7 Hobi Remaja yang Bermanfaat Untuk Kamu Tekuni

Ada satu hal yang semestinya saya sesali, tapi karena menyesal kemudian tidak ada gunanya alhasil saya harus berdamai dengan diri saya sendiri. Alasan itu jugalah yang mendorong saya menuliskan artikel ini, supaya kamu tidak mengalami hal yang sama. Tepatnya, melewatkan masa remaja tanpa membekali diri dengan kemampuan atau hobi yang bermanfaat.

Saya tidak menafikkan bahwa masa remaja adalah masa yang indah. Katakanlah saat kamu mulai merasakan suka pada seseorang, berteman dengan senang atau sebagainya. Tapi ketahui lah juga bahwa masa remaja adalah masa yang paling tepat untuk mempelajari sesuatu yang bisa saja berguna di masa depanmu.

Saat saya remaja, saya menghabiskan banyak waktu untuk bermain game di warung internet (warnet), akhirnya saya tidak mendapatkan apa-apa selain kesenangan. Eits, saya tidak melarang kamu main warnet, tapi ada banyak hal positif yang bisa kita lakukan dengan internet lho. Yah ketimbang ini dan itu yang membuat kita lalai atau bahkan berdosa. Ehem.

Well, kali ini saya ingin mengulas beberapa hobi remaja yang bermanfaat yang barangkali bisa jadi pertimbangan buat kamu dalam mengisi waktu luang. Tertarik untuk menyimaknya? Jika iya, yuk lanjutkan membaca.

Pilihan Hobi Remaja yang Bermanfaat

Kehidupan dunia ini diisi oleh banyak sekali hobi, bukan? Kalau tidak percaya, kamu bisa bertanya pada teman sekelasmu tentang apa hobinya. Jawabannya pasti beragam. Tapi dari semua hobi itu, hanya ada beberapa hobi yang bermanfaat sedang yang lainnya tidak bermanfaat.

Bergosip misalnya, atau dalam bahasa sederhananya review kelakukan orang-orang, adalah contoh hobi yang tidak bermanfaat, terutama bagi remaja yang mestinya bisa memaksimalkan waktu yang mereka punya.

Lantas, yang mana saja hobi remaja yang bermanfaat? Ini dia daftar-daftarnya.

Membaca

Bagi sebagian besar orang, membaca itu memang membosankan. Tapi ada sebuah pepatah mengatakan bahwa “buku adalah jendela dunia”. Semasa hidup kita, mungkin saja kita tidak pernah keluar dari provinsi tempat kita tinggal. Tapi dengan membaca, kita bisa menjelajahi luar angkasa, menyelami dalamnya samudera hingga mengetahui hal-hal lain yang tidak bisa dijangkau oleh fisik kita.

Membaca juga akan membuat kita menjadi lebih pintar, kritis dan kreatif lho. Ingat, tidak ada cara cepat jadi pintar selain belajar. Belajar dari membaca buku teks atau hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan kita sebagai manusia serta ilmu lainnya.

Menulis

Saya adalah salah seorang yang sangat terbantu dari hobi menulis. Alhamdulillah, saya sudah memenangkan puluhan lomba menulis blog yang diadakan secara nasional. Semua karena saya memupuk hobi menulis. Kamu pun juga bisa melakukannya.

Menulis bukanlah kemampuan yang murni bergantung pada bakat, pintar menulis adalah sesuatu yang bisa dipelajari dan diasah. Lagipula, sebagai pelajar, kegiatan menulis adalah hal yang tidak akan bisa kita pisahkan dalam kehidupan kita, bukan?

Berdiskusi

Antara membaca, menulis dan berdiskusi itu sebenarnya bisa dikatakan setali tiga uang. Mereka sepaket dan sebaiknya tidak dipisahkan.

Apa yang kamu baca dan kamu tulis adalah bahan yang mestinya bisa kamu diskusikan dengan orang lain. Artinya, ketika kamu mendiskusikannya, kamu telah menjalani proses yang namanya berbagi pengetahuan. Kamu bisa diposisi memberi atau bahkan menerima. Sebab, sehebat apapun pengetahuan kita, tentu ada orang yang lebih berpengetahuan. Di atas langit masih ada langit.

Olah raga

Hobi remaja yang bermanfaat lainnya adalah olah raga. Saya tidak mengatakan olah raga yang mana secara spesifik, hanya saja olah raga umumnya membantu tubuh kamu menjadi lebih bugar dan membuat pikiran lebih stres.

Saat kamu suntuk di keseharian di sekolah dan kampus, olah raga bisa jadi sarana kamu untuk melepaskan penat. Lebih jauh nih, jika kamu hobi berolah raga, kamu juga bisa ikut turnamen terkait. Tidak hanya olah raga fisik, tetapi juga olah raga otak seperti bermain catur dan sebagainya.

Programming

Apaan tuh programming? Bahasa kitanya pemrograman. Hobi membuat program atau aplikasi dengan bahasa atau perangkat tertentu bisa jadi tabungan masa depan lho.

“Wah gimana ceritanya?”

Ya karena zaman digital seperti sekarang ini apa-apa sudah didigitalisasi. Tentu saja perangkat lunak digital dibuat dengan pemrograman khusus. Salah satu contohnya adalah chatbot dalam customer service yang bisa menjawab apapun pertanyaan dari pelanggan.

Kalau mau mempelajari dan menekuni hobi tersebut, bukan tidak mungkin kamu bisa berkarir di tengah dunia digital terlepas dari jurusan kuliah kamu berhubungan atau tidak.

Membuat Prakarya atau Kerajinan

Dunia digital juga membuat industri kreatif berkembang lho. Artinya banyak orang sekarang ini bisa mendapatkan uang dari hal-hal seperti kerajinan tangan yang dipublikasikan di media sosial. Bagaimana tidak, adanya Instagram dan TikTok membuat promosi menjadi lebih mudah.

Barangkali kamu punya kemampuan membuat kerajinan atau prakarya tertentu, kamu bisa eksplorasi itu lebih jauh.

Menggambar dan Desain Grafis

Yang terakhir dari hobi remaja yang bermanfaat di artikel ini adalah menggambar dan desain grafis. Saya pribadi punya teman yang menekuni profesi di bidang ini. Tidak hanya satu, tapi lebih. Kamu juga bisa mengasah kemampuan menggambar dan desain grafis karena hasil karya dari kedua hal ini bisa dijual dengan harga fantastis.

Nah, dari beberapa hobi yang telah kita ulas tadi, kamu tertarik untuk mendalami yang mana?

Konsisten adalah Koentji!

“Saya pengennya mendalami hobi yang ini, Kak” katamu.

Tapi permasalahannya manusia manapun pasti membawa yang namanya sifat malas. Malas yang dipelihara akan membuat hobi kita menjadi mentok, tidak berkembang dan tidak menghasilkan. Oleh karena itu hobi mesti dipelihara dengan yang namanya konsitensi.

Kalau kata saya…. konsisten adalah kunci.

Tahukah kamu, saya sudah hobi menulis semenjak duduk di bangku SD. Hobi itu terus saya pupuk meskipun sedikit demi sedikit. Alhamdulillah saat ini hobi itu sudah bisa membantu saya mencari nafkah untuk keluarga. Kamu tentu juga mau memiliki hobi yang bisa menghasilkan, bukan?

Konon kata seorang tokoh: pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Selain bisa menyenangkan diri dan melepas stres, kita juga dapat bayaran dari itu. Hei, nikmat Tuhan manakah yang kita dustakan?

Oleh karena itu, pilihlah satu di antara hobi remaja yang bermanfaat yang sudah saya ulas tadi. Jika pun tidak satu di antara itu, pastikan hobi yang kamu pilih bisa memberikan kamu manfaat dan membuat kamu jadi produktif. Semoga sukses dan terima kasih banyak sudah membaca.[]

Tinggalkan komentar

error: