukah Anda bahwa sebagaimana dunia nyata, dunia internet pun banyak penjahatnya? Yap, salah satu penjahat itu disebut sebagai hacker yang doyan menilap data pengguna atau bahkan data transaksi Anda. Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian itu, pemilik website dapat memasang sistem keamanan di web mereka, salah satunya dengan menggunakan SSL tadi.

SSL atau Secure Socket Layer merupakan suatu teknologi atau lapisan keamanan yang memungkinkan komunikasi terenkripsi antara server web dengan browser atau peramban web. Sederhananya, SSL adalah lapisan yang mengenkripsi data dari web kita agar tidak bisa terbaca oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Jadi, berkat SSL koneksi web kita dengan pengguna menjadi koneksi yang terenkripsi atau aman.

Terus apa tandanya kalau sebuah web sudah memiliki sertifikat SSL?”

Cara membedakannya mudah, Anda bisa melihat pada alamat situs atau website tersebut. Perhatikan http dan https sebelum alamat domainnya. Jika hanya ada versi http, itu berarti belum terpasang sertifikat SSL. Namun juga ada https, itu berarti sudah terpasang SSL atau “gembok” keamanan tadi.

Lebih lanjut, SSL wajib hukumnya untuk digunakan oleh web bisnis yang meminta data-data penting pengguna. Umumnya web yang di dalamnya ada transaksi serta web lain yang menerima, memproses, mengumpulkan, menyimpan, atau menampilkan informasi apapun yang bersifat rahasia dan sensitif. Lebih jauh dari itu, ternyata blog pribadi pun membutuhkan SSL. Kenapa demikian? Bagaimana kalau saya ajak Anda untuk mengetahui fakta-fakta tentang SSL dulu.

#1 Dikembangkan sejak tahun 90-an

SSL pertama kali dikembangkan oleh Netscape pada tahun 1994. Pengembangan ini dilakukan untuk membuat komunikasi aman antara klien dengan server di dalam web. Hingga saat ini berbagai perusahaan telah mengembangkan dengan produk SSL mereka sendiri, sebut saja Symantec, Digicert, GeoTrust, Sectigo dan sebagainya.

#2 Terdiri dari beberapa jenis

Tahukah Anda bahwa SSL memiliki jenis-jenis tertentu? Setiap jenis SSL memiliki fungsinya masing-masing. Setidaknya ada 3 jenis SSL saat ini yaitu Domain Validation (DV), Organization Validation (OV) dan Extended Validation (EV).

SSL Domain Validation (DV) adalah sertifikat SSL dasar yang hanya melindungi domain sebuah website. SSL tipe ini yang paling murah harganya dan paling mudah untuk digunakan. Hanya saja tingkat keamanannya adalah yang terendah dibanding yang lainnya, sehingga cocok untuk website yang tidak menangani data sensitif seperti portal berita atau blog pribadi.

SSL Organization Validation (OV) adalah sertifikat SSL yang membutuhkan data perusahaan atau organisasi dalam penerbitannya. Sertifikat SSL jenis ini lebih aman dibandingkan DV tadi. Selain itu informasi perusahaan bisa ditampilkan dengan SSL ini untuk meningkatkan kepercayaan dari pengguna internet. Hanya saja hanya cocok untuk web dengan penggunaan data yang kurang sensitif.

SSL Extended Validation (EV) merupakan jenis sertifikat SSL yang paling baik dan aman dibanding 2 jenis sebelumnya. SSL jenis ini dapat digunakan pada semua aplikasi yang membutuhkan jaminan perlindungan terhadap data yang diberikan oleh pengguna. Beberapa SSL tipe ini menawarkan green bar pada alamat website penggunanya.

Ketika ingin mencari SSL untuk web, Anda bisa mencocokkan jenis SSL mana yang akan Anda gunakan pada web kesayangan Anda.

#3 Menjaga website dari pencurian data

Keberadaan SSL dapat membuat koneksi yang terenkripsi antara klien dengan server web. Koneksi aman ini bertujuan untuk menyembunyikan atau menyamarkan data pengguna agar tidak dicuri oleh pihak tidak bertanggung jawab.

SSL bisa diibaratkan sebagai gembok yang menjaga keamanan suatu web, apalagi jika web memang membutuhkan pengamanan ekstra seperti toko online, platform pembayaran tertentu hingga bank atau perusahaan finansial lainnya.

#4 SSL disukai oleh Google

Tak hanya web bisnis yang disarankan untuk menggunakan SSL lho. Blog pribadi atau web non komersial pun sekarang ini dituntut untuk menggunakan SSL. Pasalnya semenjak Oktober 2017, pada Chrome versi 62, semua situs tanpa SSL akan diberi label “Not Secure” atau tidak aman.

Selain itu, Google pun menjelaskan bahwa SSL merupakan salah satu ranking signal yang membuat sebuah situs dapat tampil baik di mesin pencaharian mereka. Artinya, sertifikat SSL menunjang Search Engine Optimization (SEO).

#5 Tersedia versi gratis dan berbayar

Fakta lainnya tentang SSL adalah adanya SSL gratis dan berbayar di jagat internet. Sebagaimana logika umum, yang berbayar tentu lebih baik daripada yang gratis. Namun apa sih kelebihan sertifikat SSL berbayar dibanding yang gratis itu?

SSL berbayar didukung oleh semua versi browser populer atau peramban web yang ada saat ini, sedangkan SSL gratis hanya bisa didukung oleh browser versi terkini saja. Artinya, browser jadul akan tetap menganggap web dengan SSL gratis tidak aman. SSL berbayar juga memiliki masa berlaku yang lebih panjang dari SSL gratis serta kelebihan lainnya yang bisa Anda baca di infografis di bawah.

Setelah membaca semua ini, barangkali Anda akan berpikir bahwa kalau ada yang gratis mengapa pakai yang berbayar. Hmm, saya tidak ingin “menghakimi” Anda jika memiliki pendapat demikian. Tapi coba saja ingat, dunia bisnis itu benar-benar kejam, pelaku bisnis dengan segmen yang sama akan terus saling dahulu mendahului tentang inovasi dan lainnya.

Pelaku bisnis yang serius dalam menjalankan dan menjaga bisnisnya akan mau mengeluarkan dana investasi untuk bisnis mereka. Tidak terkecuali memasangkan SSL atau gembok berbayar untuk web bisnisnya. Lagipula harga SSL berbayar sekarang bervariasi lho, bahkan ada yang hanya 70 ribu rupiah untuk setahunnya.

“Ah, masa?”

Benar, saya tidak bohong, kalau tidak percaya, Anda bisa membuka dan melihat produk SSL yang ditawarkan oleh SSL Indonesia. Harga SSL di sana bervariasi, bahkan ada banyak yang di bawah 1,5 juta.

SSL Indonesia, Penyedia Layanan Sertifikat SSL Untuk Kita-kita

Pun Anda bisa menggunakan SSL gratis tapi tentu saja SSL berbayar bisa memberikan hal yang lebih untuk Anda. Selain apa yang saya sampaikan di bagian sebelumnya, SSL berbayar juga membuat web/blog Anda tampak lebih profesional. Seorang blogger atau webmaster yang menyayangi web/blognya tentu akan memberikan hal yang terbaik, bukan?

Kabar baiknya, sekarang mencari SSL berbayar atau premium sudah jadi mudah karena ada SSL Indonesia. SSL Indonesia adalah penyedia layanan sertifikat keamanan SSL dan pembaharuan SSL. Hebatnya lagi, SSL Indonesia merupakan Global Platinum Partners dari Otoritas Sertifikasi (CA) terkemuka di dunia seperti Sectigo, Symantec, Thawte, GeoTrust, RapidSSL dan lainnya.

Lebih lanjut, berikut beberapa alasan yang bisa menguatkan Anda untuk menggunakan layanan SSL Indonesia.

Garansi 30 Hari Uang Kembali

SSL Indonesia memberikan jaminan uang Anda kembali apabila dalam 30 hari ditemukan kendala pada sertifikat SSL yang Anda beli dari SSL Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa mereka mengutakan kenyamanan pelanggan.

Jaminan SSL Grade A+

Setelah membeli sertifikat SSL di SSL Indonesia, Anda akan dipandu untuk proses instalasi dan konfigurasi untuk mendapatkan tingkat konfigurasi SSL A+ (sangat aman sekali). Jaminan ini berlaku untuk semua sertifikat yang Anda beli di sana.

Gratis Konsultasi

Jika Anda bingung dalam memilih SSL yang cocok untuk Anda, jangan khawatir, SSL Indonesia menyediakan fasilitas gratis konsultasi. Itu dilakukan untuk menjamin kepuasan dari pelanggan.

Green Address Bar

SSL Indonesia telah mendukung green address bar pada paket khusus SSL Green Bar. Dengan adanya fasilitas ini, web Anda mendapatkan jaminan keamanan tertinggi.

Enkripsi Data Terbaik

Layanan SSL Indonesia sudah menggunakan 2.048 bit token keamanan disertai hingga 256 enkripsi lho. Web Anda akan dilindungi dengan tingkat keamanan tertinggi SSL yang ada.

Berlaku di device dan browser apapun

Layanan SSL Indonesia mendukung semua device seperti desktop/PC, tablet dan smartphone. Selain itu sertifikat SSL dari SSL Indonesia mendukung browser populer dari versi jadul sampai terkini.

Harga yang murah

Server SSL Indonesia sudah mendukung teknologi Server Name Indication (SNI). Dengan ini pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk IP dedicated agar bisa menggunakan SSL. Harga yang ditawarkan pun murah.

Validasi Cepat

SSL Indonesia menerapkan sistem validasi yang cepat dan mudah agar Anda dapat menggunakan SSL dengan mudah. Bisa mulai dengan validasi domain saja yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Untuk lebih mengenal SSL Indonesia, Anda juga bisa menonton video yang kami lampirkan di samping. Pssttt, ini testimoni langsung dari pelanggan SSL Indonesia lho.

Nah, bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mendapatkan SSL terbaik untuk web/blog Anda? Hubungi saja SSL Indonesia sekarang juga.

Sayangi Web/Blog dengan Memberikan Sebaik-baik Pengamanan

Sampai saat ini saya terus percaya bahwa memiliki blog atau web bisnis itu adalah aset. Memang di awal pembuatannya itu membutuhkan dana dan usaha yang tidak sedikit, tapi bukankah setiap bisnis yang sukses dibangun dengan getirnya perjuangan? Percayalah, tak ada kesuksesan yang benar-benar instan.

Sebab web/blog adalah aset, maka tak berlebihan jika kita harus menjaganya dengan sebaik mungkin. Salah satu cara penjagaan itu adalah memasangkan sertifikat SSL terbaik untuk mereka. Begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika web/blog Anda menggunakan SSL yang berbayar atau premium—sesuatu yang akan memberikan web/blog Anda value yang berlebih dan berbeda dari kebanyakan.

Sayangnya banyak orang di luar sana yang masih mendahulukan price a.k.a harga ketimbang value a.k.a nilai. Pengunaan gembok keamanan alias SSL untuk website kesayangan tak dapat dipungkiri akan meningkatkan value dari web itu sendiri. Dan nyatanya, bisnis terbaik dan memiliki peluang yang besar untuk berkembang adalah bisnis yang memiliki value atau nilai tadi.

Nah, masih berpikir keras untuk menggunakan SSL premium? Hei, bagaimana kalau sembari berpikir Anda berkonsultasi dengan SSL Indonesia saja? Sebab konsultasi itu GRATIS. Setelah itu baru Anda putuskan mau membeli sertifikat SSL yang tepat untuk web/blog Anda. Jangan tunggu nanti, hubungi SSL Indonesia sekarang juga.[]

error:
Copy link
Powered by Social Snap