Apa Itu Mind Mapping? Dan Contoh Mind Map untuk Siswa

Pernah mengalami kesulitan dalam memahami sebuah tulisan teks? Kamu mungkin adalah salah satu yang membutuhkan pemahaman melalui mind mapping atau mind map ini. Mind map merupakan informasi yang dipresentasikan dalam bentuk grafik atau diagram.

Siswa yang membaca diagram akan lebih mudah mengerti pokok bahasan yang ingin disampaikan dengan ide utama dalam bentuk kata atau gambar yang diletakkan ditengah. Ide utama akan dikoneksikan secara langsung dengan sub topik lainnya.

Mind map mirip seperti diagram spider karena dilihat dari layout antara ide utama dengan sub topik. Secara visual informasi disampaikan justru mudah dan cepat dipahami oleh siswa yang melihatnya. Siswa juga bisa memberikan warna pada mind map yang mereka buat sendiri untuk memudahkan dalam memahami materi belajar.

4 Manfaat Mind Mapping untuk Siswa

Bagi siswa yang belajar, pemahaman materi tentu menjadi hal yang utama. Mind map bisa jad metode yang tepat untuk diterapkan karena ada begitu banyak manfaat yang diberikan. Siswa tak perlu lagi membuat catatan berbentuk linear dengan banyak teks atau menghafalkan menggunakan flashcards.

Ada begitu banyak manfaat yang didapatkan siswa dengan mind mapping sebagai berikut ini:

  1. Mind map membentuk struktur yang saling terhubung dan memudahkan otak untuk menerima dan menyimpan informasi baru.
  2. Mind map memperlihatkan sebuah hirarki dan hubungan antara ide secara individu dan gambaran luasnya.
  3. Mind map mampu membangkitkan kemampuan pemahaman secara mental karena penggunaan warna, gambar dan koneksi. Sehingga membuat otak mudah mengingat.
  4. Mind map membuat siswa tidak terlalu bekerja keras dalam memahami materi yang disampaikan.

Dilihat dari pengertiannya, mind map adalah alat untuk belajar yang sangat mudah. Ditambah lagi kamu bisa berkreasi dan bisa digunakan oleh siapapun. Baik itu siswa, mahasiswa atau siapa saja yang mulai karir di bidang akademik. Melalui mind map, pembuatan struktur, manajemen dan menghafalkan pengetahuan yang diinginkan akan lebih cepat dan mudah.

Teknik Membuat Mind Map untuk Siswa dengan Mudah

Manfaat yang banyak membuat siswa lebih baik membuat catatan dalam bentuk mind mapping. Tapi bagaimana caranya? Ada beberapa teknik yang bisa dikuasai siswa untuk belajar menggunakan mind mapping sebagai berikut ini:

1. Menuliskan topik dalam kalimat pendek

Sebisa mungkin untuk membuat catatan dalam topik kompleks menggunakan satu kata atau gambar. Ketika guru menjelaskan kamu mungkin tidak mampu menggambar secara detail, jadi sebaiknya pilih kata kunci dari topik-topik yang dibahas.

2. Menggunakan warna dan simbol

Jika tidak sempat menggambar kamu bisa membuat simbol yang lebih mudah. Bisa juga menambahkan warna di beberapa topik penting supaya menarik dan mudah diingat. Memberikan banyak tampilan akan meningkatkan ingatan pada poin penting.

3. Memvariasikan teks, warna dan garis

Variasikan teks dengan memberikan garis tebal atau warna berbeda. Semakin tebal bisa diartikan topik tersebut sangat penting. Garis yang diberikan warna dan ketebalan berbeda juga bisa menggambarkan hubungan antar topik dan sub topik yang penting.

4. Membuat ide utama di tengah

Ide utama harus diletakkan di tengah dan baru membuat cabang-cabang garis ke sub topik. Peletakan di tengah juga memudahkan dalam penyusunan mind map nantinya.

Contoh-Contoh Mind Map untuk Siswa

Sekarang setelah mengetahui apa itu mind mapping dan bagaimana teknik membuatnya, mari kita lihat beberapa contohnya. Contoh berikut ini bisa digunakan siswa untuk mendapatkan inspirasi dan cara membuat mind map lebih baik. Sehingga siswa bisa menggali potensi lebih jauh di dalam pikiran.

1. Mind map brainstorming

Mind mapping adalah salah satu praktek terbaik dalam teknik brainstorming. Cobalah untuk menggambar mind map ketika mencoba memunculkan ide baru untuk proyek esai, atau hal kreatif lainnya. Maka akan muncul berbagai ide baru yang kreatif begitu saja.

Menggunakan mind map untuk brainstorming membawa beberapa keuntungan seperti menggali informasi dari ingatan. Juga membuat pikiran berkelana lebih jauh dan muncul ide baru. Mind map brainstorming juga membuat kamu bisa mengidentifikasikan berbagai ide secara individu.

2. Mind map untuk membuat catatan

Siswa seringkali membuat catatan dalam bentuk teks panjang setelah mendengarkan materi dari guru. Tapi membaca ulang catatan panjang tentu akan terasa membosankan dan otak akan sulit mengingat poin apa saja yang justru penting.

Daripada menulis kalimat panjang untuk catatan, carilah kata kunci atau gambar yang penting sebagai ide utama. Langkah ini akan menghemat waktu pada saat materi diajarkan dengan cepat. Bahkan ketika kamu ingin membaca ulang akan lebih mudah.

3. Mind map untuk presentasi di kelas

Mind map bukan hanya membantu untuk mengingat tetapi juga mempresentasikan. Misalnya saja untuk membuat presentasi tugas sekolah akan lebih baik jika di setiap slideshow kamu menggunakan mind map kemudian menjelaskan setiap poin yang ditulis.

Langkah ini akan memudahkan presentasi menjadi lebih nyaman baik pendengar dan siswa yang mempresentasikan.

4. Mind map untuk membuat esai

Siswa pasti selalu memiliki tugas esai yang harus dikerjakan tepat waktu. Supaya tugas cepat selesai, kamu bisa menggunakan metode mind mapping ini. Kamu sudah menemukan ide utamanya, sisanya adalah memetakan sub tema apa saja yang harus dibahas.

Oleh karena itu melalui mind map kamu bisa mengoleksi berbagai macam argumentasi dari berbagai sumber. Kemudian tuliskan pada sub bagian dari ide utama. Dengan begitu esai akan lebih terstruktur.

Untuk membuat mind map, modern ini sudah banyak sekali sofware khusus yang bisa digunakan untuk membantu. Baik dalam membuat materi mudah diingat hingga presentasi. Tinggal bagaimana kamu ingin menggunakan alat ini.

Satu pemikiran pada “Apa Itu Mind Mapping? Dan Contoh Mind Map untuk Siswa”

Tinggalkan komentar

error: