Kebanyakan orang tua menyempitkan makna kecerdasan hanya pada satu bidang saja. Mereka terfokus pada hal-hal berbau matematis atau logika, padahal kecerdasan logika hanya satu dari sekian banyak kecerdasan yang ada. Selain kecerdasan logika masih ada kecerdasan kinestetik dan kecerdasan lainnya.

Soal kecerdasan ini sebenarnya bisa dikenali bahkan ketika kita masih kecil lho. Ada ciri-ciri yang menunjukkan bahwa seorang anak memiliki kecerdasan tertentu. Apa saja ciri-ciri itu?

Di artikel kali ini saya ingin mengajak Anda mengenalinya, terutama jika Anda telah menjadi orang tua. Pun jika tidak, Anda bisa melihat adik atau keponakan bahkan anak tetangga Anda. Hanya saja di kesempatan kali ini saya tidak akan membahas semuanya, saya hanya akan membahas mengenai kecerdasan kinestetik.

Ciri-ciri anak dengan kecerdasan kinestetik

Sebelum kita membahas mengenai ciri-ciri anak dengan kecerdasan kinestetik, agaknya kita perlu mengetahui apa itu kecerdasan kinestetik. Secara sederhana, kecerdasan kinestetik adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan seluruh tubuh atau fisiknya dalam mengekspresikan diri atau keterampilan. Umumnya seseorang dengan kecerdasan kinestetik piawai dalam menari, olahraga, bermain peran hingga kerajinan tangan.

Nah, untuk ciri-ciri anak dengan kecerdasan kinestetik adalah sebagai berikut:

Gemar bergerak dan melakukan aktivitas

Ciri utama dari seseorang yang memiliki kecerdasan kinestetik yang baik adalah kegemarannya untuk bergerak. Jika seorang anak tampak aktif dan sering melakukan berbagai aktivitas, apalagi yang berkaitan dengan aktivitas fisik seperti berlari, kemungkinan besar ia memiliki kecerdasan kinestetik yang baik.

ciri kecerdasan kinestetik pada anak

Perhatiannya mudah teralihkan oleh lingkungan

Ciri selanjutnya adalah mudahnya perhatian anak teralihkan oleh berbagai hal di lingkungan. Anak dengan kecerdasan kinestetik biasanya memiliki rentang perhatian yang pendek dan mudah kehilangan minat pada suatu hal.

Lebih suka menunjukkan daripada menjelaskan

Anak dengan kecerdasan kinestetik juga lebih suka menunjukkan sesuatu daripada harus menjelaskannya dengan verbal. Misalnya memperagakan apa yang dilihatnya dan sebagainya. Oleh karena itu, seseorang dengan kecerdasan kinestetik yang baik akan cocok dalam bermain peran.

Mampu mempelajari sesuatu dengan tangan secara lebih baik

Salah satu bidang yang cocok bagi seseorang dengan kecerdasan kinestetik adalah kerajinan, khususnya kerajinan tangan. Pasalnya anak kinestetik mampu mempelajari sesuatu dengan tangan dengan sangat baik.

Suka mencoba segala sesuatu sendiri

Jika anak Anda suka mencoba segala sesuatu sendiri, mungkin saja iya menonjol di kecerdasan kinestetik. Terutama ketika ia mencoba mencontoh gerakan orang lain, seperti melakukan senam atau gerakan bela diri dan sebagainya. Hei, mungkin juga ketika ia meniru gerakan jurus super hero yang ditontonnya.

Beberapa ciri di atas mungkin saja mampu mewakili aspek kinestetik dari seorang anak, hanya saja dalam menilai kecerdasan mana yang lebih menonjol pada seorang anak perlu dilakukan penilaian yang lebih dalam. Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog anak tentang hal ini.

Baca juga : Sekelumit Kiat Memilih Pakaian Bayi Agar Tidak Menyebabkan Iritasi

Pengetahuan mengenai kecerdasan kinestetik atau kecerdasan lainnya agaknya sangat penting untuk dipelajari oleh orang tua. Ketika orang tua tahu kecenderungan anaknya, mereka bisa menentukan bagaimana agar bisa mendukung anak tersebut. Dan lagi, orang tua mesti melek mengenai literasi parenting dan segala sesuatu tentang tumbuh kembang anak agar bisa mendampingi anak tumbuh dengan baik.

Nah, itulah sedikit pembahasan kita mengenai kecerdasan kinestetik dan ciri-ciri anak yang memiliki kecerdasan ini. Sekali lagi, yuk kita perluas pengetahuan kita bahwa kecerdasan itu tidak hanya kecerdasan logika. Masih banyak kecerdasan lainnya yang bisa diasah dan membuat anak atau siapapun mampu meraih prestasi. Salam.

error:
Copy link
Powered by Social Snap
%d blogger menyukai ini: