Apa yang Dipelajari di Teknik Mesin dan Mata Kuliahnya

Sebagai lulusan atau sarjana teknik mesin, rasanya saya pengen tuh mempromosikan kepada calon atau lulusan SMA/SMK untuk masuk ke jurusan teknik mesin saja saat kuliah nanti. Adapun jualan saya adalah prospek kerja teknik mesin itu banyak banget dan daya serapnya ke dunia kerja besar. Tapi di samping menjelaskan tentang prospeknya, tentu saya juga harus menjelaskan apa yang dipelajari di teknik mesin itu, minimal secara garis besarnya gitu.

Informasi tersebut tentu akan sangat berguna bagi calon-calon mahasiswa yang ingin menjadikan jurusan teknik mesin sebagai salah satu jurusan tempat ia berkuliah nantinya. Oh ya, adapun yang ingin saya jelaskan mengenai apa yang dipelajari di teknik mesin nanti adalah hal yang umum saja ya.

“Kenapa tidak sekalian lampirkan mata kuliah yang dipelajari?”

Hmm, jika memang kamu membutuhkan itu, baiklah, saya lampirkan di bagian akhir nanti ya. Oh ya, kamu bisa menggunakan daftar isi di bawah ini untuk langsung melompat ke bagian artikel yang ingin kamu baca. Tapi saran saya, lebih baik baca semuanya agar kamu punya informasi yang lebih tentang jurusan kuliah keren satu ini.

Apa yang Dipelajari di Teknik Mesin?

Setelah saya tamat SMA dan diminta oleh keluarga masuk ke jurusan teknik mesin, saya juga kepo tuh tentang apa yang dipelajari di jurusan teknik mesin. Apakah memang seperti anggapan orang awam kalau jurusan teknik mesin itu tempat belajar untuk menjadi montir atau teknisi bengkel? Dan ternyata setelah saya pelajari betul, hal yang sebenarnya tidaklah demikian.

Di jurusan teknik mesin seorang mahasiswa akan mempelajari berbagai hal yang terbagi menjadi beberapa bagian atau kelompok. Kelompok-kelompok tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ilmu material
  • Ilmu produksi
  • Ilmu konversi energi
  • Ilmu konstruksi

Masing-masingnya akan saya jelaskan nanti, tapi sebelum itu saya akan kasih tahu terlebih dahulu beberapa ilmu umum yang juga dipelajari di jurusan teknik mesin. Berikut beberapa kelompok ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan teknik mesin:

Ilmu Umum dan Dasar

Di tahun pertama, mahasiswa akan belajar beberapa mata kuliah umum dan dasar. Mata kuliah ini sebenarnya sudah kamu pelajari saat duduk di bangku SMA. Beberapa di antaranya adalah Bahasa Indonesia, Kalkulus, Ilmu Alam Dasar, Kewarganeraan dan Pendidikan Agama.

Pelajaran teknik mesin di tahun pertama ini adalah peluang besar kamu untuk mendapatkan bekal indeks prestasi (IP) yang besar, sebab di tahun kedua dan selanjutnya umumnya IP mahasiswa akan menurun secara teratur karena semakin beratnya beban dan mata kuliah yang harus dipelajarinya.

Ilmu Material

Apa yang dipelajari di teknik mesin selanjutnya adalah ilmu material. Ilmu material ini induknya ya, di bawahnya banyak mata kuliah yang berkaitan dengan ini. Yang jelas, di bidang ilmu ini, kamu akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan rekayasa material yang bisa digunakan di dunia industri dan sebagainya. Selain menyangkut ilmu fisika, ilmu material juga mengandung materi ilmu kimia lho. Salah satu contoh mata kuliahnya adalah material teknik.

Ilmu Produksi

Di jurusan teknik mesin, kamu juga akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan bidang produksi di industri. Sebagai contoh, kamu akan belajar mengenai teknik manufaktur dan sebagainya. Hal ini sangat penting lho, karena sebagian besar sarjana teknik mesin bekerja di lini produksi suatu pabrik atau industri.

Ilmu Konversi Energi

Jika kamu adalah orang yang tertarik dengan hal-hal yang berbau energi, di teknik mesin kamu akan mempelajari hal itu. Sebagai contoh bagaimana menggunakan air agar bisa diubah menjadi energi lainnya. Di jurusan teknik mesin kamu juga akan mempelajari mengenai energi terbarukan yang bisa jadi solusi untuk mengurangi penyebab pemanasan global. Lho gimana ceritanya? Ya, karena selama ini pembangkit listrik kita masih menggunakan energi fosil yang emisinya merusak lapisan ozon.

Ilmu Konstruksi

Bagi kamu yang ingin menjadi perancang mesin, mobil, pesawat dan sebagainya, jurusan teknik mesin adalah jurusan yang cocok bagimu. Di jurusan ini kamu tidak hanya belajar tentang bagaimana membuat desain, tetapi juga menghitungnya dan merancang elemen-elemen mesin yang bisa digunakan.

Secara umum, apa yang dipelajari di teknik mesin adalah apa yang sudah saya jelaskan di atas tadi, namun jika kamu ingin tahu lebih lanjut daftar mata kuliah teknik mesin, yuk lanjutkan membaca.

Mata Kuliah Teknik Mesin

Jika kita bicara tentang mata kuliah jurusan teknik mesin, sebenarnya kurikulum yang diajarkan bisa berbeda-beda tergantung kampusnya. Hanya saja, secara garis besar mata kuliahnya sama. Nah, kali ini saya akan melampirkan mata kuliah teknik mesin di salah satu perguruan tinggi negeri, yaitu Universitas Andalas atau UNAND. Omong-omong saya sengaja mengambil Teknik Mesin Unand sebagai contoh karena saya adalah alumni di sana.

Mata kuliah teknik mesin dari Jurusan Teknik Mesin Unand adalah sebagai berikut:

Semester 1

  • Bahasa Indonesia
  • Ilmu Kealaman Dasar
  • Kalkulus 1
  • Fisika 1
  • Kimia Dasar
  • Pengenalan Kerekayasaan
  • Komputer dan Pemrograman

Semester 2

  • Agama
  • Bahasa Inggris
  • Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Kalkulus 2
  • Fisika 2
  • Menggambar Mesin dan CAD
  • Ekonomi Teknik

Semester 3

  • Statika Struktur
  • Material Teknik
  • Teknik Manufaktur 1
  • Termodinamika 1
  • Mesin-mesin Listrik
  • Matematika Teknik 1
  • Pengantar Biologi

Semester 4

  • Mekanika Kekuatan Material
  • Metalurgi Fisik
  • Teknik Manufaktur 2
  • Termodinamika 2
  • Dinamika Partikel
  • Matematika Teknik 2
  • Metrologi dan Pengendalian Kualitas

Semester 5

  • Metoda Numerik
  • Mekanika Fluida
  • Getaran Mekanik
  • Kinematika dan Dinamika Permesinan
  • Elemen Mesin 1
  • Pemilihan Bahan dan Proses
  • Mekatronika

Semester 6

  • Perpindahan Panas
  • Statistik dan Perancangan Percobaan
  • Teknik Kendali
  • Elemen Mesin 2
  • Peralatan Fluida Termal
  • Kerja Praktek

Semester 7

  • Kuliah Kerja Nyata
  • Proyek Desain
  • Pengukuran Teknik
  • Fenomena Dasar Mesin
  • Seminar Proposal Tugas Akhir
  • Pilihan 1
  • Pilihan 2

Semester 8

  • Manajemen dan Sistem Manufaktur
  • Prestasi Mesin
  • Tugas Akhir (Skripsi)
  • Pilihan 3
  • Pilihan 4
  • Pilihan 5

Di dalam daftar mata kuliah di atas terdapat kuliah kerja nyata (KKN) yang merupakan mata kuliah lapangan dan bisa saja ada pada suatu kampus atau tidak. Di samping itu juga ada beberapa mata kuliah pilihan yang sebenarnya ada contoh mata kuliah pilihannya, tapi sekali lagi, itu bisa berbeda di setiap kampus. Mata kuliah pilihan merupakan mata kuliah wajib namun kita bisa memilih mata di antara beberapa mata kuliah yang bisa diambil.

Praktikum dan Kerja Praktek

Selain apa yang sudah saya tuliskan di atas, di jurusan teknik mesin kamu juga akan menjalani beberapa praktikum yang bisa jadi satu mata kuliah penuh atau hanya sekian sks dari total sks mata kuliah. Praktikum ini diadakan dengan tujuan untuk membantu memahami materi yang diajarkan di dalam kelas. Namun meskipun demikian, praktikum tetap memiliki porsi nilai yang akan mempengaruhi IP yang didapatkan.

Selain itu, di dalam kurikulum teknik mesin juga terdapat mata kuliah yang dinamakan kerja praktek. Nama lainnya adalah Praktek Kerja Lapangan dan sebagainya. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan diminta untuk magang di industri dan belajar bagaimana seorang insinyur teknik mesin bekerja di dunia industri. Hal ini akan memberikan pengetahuan tentang dunia kerja kepada mahasiswa teknik mesin tersebut.

Nah, itulah pembahasan singkat kita mengenai apa yang dipelajari di teknik mesin dan mata kuliah teknik mesin. Semoga informasi yang sederhana ini bisa memberikanmu pengetahuan sebelum memilih teknik mesin sebagai jurusan kuliah. Jika apa yang saya tuliskan di sini belum menjawab rasa ingin tahumu, jangan sungkan untuk menuliskan pertanyaan di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca.[]

15 pemikiran pada “Apa yang Dipelajari di Teknik Mesin dan Mata Kuliahnya”

  1. Bah kalau bisa masuk teknik..teknik apapun itu mending ambil lah… tapi memang saya juga dulu ga ambil jurusan teknik udah kebayang ribet dengan urusan hitung menghitungnya lebih banyak ketimbang yang lain . . Parno ditakutin sama guru dan oknum yng nakut2in masuk ke teknik juga sich…

    Balas
  2. Di tempat aku kuliah dulu juga ada prodi Teknik Mesin, termasuk prodi favorit juga sih. Tapi cowok semua…haha…Kalau pun ada, paling 1 orang cewek, dibanding 200. Lapangan kerjanya luas benernya ya, selain industri manufaktur, juga ada perawatan.

    Balas
  3. Makasih infonya uda. Nanti bisa jadi refrensi informasi buat keponakan yang mau kuliah nih. Soalnya jurusan teknik termasuk jurusan yang kelulusannya banyak diminati dunia kerja plus bisa juga kepake untuk wirausaha.

    Balas
  4. Duh beratttttt. Wkwkwwk. Walaupun saya anak IPA, saya gak kepikiran sama sekali masuk Teknik, maupun itu Teknik Industri sekali pun yg sering dibilang cocok buat anak cewek yg ngebet ama Teknik. Yah, kalo Uda Fadli udah lulusan Teknik Mesin mah, otaknya encer banget pastinya. Apalagi kuliah di universitas negeri. Semester awal harus rajin, itu benar, dan itu berlaku untuk semua jurusan kuliah. Hihihi.

    Balas
  5. Kebayang mumetnya. Justru aku dulu pilih Biologi biar ngga ketemu Matematika. Mati2an menghindari teknik meskipun pingin banget masuk teknik arsitektur. Duhh jadi pengin balik lagi masa2 kuliah hehee

    Balas
  6. Lha itu teknik mesin ada kimia dasar juga ya..tp mungkin kyk kimia anak SMA ya…bayangan sy anak yg belajar teknik mesin itu klo udah lulus dan pnya rumah serta kendaraan enak ya ga butuh panggil tukang pompa air dan montir mobil wkwkw…krana klo ada kerusakan pasti bisa benerin sendiri..asyik nya…

    Balas
  7. Anakku yang nomer 3 udah kubayangkan masuk kuliah di teknik mesin da.. karena hobinya yang bongkar mainan. Gak ada mainan yang tahan dalam satu jam. Semua diobeng trus dibuka satu persatu. Ingin taunya kadang bikin emaknya elus dada aja. Habis itu cuma doa, semoga di masa depan menjadi perakit suatu mesin yang berguna bagi banyak orang.

    Balas
  8. Teknik Mesin emamng salah satu jurusan favorit apalagi kaum adam. Dari dulu di akmpusku juga peminatnya banyak banget. Selain itu memang prospek lapangan kerjanya cukup banyak juga. Btw ternyata Bang Fadli sudah ada buku sendiri ya, wih kereeen hehe

    Balas
  9. Mahasiswa yang kuliah di Teknik mesin emang personal yang tahan banting. hehe… Cocok nih artikelnya buat anak murid saya. Terima kasih, Uda artikelnya

    Balas

Tinggalkan komentar

error: