Lompat ke konten
Home ยป Cara Menggunakan HDMI Dongle ke TV dengan Mudah

Cara Menggunakan HDMI Dongle ke TV dengan Mudah

cara menggunakan hdmi dongle ke tv

Suatu ketika saat pulang kampung, ibu mertua menyuruh kami untuk membawa satu unit TV yang tidak terpakai. TV itu masih berupa TV model lama yang semi tabung namun telah memiliki berbagai port seperti USB dan HDMI. Sebagai orang-orang yang lebih sering menonton YouTube, kami berpikir bagaimana cara agar TV itu bisa terpakai.

Setelah mencari informasi, dapat tuh caranya yaitu dengan menggunakan HDMI Dongle. Pascadiskusi dengan istri, saya belilah satu buah HDMI Dongle merek Mediatech (tepatnya yang diimpor oleh Mediatech). Setelah menggunakannya, saya cukup puas. Di kesempatan kali ini, saya ingin berbagai cara menggunakan HDMI Dongle ke TV dengan mudah.

Barangkali informasi ini berguna bagi pembaca sekalian. Yuk simak lebih lanjut.

Apa Itu HDMI Dongle?

HDMI dongle adalah perangkat kecil yang dapat kita sambungkan pada port HDMI dari sebuah TV sehingga memungkinkan koneksi streaming Wi-Fi dari perangkat lain ke TV tersebut. Perangkat ini bisa laptop hingga ponsel pintar alias smartphone.

Kelebihan dari HDMI dongle adalah penggunaannya mudah serta harganya relatif lebih murah. Namun HDMI dongle juga memiliki kekurangan yaitu waktu pairing atau penyambungan yang cukup lama serta jarak jangkauan jaringannya yang terbatas. Sambungan menjadi buruk jika perangkat dan TV berada di ruangan berbeda.

Namun terlepas dari itu, HDMI dongle merupakan solusi bagi orang-orang yang ingin menjadikan TV sebagai layar ekstra (yang lebih besar tentunya), baik untuk berhibur, bermain gim, atau keperluan lainnya. Lagi pula, cara menggunakan HDMI dongle ini tidak susah kok. Anda bisa mencobanya, bahkan oleh anak remaja.

Cara Menggunakan HDMI Dongle

Setelah menggunakan HDMI dongle selama beberapa bulan, saya mendapatkan pengalaman yang cukup baik. TV kami letakkan di ruang makan, biasanya kami menggunakannya untuk menonton YouTube sembari makan. Layar TV yang lebih besar serta speaker yang lebih menggelegar membuat pengalaman menonton menjadi lebih baik.

Jika Anda juga tertarik untuk membeli HDMI dongle, berikut cara menggunakan HDMI dongle dengan mudah alias tanpa ribet.

Cek kelengkapan HDMI dongle

Sebelum menggunakannya, cobalah mengecek kelengkapan HDMI dongle Anda. Satu setnya terdiri dari 1 buah dongle dan 1 kabel dengan port input USB type A. Kabel tersebut nantinya akan disambungkan pada port USB di TV atau menggunakan adaptor charger HP dan sebagainya.

Pada kasus TV saya, saya terpaksa harus membeli kabel ekstensi HDMI karena port HDMI TV terlalu mepet ke bodinya. Sementara itu, ukuran dongle cukup gemuk untuk dipasang langsung.

Sambungkan dongle dan hidupkan TV

Selanjutnya, sambungkanlah port dongle ke port HDMI TV Anda. Sedangkan ujung kabel USB disambungkan ke port USB TV atau menggunakan adaptor cas HP.

Setelah tersambung, cobalah untuk menghidupkan TV Anda. Atur input TV ke HDMI. Setelah itu, layar akan menampilkan tampilan utama HDMI Dongle Anycast. Ada pilihan sambungan menggunakan Anycast atau melalui metode lain. Lebih jelasnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah.

Pasang dan gunakan aplikasi Miracast

Di samping itu, ada cara lain untuk menggunakan HDMI dongle ke TV, yaitu menggunakan aplikasi casting bernama Miracast. Aplikasi ini bisa Anda temukan dengan mudah di Google Playstore.

Miracast sendiri merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan Anda untuk melakukan mirorring layar ke perangkat lain. Cara penggunaan Miracast ini juga mudah. Pertama, pencetlah tombol yang ada pada HDMI dongle Anda untuk mengalihkan mode dari AnyCast ke Miracast.

Tombol untuk switch mode AnyCast ke Miracast

Langkah selanjutnya saya tampilkan pada gambar di bawah.

Cara menyambungkan HDMI dongle dengan Miracast

Lalu beginilah hasilnya.

cara memakai hdmi dongle cara menggunakan hdmi dongle

Nah, cara menggunakan HDMI dongle ke TV itu tidak sulit, bukan? HDMI dongle sangat membantu bagi saya dan istri untuk bisa menggunakan TV kami. Kami memang sengaja mengfungsikan TV tersebut sebagai layar ekstra saat menonton via YouTube. Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti dan tampilan HP bisa di-casting dengan mudah ke TV.

Hanya saja, saya pernah mencoba menampilkan layar tontonan dari Disney Hotstar ke TV menggunakan HDMI dongle, ternyata tidak berhasil tampil, hanya layar hitam. Di samping itu, dongle juga tidak bisa menampilkan layar yang meminta kata sandi HP di TV. Kesimpulan saya, HDMI dongle tidak bisa menampilkan salinan layar yang memuat informasi sensitif dan layanan berlangganan.

Anda bisa mencoba sendiri pada TV Anda di rumah. Untuk harganya, sebuah HDMI dongle bisa Anda dapatkan mulai dari 80 ribuan di platform marketplace. Cuma pastikan Anda membeli produk original ya, meskipun sedikit mahal yang penting tahan lama. Selamat mencoba.

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *