Jurusan Universitas Tanjungpura dan Akreditasinya

Kota Pontianak dari dulu dikenal sebagai kota khatulistiwa, bagaimana tidak, kota ini berada tepat di garis lintang 0 derajat. Tapi hal yang menarik dari Pontianak tidak hanya itu, ada satu kampus yang jadi kebanggaan warga Kalimantan Barat–serta Kalimantan dan Indonesia juga, kampus itu adalah Universitas Tanjungpura (UNTAN). Nah, di kesempatan kali ini saya ingin ajak Anda berkenalan dan mengetahui daftar jurusan Universitas Tanjungpura.

Tapi, sebelum kita membahas mengenai jurusan Untan, universitas yang ada di Pontianak ini, saya ingin mengajak Anda untuk mengenal kampus negeri satu ini dulu. Tak masalah, kan?

Sejarah dan Akreditasi Universitas Tanjungpura

Cikal bakal Universitas Tanjungpura sebenarnya sudah ada sejak tahun 1959 lalu. Kala itu, Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional mendirikan sebuah universitas swasta bernama Universitas Daya Nasional. Waktu itu baru ada dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga (yang pada tahun 1963 berubah nama menjadi Fakultas Ekonomi). Setelah itu, pada tahun 1963, Universitas Daya Nasional berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 53 tahun 1963.

Dua tahun berselang, nama Universitas Negeri Pontianak akhirnya berubah lagi menjadi Universitas Dwikora disebabkan situasi politik yang telah berlangsung pada tahun 1965 tersebut. Barulah pada tahun 1967, nama Universitas Dwikora berubah menjadi Universitas Tanjungpura (UNTAN) dan bertahan hingga sekarang. Saat ini UNTAN sudah memiliki 9 fakultas dengan 95 program studi.

Akreditasi Universitas Tanjungpura atau UNTAN sendiri sudah A lho. Akreditasi A UNTAN dari BAN-PT berlaku hingga tahun 2024 nanti. Dengan kata lain, UNTAN sudah membuktikan bahwa mereka adalah perguruan tinggi negeri berkualitas. Sebab akreditasi A cuma bisa didapatkan ketika sarana, staf pengajar, mahasiswa dan semuanya berkualitas.

Jika Anda adalah calon mahasiswa, tidak perlu ragu untuk berkuliah di UNTAN.

Jurusan Universitas Tanjung Pura (UNTAN) Akreditasi A

Sebagaimana yang saya jelaskan tadi, ada sekitar 95 prodi yang ada di UNTAN, itu sudah termasuk jurusan pascasarjana juga. Untuk jurusan S1 ditambah D3 setidaknya ada 60 lebih. Beberapa di antaranya sudah terakreditasi A oleh BAN PT lho. Berikut beberapa jurusan di UNTAN yang sudah terakreditasi A oleh BAN PT.

S1 Ilmu Hukum

Jurusan ilmu hukum di UNTAN agaknya menjadi jurusan paling tua yang ada di sana. Fakultas Hukum adalah fakultas tertua di UNTAN sehingga tentu saja jurusan ilmu hukum UNTAN menjadi jurusan dengan akreditasi A. Saat ini Ilmu Hukum UNTAN memiliki 5 pembagian yaitu Hukum Pidana, Hukum Keperdataan, Hukum Tata Negara, Hukum Ekonomi dan Hukum Internasional.

S1 Pendidikan Kimia

S1 Pendidikan Kimia UNTAN menjadi salah satu jurusan UNTAN lainnya yang terakreditasi A. Prodi pendidikan kimia Untan memiliki visi untuk membuat lulusan mereka mendapatkan kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan di bidang pendidikan kimia dan kimia. Baik itu menjadi guru di sekolah negeri maupun swasta. Jurusan pendidikan kimia Untan ini memiliki fasilitas yang lengkap lho, mulai dari laboratorium, ruang perkuliahan hingga chemistry corner dan chemistry park.

S1 Ilmu Administrasi Publik

Jurusan Ilmu Administrasi Publik atau disebut juga dengan Ilmu Administrasi Negara menjadi jurusan Untan dengan akreditasi A lainnya. Jurusan ini memiliki jumlah total sks sebanyak 147 SKS. Jurusan ilmu administrasi publik berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), sangat cocok bagi Anda yang ketika di SMA dulu duduk di jurusan Ilmu Sosial.

S1 Kimia

Berbeda dengan pendidikan kimia, jurusan kimia adalah jurusan yang mempelajari kimia murni. Namun baik S1 Kimia dan S1 Pendidikan Kimia Untan telah memiliki akreditasi A dari BAN PT. Jurusan kimia sangat cocok bagi Anda yang memiliki minat bereksperimen dan meneliti di laboratorium.

S1 Biologi

Tak hanya kimia, S1 Biologi Untan pun telah terakreditas A oleh BAN PT lho. Prodi biologi Untan sendiri baru berdiri tahun 2001 lalu namun sudah mendapatkan akreditasi A. Anda bisa memilih jurusan ini jika memiliki minat di bidang biologi.

S1 Teknik Sipil

Jurusan Universitas Tanjungpura lainnya yang terakreditasi A adalah teknik sipil, jurusan ini menjadi satu-satunya jurusan di fakultas teknik Untan yang telah terakreditasi A oleh BAN PT. Pada S1 Teknik Sipil mahasiswa akan belajar tentang konstruksi bangunan serta hal-hal lain yang berkaitan dengannya.

S1 Ekonomi Pembangunan

Jurusan ekonomi pembangunan adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari aspek-aspek ekonomi dalam proses pembangunan yang terjadi di negara berkembang. Jurusan ekonomi pembangunan Untan saat ini juga sudah terakreditasi A oleh BAN PT lho.

S1 Ilmu Sosiatri

Jurusan Universitas Tanjungpura terakhir yang terakreditasi A adalah ilmu sosiatri. Agaknya jurusan ini masih jarang kita dengan ya. Gampangnya, ilmu sosiatri adalah ilmu terapan yang bersifat sosial atau cenderung mendekati ilmu sosial yang berparadigma pada pembangunan masyarakat.

Baca juga : Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Besar di Masa Depan

Daftar Lengkap Jurusan Kuliah Universitas Tanjungpura

Di atas kita sudah membahas beberapa jurusan Untan yang terakreditasi A oleh BAN PT, namun setelah ini saya akan melampirkan beberapa jurusan kuliah yang ada di Untan Pontianak sebagai pertimbangan bagi Anda yang ingin berkuliah di kampus kebanggaan orang Kalimantan ini.

JurusanAkreditasiJenjang
Ilmu HukumAS1
Pendidikan KimiaAS1
Ilmu Administrasi PublikAS1
KimiaAS1
Ilmu SosiatriAS1
BiologiAS1
Teknik SipilAS1
Ekonomi PembangunanAS1
Ilmu PolitikBS1
SosiologiBS1
Teknik ElektroBS1
GeofisikaBS1
Manajemen Sumberdaya PerairanBS1
Pendidikan FisikaBS1
Sistem KomputerBS1
KeperawatanBS1
Pendidikan GeografiBS1
Ilmu KomunikasiBS1
Perencanaan Wilayah dan KotaBS1
FisikaBS1
Pendidikan Kepelatihan OlahragaBS1
Pendidikan IpsBS1
Ilmu KelautanBS1
Pendidikan SejarahBS1
Pendidikan Bahasa MandarinBS1
Sistem InformasiBS1
Pendidikan Pancasila Dan KewarganegaraanBS1
Ilmu Hubungan InternasionalBS1
Antropologi SosialBS1
PeternakanBS1
Ilmu PemerintahanBS1
StatistikBS1
Teknik LingkunganBS1
Pendidikan SosiologiBS1
Teknik InformatikaBS1
MatematikaBS1
Teknik IndustriBS1
Ekonomi IslamBS1
AkuntansiBS1
Ilmu dan Teknologi PanganBS1
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia DiniBS1
Bimbingan dan KonselingBS1
ArsitekturBS1
Pendidikan Seni Tari dan MusikBS1
Pendidikan Bahasa InggrisBS1
Pendidikan BiologiBS1
KehutananBS1
Pendidikan MatematikaBS1
Pendidikan Bahasa dan Sastra IndonesiaBS1
Ilmu TanahBS1
AgroteknologiBS1
Pendidikan Guru Sekolah DasarBS1
AgribisnisBS1
FarmasiBS1
ManajemenBS1
Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan RekreasiBS1
Pendidikan EkonomiBS1
Teknik KelautanCS1
Teknik PertambanganCS1
Teknik MesinCS1
Teknik KimiaCS1
Budidaya Tanaman PerkebunanBD3
KearsipanBD3
KeperawatanBD3
Administrasi PerkantoranCD3
PerpustakaanCD3
KesekretariatanCD3

Nah, itulah tadi sekilas informasi mengenai jurusan Universitas Tanjungpura yang terletak di Pontianak. Perguruan tinggi negeri (PTN) ini sangat disarankan untuk Anda pilih baik melalui SNMPTN, SBMPTN atau jenis tes masuk lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Adapun jika kurang, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.[]

Satu pemikiran pada “Jurusan Universitas Tanjungpura dan Akreditasinya”

  1. sebagai lulusan anak hukum, fakultas hukum di tanjung pura jurusannya cukup lengkap juga dan akreditasinya A

    bakalan jadi universitas incaran favorit adek adek SMA yang baru lulus ini

    Balas

Tinggalkan komentar

error: