Home » 7 Merk Laptop yang Bagus, Murah, dan Harganya

7 Merk Laptop yang Bagus, Murah, dan Harganya

merk laptop yang bagus murah dan terbaik

Saat laptop lama saya sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan, saya akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah laptop baru. Setelah menimbang-nimbang semua merk laptop yang bagus, akhirnya saya pilih HP. Saya memilih merk asal Amerika ini tentu bukan alasan.

Jika Anda ingin tahu alasannya, tentu karena saya harus mencari laptop spesifikasi yang bagus namun dengan harga yang relatif terjangkau. Laptop HP memenuhi kebutuhan saya, dengan harga 6 jutaan saya sudah mendapatkan laptop dengan Windows + Office Home & Student 2019 asli. Sudah begitu, keyboard laptop juga pakai LED backlit.

Berarti ajopiaman rekomendasi laptop HP? Hmm, iya karena saya sudah pakai sendiri. Tapi baiknya disimak dulu ulasan saya berikut ini ya.

Merk Laptop yang Bagus

Sebelumnya, saya ingin sampaikan disclaimer dulu ya. Urutan di bawah ini bukan menunjukkan urutan merk laptop terbaik, saya mengurutnya hanya karena saya pernah menggunakan produk mereka. Sementara yang belum pernah saya gunakan, namun dipercaya bagus dan berkualitas, saya letakkan di bagian akhir.

Jadi, mudah-mudahan artikel ini bisa jadi referensi bagi Anda, walaupun saya tidak menjamin 100% akurat atau semua orang akan setuju.

HP

merk laptop hp yang bagus

Sumber: Dok. Pribadi

HP atau Hewlett-Packard adalah perusahan teknologi informasi yang berkantor pusat di Palo Alto, California. Perusahaan ini sudah multinasional dan produknya sangat lumrah dipakai di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Jika kita lihat dari segi seri, laptop HP sebenarnya tidak banyak. Anda mungkin hanya menemukan laptop mainstream, Pavilion, ProBook, dan Omen (segmen gaming). Selain itu mungkin ada, seperti seri Envy, tapi tidak terlalu populer atau tidak banyak dijual lagi. Dan yang menarik bagi saya pada merk laptop HP ini adalah “inklusivitas”.

Oke, seri Omen memang berbeda, baik dari segi desain maupun spesifikasi, karena namanya laptop gaming tentu harus gahar dan mencolok. Hanya saja untuk seri mainstream dan beberapa varian Pavilion, desainnya hampir sama dan nyaris tidak bisa dibedakan. Jadi agak susah membedakan mana laptop yang mahal dan murah, desainnya hampir sama.

Untuk spesifikasi, HP memberikan spesifikasi yang cukup untuk rentang harga yang mereka tawarkan. Saya saat ini menggunakan HP 14s-cf0131TU, saya beli di harga 6 jutaan. Harganya masuk akal untuk spesifikasi yang saya dapatkan. Jika Anda penasaran, berikut beberapa harga dari laptop HP.

TipeHargaReferensi
HP 11 CHROMEBOOKRp. 2.870.000Shopee
HP 14s-cf2516TURp. 5.999.000Shopee
HP 14s-dk1509AURp. 6.434.100Shopee
HP 14s-dk1506AURp. 6.799.000Shopee
HP 14s-cf2516TURp. 7.125.000Shopee
HP 14s-cf2517TURp. 7.199.000Shopee

Ket: harga bisa berubah-ubah seiring waktu

ASUS

merk laptop yang bagus dan murah asus

Sumber: Unsplash

Merk laptop terkenal asal Taiwan ini layak kita sebut sebagai salah satu merk laptop terbaik. Pasalnya, mereka juga merebut pangsa pasar yang besar di Indonesia. ASUS juga memiliki berbagai seri yang yang termurah hingga premium dan khusus.

Jika Anda sedang mencari laptop murah dari ASUS, seri VivoBook layak untuk Anda pilih. Namun jika Anda ingin seri yang lebih tinggi, ada banyak pilihan dari merk ASUS. Sebut saja, Zenbook, Ultrabook, TUF Gaming, ROG, ExpertBook, Chromebook, dan ProArt studio.

Sejauh pemantauan saya, ASUS adalah merk laptop dengan seri yang paling banyak. Setiap seri punya segmentasi pasar masing-masing. Soal harga dan spesifikasi yang dibawa seri-seri itu juga berbeda. Namun jika Anda sedang mencari laptop murah untuk penggunaan sehari-hari, saran saya pilih seri ASUS Vivobook saja.

Selain itu memang ada Chromebook (tidak hanya di merk ASUS, juga merk lainnya), hanya saja Chromebook cuma cocok untuk browsing, membuat dokumen berbagasi aplikasi Google, video meeting, dan hal ringan lainnya.

TipeHargaReferensi
ASUS ChromeBook C214MARp. 3.959.000Shopee
ASUS Vivobook E210MAORp. 5.399.000Shopee
ASUS BR1100FKARp. 5.699.000Shopee
ASUS Vivobook Flip TP401MARp. 7.299.000Shopee
ASUS Vivobook A516JAORp. 7.399.000Shopee
ASUS ExpertBook P2451FARp. 7.599.000Shopee

Ket: harga bisa berubah-ubah seiring waktu

Lenovo

merk laptop yang bagus lenovo

Sumber: Dok. Pribadi

Lagi cari merk laptop yang bagus dan murah? Saya sangat menyarankan Lenovo buat Anda. Terutama jika Anda adalah mahasiswa atau pelajar. Brand Lenovo menawarkan laptop dengan harga yang relatif lebih murah dari merk lainnya.

Saya jadi ingat ketika membeli sebuah Lenovo Ideapad 110-14ast beberapa tahun silam–sebelum laptop HP yang saya pakai saat ini. Saat itu harganya cuma 4 jutaan. Sudah dapat laptop dengan AMD A9. Laptop ini memang murah tapi cukup mumpuni untuk dipakai multimedia seperti desain grafis.

Seri di atas mungkin sulit Anda temukan sekarang ini, yang mungkin saja hanya barang bekas atau stok lama. Namun, Lenovo mengeluarkan berbagai seri dan varian baru yang tetap worth it untuk Anda miliki. Terutama jika budget yang tersedia cukup terbatas sedangkan Anda tetap ingin mendapatkan laptop yang mumpuni.

Untuk gambaran, ini beberapa harga laptop Lenovo di pasaran.

TipeHargaReferensi
Lenovo Chromebook 100ERp. 3.299.000Shopee
Lenovo Slim D330 FlexRp. 4.849.000Shopee
Lenovo Ideapad Slim 1Rp. 5.149.000Shopee
Lenovo Ideapad Slim 3iRp. 5.799.000Shopee
Lenovo Ideapad V14Rp. 6.219.000Shopee
Lenovo Ideapad V15Rp. 8.799.000Shopee

Ket: harga dapat berubah-ubah seiring waktu

Acer

Sumber: Unsplash

Acer adalah merk laptop pertama yang saya beli dengan uang saya sendiri. Waktu itu awal-awal saya kuliah S2, saya gunakan sebagian uang beasiswa untuk membeli netbook Acer Aspire yang terbilang murah. Saya lupa berapa harga tepatnya, yang jelas tidak sampai 4 juta.

Netbook itu akhirnya saya hibahkan ke adik saya yang masuk kuliah tahun 2016, itulah sebab kenapa akhirnya saya ganti laptop ke Lenovo Ideapad 110-14ast tadi. Namun selama saya pakai, laptop Acer seri kecil itu nyaman-nyaman saja. Yah, sesuai spesifikasinya tentu kita tidak bisa memaksakannya untuk pekerjaan berat.

Untuk keperluan mengetik, membuat tugas, dan kerjaan kantor biasa, itu sudah cukup mumpuni. Namun jika Anda butuh laptop dengan spesifikasi yang lebih baik, Acer juga punya seri yang lebih tinggi untuk Anda pinang.

TipeHargaReferensi
Acer Aspire 3Rp. 5.499.000Shopee
Acer Aspire 5Rp. 7.699.000Shopee
Acer Swift 3 Infinity 4Rp. 12.250.000Shopee
Acer Spin 3Rp. 12.849.000Shopee

Ket: harga dapat berubah seiring waktu

Dell

Sumber: Unsplash

Merk laptop yang bagus dan murah terakhir adalah Dell. Meski sebagian orang mungkin tidak bersepakat, tapi murah ini kan relatif dan Dell punya laptop yang harganya masih di bawah 10 juta. Saya kira itu juga murah, apalagi jika mempertimbangkan spesifikasi yang merk asal Amerika Serikat ini tawarkan.

Dell mungkin tidak lebih populer dari beberapa merk laptop yang sudah saya ulas sebelumnya, hanya saja untuk kualitas produk boleh diadu. Untuk serinya sendiri, laptop Dell mungkin tidak banyak, apalagi jika Anda mencari laptop Dell untuk gaming.

Khusus untuk gaming, Dell lebih mengamanahkan segmentasi itu pada anak perusahaan mereka, yaitu Alienware. Ya, brand laptop gaming terkenal itu milik Dell. Jadilah laptop yang benar-benar merk Dell lebih pada laptop untuk kebutuhan harian.

Jika Anda penasaran dengan harga penawaran mereka, berikut beberapa di antaranya.

TipeHargaReferensi
Dell Vostro 3405Rp. 6.999.000Shopee
Dell Vostro 3400Rp. 7.499.000Shopee
Dell Vostro 3510Rp. 7.599.000Shopee
Dell Latitude 14Rp. 8.349.000Shopee

Ket: harga dapat berubah-ubah seiring waktu

Nah, dari semua merk laptop yang bagus dan terbaik di atas, mana yang menarik bagi Anda? Jika Anda masih bingung, beberapa tips di bawah agaknya bisa Anda pertimbangkan.

Baca juga : 7 Merek Mouse Terbaik, Murah, dan Berkualitas

Tips Memilih Laptop Terbaik

Satu hal yang pasti adalah terbaik bagi saya belum tentu terbaik bagi Anda juga, bukan? Cara seseorang menentukan pilihan terbaik tentu berbeda-beda. Terbaik bukan berarti termahal, tergahar speknya, dan ter- ter- lainnya. Terbaik sejatinya adalah yang paling sesuai dengan Anda. Anda bisa mendapatkan laptop terbaik dengan beberapa tips di bawah.

Pertimbangkan kebutuhan

Banyak anak yang merengek minta laptop gaming ke orang tua mereka hanya karena mereka ingin bermain game kesukaan. Tidak ada yang salah memang, tapi kalau kebutuhannya hanya itu, saya kira mubazir untuk membeli laptop gaming yang harganya selangit.

Kecuali jika yang membelinya adalah pro player atau pemain profesional. Di samping itu, spesifikasi laptop gaming juga bisa dipakai untuk video editing, desain grafis, dan sebagainya. Itulah mengapa banyak pekerja kreatif menggunakan laptop gaming.

Namun jika Anda butuh laptop hanya untuk menunjang pekerjaan yang berkaitan dengan dokumen, saran saya belilah laptop every day use atau mainstream. Anda juga bisa mempertimbangkan spesifikasi yang cocok. Agak ribet nih soal spesifikasi ini, namun jika butuh pertimbangan, silakan tulis di kolom komentar mau cari laptop untuk kebutuhan apa, insyaa Allah saya beri gambaran spesifikasi yang cocok.

Tetapkan budget

Kegiatan memilih laptop akan lebih mudah jika Anda menetapkan budget di awal. Dengan adanya rentang budget, kita bisa terapkan filter untuk berbagai seri dari merk laptop yang bagus di atas tadi.

Oh ya, dalam menetapkan budget ini, ada baiknya Anda menyesuaikan dengan kemampuan finansial ya. Jangan sampai jadi menahan makan karena mahalnya laptop idaman, hhe.

Pilih yang bergaransi

Jika kita membeli laptop di toko resmi atau pun distributor resmi, kita akan dapat barang bergaransi. Hanya saja masa garansi setiap merk berbeda. Ada yang 1 tahun, namun ada juga yang 2 tahun dan 3 tahun. Kalau laptop HP yang sedang saya pakai garansinya 2 tahun.

Garansi ini cukup berarti lho, adik saya pernah membeli laptop Lenovo namun ada masalah ketika masa garansi belum habis. Akhirnya kami bawalah ke toko tempat kami beli dan diperbaiki secara gratis.

Cuma kalau Anda ingin beli secara online, ada baiknya tanyakan ke penjual melalui kolom chat tentang masa garansi dan cara klaim garansi jika laptop sudah Anda beli.

Pilih yang tempat servis resminya dekat

Terakhir, tips memilih laptop satu ini sering diabaikan padahal penting lho. Yaitu, jika memungkinkan, pilihlah merk laptop yang tempat servis resminya dekat dengan lokasi kita.

Memang kita bisa kirim laptop yang bermasalah ke kantor pusat merk terkait di Indonesia, tapi itu kan butuh waktu yang lama. Mulai dari pengiriman, perbaikan, hingga pengiriman balik ke kitanya. Nah kalau kita beli produk dari merk yang service center mereka ada di kota kita, jadi lebih gampang klaim garansi.

Lebih menghemat waktu dan tenaga juga, bukan? Apalagi keterbutuhan kita akan laptop cukup atau sangat tinggi.

Baca juga : 7 Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa

Penutup

Selain beberapa tips memilih laptop yang sudah saya tulis di atas, tidak ada salahnya juga jika Anda mencari tahu review atau ulasan dari produk tertentu di internet. Bisa juga dengan minta pendapat teman yang mengerti soal laptop atau pernah menggunakan merk tertentu.

Intinya, yuk jadi pembeli yang pintar. Telitilah apa yang akan kita beli karena itu akan sangat berkaitan dengan pengalaman kita dalam menggunakannya.

Akhirnya, selesai sudah nih artikel merk laptop yang bagus dan harganya yang relatif murah. Anda bisa memilih salah satu merk di atas, namun jika punya pilihan lain juga tidak mengapa. Semoga artikel sederhana ini bisa membantu Anda dalam menemukan laptop terbaik untuk menunjang produktivitas Anda. Salam.

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *