10 Cara Menjadi Terkenal di Sekolah dan Keuntungannya

Percaya kah kamu bahwa kehidupan sekolah adalah masa-masa paling indah? Kalau saya sih percaya, tapi sayangnya saya melewatkan kehidupan sekolah saya tanpa menjadi apa-apa. Hmm, maksudnya saya lulus sebagai siswa biasa saja. Padahal saya cukup tahu cara menjadi terkenal di sekolah.

Tapi tunggu dulu, apa untungnya sih menjadi terkenal di sekolah. Kamu mungkin juga pengen jadi terkenal di sekolah. Benar apa betul? Kalau tidak, buat apa juga kamu baca artikel ini. Dan artikel ini bakalan panjang lho. Jika kamu memang tidak membutuhkan ini, buruan deh tutup browser-nya, dan kamu akan melewatkan banyak manfaat dari menjadi terkenal di sekolah.

Keuntungan menjadi terkenal di sekolah

Menjadi terkenal atau populer di sekolah punya keuntungan yang banyak lho. Tapi perlu diketahui, keuntungan tersebut bisa didapatkan asalkan kita mendapatkan keterkenalan atau kepopuleran itu dengan cara yang baik. Berikut beberapa keuntungan menjadi terkenal di sekolah.

Dikenal oleh banyak guru hingga pegawai sekolah lainnya

Salah satu keuntungan menjadi populer atau terkenal di sekolah adalah banyaknya guru dan pegawai sekolah lainnya yang akan mengenalmu. Hal ini akan sangat membantu lho, termasuk dalam urusan belajar-mengajar di dalam kelas. Ketika para guru mengenalmu, kamu akan mendapatkan perhatian lebih, dan perhatian lebih itu akan membuatmu lebih semangat dan giat dalam belajar.

Mudah mendapatkan banyak teman

Siswa yang terkenal tentu saja akan mudah mendapatkan teman. Teman atau relasi yang banyak akan sangat bermanfaat lho dalam kehidupan sekolah. Selain itu, ketika kamu memiliki banyak teman dan mampu berteman baik dengan mereka, mereka akan mau memberikan bantuan kepadamu saat kamu butuh,

Mudah dalam mendapatkan beasiswa

Ketika kamu menjadi terkenal di sekolah, kamu akan mendapatkan perhatian lebih dari pihak sekolah ataupun teman-temanmu. Lebih dari itu, kakak dan adik kelaspun akan memperhatikanmu. Untungnya apa? Untungnya mereka akan kepo dengan latar belakangmu, dan jika memang kamu pantas, kamu akan direkomendasikan untuk mendapatkan beasiswa. Ingat ini ya, menjadi terkenal di sekolah tidak hanya hak anak-anak dari orang kaya.

Dapat memberikan pengaruh kepada pelajar lainnya

Keuntungan jadi terkenal di sekolah lainnya adalah kita bisa memberikan pengaruh kepada orang lain. Perkataan kita akan lebih didengar dan diikuti oleh mereka. Terlebih jika kamu adalah orang yang tak hanya terkenal tapi juga pintar. Yah, meski tidak semuanya. Tapi paling tidak kita tidak dibawa lalu.

Jadi role model atau trend setter

Siswa terkenal juga akan menjadi role model atau orang yang dijadikan panutan, selain itu ia bisa menjadi trend setter juga. Bayangkan jika kamu jadi pelajar terkenal, kemudian kamu sering ke perpustakaan, otomatis akan banyak orang ke perpustakaan juga.

Membanggakan kedua orang tua dan keluarga

Ketika kamu menjadi terkenal di sekolah, orang tuamu akan bangga lho. Bagaimana tidak, di suatu ketika mereka datang ke sekolah, guru-gurumu akan memuji mereka yang telah berhasil mendidik anak dengan baik dan sebagainya.

Namamu akan diingat oleh sekolah bahkan setelah kamu tamat

Dan ini yang paling penting, seorang pelajar yang terkenal akan kebaikannya di sekolah akan diingat namanya meskipun ia telah tamat dari sekolah itu. Artinya, jika suatu ketika kamu kembali ke sekolah, guru-gurumu akan menyambutmu dengan hangat.

Tips dan Cara menjadi terkenal di sekolah

Ternyata banyak juga ya keuntungan menjadi terkenal di sekolah itu. Setelah mengetahui hal tersebut, apakah kamu ingin menjadi terkenal juga? Eits, jangan buru-buru bilang “IYA”, berikut beberapa cara menjadi terkenal di sekolah yang bisa kamu lakukan.

Pasang niat yang baik terlebih dahulu

Oke, mau tidak mau, saya harus menuliskan niat sebagai poin pertama. Niatnya juga tidak sembarang niat, melainkan niat yang baik dan tulus. Niatkanlah bahwa upaya kamu menjadi siswa terkenal adalah untuk memberikan kebaikan pada dirimu sendiri, keluarga dan orang lain. Agar keterkenalanmu memberikan banyak manfaat dan berharga di mata Tuhan Yang Maha Esa.

Bangun pribadi yang positif

Menjadi terkenal itu butuh usaha, bukan? Saya tak menyarankan kamu menjadi terkenal secara instan dengan membuat sensasi atau semacamnya. Ketahuilah bahwa keterkenalan yang instan akan cepat memudar dan itu akan merusak psikologi kita. Cara terbaik menjadi terkenal tentu saja dengan membangun pribadi yang positif. Baik dari segi akhlak atau budi pekerti, moral, agama dan sebagainya.

Masa maunya jadi terkenal di sekolah saja? Kalau kamu bisa membangun pribadi yang positif, kamu bisa terkenal hingga ke penduduk langit lho.

Jadilah aktif di kelas, meskipun tidak bisa jadi juara kelas

Jika kamu ingin menjadi terkenal, kamu tidak perlu menjadi juara kelas—yah, meskipun itu sangat dianjurkan jika kamu bisa. Hanya saja, berusahalah untuk aktif di dalam kelas. Baik dengan bertanya tentang materi, menjawab pertanyaan hingga membantu guru menghapus papan tulis dan sebagainya. Tentu jika kamu cowok akan lebih mudah, tapi jika kamu cewek, sesuaikan dengan apa yang kamu bisa lakukan ya.

Lebarkan sayar pertemananmu

Orang terkenal adalah orang yang memiliki banyak teman, oleh karena itu kamu perlu melebarkan sayap pertemanan jika memang kamu ingin terkenal. Jadi tidak hanya berteman dengan teman satu kelas saja, tapi juga kelas lainnya. Bahkan kalau perlu dengan adik kelas dan kakak kelas juga. Tapi ingat ya, jalin pertemanan yang baik. Jangan terjerumus ke pertemanan yang tidak baik.

Aktif di kegiatan ekstrakurikuler

Cara menjadi terkenal di sekolah selanjutnya adalah menjadi aktif di kegiatan ekstrakurikuler, baik itu di lembaga resmi seperti OSIS dan lainnya. “Kok gitu?”, ya karena ketika aktif di sana kamu bisa memperlebar jaringanmu, selain itu kamu juga akan belajar berkomunikasi dengan lebih baik dan itu akan membantumu untuk dikenal orang lain.

Selain itu, ketika kamu aktif di dalam kegiatan organisasi, kamu punya kesempatan tampil di agenda yang dilaksanakan oleh organisasi tersebut. Masih banyak lagi manfaat dari ikut organisasi itu lho, kamu bisa membacanya di sini: Pengalaman Organisasi Itu Sangat Penting, Begini Alasannya

Ikut aktif dalam event atau perlombaan

Cara menjadi terkenal di sekolah yang lain adalah dengan sering ikut perlombaan atau event. Sebagai delegasi perlombaan, namamu akan diperbincangkan tidak hanya oleh guru tapi juga oleh para siswa. Itu tentu akan membuat kamu terkenal di sekolah. Selain itu, ikuti juga event yang ada. Misalnya pentas seni atau apa.

Calonkan diri sebagai ketua OSIS

Apakah kamu pernah kepikiran untuk menjadi anggota OSIS. Jika belum dan masih butuh alasan yang kuat, beberapa alasan itu bisa kamu baca di sini : 7 Alasan Masuk OSIS yang Perlu Kamu Tahu

Menjadi anggota OSIS bisa membuatmu dikenal oleh lebih banyak orang, hanya saja mencalonkan diri menjadi ketua OSIS akan memberikan pengaruh yang lebih besar. Tapi jangan gunakan cara ini jika kamu belum punya modal yang cukup ya.

Sering membantu orang lain dengan ikhlas

Seringkali kita dikenal oleh orang tanpa pernah terobsesi untuk menjadi seperti itu. Itu bisa didapatkan ketika memang kita terbiasa untuk membantu orang lain dengan ikhlas. Bantulah orang-orang membutuhkan bantuan selama bantuan itu bukan untuk keburukan. Orang yang kamu bantu akan berterima kasih dan memberi kesan yang baik terhadapmu.

Makmurkan musholla atau mesjid sekolah

Jika kamu adalah seorang muslim dan di sekolahmu ada mesjid atau mushalla. Makmurkan lah rumah ibadah itu. Bukan, bukan untuk terkenal, karena ibadahmu tidak akan bernilai jika kamu ke sana hanya untuk dilihat orang lain. Tapi berdoalah dan sujudlah kepada-Nya, agar niatmu menjadi dikenal orang banyak tidak menyimpang dari kebaikan.

Jangan korbankan citramu dengan hal yang tidak baik

Tips menjadi terkenal di sekolah lainnya adalah dengan mempertahankan citra baik di dalam diri. Jangan pernah korbankan citramu dengan hal yang tidak baik—yang saya tak perlu dijelaskan apa saja, bukan? Tanyalah pada hati kecilmu setiap kamu ingin melakukan sesuatu.

Mau tanya lebih detail tentang cara menjadi terkenal di sekolah? Saya sudah menuliskannya di buku saya lho. Kamu bisa membeli e-book ini dengan sangat murah. Udah gitu, ada diskon 50%, dapatkan ebook ini segera, klik di sini ~> BELI BUKU

Nah, itulah beberapa bahasan kita kali ini, mulai dari keuntungan menjadi terkenal hingga cara menjadi terkenal di sekolah. Selain dari apa yang saya tuliskan itu, apakah kamu punya pandangan lain? Jika ada ataupun kamu memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya.

28 pemikiran pada “10 Cara Menjadi Terkenal di Sekolah dan Keuntungannya”

  1. Dulu saat SMA niat banget jadi terkenal di sekolah. Sekarang saat kuliah dari awal kuliah niatnya gak mau terkenal. Tapi tetep juga terkenal aku bang. Hiks dengan keuntungan terkenal sama persis yang di tulis abang

    Balas
  2. Alhamdulillah, saya sudah pernah mengalami hal ini. Walaupun saya merasa tidak terkenal tapi cukup banyak orang yang mengenal saya. Sebab saya selalu ikutan osis selama di sekolah. Sementara di kuliah hanya fokus belajar saja.

    Balas
  3. Aku lumayan terkenal bg
    Dari yg terkenal karena jerawatnya banyak sampe karena prestasi di bidang seni.
    Yang paling berkesan karena guru ga pernah kasi nilai jelek walau nilai ku sebenarnya jelek haha

    Balas
  4. Saya juga prestasinya standard aja di sekolah, jadi saya gak terkenal sama sekali, hahaha…

    Tapi sayangnya banyak yang terkenal bukan karena prestasi atau hal-hal yang membanggakan, tapi malah sebaliknya, misalkan saja tawuran, miris memang.

    Paling berpengaruh biasanya saat ikutan jadi anggota OSIS, pasti sebagian besar siswa akan mengenal kita

    Balas
  5. Berasarkan pengalaman waktu sekolah dan menjadi guru dulu, terkenal buat diinget guru itu ada dua cara menjadi siswa pintar, baik dan berprestasi atau menjadi siswa yang super bandel. Tinggal pilih aja? xixixi.. tentu aku pilih yang pertama.

    Balas
  6. Baca artikel ini saya jadi inget waktu SMA dulu, terpilih jd bendahara umum OSIS. Wah hikmahnya jadi belajar pembukuan dan amanah pegang uang kas OSIS. Dan juga jd populer dong satu sekolahan hehe…

    Balas
  7. Hahaha iya bener, banyak manfaatnya jadi orang yang dikenal. Banyak relasi, banyak pengalaman, banyak cerita yang bisa kita dapat juga. Untung dulunya aku juga ikut organisasi, jadi orang gampang mengenali.

    Balas
  8. Nah klo sy pas SMA terkenal disekolah sama pak satpam dan ibu kantin karena sy kost persis rumah ibu koat ada didepn gerbang sekolah. Pas telat 5 menit pak satpam masih mau buka pintu. Pas pulang sekolah kadang sy dipanggil ibu kantin diksh kue yg blm hbs terjual ktnya buat camilan ga usah byr karena tau sy ngekost wkwkw cuma itu sih terkenalnya sy di sma hihihi…

    Balas
  9. Menjadi famous di sekolah siapa sih yang nggak mau? Tapi tentunya harus yang positif ya, kalau dulu saya berusaha keras mendekati wali kelas saya, saking deketnya sampai detik ini berasa sama orang tua sendiri. Tapi ya harus pintar, juara umum, aktiv osis, hampir semua kegiatan diikuti

    Balas
  10. Jadi murid yg aktif kadang bisa jauh lebih terkenal ketimbang jadi murid juara. Hehehe. Saya mengalaminya sendiri. Saya cuma bisa rangking 1 terus waktu SD. Begitu SMP, gak pernah lagi juara 1, tapi selalu masuk 3 besar di kelas. Langganan juara 3 terus. Huhuu. Makin naik kelas, saingan makin banyak, hingga SMA yang tertinggi cuma sampai rangking 7 saja di kelas unggul. Itu pun saya sangat bersyukur. Saya bukan murid juara, tapi senang aja bertanya di kelas. Nilai plus buat kita karena setidaknya nilai kelakuan bisa A. Hehehe

    Balas
  11. Jadi keinget jaman sma . . Hahaha… ada kejadian lucu yang diinget sama teman2 tentang saya… malu sich..tapi ya sudahlah.. enjoy aja

    Balas
  12. Ehem pamer dikit ah, saya memang cukup terkenal di sekolah k, hahahhaa karena bawel banget dan suka bercanda. Dulu yang bikin saya dan teman-teman gank terkenal karena masuk pramuka yang selalu menang juara dan dipanggil saat upacara jadi masing-masing anggotanya terkenal banget.

    Benar banget dengan ikut OSIS biasanya guru-guru lebih kenal kita. Saya pun termasuk yang begitu hihihi.

    Balas
  13. tulisan yang bagus mas, mempersempit istilah terkenal. kalau bagi ibuku yang guru ya terkenal, bisa diingat itu ada 2 jenis. paling pinter apa paling suka bikin keributan. semoga semakin banyak ananda yang terkenal karena kebaikan dan prestasinya ya

    Balas
  14. Cocok. Saya dulu, karena lumayan prestasi, bahkan beasiswa dikasih tahu oleh guru. Terima kasih banyak, Ajo, atas artikelnya.

    Balas
  15. Wah keren banget ya bisa terkenal di sekolah. Pasti kamu jago publoc speaking. Bakal berguna juga itu buat ke depannya. Saya mah apa, udh gak pinter, gak terkenal pula. Ada di tipe siswa yang B aja. Cukup disayangkan sih sebenarnya.

    Balas
  16. Saya di sekolah dulu termasuk berprestasi. Tapi saya orangnya introvert dan ga pede berteman dengan murid-murid lain yang menurut saya kaya, cantik dan pinter bergaul. Jadinya saya cukup kuper wkkk

    Balas
  17. Hehehe, sebenarnya terkenal di sekolah lumayan menaikkan citra kita loh. Kalau saya sih pas sekolah kayaknya biasa2 aja, cuma pas kuliah bisa dibilang terkenal karena jadi ketua organisasi mahasiswa. Banyak keuntungan yang saya dapat selama kuliah dari situ hahaha

    Balas
    • Saya biasa aja pas sekolah tapi kerasa banget yang terkenal mudah diingat guru dan diutamakan dalam kegiatan sekolah.

      Balas
  18. Saya kok pemalu ya. Kalau orang mengenal saya justru saya malu banget. Ini aja dibernai-beraniin promosi sebagai blogger. Dasar introvert.hahaha

    Balas
  19. Jadi inget, guru atau pun teman sesekolahan akan lebih mengenal pada siswa itu dari dua hal. Yg pertama dari kepintarannya dan yg kedua dari kenakalannya.

    Kalo siswa yg biasa-biasa saja biasanya jarang dikenal oleh guru. Tp itu jaman saya sekolah dulu, mungkin sekarang beda

    Balas
  20. punya fans aadek kelas itu rasanyaaaaa bangga gimana gituuu :d

    apalagi diidolakan karena prestasi ya, bukan karena gosip pacaran sama kaka kelas atau temen seangkatan, wkwkkw

    kebayang dulu udaaa ini pasti jadi idola semua idolaa di skulahnya

    Balas
  21. Saya pernah pingin terkenal di sekolah. Pertama pernah pakai jalan berprestasi. Kedua, ikut acara musik show alias ngeband

    Balas
  22. yah aku dah nggak sekolah. masa-masa itu dah lewat… kalo masih sekolah langsung praktek cara-cara ini nih, xixixi…

    Balas
    • Menjadi menonjol di sekolah memang menyenangkan. Karena banyak dikenal guru sehingga banyak kemudahan. Tapi memang ga gampang sih..hihi…

      Balas
  23. Dulu, aku ingin terkenal misalnya jadi pengurus OSIS. Tapi yakin ribet, sehingga lebih enak jadi siswa biasa tapi punya skill .. ahahhaa.

    Balas
  24. saya terkenal waktu masih SMU pak. karena paling aktif di organisasi, sering menang lomba dan rangking juga di kelas. hahaha sombong. hehe… peace..

    tapi emang enak sih karena jadi role model buat teman teman. apapun yg saya lakukan pasti ditiru dan dijadikan kiblat. untunglah saya tetap low profile. hehe… sombong lagi. gak ding. maksudnya bersyukur atas semua yang saya alami. dikasih teman yang baik dan disayang guru… intinya jadilah berprestasi untuk jadi inspirasi.gitu gak pak? 😊

    Balas
  25. Saya mah murid biasa-biasa saja karena saya terkenal suka membolos kalau ada ujian lisan seperti ujian agama islam (Ketahuan deh nih rahasia saya selama ini)

    Balas

Tinggalkan komentar

error: