Home » 8 Cara Memilih Headset Bluetooth yang Bagus

8 Cara Memilih Headset Bluetooth yang Bagus

cara memilih headset bluetooth yang bagus

Dibanding headset kabel, saya pribadi lebih senang menggunakan headset bluetooth. Alasan utamanya adalah karena saya tidak harus di sekitar handphone ataupun laptop. Saya bisa berpindah-pindah asalkan masih ada di dalam jangkauan bluetooth-nya. Pernah suatu ketika saya menjemur pakaian di garasi sambil mendengarkan audio dari HP yang terletak dalam rumah. Pokoknya fleksibel banget.

Anda tentu punya alasan tersendiri ketika ingin membeli sebuah headset bluetooth. Terlepas dari apapun alasan Anda, kali ini saya ingin membagikan tips atau cara memilih headset bluetooth yang bagus agar Anda bisa mendapatkan produk yang Anda inginkan.

Tanpa berpanjang-panjang lagi, mari simak lebih lanjut.

Cara Memilih Headset Bluetooth yang Bagus

Memilih produk elektronik terbaik itu memang agak tricky. Jika tidak cermat, Anda bisa saja membeli produk yang tidak berkualitas dan mudah rusak. Tentu itu akan sangat merugikan, bukan? Uang yang sudah kita investasikan untuk produk tersebut bisa menguap entah ke mana. Kalaulah harus membeli lagi, keluar uang lagi. Oleh karena itu, beberapa tips membeli headset bluetooth yang bagus berikut ini layak Anda pertimbangkan.

Cermati Fitur yang Dibutuhkan

Ketimbang pusing dengan beragam poin spesifikasi sebuah headset, ada baiknya Anda fokus untuk mencermati fitur yang Anda butuhkan. Misalnya, karena ini adalah headset bluetooth, jangkauan atau jarak transmisi bluetooth-nya tentu harus dipertimbangkan, bukan? Umumnya 10 meter, kalau lebih rendah dari itu saya tidak sarankan.

Selain itu, jika Anda ingin mendengarkan audio yang jernih, pilih juga headset bluetooth yang memiliki fitur noise reduction. Kemudian lihat juga versi Bluetooth-nya, sebisa mungkin pilih yang versi 5.0. Adapun beberapa fitur lainnya itu tergantung Anda butuhnya apa, cuma kalau saya akan mempertimbangkan headset dengan mikrofon ganda dan mendukung mode single ear biar bisa dipakai 2 orang berbeda dan dihubungkan ke perangkat berbeda.

Maunya yang hemat gitu, hehe. Kabar baiknya, headset bluetooth yang memenuhi kriteria di atas tidak mahal-mahal banget kok. Contohnya Mi True Wireless Earbuds Basic 2, hanya 200 ribuan di platform Shopee. Produk resmi dan bergaransi. Pengen intip? Klik saja link di bawah.

Klik di sini untuk kepo

Pilih Jenis dan Desain yang Tepat

Ada banyak jenis headset yang bisa Anda pilih, sebagai contoh ada over-ear headset yang menutupi daun telinga itu. Selain itu ada on-ear headset yang hampir sama dengan over-ear namun hanya menempel di daun telinga. Sedangkan yang mungil ada earbud yang menyangkut di depan lubang telinga, serta in-ear yang menutupi lubang telinga. Mana yang harus dipilih sebenarnya tergantung preferensi kenyamanan Anda.

Selain jenis, Anda juga perlu mempertimbangkan desain. Ada headset bluetooth bertipe earbud tanpa kabel, ada juga yang memiliki kabel yang menghubungkan keduanya dengan tombol pengontrol suara di tengahnya. Macam-macam deh pokoknya, jadi menimbang ini penting nih.

Cuma kalau saya pribadi lebih suka earbud atau in-ear headset yang menempel di lubang telinga. Ia lebih ringan sehingga tidak memberatkan dan bisa dipakai di berbagai posisi tubuh.

Pilih yang Baterai Tahan Lama

Headset bluetooth tidak memiliki kabel dengan jack yang terhubung ke perangkat, ia menggunakan daya baterai untuk bisa hidup. Karena itulah, daya tahan baterai harus jadi pertimbangan utama Anda dalam memilihnya. Umumnya headset bluetooth bisa bertahan sekian jam jika kita pakai mendengarkan audio saja. Tapi kebutuhan kita nyatanya bukan hanya itu kan?

Ada baiknya untuk memperhatikan ketahanan baterai saat memakainya untuk menelpon. Selain itu, durasi pengecasan juga layak untuk Anda pertimbangkan. Yang lebih tahan lama tentu lebih baik.

Cek Kompatibilitas

tips memilih headset bluetooth

Merek atau tipe sebuah gadget dapat menentukan apakah sebuah headset bisa cocok dengannya atau tidak. Anda harus mempertimbangkan kompatibilitas ini juga agar kualitas suara yang dihasilkan menjadi lebih baik. Pasalnya, perangkat tertentu memiliki jenis codec tertentu pula.

Sebagai contoh, perangkat dengan sistem operasi iOS seperti iPhone menggunakan codec Advance Audio Coding (AAC), namun sistem operasi Android menggunakan codec apt-X. Jadi kalau headset bluetooth yang Anda beli tidak mendukung salah satu atau bahkan kedua codec tersebut, ia memang masih bisa terhubung ke perangkat namun tidak bisa mencapai kualitas suara terbaiknya.

Harga Menentukan Kualitas

Omong-omong soal kualitas, harga sudah pasti berbanding lurus dengan kualitas sebuah produk. Nyatanya ada banyak sekali headset bluetooth yang harganya cuma puluhan ribu, tapi kita tidak bisa berharap lebih pada produk di harga tersebut.

Berkenaan dengan ini, saya sangat menyarankan Anda menentukan budget yang ingin Anda gunakan untuk membeli headset itu dulu. Jika sudah, Anda akan lebih mudah dalam memilihnya. Pun jika mencari headset bluetooth di marketplace, bisa gunakan filter harga pada rentang tertentu.

Lebih lanjut, saya tidak menyarankan Anda untuk membeli headset yang terlalu mahal, apalagi jika harganya melebihi harga perangkat yang Anda gunakan. Belilah yang memiliki harga masuk akal, terutama jika Anda hanya butuh itu untuk mendengar audio dan menelpon secara normal.

Pastikan Produk Original dan Resmi

Jika Anda benar-benar ini memilih headset bluetooth yang bagus, cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memastikan produk yang Anda pilih adalah original dan resmi. Original saja tidak cukup, toh banyak produk ori yang beredar di pasar gelap, dengan kata lain tidak memiliki izin edar yang resmi.

Saat membeli headset bluetooth original dan resmi, Anda telah mendukung jalannya hukum dengan baik. Jual-beli produk palsu sangat dilarang di negeri ini, selain itu produk resmi sudah disertai pajak yang dapat akan jadi pemasukkan negara. Dan yang lebih penting, produk original dan resmi memiliki garansi resmi juga.

Nah, cara paling gampangnya untuk ini adalah membeli produk dari merek resmi dan toko resmi. Berikut beberapa merek dan toko resmi headset bluetooth yang bisa Anda temukan di Shopee. Saya sertakan link nya juga.

Cek Masa Garansi dan Layanan Purna Jual

Berkaitan dengan poin sebelumnya, kita juga perlu memperhatikan masa garansi dari sebuah produk headset. Pilihlah produk yang jelas masa garansinya, entah 6 bulan, 12 bulan, dan sebagainya. Dengan adanya garansi produk resmi, kita bisa menggunakannya dengan perasaan tenang. Sebab jika rusak dari pabrik, bisa klaim untuk perbaikan atau bahkan ganti baru.

Selain itu, ada baiknya memilih produk dari merek yang memiliki layanan purna jual yang baik. Misalnya ada kontak yang bisa kita hubungi ketika ada masalah dengan produk mereka.

Baca juga: 8 Cara Memilih Earphone yang Bagus dan Berkualitas

Pertimbangkan Ulasan Pengguna

The last but not least, perhatikanlah ulasan pengguna jika Anda membeli headset bluetooth secara online. Perhatikan rating dan komentar pembeli. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk melihat ulasan atau review di YouTube dan sebagainya.

Nah, bagaimana sekarang? Siap untuk mencari headset bluetooth idaman? Jika iya atau ingin “cuci mata” dulu. Anda boleh klik link di bawah untuk melihat-lihat model dan harga headset bluetooth di marketplace Shopee.

Cek headset bluetooth di Shopee

Agaknya 7 cara memilih headset bluetooth di atas akan cukup membantu Anda menemukan produk yang Anda inginkan. Jika pada akhirnya Anda menemukan headset idaman namun harganya cukup lumayan, jika ada budget yang cukup tidak ada salahnya untuk membelinya. Lebih baik kalah dalam membeli tapi menang dalam memakai.

Akhir kata, semoga tips yang saya berikan bermanfaat. Semoga Anda menemukan headset bluetooth terbaik untuk menemani aktivitas Anda.

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *