Home » 6 Merk Wajan yang Aman untuk Kesehatan Keluarga

6 Merk Wajan yang Aman untuk Kesehatan Keluarga

merk wajan yang aman untuk kesehatan

Semenjak menikah, saya mulai akrab dengan berbagai peralatan dapur, salah satunya adalah wajan. Suatu kali, kami hendak membeli sebuah wajan baru, saya jadi terpikir merk wajan yang aman untuk kesehatan. Tentu juga wajan itu harus anti lengket biar gak ngeselin saat masak.

Anda pun, tentu juga menginginkan wajan berkualitas, anti lengket, dan aman untuk kesehatan, bukan? Memang semakin zaman berkembang, kepedulian orang-orang terkait produk yang aman semakin meningkat. Dulu kita menganggap teflon itu benar-benar aman, ternyata tidak juga.

Lho, kok gitu? Yuk kita bahas saja yuk, sekalian nanti saya sertakan merk wajan anti lengket yang tidak membahayakan kesehatan.

Jenis Bahan Wajan yang Aman dan Sehat

Selama ini masyarakat kita sudah akrab banget dengan wajan teflon. Teflon sebenarnya hanya pelapis permukaan wajan, material ini adalah material polimer atau plastik.

Teflon memang istimewa, karena ia adalah polimer yang tahan panas. Bahan ini memiliki nama asli polytetrafluoroethylene (PTFE). Yang tidak banyak orang tahu, PTFE yang telah rusak seperti telah tergores atau terkelupas dapat melepaskan asap beracun ke udara, salah satu asap yang berbahaya itu adalah PFOA.

PFOA ini adalah perfluorooctanoic acid atau asam perfluorooktanoik yang digunakan pada proses pembuatan teflon pelapis wajan anti lengket biasa. Senyawa yang dapat menyebabkan kanker hingga penyakit tiroid jika terpapar dalam jangka panjang.

Lebih lanjut, ketika asap PFOA tersebut terserap, seseorang bisa terkena demam. Gejalanya bisa demam tinggi, sesak napas dan tubuh menjadi lemah. Resiko ini memang baru bisa mengenai Anda ketika wajan teflon telah rusak dan dipakai pada suhu mencapai 300°C. Jika masih di bawah itu, teflon cenderung tidak berbahaya.

Namun, jika kita bisa mendapatkan wajan yang lebih aman, tidak ada salahnya untuk memilihnya, bukan? Berikut beberapa alternatif bahan wajan yang lebih aman untuk kesehatan.

Stainless Steel

Stainless steel, bahan baja anti karat untuk tahan lama dan anti gores. Kelebihan lainnya adalah aman untuk dicuci dan gampang dibersihkan. Wajan stainless steel aman untuk kesehatan pastinya. Bahan stainless steel yang dipakai untuk peralatan memasak pada umumnya juga aman untuk makanan dan kesehatan.

Keunggulan lainnya dari material stainless steel adalah lebih cepat panas dari pada bahan lainnya. Ini akan cukup menghemat penggunaan gas atau listrik dari kompor Anda.

Baca juga : 5 Merk Teko Stainless Steel yang Bagus dan Harganya

Cast-iron

Dalam ilmu material yang saya pelajari di kampus, cast-iron sebenarnya berarti besi cor. Itu berarti besi dilelehkan dan dicetak (casting) sesuai peralatan masak yang diinginkan. Adapun keuntungan dari material ini adalah mampu menahan suhu yang lebih tinggi dari wajan anti lengket biasa seperti teflon.

Keramik

Penggunaan bahan keramik pada peralatan memasak, termasuk wajan, adalah hal yang relatif baru. Namun meskipun demikian, sifat anti lengket dari bahan keramik sangat baik. Hanya saja, lapisannya mudah tergores layaknya kaca.

Beberapa bahan keramik memang ada yang terbuat dari campuran logam berbahaya juga, hanya saja pada aplikasi peralatan memasak umumnya yang digunakan adalah yang food grade.

Parameter food grade menjadi hal yang sangat penting dalam memilih merk wajan yang aman untuk kesehatan Anda dan keluarga.

wajan stainless steel aman untuk kesehatan

Wajan stainless steel adalah salah satu wajan yang aman

Merk Wajan yang Aman untuk Kesehatan

Sebagaimana janji saya di awal, di bagian ini saya akan ulaskan beberapa merk wajan yang aman untuk kesehatan. Berbagai merk yang tertulis di bawah ini adalah merk kenamaan. Dari riset atau baca-baca di internet yang saya lakukan, kualitas produk mereka oke punya.

Namun daftar ini murni dari opini saya, Anda boleh setuju atau tidak. Saya tidak bisa memastikan keakuratannya 100%, namun agaknya cukup untuk jadi bahan pertimbangan, untuk Anda pelajari setelah ini.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak lebih lanjut.

BOLDe

Merk satu ini merupakan merk asal California, Amerika Serikat. BOLDe sudah terkenal sebagai produsen peralatan memasak terbaik di dunia. Produk BOLDe juga aman, tidak hanya ramah terhadap lingkungan tetapi juga aman bagi kesehatan.

Sebagian besar produk wajan dari BOLDe sudah bebas PFOA (PFOA free). Selain aman terhadap lingkungan dan kesehatan, produk wajan BOLDe juga mudah dibersihkan. Desain-desain wajan mereka juga sangat menarik, tidak hanya dari segi bentuk yang modern, tetapi warna juga kekinian banget.

Dari segi harga, produk wajan BOLDe yang memiliki banyak kelebihan itu juga relatif terjangkau bagi banyak kalangan. Jika Anda penasaran, saya sertakan link etalase BOLDe di Shopee di bawah.

Cek di Shopee

Oxone

Oxone bisa disebut sebagai merk wajan yang aman untuk kesehatan selanjutnya–meskipun tidak untuk semua produk wajan Oxone, khususnya yang berlapis teflon.

Ada set peralatan memasak Oxone yang terbuat dari bahan stainless berkualitas yang aman untuk makanan. Produk-produk Oxone juga unggul dari segi desain. Hal inilah yang menguatkan ajopiaman untuk menyarankannya bagi Anda.

Cek di Shopee

Kirin

Jika Anda memang sudah jatuh cinta dengan wajan berlapis Teflon, merk Kirin layak untuk Anda pilih. Pasalnya Kirin sendiri sudah mengklaim bahwa wajan teflon mereka sudah bebas PFOA.

Hal yang lebih menarik pada merk ini dari pada berbagai brand sebelumnya adalah harga produk Kirin yang relatif lebih murah dari produk brand sebelumnya. Bagaimana tidak, kita bisa mendapatkan sebuah wajan dengan harga 80 ribuan saja.

Cek di Shopee

Cypruz

Tahukah Anda bahwa uang 60 ribuan bisa Anda gunakan untuk membeli sebuah wajan yang aman untuk kesehatan? Wajan itu bermerek Cypruz.

Cypruz sendiri adalah merk peralatan dapur asal Tiongkok dengan klaim kualitas produk setara dengan merk cookware terkenal dari Eropa. Model produknya juga menarik dengan coating atau lapisan marbel.

Cek di Shopee

Pero

Satu lagi nih merk wajan yang aman untuk makanan dan kesehatan, yaitu Pero. Brand ini merupakan brand Eropa, tepatnya berasal dari Turki.

Sebagai merk asal Eropa, kita tidak perlu meragukan kualitas produk peralatan memasak Pero. Penilaian produknya juga sangat bagus di platform marketplace seperti Shopee.

Desain dan warna wajannya juga ciamik dan modern banget lho. Cek saja kalau tidak percaya.

Cek di Shopee

Carote

Merek wajan yang aman dan sehat terakhir di daftar ini adalah Carote. Produk dari merk ini termasuk produk wajan yang laris lho. Bahkan meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Tapi mahalnya berasalan kok, lapisan anti lengket pada wajan bahkan hingga 5 lapisan. Produk mereka juga bisa digunakan di segala jenis kompor. Yang lebih menarik, wajan Carote sudah lulus uji FDA dan uji SGS–semacam uji keamanan untuk produk industri.

Cek di Shopee

Kesimpulan

Well, beberapa merk yang sudah saya ulas di atas merupakan produsen wajan yang aman untuk kesehatan. Produk mereka bebas PFOA, zat kimia yang selama ini menjadi kekurangan dari bahan teflon sebagai pelapis anti lengket wajan.

Anda bisa memilih salah satu merk di atas jika tertarik, saya juga sudah sertakan tautan atau link ke etalase produk terkait. Mengintip atau kepo alias cuci mata dulu tidak ada salahnya kok. Jika akhirnya telah ketemu yang pas di hati, barangkali itulah produk yang akan setia menemani Anda memasak untuk diri sendiri atau keluarga.

Kesudahannya, semoga Anda menemukan wajan anti lengket terbaik dan aman untuk kesehatan. Bagaimanapun kesehatan lebih utama dari pada berbagai hal lainnya dalam kehidupan kita.[]

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *