Cara Menjadi Pintar Tanpa Belajar, Fakta atau Mitos?

Apakah kamu bercita-cita untuk menjadi seorang pelajar yang pintar? Menjadi pintar memang impian setiap siswa–tak terkecuali mahasiswa juga. Tapi apakah benar ada cara menjadi pintar tanpa belajar? Hmm, mungkin kamu perlu membaca baik-baik apa yang saya tuliskan di bawah ini.

Saya pribadi percaya bahwa sebenarnya setiap manusia itu pintar, hanya saja jenis kepintaran atau kecerdasan masing-masing kita berbeda. Ada orang yang memang pintar dalam hal-hal logika seperti pelajaran matematika, fisika dan sebagainya. Tapi ada juga orang yang pintar dalam bidang lain, katakanlah bahasa dan bahkan olah raga. Jadi, sampai di sini kita sepakat ya bahwa pintar tidak mesti di semua bidang?

Lalu, bagaimana sih sebenarnya cara agar menjadi pintar tanpa belajar itu?

Cara Menjadi Pintar Tanpa Belajar Itu Hanya Mitos

Saya ingin mengatakan hal ini padamu, meskipun pahit kebenaran harus diungkapkan, bukan? Nyatanya tak ada yang namanya menjadi pintar tanpa belajar. Setiap orang mesti belajar jika ingin mendapatkan pengetahuan tertentu. Hanya saja, belajar tentu tidak harus duduk manis dan membaca buku pelajaran, bukan?

Cara belajar itu banyak sekali lho. Kamu bisa belajar bahkan dari melihat dan mendengar saja. Selain itu, kamu bisa belajar dengan melakukan sesuatu. Misalnya ketika ingin mempelajari Hukum Archimedes, kamu bisa tuh pergi mandi ke kolam renang. Atau nyemplungin batu atau telur ke gelas berisi air. Lebih jauh lagi, belajar bisa dilakukan meski dengan bermain.

Banyak kok permainan atau game yang bernilai edukasi di PlayStore, jadi jangan cuma main game online tembak-tembakan atau berantem-beranteman aja ya.

Intinya tak ada tuh cara menjadi pintar tanpa belajar. Jika ingin pintar, harus belajar. Tapi tentang aja, ada kok cara menjadi pintar dengan belajar meskipun sebentar.

Cara Menjadi Pintar dengan Belajar Secara Minimal

Meskipun cara menjadi pintar tanpa belajar itu hanya mitos, kamu tidak perlu berkecil hati. Saya ingin berbagi beberapa cara mudah menjadi pintar dengan belajar yang minimal. Cara-cara ini bisa kamu terapkan dalam keseharianmu lho. Semoga bisa membantumu menjadi lebih pintar di sekolah atau di mana pun.

Maksimalkan pertemuan di dalam kelas

Ketika kamu bisa memaksimalkan pertemuan di dalam kelas, kamu tidak perlu belajar lagi di rumah lho. Adapun cara untuk memaksimalkan pertemuan itu dengan aktif saat guru mengajar. Kamu bisa memilih duduk di depan, di dekat papan tulis. Kenapa? Agar kamu bisa mendengarkan dengan baik apa yang diterangkan oleh guru. Selain itu, berusaha lah untuk maju ke depan untuk mengerjakan soal jika kamu punya kesempatan.

Jangan takut, jika terlupa kamu bisa bertanya kepada guru. Tapi kalaupun kamu takut, karena duduk di depan, kamu jadi bisa memperhatikan temanmu yang lain mengerjakan soal tersebut.

Jika harus belajar di rumah, kerjakan soal latihan

Memang belajar itu menjemukan alias bikin bosan dan sakit kepala. Meskipun begitu, terkadang kita harus belajar juga di rumah, mungkin karena besok ada ulangan dan sebagainya. Jika hal tersebut terjadi padamu, cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari waktu yang tepat untuk belajar agar efektif. Setelah itu mulailah belajar tapi usahakan untuk mengerjakan soal latihan saja.

Semakin banyak kamu berlatih soal, kamu akan dengan sendiri hafal dengan rumusnya. Kamu juga jadi terbiasa menyelesaikan soal dengan mudah.

Bertanya pada orang yang lebih paham

Belajar sendiri mungkin akan menghabiskan banyak waktu, sehingga akan lebih baik jika kamu bertanya pada orang yang lebih paham. Bisa bertanya kepada orang tua atau bahkan kakak atau saudaramu. Selain itu bisa juga bertanya kepada teman-temanmu. Jika kamu adalah orang yang cukup terkenal di sekolah, tentu kamu punya banyak teman yang bisa membantu, bukan?

Menjauhkan semua hal yang bisa merusak waktu belajarmu

Cara terakhir agar kamu bisa pintar tanpa belajar lama adalah menjauhkan semua hal yang bisa merusak waktu belajarmu. Hal-hal itu seperti handphone, TV dan sebagainya. Jadikanlah waktu belajarmu yang tak lama itu menjadi berkualitas dan efektif, sebab belajar sebenarnya tak perlu lama, yang penting efektif dan efisien.

“Benarkah?”

Benar kok. Saya menjelaskan tentang ini di buku saya juga lho. Bukunya dijual sangat murah, sedang ada diskon 50% juga lho. Kamu bisa membeli buku atau e-booknya, atau bisa baca dulu contoh gratisnya. Yuk, cari tahu rahasia agar belajar jadi lebih efektif dan menjadi pelajar yang berprestasi. Dapatkan ebook ini segera, klik di sini ~> BELI BUKU

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Agar Kamu Jadi Pintar

Oh ya, selain beberapa cara di atas, masih banyak hal lain yang perlu kamu perhatikan lho. Karena banyak juga hal yang bisa merusak otak kita. Kalau lah otak kita sudah rusak, bagaimana pun usaha yang kita lakukan tidak akan membuat kita menjadi pintar. Serem ya? Adapun hal-hal yang bisa merusak otak itu seperti menonton hal berbau pornografi dan pornoaksi, mendengarkan hal yang tidak bermanfaat dan sebagainya.

Selain itu, berusaha juga untuk mengonsumsi makanan yang sehat bagi otak kita. Contohnya adalah sayuran hijau dan buah-buahan seperti alpukat dan sebagainya. Hmm, setelah ini kayaknya kamu memang harus belajar untuk rajin makan sayur.

Selain apa yang sudah saya tuliskan di atas, kamu masih bisa melakukan berbagai cara lainnya agar bisa cepat pintar, saya sudah pernah menulisnya di sini lho : Cara Agar Cepat Pintar yang Layak Dicoba

Nah, itulah sedikit pembahasan kita mengenai cara menjadi pintar tanpa belajar yang ternyata hanya mitos saja. Menjadi pintar itu adalah sebuah prestasi yang diimpikan oleh banyak orang, masa iya bisa dicapai tanpa usaha? Semoga apa yang saya tuliskan ini bisa bermanfaat buatmu. Jika ada pertanyaan, kritik atau bahkan saran, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya. Terima kasih sudah membaca.[]

23 pemikiran pada “Cara Menjadi Pintar Tanpa Belajar, Fakta atau Mitos?”

  1. Mungkin bisa ditulis juga kiat-kiat membaca buku cepat, artinya tidak mesti membaca satu buku penuh, tapi cara membaca poin2 yg memang representatif dari buku itu. Membaca buku adalah satu satu cara untuk menjadi pintar.

    Balas
  2. Ini mah sangat maksimal mas Fadli bukan lagi minimal hehe siswa saya di kelas pasti bakalan ngomel, “Yaa.. kiraian tinggal kerjain soal terus nilainya bisa jadi 100.” Maklum, anak-anak sekarang inginnya instan kayak Indomie dan angka sebagai panutan.

    Balas
  3. Saya setuju setiap siswa memiliki bakat istimewa sendiri-sendiri. Yang susah belajar matematika biasanya lebih jago melukis atau main bola. Guru dan ortu pastinya lebih paham, jadi jangan paksa setiap siswa harus pintar di semua mata pelajaran.

    Balas
  4. Memaksimalkan belajar di kelas, itu saya banget. Selain biasa duduk di depan, saya juga berusaha membangun kontak mata dengan pengajar supaya nggak ngantuk di kelas. eh malah dikira teman-teman anak ambis hehehe.

    Untuk poin belajar bersama orang yang lebih paham itu juga relate banget. Kadang kalau lagi belajar sendiri suka nggak teliti, tapi pas dibahas bersama teman-teman: oh gitu, yaampun lupa masukin rumus ini, dsb.

    Sayangnya, nggak semua orang tua zaman sekarang ‘paham’ arti pintar yang sesungguhnya. Tak jarang, orang tua memandang tolak ukur kepintaran berdasarkan angka. Itu yang sering bikin saya dan teman-teman sedih.

    Balas
  5. Wah bermanfaat sekali nih tipsnya. Kalau saya biasanya supaya mudah paham materi mengerjakan banyak latihan soal. Dan ini memang terbukti cukup ampuh untuk mengingat materi yang telah dipelajari

    Balas
  6. Pintar tanpa belajar.. jadi hanya mitos ya kak.. mau pintar kok ga mau belajar.. tips yg diberikan ga susah2 banget kok.. mau nanya, berlatih soal . . Maksimalkan waktu yang ada… TFS kak

    Balas
  7. Poin “Maksimalkan pertemuan di dalam kelas” yang kebanyakan siswa g mau. Harus ditunjuk dulu, baru mau ke depan kelas. Terkadang saya harus memaksa mereka untuk menunjukkan bahwa mereka bisa.

    Balas
  8. dulu jmn sy SD ada namanya CBSA cara belajar siswa aktif… jd siswa belajar secara kelompok sendiri…klo ga ngerti baru tnya guru…krna kadang belajar diajarin teman dngan bahasa yg setara lbh gampang dimengerti timbang diajarin guru dng bhsa dewa nya wkwk..tp ini berlaku buat siswa yg niat pengen belajar aja..klo ga ya maen aja jadinya hehe..btw bikin judulnya keren bikin siswa kepo hehe

    Balas
  9. Anak saya alhamdulillah pintar, padahal saya tidak menekan dia untuk terus-terusan belajar. Saya biarkan dia mengalir sesuai apa yang dia sukai. Karena bisa bikin mood nya bagus dan mudah mengingat apa yang dia terima.

    Balas
  10. Jelas banget mitosnya “belajarlah dari ayunan (lahir) sampai ke liang lahat (meninggal)”, “carilah ilmu sampai ke negeri China”, dan lain sebagainya. Tentunya ini bukan sekedar kalimat-kalimat yang tidak ada maknanya!

    Balas
  11. ada juga anak yang dirumah nampak ogah-ogahan belajar tapi disekolah dia merhatikan pelajaran dan nggak nyangka bisa dapet peringkat kelas. cara belajar tiap anak beda beda dan orangtua kadang nggak memperhatikan ke arah sana
    malah ada yang harus dipancing dulu terutama bagi anak kecil

    Balas
  12. Faktanya adalah belajar itu selain untuk menjadi pintar dan juga pastinya menjadi orang yg sukses dan memiliki banyak segudang ilmu pengalaman

    Balas
  13. Saya justru setuju banyak cara untuk jadi pintar. Pengalaman saya, punya teman pintar tapi jarang sekali blajar. Ternyata cara belajarnya lebih kreatif dari saya.

    Dia menerapkan beberapa trik pada mind mapping. Lebih meudah diserap otak. Drpada saya yg menggunakan metode klasik menghafal.

    Makasi da Padh share nya

    Balas
  14. Wah, kalau anakku udah bisa browsing sendiri trus ketemu artikel ini mesti auto klik nih, secara dia malas banget belajarnya. Eh ternyata sama saja nggak ada ceritanya, kan, jadi pintar tanpa belajar? Meskipun minim tetep ada usahanya yang bernama belajar meskipun pengaplikasiannya gak kaku model duduk anteng berjam-jam.

    Balas
  15. WAh, harga ebooknya nantangin banget bikin pengen beli. Semoga para mahasiswa membeli buku bagus ini. Karena pintar tanpa belajar memang mitos, bahkan untuk jenius sekali pun.

    Balas
  16. Yang bikin mlas belajar itu bener tv dan hp sangat sangt bisa membuat enggan untuk fokus ke tujuan utama untuk belajar. Btw… Murah banget mas bukunya😊

    Balas
  17. Betul Uda. Belajar sambil bermain itu seperti tidak belajar. Saya suka banget nonton film. Jadi misal harus belajar kesehatan. Ya saya nyari film medical. Dri situ pasti nemu istilah2 medis. Jadi penasaran, nyari deh apa setiap artinya

    Balas
  18. wah ternyata mas fadli udah rilis buku solonya nih, keren. saya dulu pas sekolah bukannya aktif di kelas malah banyakan ngobrol wkwkwk. alhasil pas ujian kagak paham dah. ternyata maksimal di ruang kelas itu membantu ya.

    Balas
  19. Wah Bener Bangettttttt… Mana ada bisa pintar tanpa belajar, meski bentuk belajar tidak harus berupa membaca buku.

    Balas
  20. yap mitos. gak mungkinlah…
    ibarat mau kenyang tapi gak mau makan. bisa sih penuhi perut dg air, tp bukannya kenyang malah kembung. haha…
    eh tp ada loh yg bilang kalo tidur dg bantal buku, ilmunya terserap

    Balas

Tinggalkan komentar

error: