Tanya Veronika Asisten Virtual, Chatbot Kece dari Telkomsel

Sebelum ada fitur Tanya Veronika Asisten Virtual, bertanya soal layanan Telkomsel itu susah-susah gampang. Dua susahnya, satu gampangnya. Saya masih ingat betul masa-masa dahulu kalau ingin menanyakan atau mengeluhkan sesuatu. Saya harus melakukannya pagi-pagi!

Dulu tuh kalau mau komplain harus mengontak call center dulu. Pelanggan harus rela antri dan menelpon berkali-kali agar keluhan dan kebingungannya dibantu. Tentu saja, SDM customer service tidak bisa menangani semua pelanggan dalam satu waktu. Tapi sekarang semuanya lebih mudah. Bagaimana mudahnya? Ya, mudah karena bisa lewat media sosial seperti Twitter atau bahkan via layanan Veronika, asisten virtual dari Telkomsel.

Jika Anda pelanggan Telkomsel juga, apalagi yang sudah sejak lama, Anda tentu bisa merasakan apa yang saya ceritakan tadi, bukan?

setelah adanya tanya veronika asisten virtual

Omong-omong, meskipun informasi mengenai Veronika Asisten Virtual Telkomsel sangat banyak di jagad maya, agaknya belum semua pengguna mereka yang sudah mencoba fitur Tanya Veronika. Alasannya bisa beragam. Entah itu karena memang belum tahu sama sekali atau masih belum familiar dengan layanan tersebut.

“Bukan hanya itu, Da. Mungkin juga tidak punya ponsel pintar”

Hmm, bisa jadi juga, tapi toh menikmati layanan Tanya Veronika Asisten Virtual tidak harus lewat ponsel pintar kok. Saya akan jelaskan cara-cara bertanya pada Veronika nanti.

“Kok nanti?”

Ya, sebelum mencecar Veronika dengan berbagai pertanyaan, tentu akan lebih baik jika kita kenalan atau ta’aruf-an dulu dengan si doi, bukan?

Apa atau Siapa Itu Veronika?

Awal-awal tahu bahwa Telkomsel merilis chatbot atau asisten virtual mereka dulu, saya sontak berpikiran “bagus juga nama chatbot-nya”. Tapi sebuah pertanyaan pun muncul: kenapa namanya Veronika? Kenapa bukan nama cowok saja seperti Bambang, Anto, Budi dan sebagainya. Eh.

Usut punya usut, ternyata Veronika berasal dari Veronica. Nama atau sebutan VERONiCA ini adalah singkatan dari Voice Response and Info Care yang merupakan sistem penjawab ketika ponsel mati atau sedang berada di wilayah yang belum terjangkau sinyal. Veronica menjawab telpon dari penelpon ke nomor kita dan mempersilakannya untuk meninggalkan pesan yang akan disampaikan ke pemilik ponsel ketika ponsel itu hidup atau terhubung dengan sinyal.

Zaman berubah dan teknologi semakin maju, Veronica mendapatkan pembaruan dan peningkatan dengan menjadi Asisten Virual Telkomsel yang dinamakan Veronika. Kini Veronika tidak cuma menggantikan pengguna untuk mengangkat telpon atau menerima pesan saat mereka tidak terhubung, melainkan juga menerima pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan terkait layanan Telkomsel itu sendiri.

perkembangan asisten virtual telkomsel veronika

Sederhananya, Veronika adalah chatbot atau Asisten Virtual Telkomsel yang dibangun dengan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan untuk membantu pelanggan Telkomsel mendapatkan informasi terkait layanan provider seluler terbesar di Indonesia ini. Layanan Veronika pertama kali diluncurkan pada 24 Agustus 2017 lalu.

Sampai di sini, teman-teman pembaca sudah mengenal apa atau siapa itu Veronika, bukan?

Omong-omong, saya kayaknya juga sudah dapat alasan kenapa nama dan avatar asisten virtual Telkomsel itu cewek. Karena memang dasarnya, sejak zaman masih manual, customer service di call center Telkomsel itu sudah cewek (sejauh pengalaman saya), perempuan tentu juga lebih telaten dan sabar menghadapi berbagai tipe pelanggan.

Bagaimana menurut, Anda?

Kemudahan yang Veronika Tawarkan untuk Pengguna

Agaknya kita tidak perlu bertanya apa motivasi Telkomsel dalam mengembangkan asisten virtual tersebut. Pun ditanyakan, jawabannya tentu saja untuk menawarkan kemudahan bagi pengguna. Pasalnya, asisten virtual Veronika bisa stand by 24 jam setiap hari untuk membantu pelanggan setia Telkomsel. Katakanlah, Veronika layaknya mbak-mbak petugas di GraPARI virtual yang jam operasionalnya tidak dibatasi jam kerja.

–itu artinya Veronika tersedia untuk Anda selama 24/7 alias setiap waktu!

Kemudahan yang diberikan Telkomsel melalui Veronika tidak hanya ia yang sedia mendengarkan Anda kapanpun juga, melainkan juga beberapa keunggulan lainnya.

Yang tak kalah penting dari sebuah layanan asisten virtual adalah kemudahan akses dan kanal yang dapat digunakan. Beruntungnya Veronika menyediakan kedua hal itu, layanannya juga fast response banget.

Memulai interaksi atau percakapan dengan Veronika sangat mudah, kita cukup mengetik “Hai”, “Halo”, atau pilih menu “Quick Response” yang telah disediakan. Setelah itu Anda juga bisa menggunakan kata-kata spesifik terkait layanan, seperti misalnya “Cek pulsa”, “Masa aktif” dan sebagainya. Psst, Anda juga bisa mengetikkan kata “Promo” untuk dapat promo menarik lho. Kali aja ada paket internet murah yang terbatas gitu. Ha ha ha. Itu mah harapan saya banget.

Oh ya, soal kanal yang dapat digunakan cukup banyak. Anda bisa mengaksesAsisten Virtual Telkomsel melalui beberapa kanal berikut ini :

  • Facebook Messenger di halaman ‘Telkomsel’
  • Telegram di @Telkomsel_official_bot
  • LINE dengan akun @Telkomsel
  • WhatsApp Telkomsel Virtual Asisten dengan nomor 0811-1111-1111
  • Situs web www.telkomsel.com
  • Aplikasi MyTelkomsel

Lantas, bagaimana cara menghubungi Veronika melalui kanal-kanal di atas? Tentang cara-caranya saya bahas di bawah ya.

Cara Mudah Tanya Veronika Asisten Virtual

Kesungguhan Telkomsel menyediakan banyak kanal agar pelanggan dapat tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel benar-benar patut diapresiasi. Itu sangat membantu, terutama pagi pengguna smartphone kentang seperti saya misalnya. Sebagian besar orang tentu berharap bisa memasang berbagai aplikasi di ponsel mereka, tapi apalah daya perangkat sering “menjerit” meski hanya dipasangi WhatsApp saja. Untunglah kanal WhatsApp bisa digunakan untuk berinteraksi dengan Veronika.

“Tapi bagaimana dengan yang tidak punya smartphone, Da?”

Tentang saja, yang tidak punya bisa mengakses Veronika Telkomsel via situs web. Lengkapnya, berikut beberapa cara akses Veronika melalui kanal-kanal yang ada.

Facebook Messenger

Untuk mengakses Veronika melalui kanal di Facebook, Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini :

  • Buka Facebook dan login terlebih dahulu
  • Cari halaman “Telkomsel” di kolom pencarian, jika sudah ketemu Anda boleh klik “Suka” juga
  • Klik tombol “Kirim Pesan” untuk membuka chat via Messenger
  • Selain itu, Anda juga bisa membuka langsung aplikasi Messenger dan cari “Telkomsel” lalu klik “Kirim Pesan”
  • Buka percakapan dengan “Hai” atau “Halo”
  • Isikan nomor telepon Anda untuk pelayanan maksimal
  • Klik link yang dikirimkan ke nomor Anda melalui SMS
  • Tanya Veronika apa yang ingin Anda tahu atau ketik “Menu” untuk melihat menu layanan

Setelah saya coba, mengontak Veronika via Facebook Messenger cukup mudah. Hanya saja menu yang ditampilkan terbatas pada “Jelajah Porduk Telkomsel” dan “Pulsa, Tagihan dan Telkomsel POIN”.

WhatsApp

Veronika juga bisa diakses melalui WhatsApp, agaknya hampir semua kita punya WhatsApp di ponsel kita. Nah, berikut caranya:

  • Simpan nomor HP nya Veronika dulu, biar gampang kontak-kontakan kemudian hari ini. Nih nomornya 0811-1111-1111, boleh dibagikan ke saudara atau bahkan tetangga
  • Buat percakapan baru dengan kontak Veronika yang sudah Anda simpan itu.
  • Kirim teks “Hai” dan “Halo” sebagai pembuka pesan. Please, jangan pakai “p” baik dengan huruf kecil atau besar!
  • Sebutkan apa yang bisa Veronika bantu untuk Anda

Bertanya pada Veronika via WhatsApp menurut saya ada kelebihannya tersendiri. Dari yang saya coba, Veronika sudah langsung mengenali nomor kita dan memberikan info masa berlaku, sisa pulsa, sisa kuota dan tier pengguna. Veronika juga langsung menawarkan pilihan menu seperti Isi pulsa, beli paket, tukar poin, kirim paket untuk teman, ganti karut dan bantuan lainnya.

LINE

Aplikasi perpesanan LINE yang kebanyakan digunakan oleh anak-anak muda juga bisa menjadi sarana penghubung Anda ke Veronika lho, begini caranya:

  • Buka aplikasi LINE terlebih dahulu
  • Cari akun LINE Telkomsel di @Telkomsel
  • Buka dan mulai percakapan dengan “Hai” dan “Halo” terlebih dahulu
  • Silakan bertanya tentang layanan Telkomsel via Veronika

Telegram

Telegram juga bisa jadi kanal untuk menghubungi Veronika lho. Memang Veronika ini tidak sombong ya, bisa dihubungi kapan saja, di mana saja dan lewat berbagai aplikasi. Berikut cara menghubungi Veronika lewat Telegram:

  • Buka aplikasi Telegram, kemudian carilah akun @Telkomsel_official_bot (Telkomsel Care)
  • Pilih akun tersebut lalu klik “Start”
  • Anda bisa mengisikan nomor telepon Anda terlebih dahulu
  • Kirimkan ke ruang chat kode rahasia yang Veronika kirimkan via SMS
  • Tanyakan kebutuhan Anda pada Veronika

Untuk mengakses menu layanan melalui kanal Telegram, Anda bisa mengetikkan “Menu” hingga berbagai opsi muncul dan Anda tinggal pilih yang Anda butuhkan.

Situs Web Telkomsel

Bagi Anda yang karena satu dan lain hal tidak bisa menghubungi Veronika melalui kanal di perangkat mobile, Anda bisa kok bertanya pada Veronika melalui situs web. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs web Telkomsel di www.telkomsel.com
  • Klik tombol yang bergambar avatar Veronika, itu lho perempua berbaju merah, di kanan bawah
  • Mulailah percakapan dengan “Hai” atau “Halo”.
  • Veronika akan meminta nomor telepon Anda. Kasih saja, jangan jual mahal.
  • Kirimkan ulang kode rahasia yang dikirimkan Telkomsel via SMS ke ruang chat dengan Veronika
  • Anda bisa bertanya sesuatu terkait layanan Telkomsel setelah itu

Aplikasi MyTelkomsel

Kanal terakhir yang bisa Anda gunakan untuk menghubungi Veronika adalah aplikasi MyTelkomsel di ponsel pintar Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel, jika belum punya boleh unduh dulu
  • Temukan menu Tanya Veronika di bagian Customer Service
  • Mulai percakapan dengan “Hai” atau “Halo”
  • Tanyakan apa yang ingin Anda tahu dari Veronika, tentu terkait layanan Telkomsel ya

 

Anda bisa memilih mana di antara 6 kanal di atas yang paling mudah dan nyaman Anda gunakan. Mau kanal manapun, Anda bisa tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel sepuasnya dengan mudah.

Pengen Tanya Asisten Virtual Veronika? Ini Fungsi dan Fitur-fiturnya

Jika Anda telah terhubung dengan Veronika melalui salah satu (atau bahkan lebih) dari kanal di atas tadi, Anda bisa menikmati fungsi dan fitur-fitur dari Asisten Virtual Telkomsel tersebut. Namun, agar dapat menggunakan layanan asisten virtual dengan maksimal, Anda perlu memasukkan kode rahasia atau kode verifikasi (OTP) yang sempat saya singgung tadi.

Tapi perlu diingat, kode verifikasi hanya berlaku selama 3 menit, jika lewat dari itu, Anda harus meminta ulang pengiriman kode. Selain itu, kesalahan pemasukkan kode hanya dibatasi hingga 3 (tiga) kali. Jika sudah salah sampai 3 kali, layanan Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama 5 menit. Layanan juga akan terblokir selama 5 menit jika pemintaan kode verifikasi sudah mencapai 3 kali. Ya, lima menit masih sebentar sih. Asal kita tidak salah memasukkan kode OTP sebanyak 9 kali, soalnya interaksi dengan Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama 1×24 jam.

Nah, sekarang saatnya saya jelaskan apa saja fungsi dan fitur-fitur dari Veronika, Asisten Virtual Telkomsel. Kalau fungsinya tentu untuk memberikan layanan pelanggan secepat dan semudah mungkin. Lebih lanjut, apa saja fitur yang ditawarkan? Jika Anda mengakses di kanal-kanal berbeda, menu dari layanan mungkin akan berbeda juga. Hanya saja, jika disarikan, inilah fitur-fitur yang bisa kamu gunakan dalam layanan tanya Veronika asisten virtual.

Promosi

Veronika bisa memberikan informasi mengenai promosi terbaru dari Telkomsel pada Anda. Dengan ini, Anda tidak akan kelewatan promosi-promosi yang memanjakan pelanggan, bukan?

Pulsa, Tagihan dan Telkomsel POIN

Informasi mengenai pulsa, tagihan dan Telkomsel POIN tentu sangat dibutuhkan bagi pelanggan. Secara manual, memang Anda bisa menghubungi *888# dengan ponsel, tapi Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai pulsa, tagihan dan Telkomsel POIN dengan bertanya pada Veronika. Baik itu membeli pulsa hingga menukarkan POIN.

Jelajahi Produk Telkomsel

Fitur ini akan memberikan Anda akses untuk menjelajahi produk-produk Telkomsel yang ada, seperti simPATI, KARTU As, LOOP dan kartuHalo. Anda bisa memilih produk mana yang ingin Anda ketahui lebih dalam. Veronika akan menampilkan menu lanjutan yang terkait dengan pilihan Anda.

Profil Pengguna

Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai akun Anda. Saat saya mencoba fitur ini, tidak ada jawaban, sepertinya Veronika sedang dalam tahap peningkatan ya.

Informasi GraPARI terdekat

Veronika juga bisa memberikan Anda informasi mengenai GraPARI terdekat dari lokasi Anda. Untuk mengakses info ini, Anda bisa mengetikkan “GraPARI Terdekat” kemudian gunakan fitur “Share Location”.

Ganti Kartu

Anda juga bisa mendapatkan layanan ganti kartu melalui Veronika. Ada beberapa poin-poin yang harus diperhatikan terkait layanan ini. Jika nomor Anda tidak terhubung dengan layanan perbankan, proses ganti kartu bisa dilakukan secara online saja. Jika terhubung, harus melalui GraPARI terdekat.

Kirim Paket untuk Teman

Veronika juga memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin berbuat baik. Tepatnya mengirimkan paket pada teman, keluarga atau kenalan Anda. Veronika akan meminta Anda memasukkan nomor orang yang ingin dikirimi paket, setelah itu Anda bisa memilih mengirimkan pulsa atau paket.

Bantuan Lainnya

Beberapa bantuan lain juga bisa Anda akses melalui ruang chat dengan Veronika. Tentunya bantuan yang berguna pagi pelanggan. Seperti akses untuk menghubungi Customer Service dan sebagainya.

fitur tanya veronika asisten virtual

Oh ya, saat berinteraksi dengan Veronika, mungkin Anda ingin membatalkan fitur tertentu, baik untuk menyudahi percapakan atau mengganti fitur. Anda bisa mengetikkan “Batal” atau “Cancel” untuk mengakhiri topik pembicaraan.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam menggunakan layanan tanya Veronika asisten virtual ini adalah tetap berkomunikasi dengan sopan alias berakhlak. Jangan mentang-mentang kita tahunya Veronika adalah chatbot, terus bisa berkomunikasi seenaknya. Hmm, tidak seperti itu juga.

Telkomsel sendiri memberikan beberapa ketentuan terkait layanan asisten virtual mereka. Seperti dilarang menggunakan bahasa kasar, berbau vulgar atau pornografi dan tidak etis. Telkomsel juga melarang tindakan merusak nama baik dan merugikan orang atau badan lain. Termasuk melakukan spamming pada layanan asisten virtual Telkomsel.

Di samping itu, jangan kirimkan konten yang termasuk dalam kategori pornografi, melakukan akses ilegal serta memberikan informasi palsu yang merugikan pihak lain. Intinya harus sesuai dengan hukum dan nilai-nilai yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Kesudahannya

Nyatanya, tak ada seorang pun yang bisa menahan laju dan perkembangan zaman. Berbagai kemudahan datang dan dikembangkan untuk membuat pengguna menjadi lebih terbantu. Peluang dan teknologi chatbot dulunya mungkin masih jarang, tapi sekarang berbagai industri mulai menggunakannya, tidak terkecuali Telkomsel dengan asisten virtual mereka bernama Veronika.

Sebagai pengguna Telkomsel sedari awal kuliah hingga alhamdulillah tamat kuliah S3, saya setiap menggunakan nomor Telkomsel. Sebagai pelanggan saya bahagia dengan adanya Veronika. Meskipun memang harus banyak peningkatan dari Veronika versi sekarang. Nah, jika Anda adalah pengguna Telkomsel juga, yuk rasakan kemudahan dengan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel yang siap sedia 24 jam untuk Anda.[]

4 pemikiran pada “Tanya Veronika Asisten Virtual, Chatbot Kece dari Telkomsel”

  1. wah aku juga pengguna telkomsel, uda. layanan asisten virtual veronica ini memang membantu banget ya. bisa diakses lewat kanal apapun. gak sebatas wa doang. keren nih, telkomsel makin inovatif dan solutif. eh kok kayak bu Tejo, tim solutif. hehe…

    Balas
  2. Waah kereen … hampir setahun ini kartu telkomsel saya nggak diaktifkan. Sebab signal di kampung sangat jelek. 4G saya dapat kalau nangkring di sawah. Kalau tahu ada veronika ini mungkin saya bisa tanya-tanya soal ini ya Uda. hihi

    Apalagi bisa chat di wa, nggak pusing-pusing amat sama jaringan. H+ juga bisa terkirim pesannya.

    Balas
  3. Saya sebagai pengguna telkomsel juga, sangat mudah untuk mengakses beberapa informasi atau fitur yang disediakan Veronika ini, saya biasanya menggunakan fitur chat yang ada di aplikasi MyTelkomsel

    Balas
  4. Suka banget dengan kehadiran si veronika ini. Soalnya aku tipe orang yang jarang ada pulsa. Xixixi.. jadi kalau males banget kalau laporan mesti nelpon. Nah, klw sekarang tinggal buka aplikasi my Telkomsel aja. Bisa ngandelin paket data or wifi

    Balas

Tinggalkan komentar

error: