Home » 8 Cara Memilih Earphone yang Bagus dan Berkualitas

8 Cara Memilih Earphone yang Bagus dan Berkualitas

cara memilih earphone yang bagus

Earphone adalah salah satu aksesoris gawai yang umum bagi pengguna. Perangkat speaker mini yang disematkan ke telinga pengguna ini memudahkan mereka untuk menikmati audio secara pribadi. Ukurannya yang kecil dan portabel membuat pengguna lebih menyukai earphone ketimbang headset atau perangkat audio lainnya. Namun agar bisa mendapatkan earphone yang baik, ada lho cara memilih earphone yang bagus lagi berkualitas.

Oh ya, apa kabar Anda hari ini? Belakangan saya jadi suka menulis tentang teknologi dan gawai. Jika sebelumnya saya menulis tentang power bank, kali ini saya menulis tentang earphone. Jika kita membandingkan keduanya, mana yang lebih Anda butuhkan, apakah earphone atau power bank? Ah, tidak usah dijawab, yuk simak lebih lanjut artikel tips memilih earphone ini.

Cara Memilih Earphone yang Bagus

Faktanya, ada banyak sekali merek dan jenis earphone di pasaran, namun tidak semuanya berkualitas. Apalagi earphone yang dijual sangat murah, kita tidak bisa berharap lebih agar ia bisa menampilkan suara yang berkualitas. Namun jangan khawatir, ada juga earphone berkualitas yang harganya cukup terjangkau kok. Berikut tips atau cara memilih earphone yang bagus dan berkualitas tersebut.

Tentukan model earphone yang dibutuhkan

Sebelum tips atau cara membeli earphone lainnya, hal pertama yang saya sarankan adalah menentukan jenis atau model dari earphone yang Anda butuhkan. Secara umum, kita mengenal 2 jenis earphone berdasarkan bentuknya, yaitu IEM dan earbud.

IEM atau in-ear monitors adalah earphone yang langsung menutupi saluran telinga pengguna, sedangkan earbud hanya menutupi bagian luar dari telinga. Keduanya sama bagusnya, namun tentu setiap orang memiliki preferensi berbeda sesuai kenyamanan masing-masing.

perbedaan earphone iem dan earbud

Selain soal bentuk, Anda juga bisa memutuskan apakah ingin membeli earphone dengan kabel atau nirkabel seperti earphone bluetooth. Earphone dengan kabel tidak perlu pengecasan dan bisa dipakai kapan pun juga, sebaliknya earphone nirkabel harus dicas terlebih dahulu sebelum Anda memakainya.

Cek spesifikasi earphone

Setelah memilih model tertentu, selanjutnya Anda bisa mengecek spesifikasi dari earphone tersebut. Spesifikasi paling umum dari sebuah earphone adalah jarak frekuensi suara yang bisa diproses. Kebanyakan earphone memiliki frekuensi di rentang 20 – 20.000 Hz, selama suatu earphone memiliki rentang frekuensi ini, ia baik untuk Anda pilih.

Memang ada juga earphone yang rentang frekuensinya lebih lebar, misal 5 – 30.000 Hz. Rentang yang lebih lebar ini memungkinkan peningkatan kualitas suara tetapi tidak selalu, pasalnya frekuensi bukan satu-satunya parameter yang menentukan kualitas suara. Beberapa spesifikasi lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah berat, impendansi, hingga ukuran driver.

Perhatikan juga sensitivitas terhadap suara

Sebuah earphone juga memiliki tingkat sensitivitas terhadap suara yang berbeda antara satu produk dengan produk lainnya. Secara umum, sensitivitas yang baik bagi sebuah earphone adalah yang berada di rentang 80-125 dB. Ada memang beberapa earphone yang memiliki sensitivitas di atas itu, namun itu biasa menghasilkan suara yang bisa merusak driver earphone dan telinga pengguna.

Lagi pula, fungsi earphone pada dasarnya adalah untuk mendengarkan audio tanpa terdengar oleh lingkungan, bukan?

Utamakan yang memiliki noise cancellation

Noise cancellation adalah teknologi yang mencegah suara dari luar tidak masuk ke dalam perangkat audio sehingga tidak mengganggu suara yang perangkat hasilkan. Berbagai headset kekinian, terutama segmen harga menengah ke atas, memiliki teknologi satu ini.

Jika ingin mendapatkan kualitas suara yang baik, saya sangat menyarankan untuk memilih earphone yang memiliki teknologi noise cancellation atau noise cancelling ini. Memang pada umumnya harga earphone tersebut akan lebih mahal, tapi itu setara dengan kualitas audio yang bisa Anda dapatkan.

Pilih yang original dari merek terbaik

Cara memilih earphone yang bagus selanjutnya adalah membeli hanya produk yang original alias asli bukan KW. Selain itu, Anda juga bisa memilih merek-merek terbaik agar mendapatkan earphone kualitas baik. Nah, terkait ini ada beberapa merek yang sudah berpengalaman di bidang earphone.

Saya akan lampirkan di bawah ini merek earphone terbaik versi saya. Terbaik di sini berdasarkan hasil riset saya di internet ya. Saya pribadi belum mencoba produk dari semua merek di bawah (kecuali Xiaomi). Saya juga tautkan dengan toko resmi mereka di Shopee, jadi Anda bisa melihat-lihat dulu.

Cermati ulasan dari pengguna

Meskipun sudah menemukan merek yang ingin Anda beli, serta model yang menarik hati Anda, bukan berarti Anda bisa segera memasukkan ke keranjang. Hal bijak yang bisa Anda lakukan sebelum itu adalah mengecek ulasan dari pembeli atau pengguna produk tersebut.

Belilah earphone yang mendapatkan banyak ulasan positif dari penggunanya. Jika Anda membeli di marketplace, Anda bisa melihat bintang atau teks ulasan dari para pembeli. Belilah yang bintangnya 4 ke atas. Itu cara terbaik yang bisa kita lakukan.

Pilihlah produk earphone yang bergaransi

Produk-produk dari merek besar umumnya melalui proses quality control atau pengecekan kualitas sebelum produsen memasarkannya. Namun itu bukan berarti tidak ada produk mereka yang cacat dari pabrik, oleh karenanya akan sangat baik untuk membeli produk yang memiliki garansi.

Beberapa produk earphone dari merek yang saya lampirkan tadi ada yang bergaransi hingga 1 tahun lho. Garansi ini cukup membuat kita tenang kalau-kalau barang rusak nantinya. Berkat garansi, ada kemungkinan komplain untuk memperbaiki atau mengganti dengan yang baru. Asalkan rusaknya bukan karena kesalahan pengguna.

Sesuaikan dengan budget Anda

Tips terakhir dalam cara memilih earphone yang berkualitas adalah sesuaikan earphone yang ingin Anda beli dengan ketersediaan budget. Memang sering kali ada hasrat kita untuk membeli produk mahal seperti Apple AirPods (<– jangan diklik nanti mupeng), tapi sebaiknya kita mendahulukan kebutuhan dari pada keinginan. Kecuali jika Anda punya budget yang berlebih dan harga jutaan itu bukan masalah besar bagi Anda.

Toh di marketplace banyak kok produk earphone yang harganya mulai puluhan ribu saja. Jika ada dana yang lebih, tidak ada salahnya membeli earphone yang harganya 100 ribuan untuk pengalaman audio yang lebih baik.

Akhirnya, setiap orang punya selera masing-masing dalam memilih earphone untuk menemani aktivitas mereka. Beberapa cara memilih earphone yang bagus tadi bisa Anda coba terapkan agar bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau saya pribadi saat ini menggunakan Mi True Wireless Earphone 2, meskipun tidak menggunakannya di perangkat Xiaomi, ia tetap menghasilkan suara yang sangat baik. Lebih dari itu, produk tersebut bisa saya gunakan di 2 perangkat, jadi bisa berbagi dengan istri, hehe.

Well, terima kasih sudah membaca hingga sejauh ini. Selamat memilih earphone yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Salam semangat.[]

Cek earphone di Shopee

Bagikan yuk:

9 tanggapan pada “8 Cara Memilih Earphone yang Bagus dan Berkualitas”

  1. selama pandemi ini penggunaan gadget sangat sering sekali, mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, apalagi kalau ada meeting” organisasi earphone ini benda wajib yang harus di gunakan. setuju banget harus memilih produk yang ori soalnya banyak kasus beli murah tapi cepet rusak, bukannya tambah hemat malah keluar dana banyakk haadeh

  2. Pakai pilihan model earphone ini emang mesti yang nyaman di telinga dan memberikan suara yang bagus ya. Kalau saya jarang pakai earphone, lagi ngezoom pun pakai speaker laptop hehehe… Kalau ada teman kerja di ruangan, baru deh pakai. Saya pakai Redmi Airdots

  3. Well, aku tidak pernah memusingkan mau memilih spesifikasi earphone yang bagaimana sih? Biasanya aku akan membeli earphone sesuai dengan merk ponsel yang aku gunakan. Jadi, bagaimana spesifikasi earphone malah nggak tahu sama sekali, uda. Tapi emang sih, karena sembarangan beli biasanya earphone nya suka yang nggak tahan lama gitu. Alias cepet rusak. Hehehe

  4. JBL ini merk yang terkenal. kalau saya suka earphone yang tidak sakit di telinga. bahannya ada lapisan empuknya. sehingga nyaman kalo dipake dalam waktu lama. makasih kak informasinya

  5. Cuma pernah nyoba earphone model bando. Lebih nyaman buat yang berhijab. Model lain juga punya tapi bawaan handphone.

    Makasih udah d infoin merk2 earphone yang bagus. Referensi buat nanti kalau mau beli.

  6. Wiwin | Pratiwanggini.Net

    So far saya ga pernah beli earphone, sudah cukup pake earphone bawaan hape waktu beli. Kebetulan juga saya jarang banget pake earphone. Namun yang penting buat saya saat pake earphone adalah nyaman di telinga, enggak terasa ngganjel gitu…

  7. Paling sebel sama earphone yang earbuds-nya gak nyaman. Apalagi buat emak-emak yang pake earphone berjam-jam malam hari sambil nonton 1-3 episode drakor di HP. Sengaja pake earphone biar si anak yg udah pules gak kebangun. Kekeke. Makanya buat uni, earphone itu salah satu investasi buat menyenangkan diri sendiri. Uni pasti beli yg bagus buat earphone. JBL bagus, McDodo juga bagus, tapi kayaknya belum masuk list Uda Fadli di atas. Gak papa mahal, asal pakenya long last.

  8. Earphone yang baik disarankan yang memiliki frekuensi 20 – 20.000 Hz ya, noted. Trus dari kelima jenama yang direkomendasikan di atas, saya familiernya ama earphone Sony. Tfs yaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *